5 Tips Posisi Duduk yang Benar Saat di Depan Komputer
Connect with us

Tips

5 Tips Posisi Duduk yang Benar Saat di Depan Komputer

Published

on

5 Tips Posisi Duduk yang Benar Saat di Depan Komputer

GENCIL NEWS – Menghabiskan waktu bekerja di kantor terlebih lagi duduk di depan layar computer, maka kenyamanan saat duduk pun merupakan hal yang penting. Terlebih lagi, posisi duduk yang salah dalam waktu lama akan menyebabkan kelainan tulang, seperti skoliosis, kifosis, lordosis dan beberapa lainnya.

Posisi duduk yang benar sangat memengaruhi kinerjamu saat mengerjakan banyak tugas di kantor. Jika salah posisi, hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan tulang punggung dan pinggul. Posisi duduk yang tidak tepat juga akan membuat mudah lelah dan pegal. Dan hal tersebut akan mempengaruhi kinerja anda.

Berikut 5 Tips Posisi Duduk Yang Benar Saat Di Depan Komputer:
  • Sesuaikan kursi dengan ketinggian meja dan peletakan tangan

Seringkali, kita mengatur kursi dengan acuan kedua kaki bisa menyentuh lantai. Namun dalam mengatur posisi duduk yang benar saat mengetik pekerjaan di laptop atau komputer, pastikan lengan kita harus terletak di atas meja. Tinggikan kursi dan pastikan kedua tangan mampu mengetik pada posisi garis yang sejajar dengan laptop atau komputer.

Posisi duduk yang benar tidak hanya mengenai posisi punggung atau pinggul. Pastikan juga tiap siku tangan berada di sisi kiri-kanan tubuh, tak boleh menggantung tanpa penyangga, dan tak boleh mengambang terlalu tinggi. Hal ini dilakukan supaya saraf tangan tidak terganggu dan lengan tidak pegal.

  • Jangan gunakan meja kerja berlaci

Penggunaan meja berlaci akan menghalangi anda menggunakan posisi duduk yang benar. Jika anda mengikuti cara posisi duduk yang benar sebelumnya, jarak antara kaki dan meja akan hanya beberapa sentimeter saja. Jika anda menggunakan meja berlaci, lutut tentu akan terbentur dan posisi duduk kurang nyaman.

  • Jangan meletakkan komputer terlalu jauh dari tempat duduk

Setelah melakukan ketiga teknik posisi duduk yang benar di atas, anda harus meletakkan komputer atau laptop dan mouse dalam posisi yang tidak terlalu jauh atau dekat. Apabila terlalu jauh, badan anda akan mendekat ke arah laptop, tanpa mempertahankan posisi duduk yang benar. Apabila terlalu dekat, radiasi cahaya komputer akan mengganggu kesehatan mata.

Berilah jarak antara layar komputer dengan matamu sekitar 50-100 cm dari posisi kamu duduk. Tarik keyboard sedekat dan senyaman mungkin. Lakukan hal yang sama pada laptop. 

  • Berdiri dan regangkan tubuh

Sesekali, berdirilah dari posisi duduk yang benar dan regangkan anggota badanmu dengan meluruskan tangan dan memutar kepala ke kiri dan kanan. Jika perlu lakukan aktivitas jalan disekitar kantor sejenak juga bisa mengembalikan suasana hati dan mengurangi pegal pada tubuh.

Tak hanya itu saja, matamu juga butuh istirahat setelah melihat layar komputer dalam durasi yang lama. Setiap 15 menit, layangkan pandanganmu dari layar komputer dan lihatlah sesuatu sejauh enam meter dalam durasi satu sampai dua menit. Jangan lupa untuk sering mengedipkan kelopak mata demi menjaga kelembapan mata.

  • Sandarkan punggung sesuai dengan lekuk sandaran kursi

Duduk dengan tegak 90 derajat sebenarnya tidak salah, tetapi posisi duduk ini tidak mampu bertahan cukup lama. Posisi duduk yang benar adalah dengan menyandarkan punggungmu sesuai dengan lekuk sandaran kursi Jika anda berada pada posisi duduk yang benar ini justru mengurangi tekanan pada punggung dan pinggang. Selain itu, tubuhmu tidak terlalu berat menopang berat badan. Namun yang perlu kamu ingat, jangan sampai sandaran terlalu rendah sehingga makin mengganggu aktivitas

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tips

Lakukan 4 langkah ini agar Ponsel Tetap Awet

Published

on

Lakukan 4 langkah ini agar Ponsel Tetap Awet

Ponsel menjadi barang yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Jika anda ingin gawai kesayangan menjadi tahan lama, maka lakukan 4 langkah ini agar ponsel anda tetap awet.

  • Menjaga Kebersihan Ponsel

Langkah pertama menjaga kebersihan adalah satu hal yang sering terlupakan oleh pengguna ponsel. Membersihkan gawai ini akan membuat performanya menjadi lebih baik dan dapat bertahan lama.

Bagian yang perlu antara lain port untuk kabel USB dan earphone. Keduanya rentang menjadi tempat debu untuk menumpuk.

anda dapat menggunakan pembersih lensa kamera untuk mengurangi debu di port tersebut. Layar juga menjadi bagian yang perlu anda bersihkan.

  • Perhatikan Kondisi Performa Baterai

Performa baterai juga sering terabaikan. Banyak orang mengisi daya dalam waktu lama bahkan lupa mencabut kabel ketika daya sudah penuh.

Namun, saat ini banyak ponsel canggih yang dapat memutus arus dengan sendirinya ketika daya telah terisi penuh.

Beberapa lainnya suka membiarkan smartphone mereka mati sebelum akhirnya terisi oleh daya.

Hal tersebut dapat merusak baterai ponsel yaitu menjadi lebih cepat habis atau lama saat proses pengisian. agar lebih baik lakukan isi daya ketika persentase mulai memasuki angka 10-15%.

  • Gunakan Tombol Dengan Hati-hati

Tombol yang dimiliki oleh ponsel modern saat ini tidak sebanyak dengan model ponsel lama.

Umumnya terdapat 4 tombol di smartphone, yaitu power, home, volume up, dan volume down. Saat menekan tombol tersebut pastikan kamu tidak menekannya terlalu keras.

Akibat dari penekanan yang keras akan membuat tombol ponsel menjadi lebih dalam sehingga akan lebih susah menggunakannya di lain waktu.

  • Hindari penggunaan ponsel pada Tempat Panas

Jika anda memiliki aktivitas penuh berada pada luar ruangan, lebih baik perhatikan suhu ruangan tersebut supaya ponsel tetap awet

Dalam kondisi normal, anda dapat menggunakan smartphone pada suhu 16 hingga 30 derajat celcius. ponsel akan awet biasanya terjadi karena suhu penggunaannya selalu terjaga dan tidak kepanasan.

Continue Reading

Tips

Inspirasi Tanaman Bonsai Untuk Menambah Estetik Rumah

Published

on

Inspirasi Tanaman Bonsai Untuk Menambah Estetik Rumah

Gencil News- Dalam menata sebuah taman kita sangat perlu memastikan setiap sudut yang pas dan bagus untuk dijadikan sebuah taman, biasanya kita semua menata taman depan rumah yang kita sukai dengan berbagai macam tanaman bonsai di dalam taman kita.

Mengonsep taman di depan rumah tak selalu harus mewah. Anda dapat menampilkan keindahan yang elegan tanpa perlu membenamkan fitur-fitur mewah secara berlebihan.

Tanaman hias bonsai menciptakan kesan alami yang cocok untuk hiasan di dalam ruangan. Tak cuma sebagai penyalur hobi, merawat tanaman bonsai juga bagian dari seni.

Mulai dari pemotongan, pemangkasan, hingga pembentukan cabangnya butuh keterampilan dan cukup memakan waktu. Jika tertarik memeliharanya di dalam rumah, simak cara membuat tanaman bonsai untuk hiasan interior.

Di balik bentuknya yang estetik, cara membuat tanaman bonsai bisa jadi cukup menantang dan proses yang panjang.

Pemiliknya juga harus tahu teknik khusus untuk memosisikan batang dan cabangnya hingga menarik dan semirip mungkin dengan pohon aslinya.

foto files : sumber istimewa

Memiliki pekarangan rumah yang sempit bukan penghalang untuk memelihara pohon hias. Bonsai (tanaman kerdil) solusi untuk memberikan kesejukan di halaman rumah yang tidak memakan banyak tempat.

Selain cahaya matahari, cara membuat tumbuhan ini supaya tumbuh dengan sehat adalah rutin menyiram pohon bonsai dengan air bersih secara teratur.

Jenis air yang dapat Anda gunakan bisa berupa air sumur, air PAM hingga air hujan.

Perlu diingat bonsai adalah tumbuhan yang dapat bertahan hidup di lingkungan kering, sehingga jadwal penyiraman juga harus diperhatikan.

Tanaman hias ini akan memperlihatkan keindahannya ketika sudah mencapai usia tahunan dan bentuknya seimbang.

Maksud dari seimbang di sini adalah, daun, batang, cabang beserta ranting memiliki kemiripan secara sempurna seperti tumbuhan yang asli. Jadi meski bentuknya hanya mini saja, daunnya tetap lebat dan rindang.

Continue Reading

Tips

Biaya Mutasi Mobil Murah, Berikut Rinciannya !

Published

on

By

Gencil News -Biaya Mutasi Mobil murah tidak merogoh kocek begitu dalam. Syarat yang ditawarkanpun tidak begitu menyulitkan anda yang ingin pindah domisili. Mutasi kendaraan atau balik nama biasanya dialami oleh pemilik kendaraan yang akan pindah domisili atau berganti pemilik.

Berdasarkan PP No 60 Tahun 2016 dengan ketentuan Rincian sebagai berikut :

  • Biaya Mutasi Kendaraan Roda 2 Senilai Rp. 150.000
  • Biaya Mutasi Kendaraan Roda 4 Senilai Rp. 250.000

Besaran biaya mutasi ini akan berbeda-beda sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku, yaitu 1% dari harga pembelian kendaraan. Misal kendaraan anda senilai Rp. 200.000.000 maka hitungannya adalah 1% x  200.000.000 = 2.000.000.

Namun ini belum keseluruhan biaya yang akan keluarkan, untuk lebih jelasnya  berikut ini daftar lengkap rincian biaya mutasi mobil:

KomponenJenis STNKBiaya (Rp)
Cek FisikSTNK roda 4 GRATIS
Biaya FiskalSTNK roda 4 250.000
Admin Gudang Kartu IndukSTNK Roda 4 10.000
Admin Mutasi KeluarSTNK Roda 4 50.000
Admin Mutasi MasukSTNK Roda 4 375.000
Biaya Mutasi Masuk (BBN)STNK Roda 42.000.000
Penerimaan Negara Bukan Pajak STNKSTNK Roda 4400.000
Penerimaan Negara Bukan Pajak BPKBSTNK Roda 4100.000

Mutasi atau perpindahan balik nama kendaraan bermotor dapat dilakukan antar wilayah Kalbar atau di luar wilayah Kalbar. Dalam mengurus hal ini anda harus menyiapkan beberapa berkas untuk persyaratan administrasi. Berikut adalah dokumen-dokumen yang harus terpenuhi ;

  • STNK asli dan fotokopinya
  • BPKB asli dan fotokopinya
  • KTP asli dan fotokopinya (jika KTP elektronik masih belum jadi, gunakan KTP sementara/SIM. Toppers juga bisa membawa kartu keluarga untuk berjaga-jaga)
  • Kwitansi pembelian mobil yang dibubuhi materai Rp 6.000.

Setelah anda melengkapi dokumen yang dibutuhkan berikut adalah tata cara mutasi kendaraan online 2020 yang perlu kamu tahu, diantaranya:

1.Datangi kantor Samsat sesuai dengan alamat pada STNK. Usahakan agar datang sepagi mungkin untuk menghindari antrian,

2.Langsung datangi tempat cek fisik kendaraan. Loket cek fisik sudah buka pada pukul 08.00. Datangi petugas dan serahkan kelengkapan berkas mu,

3.Kamu akan mendapatkan formulir cek fisik dan diminta untuk melakukan fotokopi berkas,

4.Serahkan formulir cek fisik ke petugas. Nanti, kamu dan petugas akan sama sama melakukan gesek nomor mesin dan rangka,

5.Bawa semua dokumen untuk difotokopi. Kamu tidak perlu keluar kantor Samsat karena tempat fotokopi sudah tersedia,

6.Selanjutnya, serahkan semua berkas yang difotokopi ke loket cek fisik,

7.Setelah itu kamu akan diarahkan ke bagian fiskal mutasi mobil untuk mengisi formulir dan membayar biaya atau pajak yang tertunda

8.Pastikan untuk tidak terlambat membayar pajak dengan bayar pajak kendaraan online

9.Ambil berkas kartu induk (sebaiknya tanya lokasi gedung kartu induk pada petugas),

10.Setelah berkas kartu induk ada di tangan, bawa ke bagian mutasi dan serahkan di loket yang tersedia,

11.Kamu akan mendapatkan surat jalan untuk mengurus mutasi di tempat domisili baru.

Umumnya proses mutasi kendaraan memakan waktu satu bulan setelah mendapatkan jadwal pengambilan berkas anda diminta untuk mendatangi kantor Samsat dengan membawa tanda bukti pembayaran mutasi kendaraan untuk mengambil berkas.

Continue Reading

TRENDING