Connect with us

Tips

Tips Menyimpan Daging Kurban yang Benar agar tetap Terjaga Kualitasnya

Published

on

Tips Menyimpan Daging Kurban yang Benar agar tetap Terjaga Kualitasnya

GENCIL NEWS – Adakah tips menyimpan daging kurban yang benar agar tetap terjaga kualitasnya? Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan agar daging kurban tetap terjaga kualitasnya. 

1. Sebelum disimpan, daging kurban jangan dicuci. 

Jika dicuci pakai air kran, kuman2 bisa masuk dan tinggal di dalam pori2 daging. 

Itu bisa merusak kualitas daging. Nyucinya besok saja kalau pas mau masak daging.

Kalau kita melihat ada bagian daging yg kotor (kena tanah atau kotoran hewan), maka bagian tsb segera dicuci dan dimasak. 

Bagian daging yang lain yang masih bersih bisa kita simpan utk kita olah atau kita masak pada masa yang akan datang

2. Jika dapat daging banyak, jangan menyimpan daging utuh 2-4 kg di dalam freezer. 

Cara yg benar, potong2 daging berukuran lebih kecil, lalu simpan di dalam plastik-plastik berukuran 1/2 kg atau 1 kg. 

Jika mau masak, ambil satu kantong kecil, biarkan yg lain tetap beku di dalam freezer. InsyaAllah daging dalam keadaan beku dapat disimpan >1 thn

3. Saat menyimpan daging dalam plastik bening, usahakan udara di dalam plastik daging sesedikit mungkin. 

Alat vacuum sederhana bisa kita pakai. 

Jika tidak ada, kita bisa menggunakan cara tradisional menggunakan ember yang diisi air bersih. 

Masukkan daging di dalam kantong plastik, lalu turunkan kantong daging tsb pelan2 ke dalam air. 

Udara di dalam kantong plastik akan terdorong keluar (ke atas). Setelah udara di dalam kantong plastik habis, plastik segera diikat (dibundeli)

4. Sebelum disimpan di-freezer, simpan daging (mampir dulu) di dalam kulkas yg sejuk selama 16-18 jam (sehari semalam). 

Setelah dinginnya rata luar-dalam, baru dimasukkan ke dalam lemari pembeku (freezer)

5. Jika mau masak daging beku, jangan mencairkan es daging atau daging beku menggunakan air panas. 

Cara yang benar adalah letakkan daging beku tsb di bawah air kran suhu normal (dalam keadaan daging masih terbungkus rapat dalam plastik). Setelah daging kembali empuk, buka plastik, cuci daging hingga bersih, tiriskan, lalu siap dimasak

6. Jika masaknya besok, nanti sore daging beku diturunkan (dipindah) dari freezer ke dalam kulkas. 

InsyaAllah besok pagi daging sudah kembali empuk dan siap untuk dimasak

Sekadar untuk diketahui daging kurban bisa disimpan dan tahan lama lebih dari 1 tahun di dalam freezer.

Demikian tips menyimpan daging kurban yang benar agar tetap terjaga kualitasnya . Semoga Bermanfaat.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tips

Penjahit dan Perancang Mode Nigeria Pamerkan Masker yang Modis

Seorang peragawati Nigeria, Pamela Uchechukwu menghadapi pandemi virus corona secara bergaya, ia memakai masker wajah yang diserasikan dengan pakaiannya.

Published

on

Penjahit dan Perancang Mode Nigeria Pamerkan Masker yang Modis
Ilustrasi seorang influencer gaya Nigeria, Angel Obasi, 24, berpose untuk berfoto dengan masker dengan warna senada dengan pakaiannya, Lagos, Nigeria 14 Mei 2020. (Foto: Reuters/Temilade Adelaja )

Gencil News – Voa – Penjahit dan perancang mode Nigeria menggunakan kreatifitas mereka untuk membuat masker wajah yang modis, menambah pesona dan daya tarik pada aspek kesehatan dan keselamatan.

Ketika otoritas melonggarkan aturan pembatasan di negara itu, mereka memakai masker di tempat umum.

Timothy Obiezu mengamati sebagian orang Nigeria memilih memakai masker wajah yang bergaya, didisain oleh perempuan.

“Saya berusaha untuk tampak beda dari yang lain karena saya merasa sangat senang kalau keluar rumah dan orang mengagumi saya, orang menyukai apa yang saya pakai. Itulah sebabnya saya memakai sesuatu yang akan terlihat bagus pada diri saya, yang serasi dengan pakaian saya,” kata Pamela Uchechukwu.

Namun, bukan hanya peragawati yang ingin tampil bagus, dan sekaligus melakukan tindakan pencegahan terhadap Covid-19. Semakin banyak warga Nigeria membuat para desainer seperti Ifeoma Anyanwu jadi sibuk.

“Hanya karena kami ingin selamat, hal itu tidak harus membosankan. Ini adalah norma baru; kami harus menyesuaikan diri dan satu-satunya cara untuk membuat orang menganggap pandemi ini serius adalah dengan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ada bankir, profesional, dokter, pengusaha, jadi bagaimana kita membuat mereka ingin memakai masker seperti dokter?” kata Ifeoma.

Seperti halnya negara lain. Nigeria mewajibkan pemakaian masker di tempat umum, untuk membantu menghentikan penyebaran virus.

Perancang mode Oluwaseun Adeojo mencatat, bahkan sebelum pandemi, masker wajah terkadang digunakan di dunia mode.

“Saya pikir bukanlah hal yang baru, masker telah dipakai dalam peragaan busana, tetapi orang tidak menganggapnya penting – hanya masker wajah untuk bergaya, bukan yang benar-benar dapat mencegah penularan virus. Jadi, sekarang kita lebih peduli dari sebelumnya karena virus corona dan semua orang mencari cara untuk melindungi diri mereka sendiri selain tampil modis,” kata Oluwaseun.

Mempromosikan masker wajah yang modis sewaktu orang harus menjaga jarak sosial, membuat beberapa pihak tidak setuju.

Tetapi Direktur Kesehatan Masyarakat Departemen Kesehatan Nigeria, Josephine Okechukwu mengatakan, keprihatinan mereka bukan tertuju pada tampilan masker itu, tetapi apakah masker modis itu masih efektif.

“Kita tahu Covid-19 terkait dengan infeksi pada sistem pernafasan. Jadi kalau kita memakai masker wajah, sepanjang mikro-organismenya yaitu virus corona itu tidak menembus masker yang kita kenakan yang bisa menulari kita, maka menurut saya itu cukup aman,” kata Josephine.

Para desainer Nigeria mengatakan, masker bergaya mereka yang bisa dicuci itu tidak hanya aman, tetapi juga mempunyai tampilan yang khas.

Dan seperti kebanyakan mode, karya masker itu juga membantu membangun rasa percaya diri – sebuah dorongan yang disambut dengan sangat baik di tengah-tengah ketidakpastian pandemi Covid-19.

Continue Reading

Tips

Hindari 6 Hal Yang Bisa Merusak Kesehatan Rambut

Published

on

Hindari 6 Hal Yang Bisa Merusak Kesehatan Rambut

GENCIL NEWS – Hindari beberapa hal yang bisa merusak kesehatan rambut anda, untuk menjaga kesehatan rambut sesungguhnya lebih dari sekadar menggunakan sampo dan kondisioner belaka.

Perawatan rambut perlu dilakukan secara keseluruhan. Sangat penting untuk membersihkan rambut atau melakukan berbagai treatment demi menjaga kesehatannya.

Supaya terhindar dari akar yang rapuh dan rambut yang bercabang, menjaga kesehatan rambut juga termasuk gaya hidup yang tepat.

Salah satu waktu yang sebenarnya sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut namun kerap dikesampingkan adalah pada malam hari.

  • Jangan Mengikat Rambut ketika Tidur

Ikatan rambut terutama yang tak diubah mulai sebelumnya hingga saat tidur bisa berdampak buruk. Hal ini terutama ketika ikatan rambut tersebut sangat kencang. Apalagi jika mengikat rambut saat tidur menggunakan karet. Ini bisa menyebabkan munculnya masalah pada rambut seperti rontok dan berbau.

  • Menggunakan Hairspray saat Tidur

Ketika kamu menggunakan banyak hairspray, rambut bisa menjadi kering. Jika hal ini tidak dibersihkanmaka bisa muncul dampak buruk pada rambut seperti rambut kaku dan mudah rontok karena efek dari spray yang berisi bahan campuran kimiawi untuk rambut.

  • Tidur dengan Rambut Basah

Ketika sedang basah, rambut berada dalam kondisi paling lemah. Oleh karena itu hindari tidur ketika rambut basah karena bisa menyebabkannya menjadi rusak dan bercabang. Gesekan dengan kain pada saat anda tidur ketika rambut basah bisa membuat kutikula menjadi kasar sehingga rambut menjadi kering dan keriting,

  • Coba-coba produk

 Pendasaran dengan beberapa produk akan membuat kita tergiur untuk mengaplikasi kan nya kepada rambut, namun ingat terutama produk luar negeri seperti shampo untuk rambut pirang. Perhatikan kembali kebutuhan untuk rambut anda. Apakah produk kecantikan tersebut tidak dirancang sesuai dengan iklim dan warna alami rambut kita.

  • Malas menggunting ujung rambut

Ujung rambut cenderung bercabang, dan membuat rambut hitam kita menjadi kusam dan menjadi merah. Usahakan untuk pergi ke salon langganan anda 3 hingga 6 bulan sekali untuk menggunting ujung rambut.

  • Terlalu Sering Terpapar Panas

Terlalu sering terkena panas  seperti hair dryer, alat pelurus rambut, pengeriting rambut, bahkan sinar matahari bisa membuat rambut anda mudah kusam dan kering, usahakan gunakan pelembab sebelum berpergian dan gunakan serum setelah anda mencuci rambut.

Continue Reading

Tips

Cek kendaraan Anda Mungkin Ini 6 Penyebab Klakson Motor Melemah

Published

on

Cek kendaraan Anda Mungkin Ini 6 Penyebab Klakson Motor Melemah

Gencil News- Cek Kendaraan anda mungkin ini 6 penyebab klakson motor melemah. Klakson merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk keamanan kendaraan. anda bisa menggunakan klakson untuk memberitahukan di mana posisi anda saat dijalan. Dengan demikian, banyak hal yang tidak diinginkan akan terhindarkan.

Cek kendaraan anda mungkin ini 6 penyebab klakson motor anda melemah. Salah satu saja tidak berfungsi, misalnya klakson motor atau lampu sein maka akan memengaruhi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Selain itu, ketika ada operasi lalu lintas, polisi lalu lintas akan mengecek kondisi sepeda motor kita secara keseluruhan.

Cek kendaraan Anda Mungkin Ini 6 Penyebab Klakson Motor Melemah

1. Baut Platina Klakson Bergeser

Pada bagian ini jika bergeser atau kendor baut platina klakson yang ada di kuda besi harus diperhatikan. karena kendornya baut platina ini bisa disebabkan oleh getaran sepeda motor yang konstan dan dalam waktu yang cukup lama. Jika baut ini kendor, maka arus listrik antar metal yang ada di klakson akan terganggu. Lama-kelamaan, suara klakson sepeda motor mengecil dan bisa menghilang sewaktu-waktu.
 

2. Aki Motor Bermasalah

Aki merupakan sumber kelistrikan utama di komponen motor kamu. Nah, kalau klakson kamu mati, bisa jadi aki motormu sudah soak. Jadi, coba cek bagaimana kondisi aki motor. jangan-jangan klakson motor mati karena aki motor sudah soak atau memang bermasalah.

3. Saklar Klakson Bermasalah

Klakson motor yang tidak mau nyala kebanyakan yang terjadi karena saklar klakson motor yang sudah berkarat. Penumpukan karat ini bisa jadi karena sudah lamanya digunakan dan sering terkena air atau kotoran.

Air atau kotoran yang menumpuk pada saklar klakson akan mengendap menjadi karat. Karat yang ada di saklar klakson ini bisa menghalangi arus listrik sehingga klakson tidak mau menyala.

4. Kabel Klakson

Kabel klakson menjadi salah satu komponen yang sangat penting. Bisa jadi sepeda motor masih baru, namun klaksonnya tidak berbunyi atau berbunyi lemah. Atau mungkin, kemarin sepeda motor baik-baik saja namun besoknya klakson tak mau bunyi.
 
Bisa jadi, ada susunan kabel yang tidak sesuai dengan posisinya, pemasangan platina yang tidak presisi, sehingga kabel kendor atau mungkin kabel ada yang putus atau terkelupas. Sehingga, klakson sepeda motor tidak mau nyala.

5. Kawat Lilitan Tidak Layak Pakai

Hampir sama dengan baut metal kontraktor, pemakaian motor yang terus – menerus akan mengakibatkan kawat lilitan rusak, terkelupas atau bahkan putus. Bila masih terkelupas, biasanya klakson masih sanggup berbunyi walaupun lemah. Solusinya, ganti dengan yang baru.

6. Metal Kontraktor Rusak

klakson motor mati bisa diakibatkan metal kontraktor yang mengalirkan arus listrik DC. Kemungkinan pertama, metal kontraktor rusak. Kalau ini yang terjadi, ganti dengan yang baru. Lalu, ada kotoran yang masuk, lalu menumpuk dan menimbulkan kerak / karat. Adanya kerak mengganggu arus listrik yang mengalir. Kamu hanya perlu membersihkannya secara berkala.

Agar mengurangi potensi karat merusak komponen motor, sebaiknya hindari berkendara waktu hujan, Apabila sudah terlanjur kehujanan, saat tiba di rumah, segera siram motor dengan air biasa.

Continue Reading

TRENDING