Gencil News -Tempat kerja memang bisa menjadi tempat yang menyenangkan. Sebaliknya, Sebagian orang menganggapnya sebagai tempat yang sangat membosankan. Terlebih dengan rutinitas yang itu itu saja atau bahkan target pekerjaan yang terus bert ambah. Tak jarang stress pun datang melanda.

Berdasarkan data Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), pegawai yang mengalami stress berada di kisaran 15-30 % setiap tahunnya. Sayangnya, stress di tempat kerja seringkali tak disadari oleh orang yang mengalami. Padahal stress bisa berakibat fatal. Bukan hanya menyebabkan jiwa yang tidak sehat, stress juga dapat membuat turunnya produktivitas kerja yang memungkinkan perusahaan mengalami kerugian. Kalo udah gini, nasib pekerjaan menjadi taruhannya.

Mengabaikan stres di tempat kerja juga bisa memberikan efek buruk pada lingkungan keluaga, sosial dan kehidupan rumah tangga. Orang yang mengalami stress biasanya lebih mudah emosi sehingga sering memicu terjadinya cekcok dalam rumah tangga dan menyebabkan suasana rumah yang tidak sehat untuk sebuah keluarga.

Baca juga   Jaringan Supermarket Australia Batalkan Larangan Kantong Plastik

Selain itu, stress juga memicu konflik batin pada diri sendiri yang dapat berujung depresi. Orang yang menderita depresi memiliki kemungkinan 58% lebih banyak terserang obesitas akibat perubahan pola makan yang drastis dan kurang berolahraga. Jika tidak ditangani secara serius, depresi di usia muda bisa menurunkan kemampuan otak serta meningkatkan risiko Alzheimer dan stroke. Dalam beberapa kasus, mereka yang sudah terserang depresi berat cenderung mencoba untuk mengakhiri hidup dengan bunuh diri. Serem kan ?

Sebenarnya, Ada satu solusi yang bisa menyembuhkan stress atau menangani stress yaitu adalah dengan mengungkapkannya atau dalam arti Menceritakan beban pikiran dan membicarakan secara terbuka kepada atasan, rekan kerja, teman maupun pasangan. Mengurangi stres akan meringankan beban hati dan pikiran sehingga kesehatan mental lebih seimbang.

Baca juga   Cara Mudah Hemat Baterai Smartphone saat Liburan

Itulah solusi paling ampuh untuk menghilangkan stress, dengan kita bercerita keluh kesah kita kepada orang terdekat kita, selain memberikan rasa tenang dengan kita bercerita, orang terdekat kita juga bisa membantu untuk memberikan solusi terhadap permasalahan kita.

Semoga tips ini berguna untuk kalian yang sedang memiliki masalah atau stres.(RK)