Tips Aman Saat Mendaki Gunung

Setiap orang tentu saja memiliki caranya tersendiri untuk melakukan liburan seperti dengan bepergian ke mall, kemudian bepergian ke kebun binatang, pergi ke Museum, dan lain sebagainya. Ada salah satu cara yang paling banyak diminati oleh banyak orang yaitu bepergian ke beberapa tempat yang ada di Indonesia. Dengan melakukan perjalanan memang merupakan salah satu cara berlibur yang sangat menyenangkan, apalagi kini munculnya sebuah trend baru yaitu trend Adventure.

Trend Adventure ini adalah trend dalam melakukan perjalanan ke alam bebas. Beberapa contoh trend Adventure adalah travelling ke air terjun, travelling ke hutan, travelling ke sungai dan travelling ke danau. Akan tetapi di antara perjalanan-perjalanan tersebut ada lagi travelling atau sebuah perjalanan berlibur yang di bilang agak sulit dalam melakukan perjalanannya yaitu travelling ke gunung. Travelling ke gunung ini merupakan bentuk perjalanan yang anti mainstream karena dalam perjalanan ini tidak semua orang dapat melakukannya. Dalam melakukan travelling ke gunung yang perlu di persiapkan adalah mental dan fisik karena saat di perjalanan fisik dan mental kita sangat lah di uji karena beratnya medan yang ada di sana.

Di Indonesia terdapat cukup banyak sekali gunung yang dapat kita pilih sebagai tujuan travel kita. Seperti mendaki keindahan Gunung Rinjani, kemudian mendaki keindahan Gunung Semeru, mendaki keindahan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, dan gunung-gunung lainnya yang ada di Indonesia. Dalam melakukan travelling ke beberapa gunung yang ada di Indonesia juga memiliki beberapa peraturan seperti tidak boleh membunuh apapun selain waktu, tidak boleh mengambil apapun selain foto, dan tidak boleh meninggalkan apapun selain jejak kaki. Peraturan itu harus di lakukan di setiap kita melakukan travelling ke gunung-gunung yang ada di Indonesia.

Selain itu Anda juga harus membawa beberapa barang yang dibutuhkan sebelum mendaki gunung. Yuk simak beberapa penjelasannya di bawah ini.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaki Gunung

Mendaki gunung memang merupakan aktivitas yang kini sangat banyak disukai oleh banyak orang bahkan dari usia remaja hingga dewasa, hal ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara untuk menikmati liburan, kemudian untuk melihat bahwa betapa indahnya alam Indonesia, dan juga ingin bersyukur dan menganggap dirinya sangat kecil di hadapan sang pencipta. Banyak orang yang mungkin belum pernah mendaki gunung akan sangat penasaran bahwa apa sensasi dari naik gunung, namun bagi Anda yang ingin mendaki sebuah gunung, maka Anda juga harus mempersiapkan beberapa peralatan maupun perlengkapan yang sangat dibutuhkan selama mendaki gunung. Mau tahu apa sajakah hal-hal yang dibutuhkan? Simak beberapa penjelasannya berikut ini.

  1. Mempersiapkan fisik dan mental.
    Tips yang pertama yaitu mempersiapkan fisik dan juga mental. Mendaki gunung tentu saja bukan hal yang mudah apalagi medan yang curam, terjal dan juga selalu menanjak akan membuat Anda lelah. Maka dari itu jika Anda memutuskan untuk mendaki gunung maka Anda harus mempersiapkan diri Anda dengan sangat pasti dan yakin.
  2. Mengetahui informasi gunung yang akan didaki.
    Tips yang kedua yaitu mengetahui informasi tentang gunung apa yang akan Anda daki, Anda wajib mengetahui tentang jalur-jalurnya, kemudian juga mengetahui apakah ada sumber mata airnya atau tidak, kemudian apakah ada hewan buasnya atau tidak, dan lain sebagainya.
  3. Mempersiapkan logistik (makanan dan minuman).
    Tips yang ketiga yaitu mempersiapkan berbagai perlengkapan logistik seperti makanan, minuman, yang akan Anda bawa tentunya selama mendaki gunung. Perkirakan juga waktu yang kira-kira dibutuhkan ketika mendaki gunung tersebut, jadi Anda juga bisa memperkirakan makanan maupun minuman-minuman yang akan Anda bawa tentunya selama dalam perjalanan.
  4. Mempersiapkan obat-obatan.
    Tips yang keempat yaitu dengan mempersiapkan obat-obatan. Obat-obatan ini memang sangatlah penting tentunya untuk mengantisipasi jika nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalkan lecet terkena kayu, atau luka karena sepatu, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk membawa minyak kayu putih atau semacamnya yang akan membuat Anda menjadi hangat karena tentu saja di gunung suhu nya akan jauh lebih dingin dibandingkan dengan di kota.
  5. Mempersiapkan barang yang penting.
    Tips yang kelima yaitu mempersiapkan barang-barang yang penting seperti mempersiapkan tenda, kemudian mempersiapkan carrier, mempersiapkan nesting atau alat memasak, kompor, pisau, piring, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk membawa plastik sampah untuk menampung sampah-sampah yang kita bawa untuk kemudian dibuang ke bawah yaitu ke tempat sampah yang mungkin disediakan di basecamp.
Baca juga   Konser Mengenang Aretha Franklin

Tips Aman Ketika Akan Mendaki Gunung

Setelah Anda mempersiapkan beberapa hal-hal apa sajakah yang harus Anda bawa ketika akan melakukan perjalanan khususnya mendaki gunung, ada juga beberapa hal atau tips aman ketika Anda akan mendaki beberapa gunung yang ada di Indonesia, diantaranya adalah:

  1. Melakukan olahraga sebelum melakukan pendakian.
    Tips yang pertama yaitu melakukan olahraga sebelum mendaki gunung. Mendaki gunung ini juga sama dengan melatih fisik, maka dari itu untuk mendapatkan fisik dan juga stamina yang kuat maka tentu saja dibutuhkan juga dengan adanya latihan-latihan agar nantinya saat Anda mendaki gunung akan jauh lebih kuat, terutama dalam mengatur napas. Ada beberapa latihan yang bisa Anda lakukan misalkan dengan jogging, push up, sit up (senam lantai), dan lain sebagainya.
  2. Membawa perlengkapan yang lengkap.
    Tips yang kedua yaitu membawa perlengkapan yang lengkap. Seperti yang sudah disebutkan di atas Anda harus mempersiapkan berbagai macam perlengkapan sebelum mendaki gunung misalkan tenda, sleeping bag, carrier, jaket, pisau, jas hujan, dan lain sebagainya. Dan tak lupa juga untuk membawa makanan dan juga minuman untuk bekal perjalanan.
  3. Membawa jaket yang tebal.
    Tips yang ketiga yaitu membawa jaket yang tebal. Hal ini tentu akan membuat Anda menjadi jauh lebih hangat, usahakan juga untuk membawa jaket yang anti air dan juga anti angin agar Anda akan selalu hangat ketika berada di gunung.
  4. Memakai peralatan yang sesuai standar.
    Tips yang keempat yaitu menggunakan peralatan-peralatan yang sesuai standar. Anda harus menggunakan jaket yang khusus untuk mendaki gunung, kemudian menggunakan sepatu khusus mendaki gunung, menggunakan tenda yang anti angin dan juga kuat, dan lain sebagainya.
  5. Mengetahui cuaca.
    Tips yang kelima yaitu dengan memperhatikan perubahan cuaca. Kini sudah banyak aplikasi-aplikasi cuaca yang bisa Anda download dan juga pantau terhadap cuaca yang sedang terjadi di beberapa gunung yang akan Anda daki.
Baca juga   Dedeh Erawati Raih 4 Medali Emas Kejuaraan Dunia Masters

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai salah satu pilihan untuk berlibur yang cukup dan juga sangat menyenangkan bahkan anti mainstream yaitu dengan mendaki gunung-gunung yang ada di Indonesia. Selain itu di atas juga sudah disebutkan beberapa tips atau hal-hal yang harus Anda persiapkan dengan cukup matang khususnya bagi yang akan mendaki gunung. Ada juga penjelasan mengenai tips aman yang bisa Anda lakukan juga ketika akan mendaki gunung yang ada di Indonesia ini. Yang terpenting adalah selalu sopan dimana pun kita berada, dan juga jangan sombong. Semoga dengan penjelasan-penjelasan di atas dapat membantu Anda yang akan melakukan liburan khususnya dengan mendaki gunung-gunung yang ada di Indonesia.

Penulis yang suka nulis