Gingseng Tanaman Kesehatan Yang Mahal – Gencil News
Connect with us

oleh-oleh

Gingseng Tanaman Kesehatan Yang Mahal

Published

on

Gingseng Tanaman Kesehatan

Gingseng Tanaman Kesehatan Yang Mahal – Ginseng adalah termasuk dalam tumbuhan suku Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam,

Ginseng digunakan dalam pengobatan tradisional. Akar tanaman ini dapat memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu pemulihan dari penyakit.

Di Indonesia terdapat juga tumbuhan yang memiliki khasiat sama dengan ginseng yaitu ginseng Jawa atau som jawa, Di dalam pengobatan tradisional akarnya dicampur dengan berbagai jenis obat dan yang paling terkenal dalam bentuk campuran anggur. Kajian mengenai khasiat dan kegunaanya telah dilakukan untuk menjadikan kolesom sebagai ginseng Indonesia

Ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak khasiat dan kaya akan vitamin b, mineral seperti zat besi dan seng. Akar tanaman ini sudah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional. Biasanya akar ginseng dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam minuman, seperti teh. Minuman teh ginseng ini biasanya dipercaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh & mengatasi kelelahan.

Harga ginseng memang tidak murah, ginseng merah korea konon merupakan jenis yang paling mahal. harga per kilo gram ginseng merah hampir mencapai lima juta rupiah.  Sementara itu ginseng putih biasa bisa mencapai  tiga juta rupiah per kilo gram nya namun,  harga tersebut belum seberapa dibanding dengan ginseng liar yang harganya mencapai tiga ratus juta rupiah perkilogram.

Meski alami, mengonsumsi tanaman herba seperti ginseng Korea tetap harus berhati-hati. Sebaiknya hindari penggunaannya jika Anda sedang hamil dan menyusui. Ginseng Korea tidak boleh diberikan pada anak-anak.

Sebaiknya hindari mengonsumsi ginseng jika Anda memiliki penyakit diabetes, gangguan pendarahan, penyakit autoimun, kondisi yang sensitif terhadap hormon, insomnia, skizofrenia, atau pernah menjalani transplantasi organ.

Jika melihat khasiat ginseng dari segi medis, efektivitas ginseng sebagai pengobatan pada penyakit tertentu masih perlu diteliti lebih lanjut. Bagi Anda yang ingin mencoba melakukan pengobatan dengan ginseng, ikuti petunjuk pemakaiannya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Belilah produk yang sudah terdaftar di BPOM RI, dan sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi ginseng.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

oleh-oleh

Militer AS Bantu Ciptakan Camilan Favorit Amerika

Published

on

Militer AS Bantu Ciptakan Camilan Favorit Amerika
Siapa sangka permen cokelat M&M lahir dari perlunya menyediakan makanan berkalori tinggi bagi militer AS (foto ilustrasi: Wikipedia).

Gencil News – VOA – Militer Amerika membantu menciptakan banyak camilan yang disukai orang Amerika, dari kopi instan hingga camilan Cheetos, kue kering yang dikemas, dan camilan penambah energi.

Upaya itu dipercepat selama Perang Dunia II, ketika para ilmuwan militer perlu mengembangkan makanan yang kecil namun bergizi untuk memberi makan pasukan.

“Ada kebutuhan yang sangat besar bagi militer untuk mengembangkan ransum modern, yang akhirnya tidak hanya menciptakan sekumpulan teknik pemrosesan makanan baru, tetapi juga sistem penelitian ilmu pangan yang ada hingga kini,” kata penulis makanan, Anastacia Marx de Salcedo, penulis Combat-Ready Kitchen: Bagaimana Militer AS Membentuk Cara Makan Anda.

“Dari situ muncul banyak teknik dan makanan baru. Setelah perang, semua itu dimasukkan ke dalam makanan ringan dan makanan praktis,” ujarnya.

Cheetos, salah satu camilan keju yang renyah kegemaran orang Amerika, dibuat melalui proses dehidrasi yang dikerjakan oleh militer dengan menghilangkan air dari keju. Cara itu membuat keju tahan disimpan lebih lama dan lebih ringan untuk dibawa oleh pasukan militer ke luar negeri.

Militer juga mengadopsi camilan permen berlapis cokelat yang ditemukan di Eropa. Cokelat ini bisa dikantongi di saku oleh anggota militer, tanpa segera meleleh. Itulah awal lahirnya permen M&M. 

Continue Reading

oleh-oleh

Manisnya Lek Tau Suan, Sajian Kuliner Khas Tionghoa Kalbar

Published

on

GENCIL NEWS – PONTIANAK -Manisnya Lek Tau Suan, Sajian Kuliner Khas Tionghoa Kalbar. Sebagai Salah satu suku yang ada di Kalimantan Barat yaitu etis Tionghoa. Seperti halnya suku lain, etnis Tionghoa Kalimantan Barat juga memiliki sajian kuliner khas yang lezat dan nikmat. Salah satu sajian kuliner khas Kalbar dari masyarakat Tionghoa yaitu Lek Tau Suan.

Nama Lek Tau Suan sendiri berasal dari bahasa Tionghoa yang memiliki arti butiran mutiara kacang hijau, hal ini memang Lek Tau Suan merupakan kuliner khas masyarakat Tionghoa Kalbar yang terbuat dai kacang hijau yang telah dikupas.

Manisnya Lek Tau Suan, Sajian Kuliner Khas Tionghoa Kalbar

Manisnya Lek Tau Suan, Sajian Kuliner Khas Tionghoa Kalbar

Seperti dengan arti namanya yaitu butiran mutiara kacang hijau, Lek Tau Suan memiliki tampilan yang berkilau layaknya mutiara ketika terkena sinar yang terang. Sehingga selain memiliki rasa yang manis dan lezat, Lek Tau Suan juga memiliki tampilan yang unik, maka tak jarang banyak masyarakat Kalimantan Barat maupun luar, menyukai sajian kuliner khas masyarakat Tionghoa Kalbar ini.

Kelezatan lain dari Lek Tau Suan ini dihasilkan dari campurnya kuah kental dan bening, dimana kuah tersebut terbuat dari tepung tapioka. Dan untuk rasa manisnya, Lek Tau Suan ini juga terbuat dari bahan dasar gula pasir. Sedangkan untuk aromanya memiliki aroma khas dari daun pandan.

Cara menyajikan Lek Tau Suan ini, Pertama-tama, tiriskan kacang hijau kupas yang sudah anda rendam selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, kukus kacang hijau itu dalam dandang yang sudah berisi air mendidih selama kurang lebih 20 menit.

Sementara menunggu kacang hijau siap, anda bisa menyiapkan hal-hal yang lain. Rebus air sampai mendidih, campur dengan daun pandan, gula pasir, gula merah, dan garam sampai benar-benar mendidih. Jika sudah mendidih dan bercampur dengan rata, masukkan kacang hijau yang sudah dikukus tadi.

Rebus semuanya dalam waktu kurang lebih 5 menit. Jika semua langkah sudah selesai dan juga adonan kacang hijau sudah bercampur, masukkan larutan tepung sagu yang sudah anda buat. Masak dan aduk terus sampai dengan kuah terbentuk menjadi kental sempurna.

Lek tau Suan disajikan bersama dengan gorengan ca kwee yang memiliki rasa gurih dan renyah. Sehingga ketika anda mencicipi kuliner khas masyarakat Tionghoa Kalbar ini anda akan merasakan sensasi perpaduan antara rasa manis, gurih renyah dan nikmat.

Continue Reading

oleh-oleh

Oleh-Oleh Khas Kota Pontianak Yang Wajib Anda Bawa Pulang

Published

on

By

Oleh-Oleh Khas Kota Pontianak Yang Wajib Anda Bawa Pulang

Gencil News – Hari jadi Kota Pontianak belum lengkap rasanya jika belum membawa oleh-oleh khas Kota Pontianak. Makanan khas Kota Pontianak dapat membuat diri anda rindu untuk kembali lagi berkunjung ke Kota Pontianak.

Berikut daftar makanan ringan dan bera yang wajib anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

  • Kue Bingke

Makanan khas Kota Pontianak yang bercita rasa manis dan lembut ini cocok disantap saat berbuka puasa. Saking populernya kini olahan ini menjadi oleh-oleh dari Pontianak yang cukup murah dengan harga mulai dari Rp10.000 hingga Rp20.000. Untuk rasanya beragam, ada banyak rasa yang ditawarkan mulai dari rasa original, keju, ubi, susu, dan rasa lainnya yang masih banyak.

  • Maruku

Makanan ringan khas Kota Pontianak yang terbuat dari ikan dengan rasa yang beraneka ragam. Bentuknya mirip sereal, namun warnanya agak kecoklatan karena dibuat dari tepung ikan, yang ditambah gula dan garam, sera tak lupa juga ada minyak nabati dengan bubuk ikan. Biasanya olahan yang dibuat dari ikan memiliki aroma khas agak amis layaknya ikan, namun berbeda dengan cemilan ini, karena tidak berbau amis.

  • Minuman Lidah Buaya

Jika biasanya lidah buaya atau nama kerennya Aloe Vera dibuat menjadi produk kecantikan, namun berbeda halnya jika di Kota Pontianak, karena lidah buaya dimanfaatkan menjadi produk minuman sehat dan segar serta kaya akan gizi. Gizi yang ada sangatlah lengkap, misalnya Asam Folat, Inositol, Choline, dan vitamin A sampai E yang termasuk vitamin C, E, dan B dengan semua jenisanya.

  • Lempok Durian

Oleh-oleh makanan khas Pontianak ini dibuat secara tak sengaja karena ditemukan untuk mengatasi banyaknya durian namun minim olahan, sehingga durian sia-sia jika tak diolah menjadi bentuk baru. Makanan ini sangat cocok dibeli sebagai buah tangan mengingat rasa duriannya yang begitu melekat dan bisa dinikmati bersama keluarga.

  • Kerupuk Amplang

Amplang merupakan jenis kerupuk yang dibuat menggunakan ikan, biasanya di tiap daerah memiliki bahan ikan yang berbeda, termasuk di Pontianak yang memakai ikan belidak atau Tenggiri untuk membuatnnya. Bentuk dari oleh-oleh khas Pontianak ini juga beraneka ragam, ada yang memanjang dan ada yang bulat agak kotak.

  • Sotong Pangkong

Sotong pangkong atau juhi bakar adalah camilan yang biasanya dijual saat bulan Ramadhan tiba. Biasa dijual di kuliner pinggir jalan atau pasar malam, makanan ini terbuat dari cumi yang dikeringkan kemudian dibakar dengan bumbu khusus sambil dipukul-pukul hingga pipih atau pangkong masyarakat Pontianak menyebutnya. Dengan rasanya yang gurih, pecinta seafood pasti akan jatuh hati dengan sotong pangkong sejak pertama kali mencoba.

Continue Reading

TRENDING