Connect with us

Travel

Libur Nasional Dan Cuti Bersama 2021, Total 23 Hari

Published

on

Libur Nasional Dan Cuti Bersama 2021, Total 23 Hari

Gencil News – Pemerintah telah menetapkan jadwal hari libur nasional dan cuti bersama di 2021. Kesepakatan ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri yaitu Menag, Menaker, dan Menteri PANRB.

“Ada sedikit perubahan dari yang sudah direncanakan. Untuk libur Idul Fitri yang rencana dimulai tanggal 10,11, 12, 13, 14, 15, 17 digeser mulai 12,13, 14, 17, 18, 19 Mei.

Jadi cuti bersama dalam rangka Idul Fitri 2021 menjadi tanggal 12, 17, 18, dan 19 Mei. Sementara itu untuk Natal ada tambahan cuti bersama di tanggal 27 Desember dari semula hanya tanggal 24 Desember.

Sehingga total libur nasional dan cuti bersama di 2021 menjadi 23 hari,” kata Menko PMK Muhadjir Effendy saat memimpin rapat tingkat menteri penetapan dan penandatanganan SKB Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021 yang digelar virtual seperti dalam keterangan tertulis dari Kemenkom PMK, Jumat (11/9/2020).

Muhadjir menjelaskan penetapan hari libur nasional dan cuti bersama 2021 didasarkan atas sejumlah pertimbangan di antaranya pengaturan arus lalu lintas jelang dan setelah libur panjang di hari raya hingga peluang meningkatnya pendapatan ekonomi daerah maupun negara dari sektor pariwisata.

“Saya harap ini bisa dijadikan pedoman untuk kita semua. Naskah SKB bisa ditandatangani atas perbaikan hasil rapat kita pada hari ini,” ujar Muhadjir.

Selanjutnya, KemenPAN-RB segera melakukan revisi Permenpan-RB yang disesuaikan dengan hasil keputusan rapat.

Untuk ASN nanti akan dibuat aturan melalui Keppres dan Kemenaker akan menerbitkan surat edaran tentang pelaksanaan cuti bersama di sektor swasta.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel

Pemerintah Manfaatkan Seleb Medsos untuk Gairahkan Wisata Domestik

Published

on

Pemerintah Manfaatkan Seleb Medsos untuk Gairahkan Wisata Domestik
Hotel di Bali sepi tamu. (Foto: Koleksi Pribadi Dimas Ramadhan)

Gencil News – VOA – Dalam rangka menggairahkan kembali industri pariwisata di Indonesia, pemerintah baru-baru ini menunjuk sejumlah tokoh muda berprestasi yang juga aktif berkiprah di media sosial sebagai perintis perjalanan wisata di masa pandemi.

Para tokoh yang sering dijuluki selebriti media sosial atau social influencer ini bertugas memperkenalkan bagaimana berwisata di masa pandemi Covid-19 sementara mematuhi protokol kesehatan.

Dimas Ramadhan terhenyak dan tak bisa berbuat apa-apa ketika Maret lalu pemerintah memberlakukan berbagai pembatasan sosial terkait pandemi Covid-19.

Pria muda dan lajang ini tidak bisa menyalurkan hobi jalan-jalannya. Tidak hanya itu, karena sering bepergian, ia tahu pasti betapa industri pariwisata terpukul hebat oleh wabah ini.

“Tidak pernah menyangka bahwa industri pariwisata bisa terhenti begini karena pandemi. Sedih juga karena banyak orang, terutama yang di Bali, yang kehilangan pekerjaan. Sampai-sampai mereka stres karena tidak punya penghasilan. Kita tahu sumber pendapatan mereka, terutama yang di Bali, dari industri pariwisata,” kata Dimas Ramadhan.

Tidak mengejutkan bila kemudian Dimas merasa senang ketika ditunjuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk menjadi salah satu dari sembilan orang perintis perjalanan wisata di masa pandemi.

Dengan status seperti “duta wisata” ini, sejak Juli lalu, ia tidak hanya melakukan perjalanan wisata yang sudah berbulan-bulan diidam-idamkannya tapi juga memperkenalkan kepada publik bahwa “ternyata aman berwisata di masa pandemi.

“Untuk saat ini aku sudah merasa cukup lega karena para pekerja wisata di Bali sudah bisa kembali bekerja dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada. Mereka sudah melakukan tindakan preventif seperti menggunakan masker, sarung tangan dan melakukan physical distancing ketika mereka bekerja. Jujur saja, saya sejak pandemi tidak berani bepergian, tapi sekarang dengan diterapkannya protokol kesehatan di tempat-tempat wisata dan sarana penunjangnya, saya merasa secure bepergian,” imbuhnya.

Dimas dan rekan-rekannya, yang ditunjuk sebagai “duta wisata” di masa pandemi ini, pada prinsipnya bertugas mempromosikan InDOnesia CARE, sebuah prakarsa yang digagaskan Kemenparekraf agar tempat-tempat pariwisata dan semua sarana penunjangnya menerapkan langkah-langkah CHSE (cleanliness, health, safety and environment — atau kebersihan, kesehatan, keamanan dan lingkungan) sebagai prioritas utama.

Prakarsa InDOnesia CARE atau disingkat I DO CARE, pada prinsipnya untuk menunjukan kepada wisatawan domestik dan manca negara bahwa Indonesia sangat memperdulikan protokol CHSE.

Dimas dan rekan-rekannya adalah social influencer yang memiliki puluhan ribu hingga ratusan ribu pengikut di berbagai platform media sosial.

Mereka diharapkan pemerintah Indonesia bisa membantu menggairahkan kembali industri pariwisata Indonesia di era kenormalan baru.

Dengan berbagai aktivitas mereka di media sosial, mereka diharapkan bisa menjadi penyampai efektif program pemerintah di masa pandemi.

Sebagai informasi saja, masing-masing “duta wisata” yang dipilih memiliki latar belakang yang berbeda. Dimas Ramadhan sendiri adalah seorang pengusaha muda di bidang teknologi digital.

Dion Wiyoko, model sekaligus aktor film yang juga terpilih sebagai “duta wisata”, mengaku sangat mendukung usaha pemerintah menghidupkan kembali industri pariwisata. Milenial yang sempat membintangi puluhan film seperti “Imperfect”, “Lampor” dan “Susi Susanti Love All” ini merasa miris dengan kondisi industri pariwisata saat ini.

“Sedih banget yah ketika saya di Bali, sewaktu melihat pertokoan di Legian, Kuta, Seminyak yang biasanya ramai, jalanan macet setiap harinya, saat ini tuh benar-benar kosong. Hampir 90 persen pertokoan itu masih tutup. Banyak hotel yang juga tutup,” komentarnya.

Dion mengatakan prakarsa InDOnesia CARE diharapkan bisa meyakinkan wisatawan dalam dan luar negeri bahwa berwisata di Indonesia merupakan kegiatan aman, dan industri pariwisata bisa segera bangkit.

Menurutnya, banyak tujuan wisata yang telah menerapkan protokol CHSE dan begitu pula dengan berbagai sarana penunjangnya, seperti hotel, restoran dan moda transportasi, termasuk pesawat.

Terkait penerbangan udara, Dion mengingatkan, ada dua dokumen penting yang harus selalu dibawa pada masa pandemi.

“Dokumen rapid test yang berlaku selama 14 hari, dan mengisi data diri di aplikasi EHAC atau Electronic Health Alert Card. Atau bila tak sempat mengisi di aplikasi itu, kita bisa mengisi surat fisik Health Alert Card yang bisa diperoleh di pesawat atau bandara,” jelasnya.

Menurut Jovita Ayu, “duta wisata” lainnya, tempat-tempat wisata pada umumnya sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, namun sayangnya para wisatawan yang kerap melanggar.

Konsultan perjalanan dan pemasaran ini mengatakan, “Mereka (pengelola tempat-tempat wisata, red) sudah berusaha semaksimal mungkin.

Mereka memeriksa suhu tubuh, mewajibkan penggunaan masker dan cuci tangan. Namun masih banyak wisatawan yang bandel dan melanggar. Nah, tugas kami juga mengingatkan mereka mengenai bagaimana seharusnya berwisata di masa new normal.”

Terlepas dari semua itu, Jovita mengingatkan bahwa berwisata di masa pandemi, menuntut pengeluaran yang sedikit lebih besar dari biasanya.

“Mungkin lebih banyak 20 hingga 30 persen. Dari mana saja bocor tipis-tipisnya? Misalnya pemilihan airline.

Meskipun pemerintah sudah menerapkan protokol 70 persen dari kapasitas pesawat, aku sih cari airline yang sudah pasti aman saja meski harga tiketnya lebih mahal.

Rapid test juga biayanya juga beragam. Pilih hotel juga yang bintang empat atau lima. Belum lagi beli printilan seperti hand sanitizer,” komentar Jovita.

Continue Reading

Travel

7 Negara Di Dunia Yang Memiliki Panorama Paling Terkenal

Published

on

7 Negara Di Dunia Yang Memiliki Panorama Paling Terkenal

Gencil news- 7 Negara Di Dunia Yang Memiliki Panorama Paling Terkenal. Salah satu hal menarik yang dilakukan selama berwisata untuk keliling dunia tidak hanya untuk mengenal budaya atau bahasa suatu negara saja, tapi kebiasaan dan budaya serta nuansa disekitar nya menjadi pengaruh besar. Tempat tersebut dianggap memenuhi seluruh kriteria destinasi cantik yang diinginkan oleh traveler. Mulai dari pemandangan alam yang eksotis, situs bersejarah, lansekap kota yang indah.

7 Negara Di Dunia Yang Memiliki Panorama Paling Terkenal. Berwisata keliling dunia mungkin memang merupakan idaman banyak orang. Bahkan mungkin banyak juga orang yang menjadikan impian tersebut menjadi kenyataan. Biasanya pemandangan alam yang indah juga akan menghipnotis para traveller. Berikut beberapa negara dengan pesona wisata alam terbaik dunia yang patut Anda kunjungi.

Setelah semua usai, dan pandemi berlalu. Berikut daftar perjalanan yang bisa anda masukan menjadi destinasi utama dalam petualangan traveling.

1. Norwegia

Foto File : Global Grasshoper

Negara ini memang sejak dulu terkenal sebagai negara dengan keindahan alam yang menakjubkan. Bahkan negara ini berada pada peringkat pertama dalam kategori negara dengan penduduk paling bahagia di dunia. hal ini tentu tidak lepas dari keindahan alamnya yang menakjubkan sehingga menyebabkan penduduk menjadi sangat bahagia. dari negara inilah pemandangan aurora bisa didapatkan. Selain itu pegunungan dengan danau dan sungai mengalir juga bisa dengan mudah Anda dapatkan di sana. Belum lagi salju-salju yang menutupi puncakpegunungan di Norwegia.

2. Kanada

Foto File: vocation.advertisetips.org

Negara terbesar kedua di dunia ini memiliki banyak pemandangan spektakuler yang menjadi favorit wisatawan. Tetapi jika kita harus memilih, kita akan mulai dengan Taman Nasional Torngat Mountains yang terpencil, tanah beruang kutub dan karibu, gletser dan fjord, dan hamparan pegunungan liar yang tidak akan pernah Anda lupakan. Dan 44 taman nasional negara ini patut dikunjungi, mulai dari Banff yang tenang di Alberta hingga Kluane yang ekstrim di Yukon. Silakan juga datang ke barat Ontario, padang rumput Kanada yang luas, dan datar terdiri dari provinsi Manitoba, Saskatchewan, dan Alberta, menyebar menuju Pegunungan Rocky, yang membagi provinsi Alberta, dan British Columbia.

3. Jepang

File Foto : Global Grosshoper

Di tengah modernisasi, ternyata sekaligus juga memberikan rasa tenang dan menggembirakan, serta klasik. Kepulauan Ogasawara di kawasan subtropis menawarkan pantai alami, snorkeling luar biasa dan tempat menonton ikan paus. Disamping itu, di kawasan hutan yang dipenuhi dengan 195 spesies burung yang terancam punah adalah satu tempat istimewa. Gunung Gunung Fuji adalah landmark paling ikonik di negara ini, memberi kesan desa-desa sekitarnya dan merefleksikan keindahan permukaan danau

4. Irlandia

Negara yang diberi julukan The Emerald Isle ini maka anda akan menemukannya di sepanjang Cliffs of Moher yang berlokasi di utara Lahinch, di pantai barat Claire. Tebing Moher adalah salah satu tempat di Irlandia yang paling menakjubkan. Ada juga hamparan tebing setinggi 400 kaki di selatan Galway; dan air jernih di danau Killarney National Park. Atau pergilah ke Dingle Peninsula, hamparan ladang yang dipenuhi domba dan perbukitan Crayola-hijau yang luar biasa.

5. Mongolia

File Foto : Holidayme

Jika Anda tiba-tiba ingin merasa seperti orang yang terakhir tersisa di planet bumi ini, naik saja pesawat ke Mongolia. Lanskap primordial di sini tidak seperti di tempat lain di dunia, mulai dari Gurun Gobi yang luas hingga Taiga Siberia yang dingin. Cekungan Uvs Nuur kuno, berpusat di sekitar Danau Uvs Nuur yang dangkal dan sangat asin, termasuk puncak 13.000 kaki di atas permukaan laut dan banyak danau glasial, ditambah pesona macan tutul salju yang telah terancam punah. Bukit pasir Khongoryn Els (juga dikenal sebagai “Singing Sands” karena suara yang muncul pada hari-hari berangin) adalah nuansa yang spektakuler berwarna kuning dan putih, dibatasi oleh vegetasi hijau. Cagar Biosfer Mongol Dornod merupakan salah satu ekosistem padang rumput terbesar terakhir di planet ini, melindungi jutaan hektar padang rumput dan satwa liar.

6. Afrika Selatan

Salah satu tujuan safari terbaik di benua Afrika, menawarkan akses mudah melihat “Big Five” (singa, gajah, kerbau, macan tutul, dan badak), terutama di Taman Nasional Kruger. Apakah anda ingin melihat penguin? Datanglah ke Boulder’s Beach, hanya satu jam perjalanan ke selatan dari Cape Town. Jika Anda mencari pemandangan alam menakjubkan, lanskap di sini bahkan lebih beragam daripada satwa liar, mulai dari Namaqualand yang dipenuhi bunga hingga ke kawasan Pegunungan Drakensberg yang menjulang, dilanjutkan ke Blyde River Canyon. Bahkan di kota Cape Town, Anda hanya perlu melihat ke atas untuk melihat Table Mountain dan Lion’s Head yang ikonik.

7. Indonesia

File Foto : Borneo Tour Gigant

Negara kepulauan Asia Tenggara ini dikaruniai hutan hujan tropis, gunung berapi pedalaman, dan banyak pulau, saking banyaknya sehingga tak tahu jumlah pastinya. Kepulauan Raja Ampat yang ada di Papua merupakan laguna tersembunyi dan pantai pasir putihnya ibarat hamparan surgawi. Sementara itu, pulau Komodo dikenal sebagai satu-satunya tempat populasi Komodo. Gunung Bromo adalah gunung berapi yang paling terkenal di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, berkat aksesibilitas dan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan. Ketika berwisata ke Bali, suaka margasatwa hutan monyet dan sawah terasering Ubud tidak boleh dilewatkan.

Continue Reading

Travel

“Smith” Nama Keluarga Paling Populer di Amerika

Published

on

"Smith" Nama Keluarga Paling Populer di Amerika

“Smith” Nama Keluarga Paling Populer di Amerika – Smith adalah nama keluarga yang paling banyak digunakan di Amerika Serikat, selain Johnson, Miller, Jones, Williams, dan Anderson, menurut perusahaan genealogiAncestry.com.

Nama yang paling banyak digunakan di Amerika ini semuanya berakar dari nama-nama Inggris, Skotlandia, Irlandia atau Wales karena mereka adalah sebagian warga Eropa yang pertama datang ke Amerika.

Nama belakang dulu tidak lazim digunakan di Inggris, namun pada tahun 1066, nama belakang dianggap perlu karena meningkatnya pertumbuhan populasi. Nama kedua, atau yang sekarang dikenal sebagai nama keluarga, biasanya menggunakan nama ayah, tempat tinggal, atau pekerjaan, dan bahkan nama panggilan.

"Smith" Nama Keluarga Paling Populer di Amerika
“Smith” Nama Keluarga Paling Populer di Amerika

Nama “Smith” kemungkinan berasal dari kata pandai besi (Blacksmith). Sebagai contoh, seiring waktu, “Richard si pandai besi” menjadi “Richard Smith.” Seseorang yang bernama “Robertson” bisa jadi merupakan keturunan dari seseorang yang dulu dikenal sebagai “putra Robert” dan Tuan Appleby bisa saja pernah tinggal di dekat kebun apel atau berkeinginan untuk tinggal di sana.

Tidak sulit untuk menebak apa pekerjaan seseorang yang bernama Tom Carpenter. Nama belakang yang berasal dari turunan jenis profesi termasuk di antaranya: Archer, Baker, Brewer, Butcher, Cook, Dyer, Farmer, Judge, Mason, Page, Potter, Taylor dan Weaver.

Saat ini, tempat di mana Anda tinggal di Amerika Serikat dapat menentukan nama yang paling banyak Anda dengar. Bagi yang tinggal di kawasan barat laut, mungkin akan lebih banyak bertemu dengan orang bernama Anderson, sedangkan di Pantai Timur, nama Brown lebih umum digunakan.

Ada lebih banyak variasi nama keluarga di kawasan barat daya Amerika. Texas, California, New Mexico, dan Arizona memiliki populasi warga asal Amerika Latin yang cukup besar, dengan nama keluarga Garcia, Hernandez, Martinez, dan Chavez.

Secara keseluruhan, jumlah orang yang menggunakan 50 nama belakang paling umum di Amerika Serikat, meningkat antara tahun 2000 dan 2010, kecuali untuk nama “Hall”. Nama keluarga yang melonjak tinggi dalam periode tersebut berasal dari Spanyol, termasuk nama Hernandez, Ramirez, dan Rodriguez.

Continue Reading

TRENDING