Tips Miliki Rumah Sendiri Sejak Usia Muda Investasi Masa Depan
Connect with us

Tips

Tips Miliki Rumah Sendiri Sejak Usia Muda Investasi Masa Depan

Published

on

Tips Miliki Rumah Sendiri Sejak Usia Muda Investasi Masa Depan

Gencil News – Banyak yang bilang generasi milenial merupakan generasi yang melek digital, namun minim literasi finansial. Bahkan, tak jarang milenial sulit untuk memiliki rumah karena gaya hidupnya yang terlalu konsumtif.

Jika tujuan untuk memiliki rumah sendiri masih nomor sekian, Maka tak mungkin kaum milenial bakal terus-terusan ngekos atau ngontrak. Sebab setiap tahun harga tanah dan bangunan kian meningkat, apalagi di daerah bernilai investasi tinggi.

Berikut Tips Kaum Milenial Miliki Rumah Sendiri

1. Lunasi Cicilan atau Tagihan

Langkah pertama untuk mewujudkan keinginan membeli rumah adalah dengan melunasi tagihan yang ada. Tujuannya agar nanti pemberi kredit mempercayai anda sebagai kreditur yang tepat waktu membayar tagihan.

Tagihan yang lewat jatuh tempo juga akan menjadi catatan pemberi pinjaman. Oleh karena itu, segera lunasi cicilan atau tagihan dan jangan sampai memiliki tagihan yang lewat jatuh tempo pembayaran.

2. Mulai Menabung

Mulailah rajin menabung untuk pembayaran uang muka rumah. Menabung dan sabar memang sulit, namun dengan melakukannya, maka memiliki uang yang cukup untuk membayar DP rumah dapat segera tercapai.

Selagi menabung, anda juga bisa mempelajari pasar. Perhatikan harga rumah pada area yang anda minati dan berapa harga jualnya. Sesuaikan dengan pendapatan bulanan anda.

3. Beli Rumah Minimalis

Membeli rumah minimalis menjadi tren populer di kalangan milenial, terutama bagi yang baru pertama kali membeli. Rumah mewah kadang memiliki ruangan ekstra yang dianggap tidak perlu oleh banyak milenial.

Selain itu, rumah minimalis juga kerap memiliki tagihan listrik yang lebih rendah, serta biaya perawatan dan perbaikan rumah yang lebih kecil. Rumah minimalis bisa menjadi pilihan tepat bagi yang ingin pindah dari anak kos jadi anak rumahan.

4. Pilih Lokasi Terjangkau

Lokasi juga menentukan harga rumah, semakin berkembang suatu lokasi, semakin mahal pula harga rumah di lokasi tersebut. Jangan pula terpaku pada satu lokasi saja, namun pertimbangkan beberapa area yang memungkinkan.

Anda juga dapat memperluas pencarian rumah ke lingkungan yang belum pernah anda pertimbangkan sebelumnya. Tentukan apakah harganya terjangkau, namun terus meningkat? Bila iya, anda mungkin telah menemukan lokasi yang berpotensi memiliki nilai investasi tinggi.

Nah, itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan milenial saat ingin memiliki rumah. Soal biaya yang masih anda anggap tinggi tak usah khawatir. Sebab terdapat banyak bank yang menawarkan fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).

.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tips

Perhatikan, Jangan Tunggu Habis jika ingin Mengisi BBM Kendaraan

Published

on

Perhatikan, Jangan Tunggu Habis jika ingin Mengisi BBM Kendaraan

Perhatikan dan cek apakah anda termasuk pengguna kendaraan yang enggan mengunjungi  SPBU untuk mengisi BBM (Bahan Bakar Minyak).

Mulai saat ini dan selanjutnya jangan sampai atau bahkan menunggu sampai bahan bakarnya benar-benar habis baru mengisi.

Karena kebiasaan tersebut bisa menyimpan banyak risiko yang bahkan merusak komponen kendaraan.

Mengutip dari Laman Federal Oil, Jumat 11 Desember 2020, mengisi bensin saat tangki bahan bakar hampir kosong mungkin tak berdampak apa-apa jika sekali atau dua kali.

Namun, jika terus-terusan pemilik kendaraan harus menyiapkan sejumlah biaya untuk melakukan perbaikan pada komponen yang rusak.

Berikut kami rangkum empat risiko jika terlalu sering membiarkan BBM saat tangki motor sudah hampir kosong.

Tangki Motor Berkarat

Tangki motor yang sering kehabisan bensin akan memberikan dampak yang kurang baik. Hal itu karena jika tangki bensinnya sering kering atau kosong, maka permukaannya akan mudah berkarat.

Muncul Endapan Kotor

Jika tangki motor Anda sudah karatan, maka lama-lama karat tersebut akan terendap dan mengotori bahan bakar. 

Demi keamanan lebih baik anda cek dan melakukan pengurasan tangki di bengkel resmi.

Adapun pengurasan tangki motor ini sendiri bertujuan agar bahan bakar selanjutnya tidak terkontaminasi dengan karat atau kotoran yang sebelumnya terendap dalam tangki.

Fuel Pump Bisa Terganggu

Endapan karat dan kotoran yang berada dalam tangki motor jika tidak segera diatasi juga akan berdampak pada terganggunya fungsi fuel pump.

Akibatnya, sistem distribusi bahan bakar dari tangki motor ke mesin akan bermasalah. Efeknya bisa membuat motor Anda ngadat dan mogok alias tidak mau dinyalakan mesinnya.

Berdampak pada Karburator atau Injektor

Kala fuel pump sudah terganggu akibat adanya karat dan kotoran, maka hal ini bisa menyebar hingga menggangu kinerja karburator dan injektor.

Padahal, dua komponen tersebut merupakan bagian penting dalam sistem pembakaran bahan bakar.

Selain itu, jika kinerja karburator dan injektor terganggu, maka akibatnya bakal sangat buruk untuk kendaraan.

Continue Reading

Tips

Diet Dengan Buah Semangka Ampuh Turunkan Berat Badan

Published

on

By

Diet Dengan Buah Semangka Ampuh Turunkan Berat Badan
Ilustrasi : Diet

Gencil News – Desakan untuk gaya hidup sehat mulai dari mengonsumsi makanan sehat. Kebiasaan makan yang tidak teratur dan jadwal kerja yang padat seringkali menghalangi jalannya gaya hidup dan diet yang benar.

Pada umumnhya mengkonsumsi satu buah sehari membuat kita jauh dari dokter. Dan untuk buah, semangka memegang posisi teratas.

Kaya akan serat dan kandungan air, semangka menjadi buah musim panas yang populer karena sifatnya yang menyegarkan. Buahnya mengandung 97 persen air dan merupakan pilihan yang sangat baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan berlebih.

Semangka juga baik untuk penderita diabetes karena kandungan gulanya yang alami. Semangka menjadi pilihan ideal untuk orang yang sedang diet.

Melansir dari Stylecraze, diet semangka menjadi resep untuk banyak orang memulihkan gaya hidup yang seimbang dan sehat. Lebih dari itu, buah ini adalah salah satu jenis makanan untuk menurunkan berat badan.

Diet semangka umumnya diresepkan untuk orang yang berjuang keras yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Terlepas dari faktor ini, diet semangka juga cocok pada orang-orang yang ingin membuang racun, air, garam, dan kotoran lain yang menumpuk dalam tubuh.

Karena Anda harus hidup hanya dengan semangka selama seminggu atau setidaknya lima hari, Anda harus menjaga proporsinya tanpa gagal.

Kuantitas ideal untuk hal yang sama adalah 1:10. Sederhananya, jika berat badan Anda 60 kg, Anda perlu makan 6 kg semangka selama diet. Disarankan agar Anda tidak berolahraga keras selama hari-hari ini, karena tubuh Anda sudah berlatih dengan caranya sendiri.

Bagus Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Jika Anda memiliki penyakit hati atau ginjal, diet semangka adalah pilihan terbaik Anda. Makan semangka akan membantu mengeluarkan racun dari ginjal dan membantunya tetap bugar dan kuat.

Jika merasa sangat bosan dengan buah yang sama setiap hari, Anda bisa mencampurkan pola makan dengan beberapa pilihan yang lebih sehat. Anda bisa menikmati salad yang sama dan mencampurkannya dengan buah-buahan seperti kiwi dan mentimun.

Saat mengikuti diet semangka, Anda harus berhati-hati agar jumlah buahnya tidak melebihi batas yang sesuai anjuran dokter. Ini terutama tergantung pada seberapa banyak berat badan yang ingin Anda turunkan saat Anda mengikuti program penurunan berat badan.

Diet semangka rata-rata mengandung 150 kkal per porsi di siang hari. Anda perlu makan porsi ini 8 kali sehari tanpa gagal. Karena 97 persen buah mengandung air, Anda dapat menghindari minum terlalu banyak air.

Continue Reading

Tips

Manfaat Membuat Sumur Resapan pada Area sekitar Rumah

Published

on

Manfaat Membuat Sumur Resapan pada Area sekitar Rumah
Sumber Foto : Warta pala/ ilustrasi pada gambar sumur resapan

Sumur resapan memudahkan air hujan terserap ke dalam tanah sehingga aliran air pada permukaan tanah juga bisa terminimalisir.

Sumur resapan adalah salah satu teknik untuk mengurangi aliran air pada permukaan tanah ketika musim hujan.

Melalui lubang seperti sumur ini, air hujan akan langsung masuk ke dalam tanah dan memiliki waktu lebih banyak untuk terserap. Dengan demikian, jumlah cadangan air tanah pun lebih banyak.

Prinsip utama sumur ini adalah memperluas bidang penyerapan dan teknik konservasi air ini merupakan upaya manusia untuk mempertahankan, meningkatkan, dan mengembangkan daya guna air.

Caranya adalah dengan menambah besar tampungan air tanah, mengurangi dimensi jaringan drainase, mencegah intrusi air laut, dan mengurangi tingkat pencemaran tanah.

Manfaat membuat Sumur Resapan pada area sekitar rumah

1. Menghalau Genangan Air Hujan

Salah satu manfaat sumur resapan adalah untuk meresap air hujan.

Ketika tanah tidak lagi mampu menyerap setiap tetes air hujan, maka sumur akan berfungsi seperti parit yang menampung kelebihannya.

Sehingga hunian terhindar dari bahaya banjir saat debit hujan tinggi.

2. Menampung Sumber Air untuk Keperluan Konsumsi

Sumur resapan hanya akan menampung air hujan, tidak tercampur dengan limbah cair rumah tangga.

Pembangunannya pun harus jauh dari parit dan septic tank agar air yang tertampung tetap bersih.

Sehingga dapat menjadi alternatif sumber air untuk keperluan konsumsi.

Keperluan konsumsi yang dimaksud adalah konsumsi sebagai air minum dan juga sebagai bahan makanan sehari-hari.

3. Sumber Air Bersih untuk Mencuci

Manfaat selanjutnya bisa menjadi penampungan air bersih untuk kegiatan yang berkaitan dengan kebersihan.

Misalnya saja mandi, mencuci pakaian, mencuci peralatan makan, dan lainnya.

Mencuci dengan menggunakan air yang berasal dari sumur resapan akan jauh lebih aman dan bersih dibanding menggunakan air dari aliran sungai.

4. Menjaga Kelembaban Tanah Sekitar

Tanah yang berada pada area sumur resapan akan terjaga kelembabannya.

Sehingga sangat cocok untuk bercocok tanam.

Meski begitu, jangan menanam terlalu dekat dengan sumur, sebab tanah yang terlalu basah juga bisa merusak akar tanaman.

Continue Reading

Advertisement

KORAN GENCIL NEWS

TRENDING