Olahraga Berlebihan Bisa Memberikan Efek Tidak Baik Pada Tubuh
Connect with us

Tips

Olahraga Berlebihan Bisa Memberikan Efek Tidak Baik Pada Tubuh

Published

on

Olahraga Berlebihan Bisa Memberikan Efek Tidak Baik Pada Tubuh

Olahraga adalah merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan dengan kegiatan fisik.

Namun, Anda harus ingat. Jangan berlebihan dalam berolahraga atau juga beraktivitas.

Harvard Alumni Health Study menemukan, risiko penyakit jantung mulai turun ketika Anda berolahraga mengeluarkan lebih dari 500 kalori seminggu.

Selanjutnya, akan terus menurun sampai Anda mendapatkan 2.000 kalori seminggu.

Pada dasarnya olahraga sangat baik untuk kesehatan jantung. Tapi sering kali, banyak orang yang tidak memerhatikan kesehatan jantungnya.

Kondisi yang timbul jika melakukan olahraga berlebihan bisa menyebabkan aritmia pada jantung.

Mayoritas orang yang mengalami kematian akibat serangan jantung tidak menyadari akibat efek dari olahraga yang berlebih.

Maka dari itu, Kenali 5 Tanda-tanda Olahraga Berlebih Pada Tubuh Anda

  • Perubahan mood

Aktivitas olahraga yang seharusnya membuat Anda segar, justru sebaliknya. Anda merasa depresi, lebih mudah marah dan gelisah, hingga mudah tersinggung. Rentetan respons ini adalah tanda umum ketika tubuh Anda mengalami tekanan fisik yang berlebihan.

  • Detak jantung lebih cepat

Di sela istirahat berolahraga, Anda merasakan jantung Anda berdetak lebih cepat dari biasanya. Peningkatan frekuensi degup jantung ini juga bisa jadi salah satu tengara olahraga yang Anda lakukan sudah melampaui batas.

  • Pusing dan lesu

Seorang ahli biokimia, Shawn M, Talbott mengungkapkan bahwa kelesuan baik secara mental maupun fisik adalah tanda utama latihan berlebih (overtraining).

  • Peningkatan masa lemak tubuh

Jika berat badan turun tetapi lemak tubuh naik, Anda mungkin berada pada tahap akhir overtraining. Tubuh merespons stres berkepanjangan dengan meningkatkan kadar hormon stres, termasuk kortisol.

Seiring waktu kondisi ini akan menyebabkan peningkatan penyimpanan jaringan adiposa, serta menghambat hormon seperti steroid yang biasanya membantu meningkatkan otot.

Penurunan massa otot dapat menyebabkan berat badan Anda berkurang, tetapi ini juga berarti tubuh Anda kurang efisien membakar lemak.

  • Kekebalan tubuh menurun

Pemulihan dari efek latihan berlebihan yang berkepanjangan bisa memakan waktu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, dan dapat membahayakan kesehatan Anda. Gregory Florez menyarankan sejumlah langkah untuk menghindarinya.

Perhatikan apakah gejala-gejala di atas muncul, dan buatlah fase istirahat. Ini karena untuk kembali pulih, tubuh memerlukan waktu 24 hingga 48 jam setelah olahraga dengan intensitas

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tips

Tips Meningkatkan Pendapatan Dimasa Pandemi Hanya Dengan WFH

Published

on

By

Meningkatkan Pendapatan Dimasa Pandemi

Gencil News – Meningkatkan pendapatan dimasa pandemi seperti ini tidaklah sulit. Tidak dapat dipungkiri penyebaran virus covid 19 yang telah berlangsung selama ini cukup membuat tidak stabilnya pendapatan masyarakat.

PHK dan penutupan sejumlah kios mempengaruhi pekerja dari berbagai kalangan. Baik itu pemilik perusahaan besar atau pelaku UMKM harus ikuti aturan pemerintah agar penyebaran covid 19 ini tidak semakin meluas dan berkepanjangan.

Dalam hal ini ada beberapa cara yang dapat meningkatkan pendapatan anda dimasa pandemi. Pemanfaatan teknologi yang baik dan benar akan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Berikut cara meningkatkan pendapatan dimasa pandemi ;

Keterbatasan aktivitas diluar membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. hal ini dapat anda manfaatkan untuk menyalurkan bakat anda. Seperti hobi memasak yang bisa anda manfaatkan dengan menjualnya melalui media sosial.

  • Cari pekerjaan freelance

Mulailah mencari pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan tanpa harus keluar rumah dari situs terpercaya. Misalkan menjadi graphic designer, social admin, ataupun menjadi penulis artikel.

Pekerjaan semacam ini cukup menjadi penyeimbang pengleuaran dan pemasukan anda dimasa pandemi seperti ini

  • Menjadi Reseller

Jika anda kebingungan harus bekerja apa yang menghasilkan uang tanpa membutuhkan modal. Menjadi reseller adalah pilihan yang menjanjikan cukup rajin mempsoting di akun media sosial anda akan mendapatkan pendapatan lebih.

  • Membuat channel youtube

Situs-situs youtube menjadi penghilang kejenuhan ditengah pandemi ini. Nah, ini dapat anda manfaatkan dengan membuat konten-konten menarik di channel yiutube anda. Bisa diperhatikan sejak pandemi banyak artis-artis yang mulai mengisi channel youtube nya dan berlomba-lomba mendapatkan ratting tertinggi dan meraup pendapatan dari youtube.

Cara-cara diatas tadi dapat anda pilih dan tekuni sebagai alternative meningkatkan pendapatan anda dimasa pandemi. Dimulai dengan hal-hal kecil disekitar selama itu positif dan menjanjikan anda dapat penghasilan dari hal tersebut. sebagai upaya membantu pemerintah dalam menjaga kestabilan perekonomian negara.

Jangan sampai masa pandemi ini malah meningkatkan daya beli dan menurunkan produktifitas masyarakat.

Continue Reading

Tips

Cicak Dirumah Kalian Mengganggu ? Ini 5 Cara Mengusir Cicak

Published

on

By

Cicak Dirumah Kalian Mengganggu ? Ini 5 Cara Mengusir Cicak

Gencil News- Bagi sebagian orang cicak sangatlah menganggu. Sebab kotorannya bisa membekas di tembok atau bisa mengotori perabotan. Namun cicak juga adalah hewan yang membantu untuk mengurangi populasi nyamuk serta serangga lain.

Jika memang dengan keberadaan si cicak ini menganggu, kalian bisa mengusir hewan ini menggunakan langkah sebagai berikut :

1. Menutup Ventilasi Rumah

Menutup ventilasi rumah degan memasang kawat nyamuk pada ventilasi yang sering menjadi jalan cicak keluar masuk rumah. Selain itu kalian juga bisa memasangkan selotip pada celah-celah kecil pintu.

2.Meletakkan Bawang Putih

Kalian bisa letakkan beberapa bawang putih pada seumlah area rumah kalian. Bawang putih sendiri banyak orang yakini bisa mengusir cicak dari rumah sebab aromanya yang kuat.

3.Menaburkan Bubuk Kopi

Cicak biasanya membenci aroma yang menyengat. Cara mengusir cicak dengan kopi ini adalah dengan mencampurkan bubuk kopi dengan bubuk tembakau sampai merata lalu taburkan pada sekitar area rumah.

4.Mendinginkan Ruangan

Dapat kita ketahui bahwa cicak ini merupakan hewan dengan berdarah panas. Dengan begini hewan ini tidak senang untuk tinggal pada tempat dengan suhu dingin. Suhu dingin ini bisa membuat cicak untuk tidak masuk ke dalam rumah kita.

5.Membersihkan Setiap Celah

Cicak sendiri sangat senang untuk bersembunyi pada antara celah-celah kecil, kolong meja serta kolong tempat tidur. Maka dari itu membersihkan setiap celah yang ada pada rumah sangatlah wajib agar bisa terbebas dari kotoran serta debu. Jika rutin untuk membersihkan maka cicak tidak bisa untuk berdiam di rumah kalian

Itulah cara untuk mengusir cicak tanpa harus bersusah payah. Intinya tetap jaga kebersihan rumah kalian ya.

Continue Reading

Tips

Sejukkan Ruangan Rumah Anda Tanpa Menggunakan AC

Published

on

By

Sejukkan Ruangan Rumah Anda Tanpa Menggunakan AC

Gencil News – Meski membuat ruangan terasa sejuk, menyalakan pendingin ruangan atau AC sepanjang hari bisa membuat kantong cepat bolong di akhir bulan. Namun, ruangan juga bisa tetap sejuk tanpa AC lho.

Selama masa pandemi seperti ini, Anda mungkin lebih sering menggunakan AC agar tetap merasa nyaman, terutama ketika harus bekerja dari rumah. Konsekuensinya, tagihan listrik pun tiba-tiba melonjak.

Mau tak mau, Anda tentu harus mengurangi pemakaian AC demi memangkas pengeluaran bulanan. Kendati demikian, Anda tetap dapat merasakan kesejukan ruangan walau AC dalam kondisi mati.

Berikut Benda yang bisa menyejukkan ruangan tanpa AC
  • Pasang Tirai

Sinar matahari, selain baik untuk kesehatan fisik dan emosional, juga dapat mengundang banyak panas dan kehangatan ke dalam rumah Anda.

Belilah tirai anti tembus pandang atau kerai yang menahan sinar matahari sepenuhnya dan tutup pada saat-saat terpanas hari itu, biasanya antara pagi hingga sore hari.
Pilih yang berwarna terang karena warna terang memantulkan cahaya sementara warna yang lebih gelap menyerap cahaya.

Jika Anda memang membutuhkan sedikit sinar matahari, buka jendela yang tidak langsung menghadap matahari, misalnya tidak menghadap ke arah barat.

  • Gunakan Kaca Film Surya


Tips menyejukkan ruangan tanpa AC berikutnya adalah penggunaan kaca film surya. Jika memasang tirai terasa mengganggu pemandangan Anda,

Pertimbangkan untuk membeli kaca film surya dan tempelkan ke jendela Anda. Ini dapat memantulkan atau menyerap panas tanpa menghalangi pandangan.

  • Kipas Angin Kamar Mandi

Salah satu area rumah yang paling lembab adalah kamar mandi, karena sering kali basah. Apalagi jika anda tambahkan dengan pancuran air panas.

Udara lembab dari kamar mandi akan masuk ke rumah dan membuatnya terasa tidak sejuk. Untuk mengatasi hal ini, belilah kipas angin kamar mandi yang akan membantu menyedot semua udara lembap dari kamar mandi ke luar, serta membantu menjaga ruangan Anda tetap sejuk dan kering.

  • Tanaman Hias

Ruang hijau kerap terasa jauh lebih sejuk karena tanaman menyerap panas secara alami untuk fotosintesis. Coba pertimbangkan untuk mendandani ruangan Anda dengan sejumlah tanaman hias.


Pilih tanaman tinggi dengan daun besar dan lebat serta tanaman yang menyukai banyak sinar matahari sehingga Anda dapat menemukannya di dekat jendela untuk memberikan keteduhan ekstra. Tanaman yang menyukai matahari termasuk lidah buaya dan tanaman monstera yang populer.

Continue Reading

Tips

Cara Menanam Sayuran Hidroponik Di Rumah Menghemat Uang Belanja

Published

on

By

Cara Menanam Sayuran Hidroponik Di Rumah Menghemat Uang Belanja
istimewa

Gencil News – Selain menanam tanaman hias, hidroponik kini juga jadi hobi yang tren selama pandemi COVID-19. Tanaman hidroponik salah satu cara menanam sayur yang banyak peminatnya saat ini. Dengan menerapkan cara menanam sayur hidroponik, andabisa lebih hemat uang belanja.

Tidak perlu lagi membeli sayuran, saat tanaman hidroponik berhasil, kamu tinggal memanennya.

Ada berbagai cara menanam hidroponik yang bisa anda coba. Cara menanam hidroponik bisa dengan sistem sumbu, botol bekas, ataupun pakai pipa PVC.

Berikut jenis sayuran yang bisa anda tanam dengan sistem hidroponik dan cara menanamnya:

1. Pakcoy

Seperti sayur dan buah lainnya, pakcoy tidak bisa ditanam secara hidroponik dari bibit. Untuk pakcoy, caranya adalah ditanam di tanah dulu sebelum dipindahkan ke sistem hidroponik.

Langkah pertama yang perlu Bunda lakukan adalah, tanam bibit pakcoy di tanah atau media tanam. Setelah tumbuh 2 sampai tiga lembar daun, pindahkan ke sistem hidroponik.

Tanaman pakcoy membutuhkan cahaya sekitar 6 sampai 7 jam setiap hari. Usahakan suhu air untuk menanam pakcoy tepat, yakni di bawah 18 derajat Celsius. Suhu udara juga perlu diperhatikan, pertahankan pada 10 sampai 21 derajat Celsius.

Agar tanaman tumbuh sehat, kamu perlu menambahkan nutrisi. Larutan nutrisi untuk pakcoy hidroponik sebaiknya memiliki pH sekitar 6,0 sampai 7,0.

Pakcoy nantinya butuh waktu 30 sampai 45 hari untuk tumbuh. Setelah itu kamu bisa memanennya.

2. Brokoli

Cara menanam sayur hidroponik juga bisa dicoba pada brokoli Tapi ukuran sayur tanaman brokoli cukup besar, maka butuh ruang lebih luas. Kamu harus memberi jarak antar tanaman sekitar 40 sampai 70 cm saat akan menanamnya.

Brokoli ini butuh minimal 10 sampai 12 jam terkena cahaya. Kalau menanam di dalam ruangan, kamu harus memasang cahaya buatan dari lampu LED ya.

Sementara itu, kebutuhan pH air untuk tanaman brokoli hidroponik antara 6,0 sampai 6,8. Suhu udaranya 14 sampai 17 derajat Celsius.

Tanaman brokoli cenderung berisiko terkena hama serangga, jadi perlu memperhatikannya lebih ekstra ya. Bisa gunakan pestisida untuk menghindari hama tersebut.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING