Membuat Pupuk Kompos dari Limbah Rumah Tangga
Connect with us

Tips

Membuat Pupuk Kompos dari Limbah Rumah Tangga

Published

on

Membuat Pupuk Kompos dari Limbah Rumah Tangga

Membuat pupuk kompos sendiri sangat mudah sendiri karena bisa memanfaatkan dari limbah rumah tangga yang sudah tidak layak guna dengan memanfaatkan berbagai bahan yang ada di sekeliling anda.

Untuk membuat bahan ini anda bisa menggunakan hasil dari merupakan sampah organik berupa sisa makanan, sayur-sayuran, dan sisa buah.

Sampah-sampah organik ini sebenarnya memiliki nilai guna yang tinggi jika anda manfaatkan dengan baik sebagai bahan dasar membuat pupuk kompos.

Seperti namanya yang berasal dari penguraian bahan-bahan organik di alam seperti tanaman atau hewan. Pupuk ini umumnya bisa berbentuk padat maupun cair, tergantung dari bagaimana mengolahnya.

Untuk membuat pupuk kompos, perlu anda siapkan beberapa bahan dan alat-alat untuk membantu pembuatan nya. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan yakni:

  1. Sampah organik di rumah
  2. Pupuk kandang
  3. Larutan gula
  4. EM4
  5. Wadah penampung dengan penutup
  6. Tanah
  7. Sarung tangan
  8. Air
  9. Sekop
  10. Cangkul
  11. Sarung Tangan
  12. Karung Goni

Langkah pertama ialah memilah sampah organik seperti sisa sayuran, sisa buah-buahan, daun kering, dan rumput yang kemudian dipotong menjadi bagian-bagian kecil agar mempercepat proses pembusukan.

Menambahkan pupuk kandang seperti kotoran sapi atau kambing juga bisa meningkatkan kualitas pupuk kompos.

Lebih lengkapnya, selain sisa sayur dan buah sisa sampah organik yang bisa anda gunakan untuk pembuatan pupuk kompos yakni tisu bekas, dedaunan dan rumput, potongan kayu, bumbu dapur kadaluarsa, bulu hewan rontok, potongan rambut, dan kertas bekas.

Pupuk kompos memiliki banyak keunggulan antara lain:

  • Semakin mudah melakukan pengolahan lahan karena tanah semakin baik
  • Pupuk organik mengandung unsur mikro yang lebih lengkap jika dengan dengan pupuk kimia
  • Pupuk organik akan memberikan kehidupan pada mikroorganisme tanah
  • Mampu menjaga kelembaban dari tanah, sehingga akan mengurangi tekanan atau tegangan struktur tanah pada tanaman
  • Mampu menjaga dan merawat tingkat kesuburan tanah
  • Memberi manfaat  untuk kesehatan manusia, karena banyak kandungan nutrisi
  • Mampu membantu mencegah erosi lapisan atas tanah

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tips

Kenali Perbedaan Antara Surat Tilang Biru dan Merah

Published

on

Kenali Perbedaan Surat Tilang Biru dan Merah
Sumber Foto : istimewa

Bagi pengendara yang melanggar tata tertib berlalu lintas maka polisi akan memberikan sanksi tilang berupa surat tilang kepada pengendara.

Selanjutnya, surat tilang yang berlaku saat ini ada dua jenis perbedaannya antara warna biru dan merah maka itu kenali perbedaannya.

Tak sedikit pengendara yang mengerti perbedaannya, sehingga saat penilangan langsung begitu saja menerima slip tersebut.

Surat Tilang Biru

Pertama kenali surat tilang berwarna biru. slip biru kepada akan dberikan kepada pengguna jalan yang terbukti melakukan pelanggaran.

Apabila pengguna jalan tersebut mengakui kesalahan atau pelanggaran yang pengguna lakukan tanpa keberatan.

Dengan kata lain, slip warna biru ini berlaku kepada pelanggar yang mau menerima dakwaan pelanggaran yang tertuju kepadanya.

Petugas langsung memberikan surat bukti pelanggaran tersebut tanpa ada masalah antara kedua belah pihak.

Sehingga pelanggar bisa langsung membayar denda yang harus ia tanggung atas pelanggaran yang ia lakukan tanpa harus menjalani proses sidang.

Pelanggar akan mendapatkan kode pembayaran BRIVA untuk melakukan pembayaran denda melalui ATM atau BRI.

Surat Tilang Merah

Surat tilang merah ini akan petugas berikan kepada pelanggar tata tertib lalu lintas yang tidak mau menerima atau keberatan atas tuduhan pelanggaran.

Dalam kasus ini, apabila pelanggar merasa keberatan atas sanksi pelanggaran maka ia akan memiliki kesempatan untuk membela diri bahwa ia tidak bersalah.

Dengan kata lain, pelanggar bisa menyampaikan pembelaannya pada sidang yang harus ia ikuti.

Apabila ada pelanggar yang merasa keberatan dan ingin melakukan pembelaan, maka petugas akan memberikan surat bukti pelanggaran atau slip berwarna merah.

Dalam surat ini pelanggar akan mengikuti sidang untuk membuktikan bahwa ia tidak bersalah.

Apabila putusan sidang terbukti tidak bersalah, maka orang tersebut bisa mengambil barang bukti yang sudah disita tanpa membayar denda.

Tetapi bila terbukti bersalah, maka pelanggar harus membayar denda yang ditentukan agar bisa membawa pulang barang bukti yang sudah disita.

Dengan demikian itulah penjelasan perbedaan antara surat tilang berwarna merah dan biru.

Continue Reading

Tips

Lakukan 4 langkah ini agar Ponsel Tetap Awet

Published

on

Lakukan 4 langkah ini agar Ponsel Tetap Awet

Ponsel menjadi barang yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Jika anda ingin gawai kesayangan menjadi tahan lama, maka lakukan 4 langkah ini agar ponsel anda tetap awet.

  • Menjaga Kebersihan Ponsel

Langkah pertama menjaga kebersihan adalah satu hal yang sering terlupakan oleh pengguna ponsel. Membersihkan gawai ini akan membuat performanya menjadi lebih baik dan dapat bertahan lama.

Bagian yang perlu antara lain port untuk kabel USB dan earphone. Keduanya rentang menjadi tempat debu untuk menumpuk.

anda dapat menggunakan pembersih lensa kamera untuk mengurangi debu di port tersebut. Layar juga menjadi bagian yang perlu anda bersihkan.

  • Perhatikan Kondisi Performa Baterai

Performa baterai juga sering terabaikan. Banyak orang mengisi daya dalam waktu lama bahkan lupa mencabut kabel ketika daya sudah penuh.

Namun, saat ini banyak ponsel canggih yang dapat memutus arus dengan sendirinya ketika daya telah terisi penuh.

Beberapa lainnya suka membiarkan smartphone mereka mati sebelum akhirnya terisi oleh daya.

Hal tersebut dapat merusak baterai ponsel yaitu menjadi lebih cepat habis atau lama saat proses pengisian. agar lebih baik lakukan isi daya ketika persentase mulai memasuki angka 10-15%.

  • Gunakan Tombol Dengan Hati-hati

Tombol yang dimiliki oleh ponsel modern saat ini tidak sebanyak dengan model ponsel lama.

Umumnya terdapat 4 tombol di smartphone, yaitu power, home, volume up, dan volume down. Saat menekan tombol tersebut pastikan kamu tidak menekannya terlalu keras.

Akibat dari penekanan yang keras akan membuat tombol ponsel menjadi lebih dalam sehingga akan lebih susah menggunakannya di lain waktu.

  • Hindari penggunaan ponsel pada Tempat Panas

Jika anda memiliki aktivitas penuh berada pada luar ruangan, lebih baik perhatikan suhu ruangan tersebut supaya ponsel tetap awet

Dalam kondisi normal, anda dapat menggunakan smartphone pada suhu 16 hingga 30 derajat celcius. ponsel akan awet biasanya terjadi karena suhu penggunaannya selalu terjaga dan tidak kepanasan.

Continue Reading

Tips

Inspirasi Tanaman Bonsai Untuk Menambah Estetik Rumah

Published

on

Inspirasi Tanaman Bonsai Untuk Menambah Estetik Rumah

Gencil News- Dalam menata sebuah taman kita sangat perlu memastikan setiap sudut yang pas dan bagus untuk dijadikan sebuah taman, biasanya kita semua menata taman depan rumah yang kita sukai dengan berbagai macam tanaman bonsai di dalam taman kita.

Mengonsep taman di depan rumah tak selalu harus mewah. Anda dapat menampilkan keindahan yang elegan tanpa perlu membenamkan fitur-fitur mewah secara berlebihan.

Tanaman hias bonsai menciptakan kesan alami yang cocok untuk hiasan di dalam ruangan. Tak cuma sebagai penyalur hobi, merawat tanaman bonsai juga bagian dari seni.

Mulai dari pemotongan, pemangkasan, hingga pembentukan cabangnya butuh keterampilan dan cukup memakan waktu. Jika tertarik memeliharanya di dalam rumah, simak cara membuat tanaman bonsai untuk hiasan interior.

Di balik bentuknya yang estetik, cara membuat tanaman bonsai bisa jadi cukup menantang dan proses yang panjang.

Pemiliknya juga harus tahu teknik khusus untuk memosisikan batang dan cabangnya hingga menarik dan semirip mungkin dengan pohon aslinya.

foto files : sumber istimewa

Memiliki pekarangan rumah yang sempit bukan penghalang untuk memelihara pohon hias. Bonsai (tanaman kerdil) solusi untuk memberikan kesejukan di halaman rumah yang tidak memakan banyak tempat.

Selain cahaya matahari, cara membuat tumbuhan ini supaya tumbuh dengan sehat adalah rutin menyiram pohon bonsai dengan air bersih secara teratur.

Jenis air yang dapat Anda gunakan bisa berupa air sumur, air PAM hingga air hujan.

Perlu diingat bonsai adalah tumbuhan yang dapat bertahan hidup di lingkungan kering, sehingga jadwal penyiraman juga harus diperhatikan.

Tanaman hias ini akan memperlihatkan keindahannya ketika sudah mencapai usia tahunan dan bentuknya seimbang.

Maksud dari seimbang di sini adalah, daun, batang, cabang beserta ranting memiliki kemiripan secara sempurna seperti tumbuhan yang asli. Jadi meski bentuknya hanya mini saja, daunnya tetap lebat dan rindang.

Continue Reading

TRENDING