Oleh-Oleh Khas Kota Pontianak Yang Wajib Anda Bawa Pulang
Connect with us

oleh-oleh

Oleh-Oleh Khas Kota Pontianak Yang Wajib Anda Bawa Pulang

Published

on

Oleh-Oleh Khas Kota Pontianak Yang Wajib Anda Bawa Pulang

Gencil News – Hari jadi Kota Pontianak belum lengkap rasanya jika belum membawa oleh-oleh khas Kota Pontianak. Makanan khas Kota Pontianak dapat membuat diri anda rindu untuk kembali lagi berkunjung ke Kota Pontianak.

Berikut daftar makanan ringan dan bera yang wajib anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

  • Kue Bingke

Makanan khas Kota Pontianak yang bercita rasa manis dan lembut ini cocok disantap saat berbuka puasa. Saking populernya kini olahan ini menjadi oleh-oleh dari Pontianak yang cukup murah dengan harga mulai dari Rp10.000 hingga Rp20.000. Untuk rasanya beragam, ada banyak rasa yang ditawarkan mulai dari rasa original, keju, ubi, susu, dan rasa lainnya yang masih banyak.

  • Maruku

Makanan ringan khas Kota Pontianak yang terbuat dari ikan dengan rasa yang beraneka ragam. Bentuknya mirip sereal, namun warnanya agak kecoklatan karena dibuat dari tepung ikan, yang ditambah gula dan garam, sera tak lupa juga ada minyak nabati dengan bubuk ikan. Biasanya olahan yang dibuat dari ikan memiliki aroma khas agak amis layaknya ikan, namun berbeda dengan cemilan ini, karena tidak berbau amis.

  • Minuman Lidah Buaya

Jika biasanya lidah buaya atau nama kerennya Aloe Vera dibuat menjadi produk kecantikan, namun berbeda halnya jika di Kota Pontianak, karena lidah buaya dimanfaatkan menjadi produk minuman sehat dan segar serta kaya akan gizi. Gizi yang ada sangatlah lengkap, misalnya Asam Folat, Inositol, Choline, dan vitamin A sampai E yang termasuk vitamin C, E, dan B dengan semua jenisanya.

  • Lempok Durian

Oleh-oleh makanan khas Pontianak ini dibuat secara tak sengaja karena ditemukan untuk mengatasi banyaknya durian namun minim olahan, sehingga durian sia-sia jika tak diolah menjadi bentuk baru. Makanan ini sangat cocok dibeli sebagai buah tangan mengingat rasa duriannya yang begitu melekat dan bisa dinikmati bersama keluarga.

  • Kerupuk Amplang

Amplang merupakan jenis kerupuk yang dibuat menggunakan ikan, biasanya di tiap daerah memiliki bahan ikan yang berbeda, termasuk di Pontianak yang memakai ikan belidak atau Tenggiri untuk membuatnnya. Bentuk dari oleh-oleh khas Pontianak ini juga beraneka ragam, ada yang memanjang dan ada yang bulat agak kotak.

  • Sotong Pangkong

Sotong pangkong atau juhi bakar adalah camilan yang biasanya dijual saat bulan Ramadhan tiba. Biasa dijual di kuliner pinggir jalan atau pasar malam, makanan ini terbuat dari cumi yang dikeringkan kemudian dibakar dengan bumbu khusus sambil dipukul-pukul hingga pipih atau pangkong masyarakat Pontianak menyebutnya. Dengan rasanya yang gurih, pecinta seafood pasti akan jatuh hati dengan sotong pangkong sejak pertama kali mencoba.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

oleh-oleh

Gingseng Tanaman Kesehatan Yang Mahal

Published

on

Gingseng Tanaman Kesehatan

Gingseng Tanaman Kesehatan Yang Mahal – Ginseng adalah termasuk dalam tumbuhan suku Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam,

Ginseng digunakan dalam pengobatan tradisional. Akar tanaman ini dapat memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu pemulihan dari penyakit.

Di Indonesia terdapat juga tumbuhan yang memiliki khasiat sama dengan ginseng yaitu ginseng Jawa atau som jawa, Di dalam pengobatan tradisional akarnya dicampur dengan berbagai jenis obat dan yang paling terkenal dalam bentuk campuran anggur. Kajian mengenai khasiat dan kegunaanya telah dilakukan untuk menjadikan kolesom sebagai ginseng Indonesia

Ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak khasiat dan kaya akan vitamin b, mineral seperti zat besi dan seng. Akar tanaman ini sudah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional. Biasanya akar ginseng dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam minuman, seperti teh. Minuman teh ginseng ini biasanya dipercaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh & mengatasi kelelahan.

Harga ginseng memang tidak murah, ginseng merah korea konon merupakan jenis yang paling mahal. harga per kilo gram ginseng merah hampir mencapai lima juta rupiah.  Sementara itu ginseng putih biasa bisa mencapai  tiga juta rupiah per kilo gram nya namun,  harga tersebut belum seberapa dibanding dengan ginseng liar yang harganya mencapai tiga ratus juta rupiah perkilogram.

Meski alami, mengonsumsi tanaman herba seperti ginseng Korea tetap harus berhati-hati. Sebaiknya hindari penggunaannya jika Anda sedang hamil dan menyusui. Ginseng Korea tidak boleh diberikan pada anak-anak.

Sebaiknya hindari mengonsumsi ginseng jika Anda memiliki penyakit diabetes, gangguan pendarahan, penyakit autoimun, kondisi yang sensitif terhadap hormon, insomnia, skizofrenia, atau pernah menjalani transplantasi organ.

Jika melihat khasiat ginseng dari segi medis, efektivitas ginseng sebagai pengobatan pada penyakit tertentu masih perlu diteliti lebih lanjut. Bagi Anda yang ingin mencoba melakukan pengobatan dengan ginseng, ikuti petunjuk pemakaiannya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Belilah produk yang sudah terdaftar di BPOM RI, dan sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi ginseng.

Continue Reading

oleh-oleh

Lelang Kerangka Dinosaurus Berhasil Raup 3 Juta Euro

Published

on

Lelang Kerangka Dinosaurus Berhasil Raup 3 Juta Euro

Gencil News – Kerangka dinosaurus karnivorayang menjelajahi bumi sekitar 150 juta tahun yang lalu dijual di sebuah rumah lelang Paris pada hari Selasa (13/10) seharga 3 juta euro (Rp 52 miliar).

Reuters melaporkan, kerangka dinosaurus bereis Allosaurus yang hampir lengkap itu, digali di negara bagian Wyoming AS tiga tahun lalu, berhasil dimenangkan oleh seorang pembeli asing yang tidak disebutkan namanya.

“Ini adalah spesimen bermutu tinggi,” kata Iacopo Briano, ahli paleontologi yang bertindak sebagai konsultan di rumah lelang Binoche et Giquello yang melakukan penjualan.

Spesimen ini tidak biasa karena sangat lengkap: sekitar 70 persen tulang ada, dan ditemukan sejajar satu sama lain, membuatnya lebih mudah untuk disambungkan kembali selama proses restorasi.

Kerangka yang direstorasi itu memiliki tinggi3,5 meter dan panjang 10 meter. Sangkar tulang rusuk memiliki tanda yang menurut juru lelang adalah tanda yang mungkin sebagai akibat dari serangan saingannya,Allosaurus atau predator. 

Continue Reading

oleh-oleh

Kain Endek Bali Jadi Koleksi Musim Semi dan Panas Christian Dior 2021

Published

on

Kain Endek Bali Jadi Koleksi Musim Semi dan Panas Christian Dior 2021

Gencil News – VOA – Kain Endek Bali menjadi pilihan perancang busana terkenal Christian Dior sebagai bagian dari koleksi musim semi dan musim panas 2021. Hal ini terungkap dari peragaan busana “Paris Fashion Week” Selasa lalu (29/9) di Jardin de Tuileries, Paris.

Diwawancarai melalui telepon, Duta Besar Indonesia untuk Perancis Arrmanatha Natsir mengatakan sangat bangga dengan hal ini. “Kami sudah tahu Christian Dior akan pakai kain Endek. Mereka [Dior.red] bahkan minta bantuan kita untuk memastikan agar penggunaan kain Endek tidak menyalahi aturan budaya dan adat istiadat Bali. Jadi KBRI dan Christian Dior melakukan komunikasi yang intensif,” ujarnya.

Direktur Artistik Christian Dior Couture, Maria Grazua Chiuri, menggunakan kain Endek Bali tidak saja untuk koleksi baju, tetapi juga tas “Christian Dior for Spring/Summer 2021.” Dari 86 desain koleksi terbaru Christian Dior, ada sembilan desain yang menggunakan kain Endek Bali.

Pastikan Tak Langgar Adat, KBRI Paris Komunikasi Intensif dengan Dior

Arrmanatha Natsir mengungkapkan bahwa dalam diskusi dengan Maria Grazua diketahui bahwa inspirasi Christian Dior adalah karena ingin mengangkat nilai kebudayaan dan keahlian menenun, terutama para penenun perempuan.

“Berdasarkan riset yang dilakukan tim Christian Dior, kain Endek Bali merupakan nilai kebudayaan yang sangat sesuai dengan hasil karya yang ingin diangkat Dior. Sebagai bentuk pengakuan pada para penenun Bali, Dior berencana mencantumkan daerah asal kain pada label baju atau pakaiannya nanti,” demikian petikan pernyataan pers yang diterima VOA.

KBRI Paris mengatakan pemda memberi dukungan penuh penggunaan kain Endek, namun meminta Christian Dior menghormati sepenuhnya hak kekayaan intelektual dan menggunakan kain yang asli diproduksi dari Bali.

Punya Banyak Makna

Lewat Twitter, KBRI Paris menjelaskan bahwa Endek adalah kain tenun tradisional Bali yang digunakan untuk upacara keagamaan Hindu Bali. Kain ini berkembang pada masa pemerintahan Raja Dalem Waturenggong di Kerajaan Gelgel Klungkung, lalu berkembang di berbagai desa di Bali, antara lain di Desa Sulang, Desa Tenganan dan Desa Tanglad.

Beberapa motif tertentu berfungsi sebagai penolak bala dan pembawa keberuntungan. Namun seiring perkembangan jaman, kain Endek mulai digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Teknik pembuatannya juga melewati serangkaian proses kreatif karena memadukan pemilihan kualitas benang, pewarnaan alami dan inovasi.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi atas dukungan dan gerak cepat tim Percepatan Pemulihan Ekonomi Kemlu dan Gubernur Bali beserta timnya sehingga Christian Dior mendapat dukungan penuh menggunakan kain Endek Bali untuk koleksinya,” ujar Arrmanatha.

Ditambahkannya, “penggunaan kain Endek Bali untuk koleksi Spring/Summer 2021 merupakan pengakuan yang tinggi atas keindahan dan kualitas kain Endek Bali, dan berkontribusi positif pada dunia fashion internasional.”

Arrmanatha juga berharap agar hal ini semakin memberi semangat pada masyarakat Indonesia, khususnya di Bali, di tengah perebakan pandemi virus corona.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Paris Fashion Week tahun ini dilaksanakan dalam skala lebih terbatas. Selain mematuhi penuh protokol kesehatan, jumlah undangan juga dibatasi. 

Continue Reading

TRENDING