Manfaat Membuat Sumur Resapan pada Area sekitar Rumah
Connect with us

Tips

Manfaat Membuat Sumur Resapan pada Area sekitar Rumah

Published

on

Manfaat Membuat Sumur Resapan pada Area sekitar Rumah
Sumber Foto : Warta pala/ ilustrasi pada gambar sumur resapan

Sumur resapan memudahkan air hujan terserap ke dalam tanah sehingga aliran air pada permukaan tanah juga bisa terminimalisir.

Sumur resapan adalah salah satu teknik untuk mengurangi aliran air pada permukaan tanah ketika musim hujan.

Melalui lubang seperti sumur ini, air hujan akan langsung masuk ke dalam tanah dan memiliki waktu lebih banyak untuk terserap. Dengan demikian, jumlah cadangan air tanah pun lebih banyak.

Prinsip utama sumur ini adalah memperluas bidang penyerapan dan teknik konservasi air ini merupakan upaya manusia untuk mempertahankan, meningkatkan, dan mengembangkan daya guna air.

Caranya adalah dengan menambah besar tampungan air tanah, mengurangi dimensi jaringan drainase, mencegah intrusi air laut, dan mengurangi tingkat pencemaran tanah.

Manfaat membuat Sumur Resapan pada area sekitar rumah

1. Menghalau Genangan Air Hujan

Salah satu manfaat sumur resapan adalah untuk meresap air hujan.

Ketika tanah tidak lagi mampu menyerap setiap tetes air hujan, maka sumur akan berfungsi seperti parit yang menampung kelebihannya.

Sehingga hunian terhindar dari bahaya banjir saat debit hujan tinggi.

2. Menampung Sumber Air untuk Keperluan Konsumsi

Sumur resapan hanya akan menampung air hujan, tidak tercampur dengan limbah cair rumah tangga.

Pembangunannya pun harus jauh dari parit dan septic tank agar air yang tertampung tetap bersih.

Sehingga dapat menjadi alternatif sumber air untuk keperluan konsumsi.

Keperluan konsumsi yang dimaksud adalah konsumsi sebagai air minum dan juga sebagai bahan makanan sehari-hari.

3. Sumber Air Bersih untuk Mencuci

Manfaat selanjutnya bisa menjadi penampungan air bersih untuk kegiatan yang berkaitan dengan kebersihan.

Misalnya saja mandi, mencuci pakaian, mencuci peralatan makan, dan lainnya.

Mencuci dengan menggunakan air yang berasal dari sumur resapan akan jauh lebih aman dan bersih dibanding menggunakan air dari aliran sungai.

4. Menjaga Kelembaban Tanah Sekitar

Tanah yang berada pada area sumur resapan akan terjaga kelembabannya.

Sehingga sangat cocok untuk bercocok tanam.

Meski begitu, jangan menanam terlalu dekat dengan sumur, sebab tanah yang terlalu basah juga bisa merusak akar tanaman.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tips

Diet Dengan Buah Semangka Ampuh Turunkan Berat Badan

Published

on

By

Diet Dengan Buah Semangka Ampuh Turunkan Berat Badan
Ilustrasi : Diet

Gencil News – Desakan untuk gaya hidup sehat mulai dari mengonsumsi makanan sehat. Kebiasaan makan yang tidak teratur dan jadwal kerja yang padat seringkali menghalangi jalannya gaya hidup dan diet yang benar.

Pada umumnhya mengkonsumsi satu buah sehari membuat kita jauh dari dokter. Dan untuk buah, semangka memegang posisi teratas.

Kaya akan serat dan kandungan air, semangka menjadi buah musim panas yang populer karena sifatnya yang menyegarkan. Buahnya mengandung 97 persen air dan merupakan pilihan yang sangat baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan berlebih.

Semangka juga baik untuk penderita diabetes karena kandungan gulanya yang alami. Semangka menjadi pilihan ideal untuk orang yang sedang diet.

Melansir dari Stylecraze, diet semangka menjadi resep untuk banyak orang memulihkan gaya hidup yang seimbang dan sehat. Lebih dari itu, buah ini adalah salah satu jenis makanan untuk menurunkan berat badan.

Diet semangka umumnya diresepkan untuk orang yang berjuang keras yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Terlepas dari faktor ini, diet semangka juga cocok pada orang-orang yang ingin membuang racun, air, garam, dan kotoran lain yang menumpuk dalam tubuh.

Karena Anda harus hidup hanya dengan semangka selama seminggu atau setidaknya lima hari, Anda harus menjaga proporsinya tanpa gagal.

Kuantitas ideal untuk hal yang sama adalah 1:10. Sederhananya, jika berat badan Anda 60 kg, Anda perlu makan 6 kg semangka selama diet. Disarankan agar Anda tidak berolahraga keras selama hari-hari ini, karena tubuh Anda sudah berlatih dengan caranya sendiri.

Bagus Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Jika Anda memiliki penyakit hati atau ginjal, diet semangka adalah pilihan terbaik Anda. Makan semangka akan membantu mengeluarkan racun dari ginjal dan membantunya tetap bugar dan kuat.

Jika merasa sangat bosan dengan buah yang sama setiap hari, Anda bisa mencampurkan pola makan dengan beberapa pilihan yang lebih sehat. Anda bisa menikmati salad yang sama dan mencampurkannya dengan buah-buahan seperti kiwi dan mentimun.

Saat mengikuti diet semangka, Anda harus berhati-hati agar jumlah buahnya tidak melebihi batas yang sesuai anjuran dokter. Ini terutama tergantung pada seberapa banyak berat badan yang ingin Anda turunkan saat Anda mengikuti program penurunan berat badan.

Diet semangka rata-rata mengandung 150 kkal per porsi di siang hari. Anda perlu makan porsi ini 8 kali sehari tanpa gagal. Karena 97 persen buah mengandung air, Anda dapat menghindari minum terlalu banyak air.

Continue Reading

Tips

Tehnik Dasar Berkebun Tanaman Hias Untuk Pemula

Published

on

Tehnik Dasar Berkebun Tanaman Hias Untuk Pemula

Selain bisa menjadi hobi yang menyenangkan, berkebun dan merawat tanaman hias bisa menjadi aktivitas menyenangkan.

Selain memanfaatkan ruang terbuka hijau pada rumah anda bisa menambah nilai estetika pada setiap sudut pandangan rumah.

Selanjutnya, Jika Anda termasuk salah satu penggemar tanaman hias, dan melakukan aktivitas berkebun maka Anda harus paham tehnik dari dasar-dasar merawat tanaman hias.

Karena cara merawat tanaman tanaman hias berbeda dari perawatan tanaman lainnya. Perlu beberapa teknik dan pengetahuan tentang berkebun agar tanaman hias bisa tumbuh subur dan cantik.

Berikut ini adalah beberapa tips dan dasar-dasar budidaya tanaman hias untuk pemula.

1. Pilih Jenis Tanaman Hias Sesuai Tren

Tanaman jenis punya banyak varian dan jenis, dan tak semuanya jadi tren.

Ada baiknya untuk melihat kembali apa yang sedang jadi tren saat ini. Hal ini terutama juga penting bagi Anda yang ingin menjadikan tanaman hias sebagai usaha.

2. Pilih jenis Tanaman Hias Sesuai Kebutuhan Cahaya Matahari

Tanaman hias merupakan jenis tanaman yang sensitif. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, seperti banyaknya cahaya, tingkat kelembapan, dan penempatan tanaman hias.

Seperti cara menanam tanaman lain, tanaman hias juga butuh matahari. Akan tetapi kebutuhan tiap tanaman akan cahaya matahari juga berbeda-beda, ada yang suka teduh dan ada yang suka mandi matahari.

Anda juga harus memahami kondisi paparan cahaya matahari di rumah sebelum memilih tanaman hias. Sesuaikan tingkat kebutuhan cahaya matahari dengan ‘asupan’ yang tersedia di rumah.

3. Pilih Wadah Tanaman Hias yang Sesuai

Tanaman hias memang identik dengan hiasan variatif mulai dari tanamannya hingga wadah yang dimiliki. Tak heran, jika pot atau mug menjadi opsi pilihan yang unik.

Salah satu cara tepat menanam tanaman hias adalah dengan memilih wadah yang sesuai dengan karakteristik tanaman. Jangan terlalu besar juga kecil, sesuaikan dengan karakteristiknya.

Hal ini akan berpengaruh pada kelembapan dan pertumbuhan akar tanaman. Pot yang terlalu kecil akan menghambat pertumbuhan akar dan jika sudah padat maka akan berpengaruh ada pertumbuhan tanaman.

4. Kontrol Manajemen Pemeliharaan yang Apik

Ketika merawat tanaman hias, lakukan penyiraman, pemupukan hingga ganti tanah dengan telaten.

Lakukan aktivitas penyiraman secara teratur minimal sebanyak dua kali dalam sehari yakni pada pagi dan sore hari.

Selain itu, gunakan air bersih untuk menyiram bagian tanaman hingga daunnya untuk ‘memandikannya’ dari debu kotor hingga bakteri.

Setelahnya lakukan pemupukan yang sesuai, pupuk berperan sebagai makanan tambahan, vitamin, dan penunjang pertumbuhan bagi para tanaman.

Jangan lupa kenali tanaman anda dan lakukan pemupukan dengan menambah unsur NPK yang merupakan unsur dasar yang dibutuhkan oleh tanaman.

Selain itu, jangan lupa mengganti tanah baru yang cukup subur dan dilengkapi dengan pupuk yang maksimal.

5. Teknik Pemangkasan yang Estetik

Mengutip berbagai sumber, gunakan gunting tajam untuk memberikan efek tegas dan pertumbuhan yang baik pada tanaman pemilik.

Pahami juga jika tanaman hias memiliki kuncup atau bunga, maka lakukan pemangkasan saat mereka sudah mekar. 

Namun, bagi tanaman hias yang tidak memiliki kuncup atau bunga maka segera pangkas di awal musim pertumbuhannya.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu memangkas daun atau bunga yang mati agar tidak menularkan kekeringan atau hal serupa kepada bagian tanaman yang lain.

Continue Reading

Tips

Kenali 7 Ciri Akun Toko Gadget Palsu di Medsos

Published

on

Kenali 7 Ciri Akun Toko Gadget Palsu di Medsos

Gencil News- Kenali 7 Ciri Akun Toko Gadget Palsu di Medsos. Perkembangan Online Shop di Indonesia sejalan dengan makin populernya Online Shopping di dunia pada saat ini.

Toko online baru mulai populer di tahun 2006. Pada akhir tahun 2008 jumlah toko online Indonesia meningkat puluhan hingga ratusan persen dari tahun sebelumnya.

Semakin banyak e-commerce yang berkembang di Indonesia membuat banyak perubahan pola belanja masyarakat yang awal bersifat konvensional kini berbelanja cukup praktis dengan memilih produk yang ada di platform.

Menurut data dari GlobalWebIndex, Indonesia negara dengan tingkat adopsi e-commerce tertinggi di dunia pada 2019.

Sebanyak 90 persen dari pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun di Indonesia pernah melakukan pembelian produk dan jasa secara online.

Dengan semakin meningkat nya minat belanja online sudah pasti kita memiliki banyak kemudahan untuk memilih dan tidak harus antri membayar, pilihan produk yang sangat beragam, harga yang sangat bervariasi.

Aktivitas online shopping Ini memang dilakukan dengan sangat nyaman, Namun ingat risiko tidak mendapatkan apa yang kamu harapkan juga jauh lebih tinggi tidak sesuai keinginan dengan iming-iming harga lebih murah, produk reject dari pabrik atau pun yang terjadi anda benar-benar ditipu penjual online shop tersebut.

Kenali 7 Ciri Akun Toko Gadget Palsu di Medsos

1. Minta Penjelasan Product knowledge

Umumnya para penipu macam ini hanya akan mengetahui luarnya saja tanpa mengetahui dalamnya. Sebagai contoh kamu bisa menanyakan permasalahan iOS dari iPhone atau software dari suatu hp dan mereka akan menjawab asal dan tidak benar. maka dari itu uji product knowledge penjual tersebut. minta infomarsi sampai detail dan anda puas dengan penjelasan si penjual.

2. Menolak melakukan video call

Cara berikut memang jarang terjadi tapi tidak ada salah nya dicoba. Kemungkinan terbesar akan ditolak oleh para akun penipuan, yaitu melakukan video call. Jika kamu meminta melakukan video call untuk bisa melihat barangnya secara langsung, mereka akan menolak. Alasannya adalah barang tidak ada di tempat mereka atau lain hal.

3. Observasi Harga di 4 Hingga 5 Online Shop

Jangan membeli jika terlihat terlalu murah. Jika barang di situs web belanja online terlalu murah, anda harus mencurigai sesuatu. Tentu saja, ada kemungkinan ada penjualan besar. Namun, jika itu adalah pengecer tidak populer dan tidak memiliki reputasi, jangan ambil risiko karena ini adalah cara utama penipu menarik perhatian anda.

4. Cek Media Sosial yang Terhubung dengan nama Online Shop Tersebut

Yang paling mudah diperhatikan dari akunnya adalah seringnya akun penjual itu baru saja dibuat dan tidak memiliki postingan barang yang banyak. anda juga akan menemui nama toko yang terkesan dibuat ala kadarnya dan ketika dicari, akan ada beberapa akun yang serupa namanya. Kurang lebih serupa dengan tanda-tanda akun palsu yang lain.

5. Minta foto produk yang asli

Saat melakukan pembelian online, selalu ada risiko bahwa foto item tersebut bukan milik penjual mungkin saja baru copy paste atau baru saja diambil dari internet. Dan ketika anda menerima barangnya, itu mungkin sama sekali berbeda dari apa yang di harapkan.

Solusi di sini adalah sebelum membeli baiknya meminta penjual mengirim foto aslinya. Jika mereka tidak mau melakukan ini, itu adalah alasan besar bagi anda untuk mencurigai bahwa ada sesuatu yang tidak benar. 

6. Simpan bukti pembayaran dengan baik

Simpanlah bukti transfer atas setiap transaksi yang anda lakukan di internet. Ini akan memudahkan jika ternyata anda mengalami penipuan online shop. Bukti pembayaran ini juga biasanya akan diminta oleh penjual untuk mengetahui bahwa anda sudah melakukan pembayaran. jika penjual ternyata menipu maka anda bisa tunjukkan bukti transfer ini saat melapor ke polisi.

7. Utamakan untuk COD (Cash On Delivery)

System ini paling ampuh karena bisa mempertemukan pembeli dengan penjual langsung. Dengan memakai system ini anda juga bisa secara langsung mengecek barang yang akan dibeli. sangat aman dan tidak mengecewakan.

Continue Reading

Advertisement

KORAN GENCIL NEWS

TRENDING