Permintaan Tinggi, Malaysia Pacu Ekspor Durian ke China
Connect with us

oleh-oleh

Permintaan Tinggi, Malaysia Pacu Ekspor Durian ke China

Published

on

Permintaan Tinggi, Malaysia Pacu Ekspor Durian ke China

Durian yang berbau menyengat dan kulitnya berduri tajam tampaknya akan menjadi komoditas ekspor utama Malaysia yang baru.

Malaysia mengembangkan ribuan hektar kebun durian untuk menangguk untung kenaikan permintaan durian dari China.

Durian biasanya ditanam di perkebunan keluarga dan perkebunan kecil. Bau durian sering digambarkan seperti bau saluran pembuangan, menarik investasi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Bahkan para konglomerat dan perusahaan di bidang minyak sawit, ekspor pertanian terbesar di Malaysia, berpindah ke bisnis durian.

Reuters melaporkan, pemerintah Malaysia mendorong pertanian durian skala besar, dengan memperkirakan kenaikan ekspor durian sebesar 50 persen pada 2030.

“Industri durian sedang bertransformasi dari pertanian lokal ke global, skala besar karena banyaknya permintaan dari Cina,” kata Lim Chin Khee, konsultan industri.

“Sebelum meledak (permintaannya), perkebunan durian di Malaysia hanya akan menjadi perkebeunan rekreasi … Sekarang menjadi ratusan hektar bahkan lebih besaar lagi.”

Orang Cina berani membayar mahal untuk berbagai duria”Raja Musang” Malaysia karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang pahit-manis.

Berbagai macam harga ditawarkan, yang sekarang sedang ditanam di seluruh negeri, harganya hampir mencapai empat kali lipat dalam lima tahun terakhir.

Para pelanggan sedang menyantap sup durian hotpot di Restoran Coconut Chicken Hotpot Store di Shanghai, China, 14 November 2018.

Para pelanggan sedang menyantap sup durian hotpot di Restoran Coconut Chicken Hotpot Store di Shanghai, China, 14 November 2018.

Impor durian Cina naik hingga 15 persen pada tahun lalu, menjadi hampir 350.000 ton dengan $510 juta, menurut data perdagangan PBB. Hampir 40 persen berasal dari Thailand, penghasil dan pengekspor utama dunia.

Malaysia menyumbang kurang dari 1 persen, namun mengharapkan penjualan ke Cina melonjak menjadi 22.061 ton pada 2030 dari penjualan tahun ini yang diperkirakan mencapai 14.600 ton, karena perdagangannya diperluas, termasuk pemasukan satu buah utuh yang sebelumnya dibatasi hanya dagingnya saja atau sari.

Durian mungkin dilarang di beberapa bandara, transportasi umum, dan hotel di Asia Tenggara karena baunya yang menyengat. Tapi orang Cina ternyata penggemar berat durian.

Makanan rasa durian banyak dijual di Cina, termasuk menjadi rasa pizza, mentega, saus salad dan susu.

“Awalnya, saya juga benci durian karena baunya yang aneh,” kata Helen Li, 26 tahun, yang sedang makan di sebuah toko yang khusus menjual pizza durian di Shanghai, yang hampir setiap pelanggan memesan hidangan 60 yuan ($ 8,50) selama jam makan siang.

“Namun ketika anda mencicipinya, rasanya sangat enak. Saya pikir mereka yang membenci durian pasti takut akan baunya. Namun begitu anda mencobanya, saya pikir mereka akan berubah pendapat,” kata Helen Li seperti dikutip Reuters.

Sebuah restoran di Shanghai menjual hotpot ayam durian, sejenis sop kaldu ayam, sekitar 148 yuan ( $21). Pemiliknya, Chen Wei Weihao, mengatakan toko tersebut dapat menjual sekitar 20 hingga 25 kg durian impor dari Thailand setiap bulannya.

“Ketika Anda mencicipinya, ia memiliki semacam rasa segar dan manis, seolah-olah anda telah tiba di daerah tropis,” kata seorang pelanggan, Yang Yang, yang berumur 27 tahun. [vp/ft]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

oleh-oleh

Makanan Dari Nusantara Dengan Nama Yang Unik

Published

on

Makanan Dari Nusantara Dengan Nama Yang Unik
hellosehat.com

GENCIL NEWS – Makanan dari nusantara Indonesia memang sudah terkenal memiliki rasa yang sangat enak. Apalagi dengan berbagai rempah asli yang jarang ditemukan di negara lainnya.

Cita rasa makanan dari Nusantara terbukti mampu memanjakan lidah setiap penikmatnya. Selain keragaman dan cita rasanya beberapa kuliner di Indonesia diketahui memiliki nama yang unik

Bukan sembarang nama makanan dari Nusantara yang diberikan namun memiliki arti dan sejarah tersendiri yang membuat makanan ini begitu terkenal di mata masyarakat Indonesia.

Berikut keunikan nama nama makanan nusantara yang sangat unik.

 Tahu Gimbal

Makanan atau kuliner yang unik ini merupakan makanan khas kota Semarang, Tahu Gimbal sangat nikmat untuk menjadi santapan selain Lumpia dan Bandeng Presto Semarang ketika berwisata ke Semarang.

Makanan ini terdiri dari campuran tahu yang digoreng, toge, telur serta lontong dan disajikan dengan siraman bumbu kacang. Rasa dari Tahu Gimbal begitu khas karena menggunakan bumbu petis udang

Nama gimbal disini adalah sebuah gorengan yang terbuat dari udang yang digoreng dengan tepung sampai menjadi garing.

 Nasi Kentut

Makanan berbahan nasi ini berasal dari Medan. Nasi Kentut dianggap sebagai nama kuliner Indonesia yang mempunyai nama yang unik atau aneh. agar lebih nikmat nasi kentut bisa disantap dengan berbagai macam lauk pauk seperti ikan pepes, ayam goreng, tahu atau tempe dan tak ketinggalan sambal sebagai penyedap rasanya.

Nasi kentut dibungkus dengan daun kentut. Nama dari kentut sendiri dari daun pembungkus nasinya. Daun pembungkus inilah yang justru memberikan aroma nikmat pada nasi kentut.

Selain membuat aroma makanan menjadi nikmat, daun kentut mempunyai fungsi lain yaitu untuk melancarkan pencernaan dan peredaran darah.

Kerupuk Kuku Macan

Nama kuliner Indonesia yang berasal dari kalimantan ini memang unik Mereka menggunakan kuku macan sebagai makanan mereka.

Tapi jangan kaget dulu, kuku macan yang dimakan bukanlah kuku macan yang sebenarnya melainkan hanya namanya saja yang kebetulan sama. Kuku Macan merupakan makanan seperti kerupuk khas Balikpapan.

Kerupuk yang juga dikenal dengan nama kerupuk amplang ini dibuat dari bahan tepung tapioca dan ikan tenggiri. Bentuknya yang sama seperti kuku macan membuatnya terkenal dengan sebutan Kuku Macan.

Kerupuk Melarat

menjadi salah satu nama kuliner Indonesia yang unik. Rasanya mengerikan sekali ketika mendengar kata melarat, bagaikan mimpi buruk ketika seseorang dinyatakan melarat.

Tapi melarat yang satu ini hampir disukai oleh setiap orang. Kerupuk melarat adalah camilan berbahan dasar tepung tapioca khas kota Cirebon.

Disebut melarat karena camilan yang satu ini tidak digoreng dengan minyak melainkan dengan pasir panas yang telah dibersihkan terlebih dahulu sebelumnya.

Karena harga minyak pada saat itu sangat mahal, maka masyarakat menemukan inovasi baru dengan memanfaatkan pasir. Warna kerupuk melarat identik mencolok seperti merah, kuning, hijau namun ada pula yang berwarna putih.

 Dodol Meuseukat

Meuseukat merupakan dodol khas Aceh yang bercita rasa manis dan lembut. Biasanya dodol berwarna kecoklatan, meuseukat justru berwarna putih bila hanya menggunakan tepung. Namun meuseukat ditambah campuran buah nanas.

sehingga warna dodol ini cenderung kuning cantik. Dengan tampilan bulat melingkar, dan eloknya ukiran bunga serta daun di permukaan dodol. Hanya ditemui pada saat acara tertentu saja seperti pernikahan atau penyambutan tamu.

Bali Blayag

Bali Blayag Raja adalah makanan khas Bali yang sejak dulu sudah ada dan terkenal di Bali. Rasa yang enak dan gurih tentu makanan ini menjadi banyak diminati. Walaupun tampilannya sederhana tetapi tidak menciutkan hati para pecinta kuliner.

Karena rasa yang didapat sungguh nikmat layaknya makanan yang disohorkan untuk para Raja. Blayag sejenis lontong atau ketupat, yang menggunakan pembungkusnya berupa daun kelapa.

Roti Ketawa

Camilan yang berasal dari Medan ini, memiliki bentuk seperti kue onde karena terdapat hamparan wijen di seluruh permukaannya.

Hanya saja pada makanan ini berbahan dasar roti, sehingga terasa lebih padat dan tidak terdapat isi yang terbuat dari kacang hijau.

Jika kamu berfikir dengan memakan roti ini akan membuat kita tertawa itu adalah salah besar. Karena camilan ini dinamakan roti ketawa karena terdapat belahan dipermukaan pada makanan berbentuk bulat ini. Sehingga terlihat seperti sebuah mulut tertawa.

Kue Dollar

Kue Dollar adalah kue kering yang berasal dari Surabaya. Makanan ini termasuk oleh-oleh yang tak boleh ketinggalan saat kita mengunjungi Kota Pahlawan ini.

Pada awalnya, camilan ini hanya memilik rasa gurih dan renyah namun kini begitu banyak varian rasa mulai dari wijen jahe sampai keju.

Kue yang berbahan dasar terigu telur dan air ini dibentuk pipih dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari besi ataupun aluminium.

Setelah didinginkan dari cetakan, barulah kue ini dapat di nikmati. Bentuk kue ini bundar dan pipih, mirip sekali dengan koin Indonesia pada jaman dahulu.

Dari  beberapa macam makanan Indonesia dengan nama yang sangat unik. Makanan tersebut Tidak sembarang diberikan, tapi memiliki arti dan sejarah tersendiri.

Continue Reading

oleh-oleh

Orang Kaya di AS Memilih Menyewa Rumah daripada Membeli

Published

on

Orang Kaya di AS Memilih Menyewa Rumah daripada Membeli
Orang Kaya di AS Memilih Menyewa Rumah daripada Membeli
Orang Kaya di AS Memilih Menyewa Rumah daripada Membeli

Orang Kaya di AS Memilih Menyewa Rumah daripada Membeli – Meskipun mampu membeli sebuah rumah, kebanyakan warga Amerika yang ekonominya berkecukupan, lebih memilih untuk menyewa rumah.

Jumlah rumah tangga ASyang berpenghasilan setidaknya $150.000 (sekitar Rp 2,1 Miliar) per tahun yang memilih untuk menyewa daripada membeli rumah.

Meningkat 175 persen antara tahun 2007 dan 2017, demikian hasil analisa situs pencarian apartemen RentCafe yang menggunakan data dari Biro Sensus.

Jenis penyewa rumah yang tergolong mampu ini bertentangan dengan asumsi lama. Bahwa orang Amerika menyewa tempat tinggal terutama karena mereka tidak mampu membeli rumah.

Gaya hidup memainkan bagian penting dalam keputusan mereka untuk menyewa,” kata penulis studi Alexandra Ciuntu.

“Menyewa di beberapa kota sekaligus merupakan sesuatu yang istimewa, begitu pula berpindah dari satu lokasi trendi ke lokasi lainnya.”

Pusat bisnis dan teknologi seperti di kota San Francisco dan Seattle memiliki jumlah orang kaya yang menyewa rumah terbanyak.

“Dengan meningkatnya harga rumah, sepertinya ini adalah keputusan yang lebih baik yang dapat diverifikasi untuk menyewa lebih lama,” kata Ciuntu.

“Mengingat bahwa di kota San Francisco, misalnya, $ 200.000 Anda hanya membeli lahan sebesar 260 meter persegi. Dapat dimengerti mengapa para penerima pendapatan teratas ini menyewa secara serius untuk mencoba (hunian ini). Sebelum memutuskan apakah akan berinvestasi di properti tersebut atau tidak.”

Bahkan baik di kota San Francisco maupun New York jumlah orang kaya yang menyewa rumah melebihi jumlah orang kaya yang membeli (pemilik) rumah.

