Kepulauan Karimata, Pesona Indah Dari Bumi Kayong Utara
Connect with us

Travel

Kepulauan Karimata, Pesona Indah Dari Bumi Kayong Utara

Published

on

Kepulauan Karimata, Pesona Indah Dari Bumi Kayong Utara
Kepulauan Karimata, Pesona Indah Dari Bumi Kayong Utara
Kepulauan Karimata, Pesona Indah Dari Bumi Kayong Utara

Kepulauan Karimata, Pesona Indah Dari Bumi Kayong Utara – Kepulauan Karimata adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Pusat pemerintahnnya di Desa Pelapis. Kecamatan ini merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Pulau Maya sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kayong Utara Nomor 3 Tahun 2011.

Kecamatan Kepulauan Karimata secara geografis berada pada paling barat wilayah Kabupaten Kayong Utara yang terdiri dari gugusan pulau Selat Karimata.

Terdapat 83 pulau pada kecamatan ini namun hanya 11 pulau yang berpenghuni, beberapa antaranya Pulau Karimata, Pulau Pelapis Tengah, Pulau Panebangan dan Pulau Serutu.

Keadaan topografi pulau-pulaunya bervariasi dari pulau berpasir hingga bergunung dengan ketinggian mencapai 1.030 meter pada permukaan air laut.

Kepulauan Karimata memang punya puluhan pulau indah. Beberapa yang paling populer adalah Pulau Kayang, Betok, Pelapis, Buluh dan lainnya. Selain punya keunikan masing-masing, setiap pulau juga indah dan menarik untuk dikunjungi. Baik pulau yang sudah berpenghuni maupun yang tak berpenghuni.

Karimata mempunyai ekosistem yang menakjubkan seperti mangrove dan hutan tropis. Populasi burung walet yang cukup banyak menjadikan kepulauan ini salah satu sumber pencarian sarang burung walet. Namun populasi burung itu telah berkurang drastis karena penangkapan berlebihan oleh orang-orang di luar Kepulauan Karimata.

Untuk sampai menuju Pulau Karimata, anda harus menggunakan transportasi air yang dapat ditempuh melalui dua rute yang berbeda, yaitu:

Melalui Pelabuhan Kakap dengan menggunakan kapal motor barang (carter) yang memasok sembako ke Kepulauan Karimata dengan waktu tempuh 8 jam.

Jika memilih melalui rute ini, selama perjalanan anda akan beberapa kali singgah pada gugusan pulau pada Kepulauan Karimata.

Melalui Pelabuhan Senghie dengan menggunakan speed boat selama 4 jam menuju Sukadana, kemudian lanjut dengan naik perahu kelotok selama 12 jam menuju Pulau Karimata.

Atau dapat menggunakan Kapal Express selama 7 jam dengan tujuan Ketapang, dan kemudian menyeberangi lautan menuju Pulau Karimata dengan waktu tempuh 12 jam.

Kondisi topografi pulau seluas 77.000 hektare ini terdiri dari dataran rendah sampai dengan dataran tinggi, yakni dari 0 – 1030 m di atas permukaan laut dengan keindahan panorama taman laut yang menakjubkan.

Secara geografis, kepulauan ini berada di selat perairan antara Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera, kurang lebih 100 kilometer sebelah Barat kota Ketapang, yang berada pada 1°25¢ – 1°50¢ Lintang Selatan dan 108°40¢ – 109°10¢ Bujur Timur.

Pulau Karimata memiliki beberapa tipe ekosistem pada kawasan SALnya.

mulai dari tipe ekosistem terumbu karang, hutan pantai, hutan mangrove, sampai dengan tipe ekosistem perbukitan tinggi.

dengan potensi flora yang terdiri dari ragam jenis tanaman laut dan tumbuhan tingkat tinggi yang tumbuh di bukit Pulau Karimata (data: Seksi Konservasi Wilayah I Ketapang).

Begitu pula untuk jenis faunanya, mulai dari fauna perairan laut, sampai dengan fauna perairan air tawar, darat, dan udara. Melihat dari letaknya yang terpisah dari Pulau Kalimantan Besar (Borneo).

Ada beberapa jenia fauna yang terdapat pada kawasan ini banyak yang tergolong endemik (spesial)

karena hanya ada pada suatu wilayah atau daerah tertentu saja dan tidak ada pada wilayah lain.

beberapa yang baru terdata antara lain Duyung (Dugongdugong), Tuntong (Batagurbaska), dan Kura-kura Gading (Olitia borneensis).

Pulau Karimata memiliki luas sekitar 77.000 hektare yang berstatus Suaka Alam Laut (SAL) ini memang menjanjikan keindahan bawah laut.

Selain eksotisme taman lautnya, potensi “landscape” kepulauan yang memiliki penghuni lebih dari 1.400 jiwa ini pun menawarkan pesona yang tidak kalah menawan.

Pulau Karimata berada pada wilayah selat perairan antara Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera.

Gugusannya terdiri dari dua pulau besar, yaitu Pulau Karimata dan Pulau Serutu, serta beberapa pulau kecil nan mempesona, seperti Pulau Kelumpang, Pulau Buluh, Pulau Belian, Pulau Busung, Pulau Segunung, Pulau Genting, Pulau Serungganing dan Pulau Kera.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Travel

Perempuan 19 Tahun Siap Pecahkan Rekor Terbang Solo Keliling Dunia

Published

on

By

Perempuan 19 Tahun Siap Pecahkan Rekor Terbang Solo Keliling Dunia

Gencil News – VOA – Perempuan 19 tahun asal Belgia, Zara Rutherford berencana akan terbang solo keliling dunia pada 11 Agustus mendatang. Jika berhasil, ia akan memecahkan rekor dunia sebagai perempuan termuda yang terbang sendiri keliling dunia.

Continue Reading

Gaya Hidup

6 Bandara di Indonesia Yang Mampu Di Darati Pesawat Berbadan Lebar

Published

on

GENCILNEWS– Bagi anda yang menyukai berpergian, baik untuk perjalanan bisnis atau liburan. Menggunakan moda transportasi udara adalah pilihan yang masuk akal yaitu cepat sampai di tujuan. Menunggu jam keberangkatan pesawat, bagi sebagian orang akan membosankan. Tetapi tak jarang yang menikmati dengan menghabiskan waktu untuk berlama-lama di bandara. (lebih…)

Continue Reading

Travel

1/8 Dari Terumbu Karang Dunia Ada di Laut Indonesia

Published

on

Ini Manfaat Terumbu Karang Bagi Ekosistem

Gencil News- 1/8 Dari Terumbu Karang Dunia Ada di Laut Indonesia. Pantai adalah salah satu yang identik dengan terumbu karang, dan terumbu karang adalah bagaikan rumah bagi beberapa jenis ikan. Banyaknya jenis ikan di sekitarnya membuat terumbu karang menjadi pemandangan indah ketika ada aktivitas diving atau snorkeling.

Di Indonesia Terumbu karang merupakan salah satu komponen utama sumber daya pesisir dan laut, disamping hutan bakau atau hutan mangrove dan padang lamun.

Diperkirakan luas terumbu karang yang terdapat di perairan Indonesia adalah lebih dari 60.000 km2, yang tersebar luas dari perairan Kawasan Barat Indonesia sampai Kawasan Timur Indonesia. Contohnya adalah ekosistem terumbu karang di perairan Maluku dan Nusa Tenggara.

Indonesia merupakan tempat bagi sekitar 1/8 dari terumbu karang Dunia dan merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman biota perairan dibanding dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Terumbu karang adalah binatang kecil yang hidup dalam komunitas besar yang terdiri dari polip individu yang mengeluarkan zat kalsium karbonat yang mengeras dan menumpuk untuk membentuk struktur terumbu dari waktu ke waktu.

Ada berbagai jenis karang, seperti karang otak dan karang kipas, yang membentuk berbagai jenis struktur. Polip karang hidup secara simbiotik dengan alga yang menyediakan makanan bagi mereka.

Selain ditemukan di Indonesia terumbu karang ini juga ada jauh di dalam air lepas pantai Norwegia dan di Laut Mediterania, terumbu karang pada umumnya ada di perairan tropis seperti di Segitiga Terumbu Karang Asia Tenggara dan Sistem Karang Penghalang Mesoamerika yang membentang dari Kepulauan Bay di Honduras, Amerika Tengah, hingga ke Semenanjung Yucatán di Meksiko. 

Kini sebanyak dua per tiga terumbu karang dunia terancam bahaya besar dan sekitar 25% rusak tanpa bisa diperbaiki. dengan menghangatnya Bumi, terumbu karang rentan terhadap bleaching (pemutihan), di mana terumbu karang kehilangan alga (zooxanthellae) yang hidup di dalam jaringan karang dan menyebabkan karang menunjukkan warna putih kerangkanya. Peristiwa pemutihan merupakan malapetaka bagi terumbu karang dan ekosistemnya yang sudah begitu tertekan. 

Meskipun hanya berjumlah kecil dari seluruh lingkungan laut di planet ini, terumbu karang adalah rumah bagi 25% semua kehidupan laut dan menjadi tempat singgah bagi hampir seperempat ikan di dunia –termasuk spesies ikan yang kita santap.

Terumbu karang tidak hanya penting bagi pasokan makanan kita (dan juga bagi pemasukan), tetapi juga menjadi penghalang penting dari bencana alam seperti badai dan topan.

Continue Reading

Travel

10 Tempat Wisata Alam Indah Kalimantan Barat

Published

on

Gencil News– 10 Tempat wisata alam indah kalimantan barat. Wisata ini bisa ditelusuri dalam setiap jejak wilayah kalimantan barat yang luas. Provinsi yang lahir pada tahun 1957 ini memiliki julukan sebagai provinsi “Seribu Sungai”. Tak mengherankan memang karena kondisi geografis Provinsi Kalimantan Barat penuh dengan sungai, baik sungai besar maupun kecil.

10 Tempat wisata alam indah kalimantan barat. Tempat wisata di Kalimantan Barat memang sangat beragam. mulai dari wisata budaya, wisata alam hingga wisata bahari yang hingga kini masih belum sepenuhnya tereksplorasi untuk terus digali potensi wisatanya.

Berikut beberapa tempat wisata menarik yang dimiliki Provinsi Kalimantan Barat dalam beberapa Kabupaten dan Kota.

Air Terjun Merasap

Air terjun dengan ketinggian 20 meteran ini memiliki lebar air terjun 8 meter. Dengan ketinggian tebing yang cukup lumayan sering digunakan oleh para pecinta rappelling (menuruni tebing dengan menggunakan tali). berlokasi di wilayah kabupaten bengkayang, air terjun ini memiliki debit air yang sangat besar serta cukup deras arus nya. digunakan oleh para pecinta arung jeram yang suka memacu adrenalin di sungai Air Terjun Merasap.

Desa Wisata Malemba

untuk menuju desa malemba anda bisa menggunakan perahu motor dengan menyusuri indahanya Danau Sentarum. Desa Malemba yang cukup berdekatan dengan Taman Nasional Danau Sentarum menjadi primadona destinasi wisata alam di Kabupaten Kapuas Hulu. dengan memiliki sekitr 15 danau seperti Danau Merebung yang berlokasi di Dusun Meliau yang menjadi surga bagi para pemancing mania. Banyak ikan-ikan besar yang menghuni Danau Merebung dan salah satunya adalah ikan arwana. Selain itu masih banyak danau-danau indah lainnya yang berada di Desa Wisata Malemba.

Goa Beluan

berada wilayah di Kabupaten Kapuas Hulu. wilayah Kecamatan Hulu Gurung memang memiliki potensi wisata yang sungguh luar biasa. di daerah ini ada Goa Beluan yang berlokasi di Desa Tepuai yang jaraknya tidak begitu jauh dan waktu tempuhnya hanya 45 menitan saja. Bagi penyuka caving mungkin Goa Beluan bisa menjadi destinasi favorit kamu. Goa yang cukup besar serta memiliki lorong-lorong yang cukup dalam sngat menarik untuk dieksplorasi.

Jembatan Gantung Dusun Meliau

Dusun Meliau yang berada di dalam Desa Melemba, Kecamatan Batang Lupar adalah Dusun dimana Danau Merebung berada. di dusun meliau ini ada jembatan Gantung. Yang cukup menarik ialah pada bagian kanan kiri jembatan tumbuh pepohonan yang cukup rapat hingga membuat seperti payung alami. Tak jarang wisatawan yang berkunjung di tempat wisata di Kalimantan Barat selalu mengambil beberapa jepretan di Jembatan Gantung Dusun Meliau.

Lubuk Semah

berada di Desa Tekalong yang masih di dalam wilayah Kecamatan Mentebah ada Lubuk Semah. di lubuk semah ada sungai yang jernih sehingga anda bisa melakukan snorkling ke dalam sungai yang berada di tengah tengah hutan pedalaman kalimantan.

Rumah Betang Melapi

Disebut juga sebagai rumah panjang yang dihuni oleh Suku Dayak Melapi yang jumlahnya sekitar 50 kepala keluarga. Hampir sama dengan rumah betang lainnya yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu. Masyarakatnya masih menjaga tradisi warisan leluhur hingga saat ini. Jadi ketika kamu berkunjung ke rumah betang yang sudah menjadi tempat wisata di Kalimantan Barat ini masih bisa melihat berbagai macam upacara adat yang sering dilakukan.

Rumah Pohon Betung Kerihun

Rumah pohon yang terbuat dari kayu tersebut berdiri tepat di atas sungai yang memiliki kualitas air sangat jernih serta pepohonan yang cukup rimbun di segala sisinya. Tempat wisata di Kalimantan Barat ini memang banyak didominasi pengunjung yang mayoritas anak-anak muda yang rata-rata senang berselfie. Rumah Pohon ini berada di Taman Nasional Betung Kerihun

Sungai Kapuas

Sungai Kapuas memiliki panjang hingga 1.143 km yang berhulu di Danau Sentarum. Semakin lengkap bukan, berwisata menyusuri Sungai Kapuas kemudin berlanjut menikmati Taman Nasional Danau Sentarum. Kamu juga bisa melihat indahnya hutan Kalimantan Barat yang masih cukup terlindungi keasriannya 

Kepulauan Karimata

Memang masih sedikit pengunjung yang mengunjungi Kepulauan Karimata, hal ini dikarenakan mahalnya perjalanan menuju ke Kepulauan Karimata. Hanya bisa menggunakan perahu motor yang membutuhkan waktu setidaknya 8 jam perjalanan dari Pontianak atau Ketapang atau dari Kayong Utara. Namun perjalanan selama itu akan hilang seketika rasa capeknya setelah menginjakkan di pulau yang disebut sebagai “Mutiara Khatulistiwa”

Taman Wisata Mangrove Sukadana

Tempat wisata di Kalimantan Barat ini menghadirkan view yang sangat berbeda. anda bisa menikmati sejuk nya hutan mangrove. Obyek wisata di Kayong Utara ini memang lagi ramai-ramainya dikunjungi wisatawan, karena memang memiliki spot selfie yang sangat menarik. Seperti mengambil jembatan kayu yang ada di dalam hutan mangrove sebagai background photo. Untuk lokasi Taman Wisata Mangrove Sukada berada di dalam wilayah Kecamatan Sukadana.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING