San Marino Tawarkan Wisata Vaksinasi – Gencil News
Connect with us

Travel

San Marino Tawarkan Wisata Vaksinasi

Published

on

San Marino Tawarkan Wisata Vaksinasi
Seorang pria berjalan di luar Ospedale di Stato, saat Republik San Marino memulai kampanye mengundang wisatawan untuk divaksinasi dengan vaksin COVID-19 Rusia, Sputnik V, 1 Juni 2021. (REUTERS/Alberto Lingria)

Gencil News – VOA – Orang ke Republik San Marino biasanya untuk menghindari pajak dan mengoleksi perangkonya. Sekarang ini, negara mini yang berada di dalam wilayah di Italia Utara itu membuka cara baru untuk menarik pengunjung, yakni dengan menyelenggarakan wisata vaksinasi.

San Marino meluncurkan program wisata vaksinasinya pada 17 Mei. Negara itu menawarkan vaksinasi COVID-19 Sputnik buatan Rusia untuk orang-orang dari seluruh penjuru dunia. Sejauh ini 250 orang telah menerima imunisasi pertama mereka.

Untuk memesan vaksinasi, wisatawan perlu memesan kamar hotel sedikitnya sepekan sebelum kedatangannya. Mereka juga diwajibkan memiliki rencana untuk kunjungan kedua, 21 hingga 28 hari kemudian, untuk menerima suntikan dosis berikutnya.

Direktur Hotel iDesign Francesco Brigante, mengatakan kepada Reuters, “Siapapun yang tidak tinggal di Italia dapat menelepon atau menulis surat kepada kami, datang ke San Marino selama tiga hari dan menerima dosis pertama vaksin. Orang yang bersedia menerima vaksin harus mengirim email dan dokumen, paspor, atau dokumen identitas yang memperlihatkan domisili mereka secara jelas,” jelasnya.

Orang-orang duduk di sebuah bar, saat Republik San Marino memulai kampanye mengundang wisatawan untuk divaksinasi dengan vaksin Sputnik V COVID-19 Rusia, 1 Juni 2021. (REUTERS)
Orang-orang duduk di sebuah bar, saat Republik San Marino memulai kampanye mengundang wisatawan untuk divaksinasi dengan vaksin Sputnik V COVID-19 Rusia, 1 Juni 2021. (REUTERS)

“Kami kemudian mengirim dokumen ini ke kantor vaksinasi dan kantor vaksinasi pada hari yang sama memberi kami jadwal untuk imunisasi dosis pertama dan kedua. Jadi tamu datang, tinggal di sini selama tiga hari, sehari setelah kedatangannya kami mendampinginya untuk menerima vaksin dosis pertama, dan ia kembali lagi setelah 21 hari untuk mendapat dosis kedua. Mudah sekali,” lanjut Brigante.

Igor Pershin adalah seorang warga negara Rusia yang tinggal di Republik Ceko selama 30 tahun. Ia memutuskan untuk datang ke republik kecil itu untuk mendapatkan vaksinasi, bukannya menunggu di tempat tinggalnya sekarang.

“Di Republik Ceko, sukar mendapatkan vaksinasi, khususnya bagi orang asing. Suatu hari di TV Rusia saya melihat mereka membahas tentang San Marino, di mana kita bisa mendapatkan vaksin Sputnik V. Saya hanya ingin mendapatkan vaksin Sputnik dan saya hanya ingin mendapatkannya di San Marino. Jadi saya pun memesan hotel. Saya ingin tetap hidup, 40 orang di Republik Ceko meninggal karena vaksin lainnya sementara tidak ada kematian terkait Sputnik V.”

Hotel iDesign di mana Pershin dan istrinya tinggal bukan hanya mengurus dokumen untuk vaksinasi. Hotel itu juga menyediakan layanan antar jemput dari dan ke pusat vaksinasi.

San Marino bukan anggota Uni Eropa dan Sputnik V belum mendapat persetujuan penggunaan di Uni Eropa. Vaksin tersebut sekarang ini sedang dievaluasi oleh regulator blok tersebut, European Medicines Agency (EMA).

Tetapi bagi sebagian orang, seperti Gioele Cozzolino dari Jerman, otorisasi EMA bukanlah prioritas. “Kami datang ke sini dari Jerman karena kami ingin divaksinasi dengan Sputnik V dan karena di Jerman mereka belum memberi kami jadwal imunisasi. Saya berharap dalam waktu dekat Sputnik V akan diakui di tingkat Eropa agar kita dapat bebas bepergian.”

Sementara vaksin buatan Rusia masih menunggu persetujuan dari Uni Eropa, San Marino melakukan penelitian mengenai vaksin itu bekerja sama dengan lembaga penyakit menular nasional Italia, ‘Lazzaro Spallanzani’ di Roma dan University of Bologna untuk memantau efektivitas dan keamanan vaksin tersebut.

Direktur San Marino Institute for Social Security Alessandra Bruschi, mengatakan, “Kami memulai kajian dengan rumah sakit Spallanzani di Roma, yang memungkinkan kami memantau efektivitas vaksin, dan penelitian lain dengan University of Bologna untuk menilai keamanan vaksin ini karena, sewaktu harus memutuskan pilihan di luar EMA dan karena itu di luar Eropa, kami ingin merasa yakin mengenai produk yang kami pilih.”

“Saya harus katakan bahwa hasilnya luar biasa bagus dan sampel darah yang kami ambil 21 hari kemudian setelah pemberian dosis pertama, dan 21 hari setelah pemberian dosis kedua untuk menilai keampuhannya menunjukkan tingkat kemanjuran yang sangat tinggi. Hanya dengan satu dosis, ada respons antibodi lebih dari 87 persen dan dengan dua doses responsnya di atas 99 persen,” imbuhnya.

San Marino, negara seluas 61 kilometer persegi, mulai menggunakan vaksin Sputnik pertamanya sejak Februari lalu dan sejauh ini telah memvaksinasi 25 ribu dari 34 ribu orang populasinya.

Tanpa ada pasien virus corona yang dirawat di rumah sakit sekarang ini, San Marino memutuskan bahwa negara itu mampu meluncurkan kampanye untuk mengundang wisatawan untuk mendapatkan vaksinasi.

Turis perlu membayar 50 euro untuk dua dosis vaksin buatan Rusia itu. Biaya hotel dan perjalanan terpisah. Republik kecil itu rata-rata melakukan antara 30 dan 40 vaksinasi per hari. 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Travel

Mengenal Destinasi Wisata Bukit Sepancong Bengkayang

Published

on

By

Mengenal Destinasi Wisata Bukit Sepancong Bengkayang

Gencil News- Bukit Sepancong merupakan destinasi wisata wajib jika berkunjung ke Bengkayang. Bukit Bengkayang. Bukit ini berada di Desa Cipta Karya, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Dalam keadaan new normal saat ini untuk ke lokasi ini setiap pendaki sudah dibekali akan SOP. Dimana setiap pendaki wajib menggunakan masker, wajib mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak dengan pengunjung lain serta bisa berangkat registrasi dengan cara mendaftar secara online via WA sebab kuota pengunjung pada masa ini dibatasi.

Jika anda sudah sampai pada bukit ini, anda akan disuguhkan dengan pemadangan bengkayang serta berhadapan dengan bukit bawang yang indah.

Ketika anda sampai pada tujuan bawah dari bukit sepancong, biayanya cukup terjangkau yakni untuk uang masuk sendiri Rp10 ribu. Jika anda dan rombongan menggunakan motor anda akan dikenakan tarif motor Rp10 ribu dan untuk kendaraan mobil dikenakan tarif Rp20 ribu.

Jujur saja ketika sampai disini anda tak akan pernah bosan. Karena pengurus bukit sepancong sudah menyediakan beberapa fasilitas untuk kalian berfoto mengabadikan momen. Selain itu pada bagian bawah bukit sepancong sendiri terdapat hutan Konservasi Anggrek dan biasanya menjadi tempat pengunjung mandi setelah dari pendakian.

Tak usah khawatir jika anda pergi kesini, kalian yang baru memulai untuk pendakian tak usah takut untuk tersesat.

Karena disetiap jalan ada penunjuk arah serta jalannya cukup besar. Pada penunjuk arah nantinya ada pada setiap jalan serta beberapa pos peristirahatan serta sumber air bersih yang bisa diminum.

Continue Reading

Travel

Keindahan Wisata Air Terjun Pancur Aji Sanggau, Kalimantan Barat

Published

on

By

Keindahan Wisata Air Terjun Pancur Aji Sanggau, Kalimantan Barat

Gencl News- Kalimantan Barat tak henti-hentinya memberika pesona keindahan pariwisatanya. Kali ini anda akan disuguhkan oleh pesona keindahan dari wisata air terjun Pancur Aji.

Air terjun Pancur Aji ini berada pada Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau. Masyarakat biasanya membawa keluarga untuk liburan disini.

Ketika pergi ke wisata ini kalian akan merasakan suasana yang sejuk dan nyaman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dengan suasana alam yang asri.

Ini karena kalian yang pergi kesini masih bisa menikmati suasana hutan serta pepohonan yang berada di sekitara Pancur Aji.

Air Terjun Pancur Aji ini aman bagi pengunung yang ingin berendam dan mandi pada derasnya air terjun Pancur Aji. Sebab, Air terjun ini tidak terlalu tinggi.

Pengelola wisata disini juga menyediakan fasilitas lain yakni gazebo. Gazebo dibuat agar bagi para pengunjung yang ingin menaruh barang bawaan atau hanya duduk santai.

Untuk menuju kawasan wisata alam ini disimpang jalan sudah terpasang papan petunjuk lokasi wisata. Bagi penyuka jalanan ekstrim boleh mencoba jalanan tersebut, pasalnya jalan menuju kawasan ini cukup menantang. Melewati bukit-bukit yang licin dan lembab.

Jangan khawatir selama perjalanan kalian tidak akan bosan ketika melewati jalanan. Akan ada suguhan pemandangan sekeliling yang indah dan membuat kita lupa dengan rasa lelah yang mendera.

wisata Pancur Aji berjarak sekitar 6 km dari kota Sanggau. Dengan menempuh perjalanan dari jalan raya menuju Pontianak di sebelah barat Sanggau dengan waktu tempuh kurang lebih selama 1 jam. Perjalanan darat sudah dapat diakses dengan baik sehingga dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk menuju lokasi.

Continue Reading

Travel

Pesona Surga Di Pulau Pesisir Utara Kalimantan Barat

Published

on

By

Pesona Surga Di Pulau Pesisir Utara Kalimantan Barat
Pulau Randayan

Gencil News- Pesona surga pada pulau pesisir utara di Kalimantan Barat. Terdapat pulau sepi yang memiliki pasir putih serta pemandangan khas pulau pribadi.

Terletak pada bagian utara daerah pesisir Kalimantan Barat, dengan nama Pulau Randayan. Tak hanya pasir namun airnya yang bening serta pemandangan laut lepas yang eksotis menjadi daya tarik tersendiri.

Untuk mencapai pulau ini tak butuh waktu lama, cukup dengan waktu 2,5 jam perjalanan dari Pontianak menuju Teluk Suak yang berjarak 115 KM saja. Teluk ini berada sekitar 32 km dari Kota Singkawang. Dari Teluk Suak. Anda dapat menggunakan speedboat dengan tarif pulang pergi (PP) Rp. 150 ribu.

Selain itu pengunjung juga bisa menggunakan perahu motor atau kapal khusus yang berangkat dari area pasir panjang. Tarif menggunakan kapal khusus adalah Rp. 100 ribu pulang pergi (PP). Sedangkan tarif perahu motor adalah Rp. 30 ribu PP.

Pengunjung yang ingin lebih lama disini juga terdapat penginapan yang disewakan. Tarif sewanya relatif terjangkau yakni sekitar Rp400 ribu Per malamnya.

Bagi pengunjung yang memiliki hobi untuk snorkeling. Pulau ini juga menyuguhkan alam bawah laut yang menawan. Ekosistem bawah lautnya yang masih terjaga dengan terumbu karang yang indah menjadikan melakukan aktivitas snorkeling di pulau ini menjadi sangat menyenangkan. Wisatawan asing yang berkunjung ke pulau ini tidak akan melewatkan kesempatan snorkeling di pulau yang berada pada kota berjuluk Kota Khatulistiwa ini.

Pulau Randayan sendiri memiliki luas tutupan karang hidup sekitar 4,50 hektar, karang mati 3,69 hektar, lamun 0,63 hektar, dan pasir seluas 4,77 hektar. Sehingga menarik bagi siapa saja yang memiliki hobi snorkeling maupun diving untuk melakukan eksplorasi keindahan bawah laut yang eksotis di pulau ini.

Continue Reading

Travel

Simak Syarat Terbaru Dari Penerbangan Lion Air Rute Domestik

Published

on

By

Simak Syarat Terbaru Dari Penerbangan Lion Air Rute Domestik

Gencil News- Anda merencanakan berpergian dalam waktu dekat menggunakan moda transportasi udara. Ada baiknya, anda memperhatikan sejumlah syarat terbaru penerbangan lion air rute domestik.

Ketentuan syarat penerbangan domestik merujuk pada Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan No. 34 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas SE Menteri Perhubungan No.26 tentang Petunjuk Pelaksana Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Kebijakan ini juga sesuai dengan SE Satgas Covid-19 No. 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Kini calon penumpang yang ingin pergi pada empat wilayah ini menggunakan maskapai Lion Air harus lebih dulu memperhatikan ketentuan hasil uji kesehatan yang Satgas Covid-19 keluarkan baik itu dari pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah setempat.

Simak empat wilayah dengan rute domestik dengan menggunakan uji kesehatan.

Rute Domestik (inbound)

  1. Kalimantan Barat dengan tujuan Pontianak, Ketapang, Sintang, dan Putussibau berlaku RT-PCR 3×24 jam.
  2. Kalimantan Tengah dengan tujuan Palangkaraya, Pangkalan Bun, Sampit, dan Muara Teweh berlaku RT-PCR atau rapid test antigen atau GeNose yang bisa dapat anda gunakan dalam waktu 1×24 jam.
  3. NTT dengan tujuan Kupang berlaku RT-PCR atau rapid test antigen dalam waktu 1×24 jam. Sementara GeNose dalam waktu 1×24 jam.
  4. Rute domestik selain kota-kota di atas wajib melakukan uji kesehatan RT-PCR dalam kurun waktu 3×24 jam, rapid test antigen 2×24 jam, atau GeNose 1×24 jam.
  5. Pengisian e-HAC sebelum keberangkatan wajib untuk pengisian baik di empat rute domestik ini maupun pada kota-kota lainnya.
  6. Uji kesehatan GeNose dilakukan di banda udara, sebelum melakukan keberangkatan di hari yang sama.
  7. Usia di bawah lima tahun tidak wajib untuk uji kesehatan.

Jangan lupa untuk tetap mematuhi patuhi potokol kesehatan dan upayakan untuk hadir lebih awal tiba di bandara 3-4 jam sebelum keberangkatan.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING