5 Langkah Awal Untuk Pemula dalam Budidaya Tanaman Hias
Connect with us

Tips

5 Langkah Awal Untuk Pemula dalam Budidaya Tanaman Hias

Published

on

5 Langkah Awal Untuk Pemula dalam Budidaya Tanaman Hias

Tanaman Hias Selain bisa menjadi hobi yang menyenangkan dapat juga menjadi bisnis bagi pemula yang tertarik terhadap budidaya tanaman.

Dengan memanfaatkan ruang terbuka hijau pada rumah anda bisa menambah nilai estetika pada setiap sudut pandangan rumah.

Selanjutnya, Jika Anda termasuk salah satu penggemar tanaman hias, dan melakukan aktivitas berkebun maka Anda harus paham tehnik dari dasar-dasar merawat tanaman hias.

Karena cara merawat tanaman tanaman hias berbeda dari perawatan tanaman lainnya. Perlu beberapa teknik dan pengetahuan tentang berkebun agar tanaman hias bisa tumbuh subur dan cantik.

Berikut ini adalah beberapa tips dan dasar-dasar budidaya tanaman hias untuk pemula.

1. Pilih Jenis Sesuai Tren

Tanaman jenis punya banyak varian dan jenis, dan tak semuanya jadi tren.

Ada baiknya untuk melihat kembali apa yang sedang jadi tren saat ini. Hal ini terutama juga penting bagi pemula yang ingin menjadikan ini sebagai bisnis.

2. Pilih Sesuai Kebutuhan Cahaya Matahari

Tanaman hias merupakan jenis tanaman yang sensitif. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, seperti banyaknya cahaya, tingkat kelembapan, dan penempatan.

Seperti cara menanam tanaman lain, tumbuhan juga butuh matahari. Akan tetapi kebutuhan tiap tanaman akan cahaya matahari juga berbeda-beda, ada yang suka teduh dan ada yang suka mandi matahari.

Anda juga harus memahami kondisi paparan cahaya matahari di rumah sebelum memilih tanaman hias. Sesuaikan tingkat kebutuhan cahaya matahari dengan ‘asupan’ yang tersedia di rumah.

3. Pilih Wadah yang Sesuai

Tanaman hias memang identik dengan hiasan variatif mulai dari tanamannya hingga wadah yang dimiliki. Tak heran, jika pot atau mug menjadi opsi pilihan yang unik.

Salah satu cara yang tepat adalah dengan memilih wadah yang sesuai dengan karakteristik tanaman. Jangan terlalu besar juga kecil, sesuaikan dengan karakteristiknya.

Hal ini akan berpengaruh pada kelembapan dan pertumbuhan akar tanaman. Pot yang terlalu kecil akan menghambat pertumbuhan akar dan jika sudah padat maka akan berpengaruh ada pertumbuhan tanaman.

4. Kontrol Manajemen Pemeliharaan yang Apik

Ketika melakukan perawatan atau budidaya jangan lupa lakukan penyiraman, pemupukan hingga ganti tanah dengan telaten.

Lakukan aktivitas penyiraman secara teratur minimal sebanyak dua kali dalam sehari yakni pada pagi dan sore hari.

Selain itu, gunakan air bersih untuk menyiram bagian tanaman hingga daunnya untuk ‘memandikannya’ dari debu kotor hingga bakteri.

Setelahnya lakukan pemupukan yang sesuai, pupuk berperan sebagai makanan tambahan, vitamin, dan penunjang pertumbuhan bagi para tanaman.

Jangan lupa kenali tanaman anda dan lakukan pemupukan dengan menambah unsur NPK yang merupakan unsur dasar yang dibutuhkan oleh tanaman.

Selain itu, jangan lupa mengganti tanah baru yang cukup subur dan dilengkapi dengan pupuk yang maksimal.

5. Teknik Pemangkasan yang Estetik

Mengutip berbagai sumber, gunakan gunting tajam untuk memberikan efek tegas dan pertumbuhan yang baik pada tanaman pemilik.

Pahami benar dalam budidaya jika tanaman hias memiliki kuncup atau bunga, maka lakukan pemangkasan saat mereka sudah mekar.

Namun, bagi tanaman hias yang tidak memiliki kuncup atau bunga maka segera pangkas di awal musim pertumbuhannya.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu memangkas daun atau bunga yang mati agar tidak menularkan kekeringan atau hal serupa kepada bagian tanaman yang lain.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tips

Lidah Buaya Bisa Sebagai Tanaman Hias Untuk Rumah

Published

on

Lidah Buaya Bisa Sebagai Tanaman Hias Untuk Rumah

 Gencil News- Tanaman Lidah buaya atau sering juga Aloe vera adalah tumbuhan yang bersifat menahun, dan memiliki banyak manfaat.

Aloe vera atau juga lidah buaya termasuk dalam tanaman hias untuk rumah yang bisa juga menjadi dalam kelompok tanaman obat.

Lidah buaya juga dapat hidup dan menyebar pada beberapa kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering dalam berbagai belahan dunia.

Selain itu, Tanaman unik ini memiliki banyak sekali manfaatnya seperti untuk minuman, olesan untuk kulit, kosmetika, atau obat luar untuk luka bakar.

Masyarakat mengenal banyak manfaat dari aloe vera , sehingga tak sedikit yang mencoba untuk menanamnya.

Jka anda menyukai tanaman hias dan ingin mencoba menambah salah satu koleksi tanaman anda, silahkan mencoba menanam Lidah Buaya.

Gunakan wadah polybag atau pot sebagai tempat untuk menanam Aloe Vera. Siram tanaman sekali saja setiap 2-3 minggu.

Pastikan media tanam benar-benar kering sebelum disiram air lagi.

Untuk penanaman awal bisa menggunakan polybag berukuran kecil, namun seiring waktu polybag harus diganti karena ukuran aloe vera yang akan semakin bertumbuh.

Pastikan aloe vera mendapatkan cukup sinar matahari secara langsung sekitar 6-8 jam.

Selain polybag, jangan lupa untuk media tanam lain seperti tanah dan pupuk.

Gunakan tanah campuran untuk menanam lidah buaya dan jangan lupa jika anda menggunakan campuran antara tanah kering dan pupuk kandang pun penanganannya harus and perhatikan.

Continue Reading

Tips

Penderita Maag Harus Hindari Makanan Dan Minuman Ini Saat Puasa

Published

on

By

Penderita Magh Harus Hindari Makanan Dan Minuman Ini Saat Puasa
Ilustrasi kondisi lambung saat salah mengkonsumsi makanan dan minuman

Gencil News – Penderita asam lambung atau maag memang sudah semestinya bijak memilih makanan ketika menjalani ibadah puasa. Karena jika salah mengonsumsi makanan dan minuman maka magh bisa meningkat.

Berikut Makanan dan minuman yang harus anda hindari
1. Makanan Berlemak

Makanan jenis ini bisa memicu peningkatan tekanan asam lambung. Cobalah hindari makanan berlemak, seperti daging sapi, kentang goreng, keripik kentang, es krim, susu, keju, dan makanan-makanan berminyak lainnya.

2. Buah dan Sayur yang Asam

Buah dan sayuran jenis ini merupakan makanan penyebab asam lambung. Maka dari itu, cobalah hindari jeruk, lemon, tomat dan salad ataupun anggur karena bersifat asam.

3. Jangan Pilih Makanan yang Sulit Dicerna

Kue tar, cokelat, ataupun keju merupakan menu yang sulit dicerna yang bisa memperlambat pengosongan lambung. Nah, inilah yang bisa menyebabkan peningkatan peregangan lambung dan menyebabkan magh.

4. Bawah putih

Bawang putih merupakan makanan penyebab asam lambung yang juga mesti anda hindari. Meski memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tetapi bawang putih juga bisa meningkatkan risiko terjadinya asam lambung. Namun, efek bawang putih bisa berbeda pada setiap orang.

5. Kopi

Alasannya minuman ini bisa merangsang pengeluaran asam lambung. Selain kopi, penderita magh juga harus menghindari minuman, seperti sari buah, dan susu full cream.

6. Jangan Bercuka dan Pedas

Ada juga makanan pedas dan bercuka yang masuk ke dalam kelompok makanan penyebab asam lambung. Makanan pedas ini mesti diwaspadai bagi pengidap maag, karena bisa mengiritasi lapisan dalam kerongkongan dan menyebabkan nyeri ulu hati.

Selain itu, ada juga makanan dengan sumber karbohidrat yang sebaiknya dihindari pengidap maag. Misalnya, mie, bihun, ubi, beras ketan, jagung, talas, dan dodol. 

7. Awasi Makanan dan Minuman Bergas

Sederhananya, kamu harus menghindari makanan yang menyebabkan atau memperberat gejala sakit maag. Salah satunya, hindari mengasup menu-menu yang mengandung gas dan terlalu banyak serat. Misalnya, sayuran sawi, buah nangka, kol, pisang ambon, kedondong, dan buah yang dikeringkan.

Continue Reading

Tips

Susah Nggak Ya: Mimpi punya usaha di Amerika

Published

on

By

Susah Nggak Ya

David Christian adalah diaspora Indonesia yang tinggal di Philadelphia. Semula bekerja di pabrik, tapi dia ingin mengubah nasib dengan membuka usaha bengkel sendiri. Impiannya terwujud walau semula memiliki banyak keterbatasan termasuk dokumen-dokumen yang tidak lengkap.

“we have license from copy right owner because we are voa’s ( Voice of America) affiliates under official contract”

Continue Reading

Tips

Perhatikan, Jangan Tunggu Habis jika ingin Mengisi BBM Kendaraan

Published

on

Perhatikan, Jangan Tunggu Habis jika ingin Mengisi BBM Kendaraan

Perhatikan dan cek apakah anda termasuk pengguna kendaraan yang enggan mengunjungi  SPBU untuk mengisi BBM (Bahan Bakar Minyak).

Mulai saat ini dan selanjutnya jangan sampai atau bahkan menunggu sampai bahan bakarnya benar-benar habis baru mengisi.

Karena kebiasaan tersebut bisa menyimpan banyak risiko yang bahkan merusak komponen kendaraan.

Mengutip dari Laman Federal Oil, Jumat 11 Desember 2020, mengisi bensin saat tangki bahan bakar hampir kosong mungkin tak berdampak apa-apa jika sekali atau dua kali.

Namun, jika terus-terusan pemilik kendaraan harus menyiapkan sejumlah biaya untuk melakukan perbaikan pada komponen yang rusak.

Berikut kami rangkum empat risiko jika terlalu sering membiarkan BBM saat tangki motor sudah hampir kosong.

Tangki Motor Berkarat

Tangki motor yang sering kehabisan bensin akan memberikan dampak yang kurang baik. Hal itu karena jika tangki bensinnya sering kering atau kosong, maka permukaannya akan mudah berkarat.

Muncul Endapan Kotor

Jika tangki motor Anda sudah karatan, maka lama-lama karat tersebut akan terendap dan mengotori bahan bakar. 

Demi keamanan lebih baik anda cek dan melakukan pengurasan tangki di bengkel resmi.

Adapun pengurasan tangki motor ini sendiri bertujuan agar bahan bakar selanjutnya tidak terkontaminasi dengan karat atau kotoran yang sebelumnya terendap dalam tangki.

Fuel Pump Bisa Terganggu

Endapan karat dan kotoran yang berada dalam tangki motor jika tidak segera diatasi juga akan berdampak pada terganggunya fungsi fuel pump.

Akibatnya, sistem distribusi bahan bakar dari tangki motor ke mesin akan bermasalah. Efeknya bisa membuat motor Anda ngadat dan mogok alias tidak mau dinyalakan mesinnya.

Berdampak pada Karburator atau Injektor

Kala fuel pump sudah terganggu akibat adanya karat dan kotoran, maka hal ini bisa menyebar hingga menggangu kinerja karburator dan injektor.

Padahal, dua komponen tersebut merupakan bagian penting dalam sistem pembakaran bahan bakar.

Selain itu, jika kinerja karburator dan injektor terganggu, maka akibatnya bakal sangat buruk untuk kendaraan.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

TRENDING