Mercy Pelat Nomor “JOKOWI” Ada di Selandia Baru

Pelat nomor adalah salah satu jenis identifikasi kendaraan bermotor. Pelat nomor juga disebut pelat registrasi kendaraan. Bentuknya berupa potongan pelat logam atau plastik yang dipasang pada kendaraan bermotor sebagai identifikasi resmi.

Mercy Pelat Nomor "JOKOWI" Ada di Selandia Baru
Mercy Pelat Nomor “JOKOWI” Ada di Selandia Baru

Tak jarang orang juga memesan pelat nomor cantik atau khusus. Alasannya macam-macam. Dari indentitas, kesukaan, hobby, gengsi dll. Hal ini juga tengah dilakoni Dedy Muardi. Seorang warga Indonesia asal Yogyakarta dan tinggal di auckland selandia baru sejak 2001.

“Meski sudah 18 tahun menetap di Selandia Baru, kecintaan Mas Dedy dan banyak warga negara RI lainnya terhadap tanah airnya tak pernah luntur. Termasuk kecintaannya pada Pak Jokowi,” tulis Addie MS.

Baca juga   Kementerian Perhubungan Segera Lakukan Penyesuaian Tarif Batas Atas

Seperti di Indonesia, beberapa negara membolehkan pemilik mobil untuk memesan pelat nomor khusus untuk kendaraannya. Sehingga, pelat nomor kendaraan lebih eksklusif bahkan bisa dibaca menjadi sebuah nama atau kata. Namun tentunya ada biaya tambahan untuk memesan pelat khusus itu.

Masyarakat Indonesia perlu tahu bahwa untuk membuat pelat nomor alias Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) pilihan, ada biaya khusus yang harus dikeluarkan. Ketentuan tersebut sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 60 tahun 2016. Aturan tersebut tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), yang resmi diberlakukan pada 6 Januari 2017. PP itu yang menggantikan PP No. 50 tahun 2010.

Penulis : Gencil News
Editor : Gencil News
Sumber : Gencil News