10 Danau di Indonesia Yang Mempesona – Gencil News
Connect with us

Travel

10 Danau di Indonesia Yang Mempesona

Published

on

10 Danau di Indonesia Yang Mempesona
10 Danau di Indonesia Yang Mempesona - Foto : Glen Clarsten

Gencil News – Indonesia banyak memiliki keindahan alam yang mempesona. Pesona wisata di Indonesia terbentang dari Sabang – Merauke.  Potensi wisata alam Indonesia punya banyak pilihan. Indonesia merupakan negara dengan beragam bentang alam yang eksotis. Mulai dari gunung, danau, pantai, dan bawah laut, potensi wisata alam Indonesia tak pernah mengecewakan hati.

Berikut potensi wisata alam berupa danau, dirangkum Gencil.news dari Kemenparekraf

1. Danau Toba

Tak cuma menjadi danau terluas di Indonesia, Danau Toba juga merupakan salah satu danau vulkanik terbesar di dunia. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (62 mil), lebar 30 kilometer (19 mil) dengan kedalaman mencapai 505 meter sehingga Danau Toba menjadi danau terdalam kedua di Indonesia dan ke-15 di dunia.

2. Danau Towuti

Danau ini memiliki luas permukaan mencapai 561 km persegi yang menjadikannya danau terluas kedua di Indonesia setelah Danau Toba. Danau tektonik yang berusia jutaan tahun ini berada di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan dan merupakan bagian dari kawasan Taman Wisata Alam Danau Towuti. Danau ini merupakan salah satu dari 12 danau purba yang ada di dunia.

3. Danau Ranau

Jika melihat dari volume airnya, Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua yang ada di Indonesia. Berada di perbatasan antara provinsi Lampung dan Sumatera Selatan, Danau Ranau merupakan danau Vulkanik yang memiliki panjang 16 km, lebar 8 km, luas permukaan 125,9 km persegi, kedalaman maksimal 229 meter, dan volume air mencapai 21,95 km kubik. Di tengah danau ini terdapat Pulau Marisa yang menjadi salah satu destinasi wisata karena keberadaan tempat pemandian air panas alami.

Baca juga   Palang Merah Indonesia Kota Pontianak Gelar Donor Darah Massal

4. Danau Singkarak

Berada di Kabupaten Solok dan Tanah Datar, Sumatera Barat, Danau Singkarak menawarkan pemandangan memesona dan kerap dijadikan salah satu destinasi wisata wajib jika datang ke provinsi tersebut. Memiliki ukuran panjang 21 km, lebar 7 km, dengan luas permukaan 107,8 km persegi, Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Sebelum masa pandemi, lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak rutin diadakan setiap jelang akhir tahun.

5. Danau Matano

Sulawesi Selatan memiliki Danau Matano yang merupakan danau paling dalam di Indonesia bahkan di Asia Tenggara dan menempati urutan ke-11 di dunia dengan kedalaman 590 meter. Keindahan alam di kawasan danau ini menjadikannya salah satu destinasi wisata alam di Sulawesi Selatan.

Baca juga   Mie Kering Khas Singkawang Kalimantan Barat

6. Danau Poso

Di Sulawesi Tengah, tepatnya di Kabupaten Poso terdapat danau tektonik purba yakni Danau Poso. Danau ini memiliki panjang 32 km, lebar 16 km, dan luas permukaan 323 km persegi, dengan kedalaman mencapai 450 meter membuat Danau Poso menjadi danau terdalam ketiga di Indonesia. Meski berada di ketinggian 657 mdpl, gelombang air di danau ini hampir serupa dengan gelombang air laut. Danau ini memiliki unsur yang unik dengan pasirnya yang berwarna kuning keemasan.Suasana Danau Sentani, Jayapura. (Foto: Shutterstock/Setiono Joko Purwanto)Suasana Danau Sentani, Jayapura. (Foto: Shutterstock/Setiono Joko Purwanto)

7. Danau Sentani

Danau ini membentang dari Kota Jayapura ke Kabupaten Jayapura. Dengan luas mencapai 9.360 hektar menjadikan Danau Sentani sebagai danau paling luas di Papua. Tak cuma terkenal akan keindahan alamnya, daya tarik wisata dari Danau Sentani adalah perhelatan Festival Danau Sentani yang diselenggarakan setiap bulan Juni. Festival ini menampilkan berbagai pertunjukkan adat yang diselenggarakan di sekitar danau sehingga kerap dimanfaatkan sebagai lokasi pariwisata yang seru.

8. Danau Sentarum

Danau Sentarum merupakan danau berjenis floodplain yang terletak di Kalimantan Barat. Meski kedalaman maksimumnya hanya mencapai 8 m, tapi danau ini memiliki luas sekitar 275 km persegi sehingga termasuk salah satu danau terbesar di Indonesia. Sebagai danau musiman, danau ini akan dipenuhi air selama 10 bulan di setiap tahunnya. Sedangkan di bulan-bulan berikutnya, danau ini akan surut dan membentuk kolam-kolam kecil.

Baca juga   Universitas di AS Lindungi Pelajar Kelas Online dari Pengawasan China

9. Danau Paniai

Sebaiknya siapkan jaket tebal jika mau berkunjung ke destinasi wisata danau satu ini. Pasalnya Danau Paniai berada di ketinggian 1.742 mdpl yang terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Danau ini mempunyai luas permukaan 195 km persegi dengan kedalaman maksimal mencapai 50 meter.Suasana di Danau Maninjau, Sumatera Barat (Foto: Shutterstock/Zulfikri Sasma)Suasana di Danau Maninjau, Sumatera Barat (Foto: Shutterstock/Zulfikri Sasma)

10. Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan danau tektonik yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Danau ini terletak di ketinggian 459 m, sehingga suhunya masih sejuk cenderung normal. Meski luasnya hanya mencapai 99,5 km persegi dengan kedalaman maksimal 165 m, salah satu danau terbesar di Indonesia ini terkenal dengan pemandangannya yang indah dan dikelilingi pegunungan. Untuk mencapai ke danau ini, siap-siap melewati Kelok 44 yang terkenal curam.

Nah, itulah 10 danau paling memesona di Indonesia yang tak hanya besar tetapi juga terkenal akan keindahan panoramanya. Destinasi wisata danau mana yang menjadi favorit Anda?

Sumber :

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Travel

Explore Likupang, Surga Tersembunyi di Sulawesi Utara

Mungkin jika menyebut destinasi favorit di Sulawesi Utara nama Manado dan Bunaken akan sering muncul.

Published

on

Explore Likupang, Surga Tersembunyi di Sulawesi Utara
Lanskap di Likupang yang menawarkan eksotika perbukitan dan pantai yang belum terjamah. Sumber artikel Kemenparekraf - (Foto: Shutterstock/Sony Herdiana)

Gencil News – Nama Likupang masih sangat jarang diketahui wisatawan. Berada di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Likupang memiliki potensi wisata yang luar biasa indah, dan pastinya tak kalah dari Manado maupun Bunaken.

Bermodalkan keindahan alam yang dimiliki, membuat nama Likupang kian mendapat sorotan dan berpotensi menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan Indonesia kelas dunia.

Sebut saja di antaranya hamparan perbukitan hijau, pantai pasir putih yang indah, bawah laut yang masih terjaga, kuliner menggugah selera, hingga adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) menjadi daya tarik Likupang.

Melihat potensi wisata yang dimiliki Likupang, tak heran jika Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menetapkan Likupang sebagai salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas di Indonesia.

Infrastruktur di Likupang

Guna meningkatkan perkembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Likupang, Kemenparekraf/Baparekraf terus mendorong pembangunan infrastruktur di Likupang. Mulai dari infrastruktur jalan, air bersih, hingga listrik yang memadai.

Mengingat kualitas jaringan internet pun sangat dibutuhkan masyarakat, Kemenparekraf/Baparekraf telah menjalin komunikasi lintas kementerian dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), untuk menghadirkan jaringan yang stabil di Likupang.

Baca juga   Pemuda Indonesia Buat Teknologi untuk Prediksi Persebaran Karhutla

Kemudian, Likupang juga akan terus melakukan pembenahan infrastruktur di sektor pariwisata.

Seperti misalnya peningkatan Bandara Internasional Sam Ratulangi, yang mana perkembangannya hingga awal November 2020 telah mencapai 62,7%.

Guna meningkatkan kesiapan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar KEK Likupang, Kemenparekraf/Baparekraf juga telah menjalankan beberapa program. Seperti meningkatkan kompetensi dalam menghasilkan produk kreatif, hingga sosialisasi zero waste lifestyle guna mendukung konsep sustainability tourism di Likupang.Lanskap di Likupang yang menawarkan eksotika perbukitan dan pantai yang belum terjamah.(Foto: Shutterstock/Sony Herdiana)

Lanskap di Likupang yang menawarkan eksotika perbukitan dan pantai yang belum terjamah.(Foto: Shutterstock/Sony Herdiana)

Yuk, Jelajah Likupang!

Berjarak sekitar 48 km dari Kota Manado, ada banyak hal yang bisa dieksplor di Likupang. Misalnya mengunjungi berbagai destinasi wisata perbukitan di Likupang.

Mulai dari Bukit Pulisan hingga Bukit Larata.Di Bukit Pulisan wisatawan akan disambut dengan hamparan padang rumput luas dan berseberangan langsung dengan pemandangan laut biru jernih yang indah.

Meskipun sedikit melelahkan untuk menuju Bukit Pulisan, namun pemandangan yang menyatu dengan lautan bak lukisan ini seakan menghapus keringat dan rasa lelah mendaki perbukitan.

Baca juga   Not Enough Van Halen, Ini Lirik dan Video Klipnya

Selain Bukit Pulisan, destinasi wisata perbukitan di Likupang yang bisa dikunjungi adalah Bukit Larata. Tidak kalah memesona, Bukit Larata juga menawarkan keindahan bukit savana dengan padang rumput yang berpadu dengan pemandangan laut.

Tidak hanya perbukitan, Likupang juga menjadi surga bagi para pecinta wisata di pantai. Pantai yang memiliki pemandangan indah tak berujung dan air yang jernih ini pernah mengejutkan masyarakat setempat dan World Wildlife Fund Indonesia. Pasalnya, pada 2007 di Pantai Likupang ditemukan Penyu Hijau.

Destinasi wisata pantai di Likupang berikutnya adalah Pantai Paal. Berlokasi di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur, Pantai Paal dikenal dengan pemandangan eksotis dan air laut berwarna gradasi biru tosca yang cantik.

Keindahan pemandangan laut di kedua pantai tersebut sangat cocok untuk snorkeling, berjemur, atau sekadar menikmati hembusan angin dan mendengarkan deburan ombak menenangkan.

Tentunya masih banyak pantai cantik di Likupang yang tak kalah menawan, seperti Pantai Pulisan, Pantai Sampiran, dan Pantai Surabaya.

Ciptakan Pengalaman Baru di Likupang

Selain mengunjungi beberapa destinasi wisata di atas, kita juga bisa menciptakan pengalaman baru berlibur di Likupang dengan mengunjungi Pulau Lihaga, yang dikenal memiliki keindahan bawah laut tiada dua.

Baca juga   Palang Merah Indonesia Kota Pontianak Gelar Donor Darah Massal

Pulau seluas 8 hektar ini memiliki pasir putih lembut dan air laut berwarna biru yang sangat jernih. Air lautnya yang sangat tenang sangat cocok untuk snorkeling sambil menikmati keindahan bawah laut yang menakjubkan.

Setelah keliling ke berbagai destinasi wisata di Likupang, perut terasa lapar dan waktunya mencicipi makanan khas Likupang yang lezat.

Salah satunya lalampa. Makanan yang terbuat dari ketan yang diisi dengan ikan cakalang, dan dibungkus dengan daun pisang satu ini memiliki aroma harum dan rasa gurih yang dapat menggoyang lidah.

Selain itu ada juga milu siram, sup jagung yang dibuat dengan udang atau daging ikan. Cita rasa asam dari jeruk nipis dan pedas dari cabai, jadi kombinasi rasa yang unik untuk melengkapi eksplorasi para wisatawan di Likupang.

Tentunya masih ada banyak kuliner Likupang yang siap memanjakan lidah wisatawan yang datang. Seperti cakalang fufu, pisang goroho goreng sambal loa, dan binta biluhuta.

Continue Reading

Travel

Maskapai Dibolehkan Angkut 100 persen Penumpang, Tapi Ini Syaratnya

Published

on

By

Maskapai Dibolehkan Angkut 100 persen Penumpang, Tapi Ini Syaratnya
Aturan baru Pemerintah akan memperbolehkan Maskapai mengangkut 100 persen daripada jumlah kursi dalam satu kali penerbangan

Gencil News – Aturan baru Pemerintah akan memperbolehkan Maskapai mengangkut 100 persen daripada jumlah kursi dalam satu kali penerbangan.

Salah satu aturan yang dilakukan penyesuaian adalah syarat perjalanan udara domestik. Sepanjang dua pekan ke depan, pemerintah tak lagi mengizinkan penggunaan tes rapid antigen sebagai syarat penerbangan. Pelaku perjalanan penerbangan domestik hanya diperbolehkan tes RT-PCR.

Aturan baru dari Pemerintah ini selengkapnya akan tertuang dalam Surat Edaran dari Pemerintah.

Juru Bicara Kementrian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan Pemerintah akan memberikan pernyataan secara resmi terkait kebijakan baru ini, pada Kamis (21/10/2021) pukul 13.00 WIB.

Pada aturan sebelumnya penumpang masih bisa menggunakan hasil tes antigen H-1 untuk penerbangan di dalam wilayah Jawa-Bali.

Baca juga   Penelitian Arkeolog, Congklak Permainan Tertua di Dunia

Namun periode PPKM 19 Oktober-1 November 2021 kali ini, pemerintah kembali menerapkan sejumlah aturan untuk membatasi mobilitas masyarakat.

Aturan tersebut diubah dengan mewajibkan seluruh penumpang pesawat melampirkan hasil tes negatif PCR yang berlaku dari H-2 penerbangan.

“Penerbangan dari dan ke Jawa Bali dari dulu juga wajib PCR. Dari dulu penerbangan dari dan ke Jawa Bali itu tidak boleh antigen, yang boleh itu penerbangan di dalam Jawa-Bali. Dan dalam ketentuan baru akan diubah semua wajib PCR,” kata Adita

Continue Reading

Travel

Kangen Travelling? Intip Staycation Hemat Budget dan Tetap Seru!

Published

on

Kangen Travelling? Intip Staycation Hemat Budget dan Tetap Seru!

Gencil News-  Semenjak pandemi sejak tahun 2020 lalu, banyak wisata destinasi yang vakum sementara, Begitu juga dengan kegiatan travelling baik luar dan dalam kota.

Pembatasan yang ketat menjadi cara untuk meminimalisir virus covid-19. Namun, seiring dengan pemberian vaksin tahap I dan II pada berbagai daerah sampai dengan pelonggaran wilayah maka kegiatan travelling juga perlahan mulai di buka.

Mungkin banyak dari anda yang sudah kangen ingin travelling? Intip staycation hemat budget dan tetap seru setelah pandemi.

Baca juga   Komisi Eropa Tidak Wajibkan Bangku Tengah Pesawat Kosong

1. Pastikan anda/keluarga sudah mendapat vaksin lengkap

Perlunya vaksin sebagai pelindung bagi anda dan keluarga untuk melakukan perjalanan nantinya.

Siapkan data vaksin lengkap dan jangn lupa tambahan multivitamin untuk anda atau keluarga supaya lebih mudah pengaturannya selama dalam perjalanan.

2. Membuat alokasi dana

Menentukan jumlah budget dapat membantu kamu menentukan destinasi lokasi untuk staycation nantinya.

Mempersiapkan dana sesuai dengan kebutuhan tentunya merupakan langkah awal yang esensial agar kamu bisa berlibur dengan tenang.

Dengan mempersiapkan alokasi dana dari awal, kamu bisa menghindari risiko over-budget.

3. Membuat perbandingan harga, fasilitas, dan hal lainnya

Jika sudah menemukan lokasi yang tepat, kamu bisa melakukan perbandingan harga hotel dan akomodasi lainnya.

Baca juga   Sail Vega Berikan Harapan Bagi Pulau-Pulau Terpencil di Indonesia

Jangan takut untuk mencari banyak referensi. Pasalnya, semakin banyak pilihannya, semakin variatif juga harga, fasilitas, akomodasi, hingga hal lainnya yang bisa kamu bandingkan.

4. Manfaatkan promo

Tips staycation hemat budget yang bisa menekan banyak pengeluaran adalah dengan memanfaatkan promo.

Biasanya, banyak aplikasi untuk memesan kamar hotel yang menawarkan berbagai promo menarik. Dengan memanfaatkan promo tersebut, kamu bisa mengurangi biaya yang keluar untuk membayar penginapan.

Baca juga   Pemuda Indonesia Buat Teknologi untuk Prediksi Persebaran Karhutla

5. Memanfaatkan fasilitas sarapan gratis

Saat memilih penginapan untuk staycation, sebaiknya kamu memilih penginapan yang menyediakan fasilitas yang menguntungkan, seperti fasilitas untuk sarapan atau jalan-jalan di kota tujuan wisata.

Sehingga anda dan keluarga bisa mengurangi pengeluaran untuk makan dan jalan-jalan selama berlibur.

Continue Reading

Travel

5 Kota Di Negara Ini Ternyata Berdiri di Atas Dua Benua

Published

on

Menarik, 5 Kota Di Negara Ini Ternyata Berdiri di Atas Dua Benua

Gencil NewsMenarik 5 kota di negara ini ternyata berdiri diatas dua benua. Ada beberapa kota di dunia yang berdiri di atas dua benua sekaligus. Uniknya, penduduk kota bisa tinggal terpisah di sebagian benua yang lain, dan sebagian lainnya menghuni benua berbeda.

Istanbul merupakan salah kota yang cukup terkenal hingga memiliki julukan kota dua benua. Namun, ada beberapa kota lainnya yang ternyata memiliki letak geografis lintas benua yang sama dengan Istanbul. Berikut beberapa kota dua benua yang perlu kamu ketahui.

  1. Istanbul, Turki

Istanbul merupakan kota terbesar di Turki yang memiliki luas sekitar 2.065 mil persegi. Kota ini dulu dikenal dengan nama Byzantium atau Konstatinopel. Menurut World Atlas, Istanbul termasuk ke dalam benua Asia dan Eropa. Uniknya, sepertiga penduduknya menghuni kawasan benua Asia, sedangkan sisanya menghuni kawasan benua Eropa. Pusat ekonomi di kota ini berada di sisi benua Eropa.

Baca juga   Pemkot Pontianak Terima 40 Aset Tanah Untuk Sarana Publik

Selat bosphorus memiliki peran penting yang memisahkan antara benua Asia dan Eropa. Hingga saat ini, Istanbul tetap menjadi kota sarat akan sejarah yang diminati banyak wisatawan. Pesona tujuh puluh museum menjadikan kota ini sangat menarik untuk dikunjungi.

  1. Suez, Mesir

Suez atau dikenal sebagai Isthmus of Suez merupakan kota yang terletak di Mesir bagian timur. Kota ini menghubungkan laut Mediterania dan laut Merah. Kota ini berdiri di perbatasan benua Asia dan Afrika. Diperkirakan, populasi penduduk mencapai 744.000 .

Menurut National Geographic, kota ini membangun Terusan Suez sepanjang 119 mil yang memungkin kapal-kapal melintasi Eropa, Afrika Utara, Asia Barat dan Asia Timur tanpa harus berkeliling Afrika.

  1. Magnitogorsk, Rusia
Baca juga   Komitmen Citra Garden Aneka Memberikan Kenyamanan bagi Penghuni

Magnitogorsk merupakan kota yang terletak di Rusia barat berbatasan dengan sungai Ural. Menurut Britannica, kota ini dikenal dengan kota industri yang pada tahun 1975 berdiri salah satu pabrik besi dan baja terbesar di dunia. Selain itu, letak geografisnya yang unik berada di benua Asia dan Eropa.

Penataan kota menjadikan area industri yang sebagian besar berada di wilayah benua Asia, sedangkan area perumahan berada di benua Eropa. Hingga saat ini, Magnitogorsk masih menjadi kota industri penghasil besi dan baja.

  1. Orenburg, Rusia.

Orenburg merupakan salah satu kota di Rusia yang berada di tepi sungai Ural. Kota ini mendiami kawasan benua Asia dan Eropa. Menurut Population Stat, penduduk yang mendiami kota ini berjumlah sekitar 569 ribu jiwa. Kota ini pertama kali didirikan pada tahun 1735 sebagai benteng yang dijadikan pusat militer Ural Cossack.

Baca juga   Penelitian Arkeolog, Congklak Permainan Tertua di Dunia

Selain memiliki industri teknik dan pengolahan gas, Orenburg menawarkan berbagai destinasi liburan yang  layak untuk dikunjungi. Ada banyak bangunan ikonik khas Rusia yang membuat kota ini digemari para wisatawan.

  1. Atyrau, Kazakhstan

Atyrau merupakan kota yang terletak di bagian barat Kazakhstan. Kota ini terletak sekitar sungai Ural, sehingga mendiami kawasan lintas benua Eropa dan Asia. Populasi penduduk mencapai 180 ribu jiwa. Semula, kota ini bekas bagian Uni Soviet hingga akhirnya membebaskan diri.

Perubahan kota Atyrau dapat dilihat dari pembangunan gedung perkantoran, hotel-hotel dan restoran yang mulai dikunjungi para wisatawan. Jika kamu ingin merasakan sensasi berdiri di atas dua benua, maka disini hanya harus melintasi jembatan Sungai Ural.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING