Connect with us

oleh-oleh

Manisnya Lek Tau Suan, Sajian Kuliner Khas Tionghoa Kalbar

Published

on

GENCIL NEWS – PONTIANAK – Salah satu suku yang ada di Kalimantan Barat yaitu etis Tionghoa. Seperti halnya suku lain, etnis Tionghoa Kalimantan Barat juga memiliki sajian kuliner khas yang lezat dan nikmat. Salah satu sajian kuliner khas Kalbar dari masyarakat Tionghoa yaitu Lek Tau Suan.

Nama Lek Tau Suan sendiri berasal dari bahasa Tionghoa yang memiliki arti butiran mutiara kacang hijau, hal ini memang Lek Tau Suan merupakan kuliner khas masyarakat Tionghoa Kalbar yang terbuat dai kacang hijau yang telah dikupas.

Seperti dengan arti namanya yaitu butiran mutiara kacang hijau, Lek Tau Suan memiliki tampilan yang berkilau layaknya mutiara ketika terkena sinar yang terang. Sehingga selain memiliki rasa yang manis dan lezat, Lek Tau Suan juga memiliki tampilan yang unik, maka tak jarang banyak masyarakat Kalimantan Barat maupun luar, menyukai sajian kuliner khas masyarakat Tionghoa Kalbar ini.

Kelezatan lain dari Lek Tau Suan ini dihasilkan dari campurnya kuah kental dan bening, dimana kuah tersebut terbuat dari tepung tapioka. Dan untuk rasa manisnya, Lek Tau Suan ini juga terbuat dari bahan dasar gula pasir. Sedangkan untuk aromanya memiliki aroma khas dari daun pandan.

Cara menyajikan Lek Tau Suan ini, disajikan bersama dengan gorengan ca kwee yang memiliki rasa gurih dan renyah. Sehingga ketika anda mencicipi kuliner khas masyarakat Tionghoa Kalbar ini anda akan merasakan sensasi perpaduan antara rasa manis, gurih renyah dan nikmat.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

oleh-oleh

Mampir ke Pontianak Ini Oleh-oleh Khas Yang Tidak Bisa Dilupakan

Published

on

Mampir ke Pontianak Ada Oleh-oleh Khas Yang Tidak Boleh Kamu Lupakan

Gencil News- Mampir ke Pontianak Ada Oleh-oleh Khas Yang Tidak Bisa Dilupakan. Ibu kota dari Kalimantan Barat ini dikenal sebagai salah satu kota wisata paling menarik di Indonesia. bermacam destinasi mulai dari wisata sejarah seperti Keraton Kadariah hingga wisata alam Sungai Kapuas. Pontianak yang merupakan salah satu kota di Kalimatan barat memiliki berbagai objek wisata.

Mampir ke Pontianak Ada Oleh-oleh Khas Yang Tidak Bisa Dilupakan. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga wisata kuliner yang bisa ditemui di kota yang diberikan julukan Kota Khatulistiwa. Kota Pontianak semakin menarik minat para wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung. jika kamu kebetulan sedang liburan ke pontianak jangan lupa bawakan oleh-oleh khas pontianak untuk keluarga dan kolega.

Dengan pilihan buah tangan yang paling laris di kalangan wisatawan berikut ini, pastinya keluarga dan teman-teman kamu akan sangat senang mendapatkannya! Misalnya 3 penganan manis dan gurih berikut:

1. Kue Bingke Khas Pontianak
Kue Bingke Khas Pontianak
Kue Bingke Khas Pontianak

Kue ini memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut. Kue ini sangat mudah ditemukan di Kota Pontianak terlebih lagi saat menjelang Bulan Ramadhan karena sangat disukai masyarakatnya sebagai menu buka puasa. harganya yang terjangkau dan bisa menjadi menu pilihan untuk oleh-oleh keluarga dirumah.

2. Lemang Pontianak

Lemang adalah makanan terdiri dari beras ketan atau pulut putih, santan kelapa, bisa juga ditambah kacang hijau atau kacang tanah atau tergantung selera.

Setelah itu, beras ketan bersama santan dan kacang hijau dicampur lalu dimasukkan ke dalam bambu yang sudah dibersihkan atau disiapkan tersebut. Kemudian dibakar sekitar 5-6 jam.

Panganan lemang akan semakin nikmat, apabila menkonsumsinya dicampur kuah santan, baik itu menggunakan daging sapi, ayam atau daging kambing

3. Jorong Jorong

Kue asal Kalimantan Barat ini memiliki rasa dan aroma pandan yang harum. Ini dikarenakan wadah atau cetakkannya menggunakan daun pandan. Gurihnya santan bercampur dengan tepung beras terasa lembut saat dinikmati.

Ada rencana berkunjung ke kota Pontianak, setelah pandemi? Jangan lupa bawa oleh-oleh khasnya, ya!

Continue Reading

oleh-oleh

Pria AS ‘Hadiri’ Pernikahan Putrinya lewat Robot

Published

on

Seorang ayah dikarantina di sebuah pangkalan Angkatan Laut AS di California dan tidak bisa menghadiri langsung pernikahan putrinya ratusan kilometer jauhnya di Arizona.

Tapi ia hadir melalui ‘telepresence robot,’ dengan mengarahkan gerakan robot itu, menyapa para tamu dan menyaksikan putrinya berdansa pada pesta pernikahan tersebut.

Karena semakin banyak orang di seluruh dunia membatasi diri keluar rumah karena virus corona, mereka juga menjadi kreatif untuk tetap ambil bagian dalam momen besar hidup mereka.

Di antara ribuan orang yang terperangkap dalam kapal pesiar Grand Princess, Joel Young, seorang kontraktor teknisi bagian lampu kapal, adalah salah seorang yang menjalani karantina karena wabah virus corona.

Joel tadinya menghabiskan waktu karantina di kabin kapal yang sempit bermain video game. Ia berharap bisa berada di rumahnya di Arizona untuk satu hal, yaitu menghadiri pernikahan putrinya.

Namun, ia sedang dikarantina di San Diego.

“Ketika saya menelepon dan berbicara dengannya dan memberitahu bahwa saya tidak akan dapat menghadiri pernikahannya, banyak air mata yang bercucuran,” ujar Joel.

Sebuat robot manusia digunakan untuk menyambut pengunjung dan menghibur pasien di sebuah rumah sakit di Arizona (foto: ilustrasi).
Sebuat robot manusia digunakan untuk menyambut pengunjung dan menghibur pasien di sebuah rumah sakit di Arizona (foto: ilustrasi).

Sejumlah teman dan kolega berupaya dan mencari jalan keluar bagi Joel Young untuk bisa berada di pernikahan putrinya dengan menggunakan ‘robot telepresence’ yang dikendalikan dari jarak jauh oleh penggunanya.

Robot yang diberi nama ‘Papabot’ itu dikirim ke rumah ibunya di Phoenix, Arizona. Robot Papabot bertelinga kelinci itu pun mengenakan dasi.

“Dengan perangkat ini, memungkinkan saya untuk mengontrol apa yang saya lihat, ke mana saya pergi,” tambah Joel.

Acara pernikahan itu berjalan dengan indah. Joel Young tidak bisa mengantarkan putrinya berjalan menuju altar seperti yang direncanakan, tapi dia berada di sana melalui kehadiran Papabot, berbaur dan bercengkrama dengan para tamu yang hadir, menyaksikan kebahagiaan putrinya berdansa dari tempat para hadirin.

“Saat menghadapi sebuah tantangan, upayakan solusi terbaik sebisa mungkin. Terimalah apa adanya dan hidup terus berlanjut,” tukasnya.

Ketika dunia berjuang menghadapi kenyataan hidup yang baru terkait pandemi COVID-19, kehadiran teknologi dapat membantu. Sebagaimana kehadiran seorang ayah untuk berada di tempat di mana ia dibutuhkan. 

Continue Reading

oleh-oleh

Makanan Dari Nusantara Dengan Nama Yang Unik

Published

on

Makanan Dari Nusantara Dengan Nama Yang Unik
hellosehat.com

GENCIL NEWS – Makanan dari nusantara Indonesia memang sudah terkenal memiliki rasa yang sangat enak. Apalagi dengan berbagai rempah asli yang jarang ditemukan di negara lainnya.

Cita rasa makanan dari Nusantara terbukti mampu memanjakan lidah setiap penikmatnya. Selain keragaman dan cita rasanya beberapa kuliner di Indonesia diketahui memiliki nama yang unik

Bukan sembarang nama makanan dari Nusantara yang diberikan namun memiliki arti dan sejarah tersendiri yang membuat makanan ini begitu terkenal di mata masyarakat Indonesia.

Berikut keunikan nama nama makanan nusantara yang sangat unik.

 Tahu Gimbal

Makanan atau kuliner yang unik ini merupakan makanan khas kota Semarang, Tahu Gimbal sangat nikmat untuk menjadi santapan selain Lumpia dan Bandeng Presto Semarang ketika berwisata ke Semarang.

Makanan ini terdiri dari campuran tahu yang digoreng, toge, telur serta lontong dan disajikan dengan siraman bumbu kacang. Rasa dari Tahu Gimbal begitu khas karena menggunakan bumbu petis udang

Nama gimbal disini adalah sebuah gorengan yang terbuat dari udang yang digoreng dengan tepung sampai menjadi garing.

 Nasi Kentut

Makanan berbahan nasi ini berasal dari Medan. Nasi Kentut dianggap sebagai nama kuliner Indonesia yang mempunyai nama yang unik atau aneh. agar lebih nikmat nasi kentut bisa disantap dengan berbagai macam lauk pauk seperti ikan pepes, ayam goreng, tahu atau tempe dan tak ketinggalan sambal sebagai penyedap rasanya.

Nasi kentut dibungkus dengan daun kentut. Nama dari kentut sendiri dari daun pembungkus nasinya. Daun pembungkus inilah yang justru memberikan aroma nikmat pada nasi kentut.

Selain membuat aroma makanan menjadi nikmat, daun kentut mempunyai fungsi lain yaitu untuk melancarkan pencernaan dan peredaran darah.

Kerupuk Kuku Macan

Nama kuliner Indonesia yang berasal dari kalimantan ini memang unik Mereka menggunakan kuku macan sebagai makanan mereka.

Tapi jangan kaget dulu, kuku macan yang dimakan bukanlah kuku macan yang sebenarnya melainkan hanya namanya saja yang kebetulan sama. Kuku Macan merupakan makanan seperti kerupuk khas Balikpapan.

Kerupuk yang juga dikenal dengan nama kerupuk amplang ini dibuat dari bahan tepung tapioca dan ikan tenggiri. Bentuknya yang sama seperti kuku macan membuatnya terkenal dengan sebutan Kuku Macan.

Kerupuk Melarat

menjadi salah satu nama kuliner Indonesia yang unik. Rasanya mengerikan sekali ketika mendengar kata melarat, bagaikan mimpi buruk ketika seseorang dinyatakan melarat.

Tapi melarat yang satu ini hampir disukai oleh setiap orang. Kerupuk melarat adalah camilan berbahan dasar tepung tapioca khas kota Cirebon.

Disebut melarat karena camilan yang satu ini tidak digoreng dengan minyak melainkan dengan pasir panas yang telah dibersihkan terlebih dahulu sebelumnya.

Karena harga minyak pada saat itu sangat mahal, maka masyarakat menemukan inovasi baru dengan memanfaatkan pasir. Warna kerupuk melarat identik mencolok seperti merah, kuning, hijau namun ada pula yang berwarna putih.

 Dodol Meuseukat

Meuseukat merupakan dodol khas Aceh yang bercita rasa manis dan lembut. Biasanya dodol berwarna kecoklatan, meuseukat justru berwarna putih bila hanya menggunakan tepung. Namun meuseukat ditambah campuran buah nanas.

sehingga warna dodol ini cenderung kuning cantik. Dengan tampilan bulat melingkar, dan eloknya ukiran bunga serta daun di permukaan dodol. Hanya ditemui pada saat acara tertentu saja seperti pernikahan atau penyambutan tamu.

Bali Blayag

Bali Blayag Raja adalah makanan khas Bali yang sejak dulu sudah ada dan terkenal di Bali. Rasa yang enak dan gurih tentu makanan ini menjadi banyak diminati. Walaupun tampilannya sederhana tetapi tidak menciutkan hati para pecinta kuliner.

Karena rasa yang didapat sungguh nikmat layaknya makanan yang disohorkan untuk para Raja. Blayag sejenis lontong atau ketupat, yang menggunakan pembungkusnya berupa daun kelapa.

Roti Ketawa

Camilan yang berasal dari Medan ini, memiliki bentuk seperti kue onde karena terdapat hamparan wijen di seluruh permukaannya.

Hanya saja pada makanan ini berbahan dasar roti, sehingga terasa lebih padat dan tidak terdapat isi yang terbuat dari kacang hijau.

Jika kamu berfikir dengan memakan roti ini akan membuat kita tertawa itu adalah salah besar. Karena camilan ini dinamakan roti ketawa karena terdapat belahan dipermukaan pada makanan berbentuk bulat ini. Sehingga terlihat seperti sebuah mulut tertawa.

Kue Dollar

Kue Dollar adalah kue kering yang berasal dari Surabaya. Makanan ini termasuk oleh-oleh yang tak boleh ketinggalan saat kita mengunjungi Kota Pahlawan ini.

Pada awalnya, camilan ini hanya memilik rasa gurih dan renyah namun kini begitu banyak varian rasa mulai dari wijen jahe sampai keju.

Kue yang berbahan dasar terigu telur dan air ini dibentuk pipih dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari besi ataupun aluminium.

Setelah didinginkan dari cetakan, barulah kue ini dapat di nikmati. Bentuk kue ini bundar dan pipih, mirip sekali dengan koin Indonesia pada jaman dahulu.

Dari  beberapa macam makanan Indonesia dengan nama yang sangat unik. Makanan tersebut Tidak sembarang diberikan, tapi memiliki arti dan sejarah tersendiri.

Continue Reading

TRENDING