Penyewa berpenghasilan tinggi di New York City, jumlahnya mencapai sekitar 250.000,lebih banyak daripada di tempat lain di negara ini.

“Sepuluh tahun yang lalu kita akan menghubungkan kepemilikan (kekayaan) real estat dengan stabilitas hidup. Sedangkan keduanya tidak harus saling terkait saat ini,” kata Ciuntu.

“Menyewa terbukti menjadi pilihan yang lebih fleksibel bagi mereka yang menikmati gaya hidup yang dinamis dan kaya.

Dari sudut pandang yang lebih milenial, ini bukan lagi solusi singkat sebelum menetap, melainkan dunia ‘kemungkinan’ yang menarik,” imbuhnya.

Namun, antusiasme dalam menyewa rumah ini tidak berarti bahwa orang-orang kaya yang berpenghasilan tinggi, menolak kepemilikan rumah, menurut Ciuntu.

Antara 2007 dan 2017, Chicago menambah jumlah orang kaya yang memiliki rumah 9.800 lebih banyak daripada penyewa rumah yang berpenghasilan tinggi.

Di kota Seattle jumlah orang kaya yang membeli rumah13.400 lebih banyak dari penyewa. Sementara di Denver pembelu properti mencapai hampir 18.000 lebih banyak dibandingkan para penyewa rumah. [es]

Continue Reading

oleh-oleh

Mampir ke Pontianak Ini Oleh-oleh Khas Yang Tidak Bisa Dilupakan

Published

on

Mampir ke Pontianak Ada Oleh-oleh Khas Yang Tidak Boleh Kamu Lupakan

Gencil News- Mampir ke Pontianak Ada Oleh-oleh Khas Yang Tidak Bisa Dilupakan. Ibu kota dari Kalimantan Barat ini dikenal sebagai salah satu kota wisata paling menarik di Indonesia. bermacam destinasi mulai dari wisata sejarah seperti Keraton Kadariah hingga wisata alam Sungai Kapuas. Pontianak yang merupakan salah satu kota di Kalimatan barat memiliki berbagai objek wisata.

Mampir ke Pontianak Ada Oleh-oleh Khas Yang Tidak Bisa Dilupakan. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga wisata kuliner yang bisa ditemui di kota yang diberikan julukan Kota Khatulistiwa. Kota Pontianak semakin menarik minat para wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung. jika kamu kebetulan sedang liburan ke pontianak jangan lupa bawakan oleh-oleh khas pontianak untuk keluarga dan kolega.

Dengan pilihan buah tangan yang paling laris di kalangan wisatawan berikut ini, pastinya keluarga dan teman-teman kamu akan sangat senang mendapatkannya! Misalnya 3 penganan manis dan gurih berikut:

1. Kue Bingke Khas Pontianak
Kue Bingke Khas Pontianak
Kue Bingke Khas Pontianak

Kue ini memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut. Kue ini sangat mudah ditemukan di Kota Pontianak terlebih lagi saat menjelang Bulan Ramadhan karena sangat disukai masyarakatnya sebagai menu buka puasa. harganya yang terjangkau dan bisa menjadi menu pilihan untuk oleh-oleh keluarga dirumah.

2. Lemang Pontianak

Lemang adalah makanan terdiri dari beras ketan atau pulut putih, santan kelapa, bisa juga ditambah kacang hijau atau kacang tanah atau tergantung selera.

Setelah itu, beras ketan bersama santan dan kacang hijau dicampur lalu dimasukkan ke dalam bambu yang sudah dibersihkan atau disiapkan tersebut. Kemudian dibakar sekitar 5-6 jam.

Panganan lemang akan semakin nikmat, apabila menkonsumsinya dicampur kuah santan, baik itu menggunakan daging sapi, ayam atau daging kambing

3. Jorong Jorong

Kue asal Kalimantan Barat ini memiliki rasa dan aroma pandan yang harum. Ini dikarenakan wadah atau cetakkannya menggunakan daun pandan. Gurihnya santan bercampur dengan tepung beras terasa lembut saat dinikmati.

Ada rencana berkunjung ke kota Pontianak, setelah pandemi? Jangan lupa bawa oleh-oleh khasnya, ya!

Continue Reading

Advertisement

KORAN GENCIL NEWS

TRENDING