Begini Caranya Membuat SKCK Online, Berikut Panduannya
Connect with us

Tips

Begini Caranya Membuat SKCK Online, Berikut Panduannya

Published

on

Begini Caranya Membuat SKCK Online, Berikut Panduannya

Gencil News – Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau biasa disingkat dengan SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh Polri. SKCK melalui fungsi Intelkam kepada seorang pemohon/warga masyarakat untuk menerangkan tentang ada ataupun tidak adanya catatan suatu individu atau seseorang yang bersangkutan dalam kegiatan kriminalitas atau kejahatan.

Masa berlaku SKCK hingga 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan. Jika telah melewati masa berlaku dan bila dirasa perlu, SKCK dapat diperpanjang.

Tata cara permohonan untuk memperoleh SKCK dapat dilakukan dengan cara mendaftar secara langsung di loket pelayanan SKCK di setiap kantor polisi. Untuk membuat anda dapatmembawa dokumen yang dipersyaratkan serta mengisi formulir yang telah disiapkan oleh petugas.

Atau mendaftar dengan cara mengunggah dokumen yang dipersyaratkan serta mengisi form yang tersedia sesuai urutan.

Syarat & Ketentuan

WARGA NEGARA INDONESIA (WNI)

Fotokopi KTP dengan menunjukan KTP asli.

Fotokopi Paspor.

Fotokopi Kartu Keluarga (KK).

Fotokopi Akte Lahir / Kenal Lahir / Ijazah.

Fotokopi kartu identitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP.

Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 6 (enam) lembar dengan latar belakang merah, berpakaian sopan, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pasfoto harus tampak muka secara utuh.

WARGA NEGARA ASING (WNA)

Surat permohonan dari sponsor, perusahaan, atau lembaga yang mempekerjakan, menggunakan, atau yang bertanggung jawab pada WNA.

Fotokopi KTP dan Surat Nikah apabila sponsor dari Suami/Istri Warga Negara Indonesia (WNI).

Fotokopi Paspor.

Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

Fotokopi IMTA dari KEMENAKER RI

Fotokopi Surat Tanda Melapor (STM) dari Kepolisian.

Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 6 (enam) lembar dengan latar belakang berwarna kuning, berpakaian sopan, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pasfoto harus tampak muka secara utuh.

Untuk keterangan lebih lanjut, anda bisa mengklik tautan ini SKCK Online

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tips

6 Cara Mendekorasi Kamar Tidur Supaya Terlihat Instagramable

Published

on

6 Cara Membuat Kamar Terlihat Estetik dan Lebih Instagramable

Kamar tidur dapat mencerminkan kepribadian si pemiliknya. Kebersihan dan kerapian ruang istirahat dalam rumah menjadi hal utama.

Namun, mendekorasi kamar tidur memang membutuhkan waktu hingga biaya yang mahal. Hal ini pun sebenarnya bisa anda usahakan dengan berbagai hal yang mudah namun tetap estetik.

Lalu, bagaimana Cara Mendekorasi Kamar Tidur Supaya Terlihat Instagramable dan lebih estetik?

Pilih Warna Cat Estetik

Cara mendekorasi kamar tidur menjadi lebih menarik yang pertama adalah dengan pemilihan warna cat Sebab, hal ini merupakan langkah awal untuk menentukan warna untuk detail ornamen pendukung dalam kamar.

Usahakan untuk memilih cat dinding dengan warna yang cukup menarik dan terang. Warna putih kini menjadi idaman banyak orang sebagai warna dasar, sebab warna tersebut dianggap dapat memunculkan kesan kamar yang luas dan bersih.

Pasang Wallpaper Cantik

Selain pemilihan warna cat dinding, hal selanjutnya adalah ornamen dinding, tambahkan wallpaper cantik yang sesuai dengan selera dan warna cat dinding.

Pemasangan wallpaper ini dapat menimbulkan kesan mewah dan elegan bagi kamar tidur.

Selain itu, biasanya wallpaper juga dapat menimbulkan kesan hangat pada ruangan.

Pajangan Dinding

Selain wallpaper, letakkan pajangan dinding pada kamar tidur, Beberapa pajangan yang membuat kamar semakin cantik yakni berupa lukisan, foto, hingga hiasan dinding lainnya.

Poster artis masih menjadi sebagai media dekorasi kamar yang cukup murah meriah namun tetap dapat mencerminkan identitas si pemilik.

Namun, jangan memasang pajangan dinding dalam jumlah yang berlebihan. Hal ini justru akan membuat kamar Anda terkesan sempit dan kurang rapi.

Letakkan Tanaman Hijau

Untuk semakin menghidupkan suasana ruang kamar tidur, tambahkan beberapa tanaman seperti pot mungil atau tanaman hijau seperti kaktus hias.

Pada kurun waktu tertentu, letakkan tanaman tersebut di luar ruangan agar tetap mendapatkan paparan sinar matahari.

Tambahkan Karpet

Cara mendekorasi kamar menjadi lebih menarik selanjutnya adalah dengan penambahan karpet. Anda dapat meletakkan karpet kecil pada bagian depan atau samping tempat tidur.

Hindari untuk memilih warna yang bertabrakan dengan warna dominan kamar tidur agar tidak memberikan kesan terlalu ramai dan tidak terkesan estetik

Pilih Sprei Cantik

Hal yang tak kalah pentingnya adalah warna dan corak sprei untuk tempat tidur. Pilih sprei yang memiliki motif dan warna cantik serta cocok untuk tempat tidur.

Sprei berwarna polos dengan selimut atau bedcover bermotif dapat dipilih untuk mendapatkan suasana yang nyaman dan menarik.

Continue Reading

Gaya Hidup

Lebaran Virtual dengan Merubah Konsep Dekorasi Ruangan Agar Estetik

Published

on

Lebaran Virtual dengan Merubah Konsep Dekorasi Ruangan Agar Estetik
Lebaran Virtual dengan Merubah Konsep Dekorasi Ruangan Agar Estetik (Foto : Decoist/ For Small Living Room Decor)

Gencil News- Lebaran tahun ini masih sama seperti tahun lalu, semua akan berlangsung secara virtual, setelah pemerintah memberlakukan pelarangan mudik.

Namun, jangan merasa kecil hati hingga merubah mood atau suasana hati keluarga. Anda masih bisa melakukan silahturahmi secara virtual.

Hal tersebut tidak akan menghilangkan maknanya, Maka dari itu supaya suasana lebih berbeda lakukan penataan ulang dekorasi ruangan agar lebih estetik.

Menurut Andinia Gloria, dari DekorDesain Pontianak, Konsep dekorasi ruangan bisa membuat mood lebih bermakna.

Langkah awalnya bisa memulainya dengan menyortir barang lama. dan mengganti wallpaper tembok atau warna cat yang anda suka.

Selanjutnya, Pikirkan konsep dekor ruangan yang nantinya akan anda dan keluarga lakukan saat virtual bersama keluarga atau kolega.

Jika anda terpikir sudut ruang tamu maka bisa merubah tata letak ruang dan wallpaper supaya lebih terasa baru.

Ilustrasi Ruang Tamu dengan warna hangat yang merubah mood ( (Foto : Decoist/ For Small Living Room Decor)

Jangan lupa sortir barang lama yang tidak terpakai lagi, dan membersihkan ruangan yang ingin anda buat untuk acara virtual konferensi.

Berikutnya, konsep lain untuk ruangan agar lebih estetik bisa juga membuat tambahan buku-buku pada rak yang memanjang dan warna cat monochrome.

Ilustrasi Ruang Tamu dengan warna monochrome dan rak buku ( (Foto : Decoist/ For Small Living Room Decor)

Spot Ruangan memang berpengaruh besar dalam perubahan tata letak walaupun mediumnya tidak terlalu besar, Namun sangat mempengaruhi.

Gunakan tambahan aksesoris seperti warna bantal dan lukisan supaya memberi kesan pandangan yang luas pada ruangan kecil.

Ilustrasi Spot Ruang Tamu dengan warna monochrome dan rak buku ( (Foto : Decoist/ For Small Living Room Decor)

Spot terbaik dalam rumah bisa anda sesuaikan dengan kondisi ruang tamu atau ruang berkumpul keluarga.

Mulailah dengan mengkonsep dan mensortir barang lalu membersihkan ruangan, Supaya lebaran nanti lebih menyenangkan.

Continue Reading

Tips

Tehnik dan Cara Mudah Membuat Ketupat Jadi Tahan Lama

Published

on

Tehnik dan Cara Mudah Membuat Ketupat Jadi Tahan Lama

Gencil News- Ketupat kerap kali menjadi sumber makanan utama pilihan saat menyambut bulan Ramadhan dan saat Lebaran Idul Fitri.

Salah satunya, Membuat hidangan ketupat untuk keluarga. Namun sayangnya tidak semua orang bisa membuatnya hingga tahan lama.

Selain itu, pembuatan makanan ini tentunya akan memakan waktu sehingga terkadang banyak terjadi kegagalan.

Membuat ketupat sendiri sebenarnya mudah, Ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan. Mulai dari pemilihan jenis beras yang tepat hingga ke penyimpanan.

Untuk beras, pilih beras pulen, Rendam beras dalam air dingin selama 1 jam. Tiriskan hingga kering.

Untuk kulit pilih yang ukurannya sama agar nanti bisa matang bersamaan dan pastikan juga anyaman janur pada kulit cukup rapat untuk menahan beras agar tak keluar.

Jangan terlalu banyak menaruh beras sebagai isian, isi dengan beras hingga 2/3 bagian kulit. Selanjutnya susun dalam panci tinggi dan besar.

Tuangi air panas hingga seluruh air merendam ketupat, lalu masak selama 2-3 jam hingga padat.

Jika air berkurang tambahkan air panas secukupnya. Selain teknik merebus biasa, Anda bisa membuat dengan super cepat pakai panci bertekanan (pressure cooker).

Cara ini memungkinkan matang dalam waktu 30 menit saja.

Terakhir, Kunci utama lainnya saat membuat ketupat adalah meniriskannya sampai benar-benar kering.

Continue Reading

Kuliner

3 Varian Penyajian dan Cara Membuat Ketupat Lebaran Jadi Tahan Lama

Published

on

3 Varian Penyajian dan Cara Membuat Ketupat Jadi Tahan Lama
3 Varian Penyajian dan Cara Membuat Ketupat Jadi Tahan Lama (Foto: Wikipedia)

Gencil News- Ketupat kerap kali menjadi sumber makanan utama pilihan saat menyambut bulan Ramadhan dan saat Lebaran Idul Fitri.

Salah satunya, Membuat hidangan ketupat untuk keluarga. Namun, Sayangnya tidak semua orang bisa membuatnya hingga tahan lama.

Membuat ketupat sendiri sebenarnya mudah, Ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan. Mulai dari pemilihan jenis beras yang tepat hingga ke penyimpanan.

Untuk beras, pilih beras pulen, Rendam beras dalam air dingin selama 1 jam. Tiriskan hingga kering.

Untuk kulit pilih yang ukurannya sama agar nanti bisa matang bersamaan dan pastikan juga anyaman janur pada kulit cukup rapat untuk menahan beras agar tak keluar.

Jangan terlalu banyak menaruh beras sebagai isian, isi dengan beras hingga 2/3 bagian kulit. Selanjutnya susun dalam panci tinggi dan besar.

Tuangi air panas hingga seluruh air merendam ketupat, lalu masak selama 2-3 jam hingga padat.

Jika air berkurang tambahkan air panas secukupnya. Selain teknik merebus biasa, Anda bisa membuat dengan super cepat pakai panci bertekanan (pressure cooker).

Cara ini memungkinkan matang dalam waktu 30 menit saja.

Terakhir, Kunci utama lainnya saat membuat ketupat adalah meniriskannya sampai benar-benar kering.

Seperti ketupat khas Betawi yang menggunakan sayur labu yang dimasak dengan santan. Lalu katupek Padang dengan sayur gulai nangka yang gurih kental.

Penyajian Ketupat Sayur Betawi

Ilustrasi : Ketupat Sayur Betawi ( Foto : Istimewa)

Penyajian Katupek Padang

Lontong sayur for breakfast in Jakarta. Lontong rice cake served with vegetables, tofu, and boiled eggs in coconut milk soup, with kerupuk and sambal chili paste. Popular Betawi cuisine in Jakarta, Indonesia. (Foto : Wikipedia)

Penyajian Ketupat Sayur Gulai Nangka

Ketupat Sayur Gulai Nangka (Foto : thegorbalsla)

Dengan demikian 3 varian dan penyajian ketupat akan menyempurnakan lebaran bersama keluarga tercinta.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING