Lakukan Sendiri, Begini Cara Membersihkan Karburator Motor
Connect with us

Tips

Lakukan Sendiri, Begini Cara Membersihkan Karburator Motor

Published

on

Lakukan Sendiri, Begini Cara Membersihkan Karburator Motor

Gencil News- Sebagai pemilik kendaraan jenis mesin apapun, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan atau membersihkan sendiri untuk mobil atau motor.

Jika anda memiliki waktu luang pada saat senggang lebih baik lakukan sendiri, begini langkah dan cara membersihkan karburator motor.

Karburator adalah salah satu komponen dalam motor yang mempunyai fungsi sebagai sistem pembakaran pada motor.

Selain itu, Proses pembakaran dalam karburator yaitu dengan proses bertemu udara dan bahan bakar motor lalu ke dalam ruang pembakaran.

Selanjutnya, Jika karburator sudah kotor makan motor pun akan mengalami gangguan seperti tersendat-sendat dan motor yang susah nyala.

Melansir dari otoflik, Begini Cara Membersihkan Karburator Motor;

Sebelum nya anda harus menyiapkan dulu alat atau kunci untuk melepaskan karburator. Hati-hati ketika ingin melepaskan karburator

1. Lepaskan Dulu Karburator Dari Dudukan Pertama anda harus melepaskan dulu karburator dari dudukan, kemudian dudukan posisinya.

2. Buka Mangkuk Karburator Kemudian Bersihkan. Selanjutnya anda buka mangkok karburator motor dengan melepas semua baut pengaitnya.

Lalu lihat apakah ada endapan atau bagian yang terkontaminasi. Jika memang kotor, bersihkan menggunakan kuas lembut lalu bilas menggunakan bensin agar lebih bersih.

3. Lepas Dan Bersihkan Pilot Jet, Kemudian anda harus lepaskan bagian pilot jet, main jet dan juga needle jet dari karburator motor.

Sebaiknya anda lepaskan dengan hati-hati lalu segera bersihkan dengan cara meniupnya. Akan lebih mudah jika anda menggunakan kompresor dibandingkan harus meniup manual

4. Bersihkan Main Jet Karburator, Setelah anda melepaskan bagian pilot jet termasuk main jet dan juga needle jet.

Kemudian anda bersihkan dengan menggunakan kompresor. Nah untuk membersihkan Needle jet ini anda harus berhati-hati.

Cukup dengan kuas yang sudah dicelupkan ke bensin kemudian anda semprot pada bagian lubang memakai kompresor.

5. Bersihkan Spuyer KarburatorCara membersihkan karburator berikutnya adalah dengan membersihkan spuyer karburator, bagian ini sangat berpengaruh pada kinerja mesin, jadi bagian ini cukup penting untuk kita bersihkan.

Anda harus berhati hati ketika membersihkan spuyer agar tak merubah diameter nya, karena jika diameter spuyer berubah kemungkinan motor akan tidak bisa nyala.

Anda bisa membersihkan spuyer dengan menggunakan amplas halus lalu bersihkan kotoran yang menempel.

6. Merakit Kembali KarburatorKemudian yang terakhir adalah merakit dan memasang kembali ke motor dengan benar.

Lalu atur campuran bahan bakar dengan menyetel ketinggian pelampung mesin dengan menggunakan jangka sorong.

Rakit semua komponen lalu pasang kembali karburator pada kedudukan semula. Selesai.

Perlu anda ketahui bahwa jika anda ingin membersihkan karburator motor sendiri, maka akan dibutuhkan ketelitian yang cukup tinggi.

Perhatikan dan ingat selalu posisi komponen karburator.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tips

6 Cara Mendekorasi Kamar Tidur Supaya Terlihat Instagramable

Published

on

6 Cara Membuat Kamar Terlihat Estetik dan Lebih Instagramable

Kamar tidur dapat mencerminkan kepribadian si pemiliknya. Kebersihan dan kerapian ruang istirahat dalam rumah menjadi hal utama.

Namun, mendekorasi kamar tidur memang membutuhkan waktu hingga biaya yang mahal. Hal ini pun sebenarnya bisa anda usahakan dengan berbagai hal yang mudah namun tetap estetik.

Lalu, bagaimana Cara Mendekorasi Kamar Tidur Supaya Terlihat Instagramable dan lebih estetik?

Pilih Warna Cat Estetik

Cara mendekorasi kamar tidur menjadi lebih menarik yang pertama adalah dengan pemilihan warna cat Sebab, hal ini merupakan langkah awal untuk menentukan warna untuk detail ornamen pendukung dalam kamar.

Usahakan untuk memilih cat dinding dengan warna yang cukup menarik dan terang. Warna putih kini menjadi idaman banyak orang sebagai warna dasar, sebab warna tersebut dianggap dapat memunculkan kesan kamar yang luas dan bersih.

Pasang Wallpaper Cantik

Selain pemilihan warna cat dinding, hal selanjutnya adalah ornamen dinding, tambahkan wallpaper cantik yang sesuai dengan selera dan warna cat dinding.

Pemasangan wallpaper ini dapat menimbulkan kesan mewah dan elegan bagi kamar tidur.

Selain itu, biasanya wallpaper juga dapat menimbulkan kesan hangat pada ruangan.

Pajangan Dinding

Selain wallpaper, letakkan pajangan dinding pada kamar tidur, Beberapa pajangan yang membuat kamar semakin cantik yakni berupa lukisan, foto, hingga hiasan dinding lainnya.

Poster artis masih menjadi sebagai media dekorasi kamar yang cukup murah meriah namun tetap dapat mencerminkan identitas si pemilik.

Namun, jangan memasang pajangan dinding dalam jumlah yang berlebihan. Hal ini justru akan membuat kamar Anda terkesan sempit dan kurang rapi.

Letakkan Tanaman Hijau

Untuk semakin menghidupkan suasana ruang kamar tidur, tambahkan beberapa tanaman seperti pot mungil atau tanaman hijau seperti kaktus hias.

Pada kurun waktu tertentu, letakkan tanaman tersebut di luar ruangan agar tetap mendapatkan paparan sinar matahari.

Tambahkan Karpet

Cara mendekorasi kamar menjadi lebih menarik selanjutnya adalah dengan penambahan karpet. Anda dapat meletakkan karpet kecil pada bagian depan atau samping tempat tidur.

Hindari untuk memilih warna yang bertabrakan dengan warna dominan kamar tidur agar tidak memberikan kesan terlalu ramai dan tidak terkesan estetik

Pilih Sprei Cantik

Hal yang tak kalah pentingnya adalah warna dan corak sprei untuk tempat tidur. Pilih sprei yang memiliki motif dan warna cantik serta cocok untuk tempat tidur.

Sprei berwarna polos dengan selimut atau bedcover bermotif dapat dipilih untuk mendapatkan suasana yang nyaman dan menarik.

Continue Reading

Tips

5 Langkah Awal Untuk Pemula dalam Budidaya Tanaman Hias

Published

on

5 Langkah Awal Untuk Pemula dalam Budidaya Tanaman Hias

Tanaman Hias Selain bisa menjadi hobi yang menyenangkan dapat juga menjadi bisnis bagi pemula yang tertarik terhadap budidaya tanaman.

Dengan memanfaatkan ruang terbuka hijau pada rumah anda bisa menambah nilai estetika pada setiap sudut pandangan rumah.

Selanjutnya, Jika Anda termasuk salah satu penggemar tanaman hias, dan melakukan aktivitas berkebun maka Anda harus paham tehnik dari dasar-dasar merawat tanaman hias.

Karena cara merawat tanaman tanaman hias berbeda dari perawatan tanaman lainnya. Perlu beberapa teknik dan pengetahuan tentang berkebun agar tanaman hias bisa tumbuh subur dan cantik.

Berikut ini adalah beberapa tips dan dasar-dasar budidaya tanaman hias untuk pemula.

1. Pilih Jenis Sesuai Tren

Tanaman jenis punya banyak varian dan jenis, dan tak semuanya jadi tren.

Ada baiknya untuk melihat kembali apa yang sedang jadi tren saat ini. Hal ini terutama juga penting bagi pemula yang ingin menjadikan ini sebagai bisnis.

2. Pilih Sesuai Kebutuhan Cahaya Matahari

Tanaman hias merupakan jenis tanaman yang sensitif. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, seperti banyaknya cahaya, tingkat kelembapan, dan penempatan.

Seperti cara menanam tanaman lain, tumbuhan juga butuh matahari. Akan tetapi kebutuhan tiap tanaman akan cahaya matahari juga berbeda-beda, ada yang suka teduh dan ada yang suka mandi matahari.

Anda juga harus memahami kondisi paparan cahaya matahari di rumah sebelum memilih tanaman hias. Sesuaikan tingkat kebutuhan cahaya matahari dengan ‘asupan’ yang tersedia di rumah.

3. Pilih Wadah yang Sesuai

Tanaman hias memang identik dengan hiasan variatif mulai dari tanamannya hingga wadah yang dimiliki. Tak heran, jika pot atau mug menjadi opsi pilihan yang unik.

Salah satu cara yang tepat adalah dengan memilih wadah yang sesuai dengan karakteristik tanaman. Jangan terlalu besar juga kecil, sesuaikan dengan karakteristiknya.

Hal ini akan berpengaruh pada kelembapan dan pertumbuhan akar tanaman. Pot yang terlalu kecil akan menghambat pertumbuhan akar dan jika sudah padat maka akan berpengaruh ada pertumbuhan tanaman.

4. Kontrol Manajemen Pemeliharaan yang Apik

Ketika melakukan perawatan atau budidaya jangan lupa lakukan penyiraman, pemupukan hingga ganti tanah dengan telaten.

Lakukan aktivitas penyiraman secara teratur minimal sebanyak dua kali dalam sehari yakni pada pagi dan sore hari.

Selain itu, gunakan air bersih untuk menyiram bagian tanaman hingga daunnya untuk ‘memandikannya’ dari debu kotor hingga bakteri.

Setelahnya lakukan pemupukan yang sesuai, pupuk berperan sebagai makanan tambahan, vitamin, dan penunjang pertumbuhan bagi para tanaman.

Jangan lupa kenali tanaman anda dan lakukan pemupukan dengan menambah unsur NPK yang merupakan unsur dasar yang dibutuhkan oleh tanaman.

Selain itu, jangan lupa mengganti tanah baru yang cukup subur dan dilengkapi dengan pupuk yang maksimal.

5. Teknik Pemangkasan yang Estetik

Mengutip berbagai sumber, gunakan gunting tajam untuk memberikan efek tegas dan pertumbuhan yang baik pada tanaman pemilik.

Pahami benar dalam budidaya jika tanaman hias memiliki kuncup atau bunga, maka lakukan pemangkasan saat mereka sudah mekar.

Namun, bagi tanaman hias yang tidak memiliki kuncup atau bunga maka segera pangkas di awal musim pertumbuhannya.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu memangkas daun atau bunga yang mati agar tidak menularkan kekeringan atau hal serupa kepada bagian tanaman yang lain.

Continue Reading

Tips

Perhatikan, Jangan Tunggu Habis jika ingin Mengisi BBM Kendaraan

Published

on

Perhatikan, Jangan Tunggu Habis jika ingin Mengisi BBM Kendaraan

Perhatikan dan cek apakah anda termasuk pengguna kendaraan yang enggan mengunjungi  SPBU untuk mengisi BBM (Bahan Bakar Minyak).

Mulai saat ini dan selanjutnya jangan sampai atau bahkan menunggu sampai bahan bakarnya benar-benar habis baru mengisi.

Karena kebiasaan tersebut bisa menyimpan banyak risiko yang bahkan merusak komponen kendaraan.

Mengutip dari Laman Federal Oil, Jumat 11 Desember 2020, mengisi bensin saat tangki bahan bakar hampir kosong mungkin tak berdampak apa-apa jika sekali atau dua kali.

Namun, jika terus-terusan pemilik kendaraan harus menyiapkan sejumlah biaya untuk melakukan perbaikan pada komponen yang rusak.

Berikut kami rangkum empat risiko jika terlalu sering membiarkan BBM saat tangki motor sudah hampir kosong.

Tangki Motor Berkarat

Tangki motor yang sering kehabisan bensin akan memberikan dampak yang kurang baik. Hal itu karena jika tangki bensinnya sering kering atau kosong, maka permukaannya akan mudah berkarat.

Muncul Endapan Kotor

Jika tangki motor Anda sudah karatan, maka lama-lama karat tersebut akan terendap dan mengotori bahan bakar. 

Demi keamanan lebih baik anda cek dan melakukan pengurasan tangki di bengkel resmi.

Adapun pengurasan tangki motor ini sendiri bertujuan agar bahan bakar selanjutnya tidak terkontaminasi dengan karat atau kotoran yang sebelumnya terendap dalam tangki.

Fuel Pump Bisa Terganggu

Endapan karat dan kotoran yang berada dalam tangki motor jika tidak segera diatasi juga akan berdampak pada terganggunya fungsi fuel pump.

Akibatnya, sistem distribusi bahan bakar dari tangki motor ke mesin akan bermasalah. Efeknya bisa membuat motor Anda ngadat dan mogok alias tidak mau dinyalakan mesinnya.

Berdampak pada Karburator atau Injektor

Kala fuel pump sudah terganggu akibat adanya karat dan kotoran, maka hal ini bisa menyebar hingga menggangu kinerja karburator dan injektor.

Padahal, dua komponen tersebut merupakan bagian penting dalam sistem pembakaran bahan bakar.

Selain itu, jika kinerja karburator dan injektor terganggu, maka akibatnya bakal sangat buruk untuk kendaraan.

Continue Reading

Advertisement

KORAN GENCIL NEWS

TRENDING