Maskapai Dibolehkan Angkut 100 persen Penumpang, Tapi Ini Syaratnya
Connect with us

Travel

Maskapai Dibolehkan Angkut 100 persen Penumpang, Tapi Ini Syaratnya

Published

on

Maskapai Dibolehkan Angkut 100 persen Penumpang, Tapi Ini Syaratnya
Aturan baru Pemerintah akan memperbolehkan Maskapai mengangkut 100 persen daripada jumlah kursi dalam satu kali penerbangan

Gencil News – Aturan baru Pemerintah akan memperbolehkan Maskapai mengangkut 100 persen daripada jumlah kursi dalam satu kali penerbangan.

Salah satu aturan yang dilakukan penyesuaian adalah syarat perjalanan udara domestik. Sepanjang dua pekan ke depan, pemerintah tak lagi mengizinkan penggunaan tes rapid antigen sebagai syarat penerbangan. Pelaku perjalanan penerbangan domestik hanya diperbolehkan tes RT-PCR.

Aturan baru dari Pemerintah ini selengkapnya akan tertuang dalam Surat Edaran dari Pemerintah.

Juru Bicara Kementrian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan Pemerintah akan memberikan pernyataan secara resmi terkait kebijakan baru ini, pada Kamis (21/10/2021) pukul 13.00 WIB.

Pada aturan sebelumnya penumpang masih bisa menggunakan hasil tes antigen H-1 untuk penerbangan di dalam wilayah Jawa-Bali.

Baca juga   Bawa Powerbank di Pesawat, Sekarang Ada Aturannya

Namun periode PPKM 19 Oktober-1 November 2021 kali ini, pemerintah kembali menerapkan sejumlah aturan untuk membatasi mobilitas masyarakat.

Aturan tersebut diubah dengan mewajibkan seluruh penumpang pesawat melampirkan hasil tes negatif PCR yang berlaku dari H-2 penerbangan.

“Penerbangan dari dan ke Jawa Bali dari dulu juga wajib PCR. Dari dulu penerbangan dari dan ke Jawa Bali itu tidak boleh antigen, yang boleh itu penerbangan di dalam Jawa-Bali. Dan dalam ketentuan baru akan diubah semua wajib PCR,” kata Adita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Travel

7 Negara Di Dunia Yang Memiliki Panorama Paling Terkenal

Published

on

7 Negara Di Dunia Yang Memiliki Panorama Paling Terkenal

Gencil news- 7 Negara Di Dunia Yang Memiliki Panorama Paling Terkenal. Salah satu hal menarik yang dilakukan selama berwisata untuk keliling dunia tidak hanya untuk mengenal budaya atau bahasa suatu negara saja, tapi kebiasaan dan budaya serta nuansa disekitar nya menjadi pengaruh besar. Tempat tersebut dianggap memenuhi seluruh kriteria destinasi cantik yang diinginkan oleh traveler. Mulai dari pemandangan alam yang eksotis, situs bersejarah, lansekap kota yang indah.

7 Negara Di Dunia Yang Memiliki Panorama Paling Terkenal. Berwisata keliling dunia mungkin memang merupakan idaman banyak orang. Bahkan mungkin banyak juga orang yang menjadikan impian tersebut menjadi kenyataan. Biasanya pemandangan alam yang indah juga akan menghipnotis para traveller. Berikut beberapa negara dengan pesona wisata alam terbaik dunia yang patut Anda kunjungi.

Setelah semua usai, dan pandemi berlalu. Berikut daftar perjalanan yang bisa anda masukan menjadi destinasi utama dalam petualangan traveling.

1. Norwegia

Foto File : Global Grasshoper

Negara ini memang sejak dulu terkenal sebagai negara dengan keindahan alam yang menakjubkan. Bahkan negara ini berada pada peringkat pertama dalam kategori negara dengan penduduk paling bahagia di dunia. hal ini tentu tidak lepas dari keindahan alamnya yang menakjubkan sehingga menyebabkan penduduk menjadi sangat bahagia. dari negara inilah pemandangan aurora bisa didapatkan. Selain itu pegunungan dengan danau dan sungai mengalir juga bisa dengan mudah Anda dapatkan di sana. Belum lagi salju-salju yang menutupi puncakpegunungan di Norwegia.

Baca juga   Kunci Jawaban Kelas 1 SD Tema 2 Subtema 2 Hal 89 Sampai 93

2. Kanada

Foto File: vocation.advertisetips.org

Negara terbesar kedua di dunia ini memiliki banyak pemandangan spektakuler yang menjadi favorit wisatawan. Tetapi jika kita harus memilih, kita akan mulai dengan Taman Nasional Torngat Mountains yang terpencil, tanah beruang kutub dan karibu, gletser dan fjord, dan hamparan pegunungan liar yang tidak akan pernah Anda lupakan. Dan 44 taman nasional negara ini patut dikunjungi, mulai dari Banff yang tenang di Alberta hingga Kluane yang ekstrim di Yukon. Silakan juga datang ke barat Ontario, padang rumput Kanada yang luas, dan datar terdiri dari provinsi Manitoba, Saskatchewan, dan Alberta, menyebar menuju Pegunungan Rocky, yang membagi provinsi Alberta, dan British Columbia.

3. Jepang

File Foto : Global Grosshoper

Di tengah modernisasi, ternyata sekaligus juga memberikan rasa tenang dan menggembirakan, serta klasik. Kepulauan Ogasawara di kawasan subtropis menawarkan pantai alami, snorkeling luar biasa dan tempat menonton ikan paus. Disamping itu, di kawasan hutan yang dipenuhi dengan 195 spesies burung yang terancam punah adalah satu tempat istimewa. Gunung Gunung Fuji adalah landmark paling ikonik di negara ini, memberi kesan desa-desa sekitarnya dan merefleksikan keindahan permukaan danau

4. Irlandia

Negara yang diberi julukan The Emerald Isle ini maka anda akan menemukannya di sepanjang Cliffs of Moher yang berlokasi di utara Lahinch, di pantai barat Claire. Tebing Moher adalah salah satu tempat di Irlandia yang paling menakjubkan. Ada juga hamparan tebing setinggi 400 kaki di selatan Galway; dan air jernih di danau Killarney National Park. Atau pergilah ke Dingle Peninsula, hamparan ladang yang dipenuhi domba dan perbukitan Crayola-hijau yang luar biasa.

Baca juga   Imigrasi AS Ciptakan Portal Baru untuk Mahasiswa Asing

5. Mongolia

File Foto : Holidayme

Jika Anda tiba-tiba ingin merasa seperti orang yang terakhir tersisa di planet bumi ini, naik saja pesawat ke Mongolia. Lanskap primordial di sini tidak seperti di tempat lain di dunia, mulai dari Gurun Gobi yang luas hingga Taiga Siberia yang dingin. Cekungan Uvs Nuur kuno, berpusat di sekitar Danau Uvs Nuur yang dangkal dan sangat asin, termasuk puncak 13.000 kaki di atas permukaan laut dan banyak danau glasial, ditambah pesona macan tutul salju yang telah terancam punah. Bukit pasir Khongoryn Els (juga dikenal sebagai “Singing Sands” karena suara yang muncul pada hari-hari berangin) adalah nuansa yang spektakuler berwarna kuning dan putih, dibatasi oleh vegetasi hijau. Cagar Biosfer Mongol Dornod merupakan salah satu ekosistem padang rumput terbesar terakhir di planet ini, melindungi jutaan hektar padang rumput dan satwa liar.

Baca juga   Bawa Powerbank di Pesawat, Sekarang Ada Aturannya

6. Afrika Selatan

Salah satu tujuan safari terbaik di benua Afrika, menawarkan akses mudah melihat “Big Five” (singa, gajah, kerbau, macan tutul, dan badak), terutama di Taman Nasional Kruger. Apakah anda ingin melihat penguin? Datanglah ke Boulder’s Beach, hanya satu jam perjalanan ke selatan dari Cape Town. Jika Anda mencari pemandangan alam menakjubkan, lanskap di sini bahkan lebih beragam daripada satwa liar, mulai dari Namaqualand yang dipenuhi bunga hingga ke kawasan Pegunungan Drakensberg yang menjulang, dilanjutkan ke Blyde River Canyon. Bahkan di kota Cape Town, Anda hanya perlu melihat ke atas untuk melihat Table Mountain dan Lion’s Head yang ikonik.

7. Indonesia

File Foto : Borneo Tour Gigant

Negara kepulauan Asia Tenggara ini dikaruniai hutan hujan tropis, gunung berapi pedalaman, dan banyak pulau, saking banyaknya sehingga tak tahu jumlah pastinya. Kepulauan Raja Ampat yang ada di Papua merupakan laguna tersembunyi dan pantai pasir putihnya ibarat hamparan surgawi. Sementara itu, pulau Komodo dikenal sebagai satu-satunya tempat populasi Komodo. Gunung Bromo adalah gunung berapi yang paling terkenal di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, berkat aksesibilitas dan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan. Ketika berwisata ke Bali, suaka margasatwa hutan monyet dan sawah terasering Ubud tidak boleh dilewatkan.

Continue Reading

Travel

Mengenal Destinasi Wisata Bukit Sepancong Bengkayang

Published

on

By

Mengenal Destinasi Wisata Bukit Sepancong Bengkayang

Gencil News- Bukit Sepancong merupakan destinasi wisata wajib jika berkunjung ke Bengkayang. Bukit Bengkayang. Bukit ini berada di Desa Cipta Karya, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Dalam keadaan new normal saat ini untuk ke lokasi ini setiap pendaki sudah dibekali akan SOP. Dimana setiap pendaki wajib menggunakan masker, wajib mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak dengan pengunjung lain serta bisa berangkat registrasi dengan cara mendaftar secara online via WA sebab kuota pengunjung pada masa ini dibatasi.

Jika anda sudah sampai pada bukit ini, anda akan disuguhkan dengan pemadangan bengkayang serta berhadapan dengan bukit bawang yang indah.

Baca juga   Upacara Tolak Bala Masyarakat Mempawah, Ria Norsan Ajak Lestarikan Budaya Robo - robo

Ketika anda sampai pada tujuan bawah dari bukit sepancong, biayanya cukup terjangkau yakni untuk uang masuk sendiri Rp10 ribu. Jika anda dan rombongan menggunakan motor anda akan dikenakan tarif motor Rp10 ribu dan untuk kendaraan mobil dikenakan tarif Rp20 ribu.

Jujur saja ketika sampai disini anda tak akan pernah bosan. Karena pengurus bukit sepancong sudah menyediakan beberapa fasilitas untuk kalian berfoto mengabadikan momen. Selain itu pada bagian bawah bukit sepancong sendiri terdapat hutan Konservasi Anggrek dan biasanya menjadi tempat pengunjung mandi setelah dari pendakian.

Tak usah khawatir jika anda pergi kesini, kalian yang baru memulai untuk pendakian tak usah takut untuk tersesat.

Baca juga   Anda Penumpang LION AIR? INFO Lokasi Antigen/PCR di Pontianak

Karena disetiap jalan ada penunjuk arah serta jalannya cukup besar. Pada penunjuk arah nantinya ada pada setiap jalan serta beberapa pos peristirahatan serta sumber air bersih yang bisa diminum.

Continue Reading

Travel

Pariwisata Indonesia: Menunggu Dampak Baik Setelah ‘Superbike’

Published

on

Pariwisata Indonesia
Proyek pembangunan pesisir Mandalika, yang merupakan usulan lokasi perlombaan motor MotoGP baru di sirkuit jalan raya yang dibuat khusus di Mandalika, Lombok selatan, 23 Februari 2019. (Foto: AFP/Arsyad Ali)

Gencil News – VOA – Pemerintah menilai penyelenggaraan World Superbike 2021 berjalan lancar. Ajang balap internasional ini diharapkan mampu menggenjot sektor pariwisata, khususnya di Nusa Tenggara Barat, Bali dan sekitarnya. Semua masih menunggu, apakah Superbike akan membawa dampak baik ke depan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, sempat menyinggung penyelenggaraan Superbike dalam temu media rutin, Senin (22/11) sore.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam temu media Senin, 22 November 2021 dalam tangkapan layar. (Foto: VOA/Nurhadi)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam temu media Senin, 22 November 2021 dalam tangkapan layar. (Foto: VOA/Nurhadi)

“Secara keseluruhan sirkutnya sangat layak dan mendapatkan dua jempol dari para peserta. Kita mendapat beberapa catatan dari segi amenities, termasuk hotel. Dan yang kami besyukur sekali, adalah karena hotel semua penuh, suvenir semua habis terjual, banyak touring,” kata Sandi.

Beberapa klub motor memang khusus bertandang dari kota-kota di Jawa ke Lombok, seperti Perhimpunan Wisata Otomotif Indonesia dan Masyarakat Ekonomi Syariah. Klub motor juga datang berombongan sesuai merk tunggangan mereka.

“ini menunjukkan antusiasme yang tinggi, sehinga ada peningkatan tingkat hunian kamar. Ada peningkatan penjualan produk craft. Desa wisata ini homestay-nya semua habis, terutama yang berada di sekitar sirkuit Mandalika,” tambah Sandi.

Motor Ducati berjajar di halaman RM Ayam Taliwang H. Moerad, Mataram, NTB. Klub ini menjadi salah satu yang menggelar touring ke Mandalika demi ajang Superbike. (Foto: Courtesy/Taufan R)
Motor Ducati berjajar di halaman RM Ayam Taliwang H. Moerad, Mataram, NTB. Klub ini menjadi salah satu yang menggelar touring ke Mandalika demi ajang Superbike. (Foto: Courtesy/Taufan R)

Data Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB memang mencatat peningkatan drastis pemakaian kamar hotel. Di Lombok Tengah, sebagai kawasan paling dekat dengan sirkuit, kamar 100 persen terisi. Di wilayah yang lebih jauh, seperti Kota Mataram dan Lombok Barat, angkanya ada di 95 persen.

Pemerintah Janjikan Perbaikan

Sandi memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang mendukung pelaksanaan ajang balap Superbike. Pihaknya juga membentuk tim untuk melakukan evaluasi bersama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

“Kita akan mencatat, mengidentifikasi, apa temuan-temuan yang ada. Kita banyak masukan, baik dari para penonton maupun racer, dari tim. Dari hotel sampai sirkuit dan pelibatan ekonomi kreatif lokal,” lanjut Sandi.

Pembalap mengendarai sepeda motor di tengah hujan lebat menjelang Race 2 Kejuaraan Dunia Superbike di Sirkuit Jalan Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, 21 November 2021. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan via REUTERS)
Pembalap mengendarai sepeda motor di tengah hujan lebat menjelang Race 2 Kejuaraan Dunia Superbike di Sirkuit Jalan Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, 21 November 2021. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan via REUTERS)

Semua itu penting, karena Mandalika akan menjadi tuan rumah ajang balap motor terbesar, yaitu seri MotoGP pada Maret 2022. Ajang ini, kata Sandi, jauh lebih besar dari Superbike, dan hanya ada waktu enam bulan untuk mempersiapkannya.

Baca juga   Pemerintah Manfaatkan Seleb Medsos untuk Gairahkan Wisata Domestik

Dalam pernyataan di Lombok pada Minggu (21/11), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku puas dengan penyelenggaraan ajang Superbike.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (VOA)
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (VOA)

“Ini sirkuit standar kelas dunia, sudah high end-nya dunia. Jadi anak-anak muda patut bangga dengan itu. Kualitas sirkuit ini tentu ada sedikit perbaikan, dan tadi Pak Gubernur dan Pak Menhub sepakat akan segera diperbaiki, selesai Maret. Bulan Maret akan ada seri MotoGP, yang akan dibuat lebih bagus lagi,” kata Menko Luhut dalam pernyataan resmi Kementerian.

Seperti juga Sandi, Luhut juga memastikan Superbike 2021 memberi dampak signifikan bagi sektor perekonomian

“Pak Gubernur telah melaporkan bahwa di sini tidak ada satupun hotel dan homestay yang kosong, malah harganya naik tiga kali lipat. Sewa mobil juga naik, semua ekonomi menjadi hidup,” ujarnya.

Proyek pembangunan pesisir Mandalika, yang akan menjadi lokasi lomba motor MotoGP di sirkuit jalan raya yang dibuat khusus di Mandalika, Lombok selatan, 23 Februari 2019. (Foto: AFP/Arsyad Ali)
Proyek pembangunan pesisir Mandalika, yang akan menjadi lokasi lomba motor MotoGP di sirkuit jalan raya yang dibuat khusus di Mandalika, Lombok selatan, 23 Februari 2019. (Foto: AFP/Arsyad Ali)

Perlu Evaluasi Jelang MotoGP

Tentu saja, penyelenggaraan Superbike harus memiliki dampak jangka panjang, bukan hanya sesaat ketika diselenggarakan. Bagi NTB, Bali dan sekitarnya, momentum penting saat ini adalah mempersiapkan gelaran MotoGP Maret 2022 yang juga digelar di Mandalika.

Pengamat pariwisata Taufan Rahmadi menyebut penyelenggaraan MotoGP membutuhkan perencanaan lebih matang.

Pengamat pariwisata yang juga anggota Tim 10 Kemenpar RI 2016-2018, Taufan Rahmadi. (Foto: Dok Pribadi)
Pengamat pariwisata yang juga anggota Tim 10 Kemenpar RI 2016-2018, Taufan Rahmadi. (Foto: Dok Pribadi)

“Perlu dipersiapkan secara benar-benar, event plan road to MotoGP 2022. Tidak saja berbicara tentang konsep event-nya, tetapi juga berbicara tentang kesiapan sumber daya manusia dan infrastruktur penunjang terkait, seperti traffic management, keamanan, dan kenyamanan bagi wisatawan,” kata Taufan kepada VOA, Selasa (23/11).

Agar penyelenggaraan ajang balap internasional memberi dampak dalam jangka panjang bagi sektor pariwisata, menurut Taufan ada beberapa sisi yang membutuhkan evaluasi. Dari penyelengaraan Superbike 2021 yang baru selesai, kata Taufan, evaluasi pertama yang butuh perhatian adalah penyempurnaan infrastruktur di sirkuit Mandalika.

Baca juga   Upacara Tolak Bala Masyarakat Mempawah, Ria Norsan Ajak Lestarikan Budaya Robo - robo

“Kedua, kesiapan dari kemar-kamar tambahan sebagai tindakan preventif, kalau kamar hotel yang saat ini sudah eksis, penuh. Solusinya adalah menggunakan homestay berbasis rumah masyarakat,” ujarnya.

Langkah ketika, pemerintah dan sektor swasta juga bisa langsung tancap gas melakukan promosi. Bekal promosinya adalah kesuksesan Superbike, dan paket perjalanan yang bisa ditawarkan, selain menonton MotoGP, adalah paket wisata umum.

Pelaku wisata dan pemerintah juga harus mulai berpikir untuk mengembangkan atraksi-atraksi, yang diharapkan mampu membuat wisatawan lebih lama tinggal di Lombok.

Seluruh evaluasi itu, diharapkan dilakukan pemerintah. Selain, tentu saja, kata Taufan, penerapan kebijakan yang lebih mampu mempercepat pemulihan pariwisata nasional pasca Superbike.

Lansekap Tetebatu di Kaki Gunung Rinjani, NTB. (Foto: Courtesy/BPBD Lombok Timur)
Lansekap Tetebatu di Kaki Gunung Rinjani, NTB. (Foto: Courtesy/BPBD Lombok Timur)

“Karena wisatawan mancanegara membutuhkan kebijakan yang bisa berdampingan dengan COVID-19 dan memudahkan mereka ketika berwisata di negeri kita,” lanjut dia.

Sementara menunggu pulihnya kunjungan wisatawan mancanegara, sektor ini harus fokus pada wisatawan domestik. Bali, kata Taufan, orientasi pemasarannya harus lebih berani untuk fokus ke dalam negeri.

Taufan menyebut, pemerintah harus fokus menuntaskan pengembangan ariwisata di lima destinasi superprioritas, seperti instruksi Jokowi.

“Berlakukan syarat wisman masuk ke Indonesia cukup dengan menunjukkan bukti sudah di vaksinasi lengkap. Karena ada rekomendasi organisasi pariwisata PBB, UNWTO untuk beradaptasi hidup berdampingan dengan COVID-19,” tambahnya.

Pengelolaan Dampak Berkelanjutan

Kepala Monitoring Center for Sustainable Tourism Observatory, Universitas Mataram, Akhmad Saufi Ph.D. (Foto: Courtesy/MCSTO Unram)
Kepala Monitoring Center for Sustainable Tourism Observatory, Universitas Mataram, Akhmad Saufi Ph.D. (Foto: Courtesy/MCSTO Unram)

Kepala Monitoring Center for Sustainable Tourism Observatory (MCSTO) Universitas Mataram, NTB, Akhmad Saufi Ph.D menyebut, Superbike sebagai langkah awal kebangkitan sektor pariwisata.

“Ini sebenarnya pemicu. Menurut hemat saya, ini bagian kecil daripada cita-cita pembangunan pariwisata ke depan, khususnya di NTB, umumnya di Indonesia,” kata Saufi ketika dihubungi VOA.

Dampak terbesar dari penyelenggaraan ajang internasional seperti Superbike, kata Saufi, adalah publikasi. Paling tidak, para penggemar olahraga otomotif mulai mendengar tentang Lombok, dan juga Indonesia.

“Setiap tahun, paling tidak akan ada siaran live. Akan ditayangkan tentang Lombok. Jadi, ini kemudian akan berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan dari banyak negara. Dengan asumsi, kondisi kondusif atau situasi bagus,” lanjutnya.

Baca juga   Sutarmidji Berharap Dana Bantuan Dan Stimulan Covid-19 Dicairkan 100%

Saufi memberi contoh, jika sebelum ini wisatawan ke Lombok lebih banyak datang dari Australia dan Eropa, melalui Superbike, paling tidak nama Lombok juga sampai ke calon wisatawan di kawasan Amerika.

Di tingkat lokal sendiri, Saufi mengakui ajang Superbike turut meningkatkan gairah pemerintah daerah dan masyarakat, untuk berbenah di sektor pariwisata. Pemerintah misalnya, berani menelurkan berbagai kebijakan yang mendukung pariwisata baik itu melalui kementerian maupun daerah. Sementara masyarakat semakin sadar, bahwa pariwisata adalah bagian penting bagi ekonomi Lombok dan NTB.

“Lebih dari tiga dekade, pembangunan pariwisata d Lombok. Pada 10-20 tahun awal, saya melihat partisipasi masyarakat lokal sangat sedikit. Pariwisata seperti berjalan sendiri, pariwisata dan masyarakat itu seperti air dan minyak. Enggak nyambung,” kata Saufi.

Salah satu lokasi wisata pantai di Lombok Utara. (Foto:VOA/Nurhadi)
Salah satu lokasi wisata pantai di Lombok Utara. (Foto:VOA/Nurhadi)

Dalam sepuluh tahun terakhir, setelah Lombok memiliki bandara internasional pada 2011, kegairahan itu terlihat di bawah. Apalagi setelah Lombok dan Sumbawa memiliki rencana induk pengembangan pada 2014. Meski implementasinya belum seratus persen, langkah-langkah besar semacam itu selalu mendorong masyarakat untuk bergerak.

Tantangan ke depan untuk memaksimalkan dampak Superbike bagi Lombok dan NTB adalah komitmen semua pihak, terutama pemerintah dan masyarakat. Lombok harus dibangun dalam konsep kepariwisataan berkelanjutan.

Yang paling dekat, kata Saufi, adalah memperbaiki institusi yang mengelola sirkuit Mandalika, dan membangun kawasan sekitarnya secara lebih baik. Gerakan ini bahkan harus sampai ke desa-desa di sekitar sirkuit, dengan basis kearifan lokal, agar manfaat promo yang sudah diperoleh lewat Superbike 2021, maksimal dikelola hingga ke ajang-ajang internasional selanjutnya.

Menjelang ajang MotoGP pada Maret 2022, Saufi yakin kebijakan pemerintah terkait kunjungan wisatawan asing akan adaftif. Dengan begitu, gelaran balap internasional itu akan bermanfaat maksimal bagi sektor pariwisata kawasan, mulai NTB, Bali hingga NTT. 

Continue Reading

Travel

5 Negara Dunia yang Menjadi Tempat Teraman Untuk Dikunjungi

Published

on

5 Negara Dunia yang Menjadi Tempat Teraman Untuk Dikunjungi

Gencil News– Salah satu rencana berpergian yang paling menyenangkan adalah ketika kita mengetahui bahwa negara tersebut dalah tempat teraman untuk dikunjungi.

Faktor-faktor tingkat keamanan suatu negara bisa terlihat dari beberapa hal. mulai dari konflik kekerasan yang terjadi, baik dalam tingkat domestik maupun internasional.

Seperti segi kestabilan politik, tingkat militer, terorisme, hingga jumlah pembunuhan.

Dilansir dari Laporan Indeks Perdamaian Global 2021 yang Institute for Economics and Peace terbitkan, Mayoritas negara tersebut berasal dari Benua Eropa.

Baca juga   Komitmen Citra Garden Aneka Memberikan Kenyamanan bagi Penghuni

Kemudian menyusul negara-negara dari benua Asia. Kedua wilayah ini memiliki tingkat pembunuhan sekitar 3 per 100.000 penduduk.

5 Negara Dunia yang Menjadi Tempat Teraman Untuk Dikunjungi

1. Islandia

Menurut Indeks Perdamaian Global, Islandia menjadi negara teraman sejak 13 tahun berturut-turut. Islandia memiliki standar hidup tinggi, upah yang setara antara laki-laki dan perempuan, dan minimnya ketegangan sosial. Islandia tidak memiliki kekuatan militer, dengan keamanan negara berasal dari lembaga kepolisian.

2. Selandia Baru

Negara teraman kedua ialah Selandia Baru dengan tingkat kejahatan yang rendah, terutama kriminalitas berkaitan dengan kekerasan. Sama seperti Islandia, Kepolisian Selandia Baru tidak memiliki senjata api.

3. Portugal

Peringkat ketiga ditempati oleh Portugal sebagai negara teraman di dunia. Hal ini merupakan perkembangan signifikan, sebab pada 2014, Portugal berada di posisi ke-18. Portugal berhasil menurunkan tingkat pengangguran menjadi di bawah 7 persen. Bahkan, Portugal dinobatkan sebagai negara terbaik untuk pekerja pensiun menurut Indeks Pensiun Global Tahunan pada 2020.

Baca juga   280 MBR di Pontim Dapat Hibah Sambungan PDAM

4. Austria

Austria dapat dikatakan sangat aman untuk dikunjungi. Kejahatan serius jarang terjadi meskipun setiap orang tetap harus berwaspada. Austria juga merupakan negara yang terhindar dari kejahatan terorisme.

5. Denmark

Negara paling selatan wilayah Nordik ini juga sebagai negara teraman kelima dunia. Denmark memiliki tingkat kesetaraan tinggi dan rasa sosial yang besar, dua hal yang paling berkontribusi menjadikan Denmark sebagai negara teraman.

Denmark juga memfasilitasi akses kesehatan dan pendidikan gratis untuk masyarakatnya.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING