Sejarah Panjang Muslim dan Islam di Amerika – Gencil News
Connect with us

Headline

Sejarah Panjang Muslim dan Islam di Amerika

Published

on

Sejarah Panjang Muslim dan Islam di Amerika
Sejarah Panjang Muslim dan Islam di Amerika
Sejarah Panjang Muslim dan Islam di Amerika

Sejarah Panjang Muslim dan Islam di Amerika – Muslim dan Islam memiliki sejarah panjang di Amerika. Barangkali Anda akan terkejut mengetahui sejumlah fakta di Amerika yang ada kaitannya dengan Islam dan Muslim.

Jumlah warga Muslim di Amerika Serikat hanya satu persen dari total populasinya. Tapi, tahukah Anda bahwa Muslim memiliki sejarah panjang di negeri Paman Sam, bahkan sejak benua Amerika ditemukan.

Hussein Rashid, pakar Kajian Timur Tengah dari Columbia University, menceritakan, Muslim tiba di benua Amerika bersama Christopher Columbus.

“Ada Muslim dalam kapal-kapal Columbus. Mereka berlayar menjelajah dunia baru. Sepertiga budak yang diperkerjakan pada kapal-kapal itu adalah Muslim. Gedung Putih sendiri dibangun oleh para budak, termasuk Muslim,“ paparnya.

Columbus menemukan benua Amerika pada 1492. Menurut sejarah, dalam kapal-kapal yang diberi nama Nina, Pinta dan Santa Maria, ada banyak budak kulit hitam yang beragama Islam. Kapal-kapal yang tadinya diarahkan ke Asia untuk mengumpulkan emas, permata dan rempah-rempah di sana itu akhirnya menjelajah dunia baru yang kini disebut Benua Amerika.

Sejak awal berdirinya, Amerika juga menjalin hubungan dengan negara-negara Muslim, termasuk Libya. Lagu Korps Marinir AS bahkan menyebut-nyebut Tripoli, ibukota Libya dalam liriknya. Dan sebagai ungkapan terimakasih terhadap Amerika karena membantu Libya mengatasi perompakan di laut, Libya memberi hadiah simbolik berupa pedang yang belakangan menjadi ornamen penting seragam marinir.

Foto Omar bin Said, tahun 1850, seorang budak Muslim yang menulskan kisah hidupnya dengan tulisan tangan selama menjadi budak. (Foto: Yale University)
Foto Omar bin Said, tahun 1850, seorang budak Muslim yang menulskan kisah hidupnya dengan tulisan tangan selama menjadi budak. (Foto: Yale University)

Thomas Jefferson, presiden Amerika ketiga dari tahun 1801 hingga 1809, juga dikenal sebagai pemimpin negara yang ramah terhadap Muslim. Ia pernah mengadakan jamuan makan malam pada akhir bulan Ramadan untuk para diplomat asing di Gedung Putih.

Yang tak kalah mengejutkan patung Liberty di New York yang menjadi landmark Amerika dan terkenal sebagai simbol kebebasan juga ada kaitannya dengan Muslim. Konon perancangnya mendasarkan desainnya pada perempuan Muslim Mesir.

Di Amerika juga ada kota yang namanya akrab dengan dunia Muslim

“Di Amerika ada kota bernama Allah (baca: allah) di Arizona dan Mahomet, di Illinois. Mahomet itu diberikan meniru nama Nabi Muhammad. Mayoritas penduduk kota itu bukan Muslim. Mereka memberi nama itu sebagai penghormatan terhadap kebudayaan Muslim dan peradaban Muslim,” tambah Rashid.

Bicara mengenai peradaban dan kebudayaan Muslim, tempat peribadatan bagi Muslim juga sudah sejak lama eksis di Amerika. Setidaknya ada dua masjid yang tercatat sebagai masjid tertua di Amerika, yang pertama di Ross, North Dakota, yang didirikan pada 1929, dan yang kedua di Cedar Rapids, Ohio, yang didirikan pad 1934. Masid-masjid atau pusat-pusat kegiatan Islam belakangan juga mengilhami banyak arsitektur gedung-gedung mewah dan terkenal di banyak kota besar di Amerika.

Merebaknya pengaruh Islam di Amerika tak lepas dari pengaruh orang-orang besar seperti pejuang hak-hak sipil Malcolm X dan petinju legendaris Muhammad Ali. Mereka memeluk Islam sewaktu nama mereka masih menjadi sorotan besar di Amerika dan bahkan dunia.

Pejuang hak-hak sipil AS dan seorang Muslim, Malcolm X (kiri) dan petinju Muhammad Ali dalam foto di New York tahun 1964.
Pejuang hak-hak sipil AS dan seorang Muslim, Malcolm X (kiri) dan petinju Muhammad Ali dalam foto di New York tahun 1964.

Kebesaran nama Islam belakangan juga digaungkan Muslim-muslim berpengaruh. Dari dunia politik, ada Rashida Tlaib dan Ilhan Omar, dua politikus vokal yang belakangan ini sering mengguncang iklim politik Amerika. Kedua perempuan anggota DPR AS itu berani mengungkapkan pendapat mereka mengenai masalah Muslim meski menghadapi banyak ancaman pembunuhan.

Dari dunia hiburan, ada Ice Cube, DJ Khaled, French Montana, sementara dari dunia olahraga ada Saquille O’Neal, Ibtihaj Muhammad, dan Dalilah Muhammad.

Yang juga perlu dicatat, keliru bila menduga studio besar televisi di Amerika anti-Muslim. Saturday Night Live, salah satu acara televisi populer yang ditayangkan jaringan televisi NBC, pernah menghadirkan tuan rumah dan bintang musik tamu yang sama-sama Muslim pada satu edisi mereka. Pelawak Dave Chappele — yang dikenal sebagai Muslim berpengaruh di media sosial – membawakan acara itu pada edisi November 2016 yang menghadirkan bintang musik tamu A Tribe Called Quest, sebuah kelompok musik hip hop yang personil utamanya adalah seorang Muslim. A Tribe Called Quest sendiri saat ini sudah bubar.

Terakhir, namun tak kalah penting, film seri kartun yang populer di jaringan televisi Fox, The Simpson, juga berusaha merangkul Muslim. Bart – salah satu tokoh utamanya – memiliki teman yang Muslim. Hussein Rashid mengatakan:

“Kalau Bart bisa punya teman Muslim. Kita semua bisa. Belajarlah dari Bart Simpson,” ujar Rashid.

Di industri makanan Amerika, Muslim juga membuat terobosan besar. Pemilik merek yogurt terkenal Chobani, Hamdi Ulukuya, dan pemilik usaha rangkai buah Edible Arrangement, Tariq Farid, ternyata adalah Muslim. (ab)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Headline

Suplemen Minyak Ikan Dapat Tingkatkan Kesuburan Pria

Published

on

Pil Echinacea, kiri, minyak ikan, tengah, dan glukosamin ditunjukkan di San Francisco, Kamis, 30 Juli 2009. (Foto: AP)

Gencil News – Sebuah studi dari Denmark menunjukkan pria yang mengkonsumsi suplemen minyak ikan, yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 tinggi, mungkin dapat meningkatkan kesuburannya.

Dalam laporan yang diterbitkan di jurnal JAMA Network Open, setelah meneliti data dari hampir 1.700 pria muda, para peneliti yakin bahwa konsumsi suplemen minyak ikan terkaitdengan jumlah sperma yang lebih tinggi, testis yang lebih besar dan peningkatan kadar hormon yang berkontribusi pada kesuburan pria.

Tina Kold Jensen, profesor dari di Rigshospitalet dan University of Southern Denmark yang juga salah satu penulis stuid itu, mengatakan pria mendapatkan manfaat asam lemak omega-3 dengan menambahkannya dalam diet mereka. Namun, imbuh Jensen, konsumsi asam lemak omega-3 paling besar dampaknya untuk para pria yang memiliki kualitas sperma yang buruk.

Hal ini terjadi karena jenis asam lemak ini penting untuk kesuburan, kata Jensen dalam email.

“Komposisi membran sel sperma dengan kandungan asam lemak kaya sangat penting untuk fungsi sperma yang tepat,” jelas Jensen. “Membran sel sperma memainkan peran penting dalam peristiwa pembuahan utama. Omega-3 dalam membran sperma meningkat saat sperma matang dan tidak dapat disintesis. . . pada manusia dan perlu berasal dari diet. “

Untuk meneliti kemungkinan minyak ikan dan nutrisi lain dapat memengaruhi kesuburan pria, Jensen dan rekan-rekannya melibatkan para pria yang sedang sedang menjalani ujian fisik sebagai bagian dari prosedur wajib militer Denmark. Hal tersebut dilakukan antara 1 Januari 2012 dan 31 Desember 2017.

Mereka diundang untuk berpartisipasi dalam studi fungsi testis dan mereka yang mendaftar diberi jadwal pemeriksaan dan disediakan kompensasi sebesar 500 Denmark krone (AS$ 74,23).

Dalam proses tersebut, para pria mengisi kuesioner, menjalani pemeriksaan fisik, mengirim sampel air mani dan diambil darahnya. Mereka ditanya tentang diet, vitamin atau suplemen makanan, masalah gaya hidup dan kesehatan, dan khususnya tentang masalah kesehatan testis, seperti hernia inguinalis, dan tentang penyakit menular seksual.

Para pria juga ditanyai tentang konsumsi alkohol, penggunaan tembakau dan ganja, dan apakah ibu mereka merokok selama kehamilan.

Ketika Jensen dan rekan-rekannya menganalisis data mereka, ditemukan fakta pria yang mengonsumsi suplemen minyak ikan kurang dari 60 hari dalam tiga bulan terakhir memiliki volume semen 0,38 mL lebih tinggi dibanding mereka yang tidak mengonsumsi suplemen. Pria yang mengonsumsi minyak ikan pada 60 hari atau lebih selama periode itu memiliki volume semen 0,64 mL lebih tinggi dibanding pria yang tidak menggunakan suplemen.

Pil Echinacea, kiri, minyak ikan, tengah, dan glukosamin ditunjukkan di San Francisco, Kamis, 30 Juli 2009. (Foto: AP)
Pil Echinacea, kiri, minyak ikan, tengah, dan glukosamin ditunjukkan di San Francisco, Kamis, 30 Juli 2009. (Foto: AP)

Demikian pula, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi suplemen. Ukuran testis pada pria yang mengonsumsi minyak ikan kurang dari 60 hari adalah 0,8 mL lebih besar dan di antara mereka yang mengkonsumsinya selama 60 hari atau lebih, itu adalah 1,5 mL lebih besar.

Pria yang mengonsumsi minyak ikan juga memiliki jumlah sel-sel sperma yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengonsumsi suplemen. Selain itu, mereka memiliki persentase sperma yang lebih tinggi yang berenang lurus ke depan, dibandingkan dengan sperma yang berenang dalam lingkaran, misalnya. Dan itu memiliki bentuk yang lebih sehat secara keseluruhan.

Studi baru ini menarik karena melihat laki-laki dari populasi umum yang muda dan sehat, kata Albert Salas-Huetos, seorang peneliti di unit urologi, andrologi dan IVF di Universitas Utah di Salt Lake City. 

Continue Reading

Headline

Ini Dia 5 Teknik Memikat Pembeli

Published

on

GENCIL NEWS – Salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis adalah menjaga agar omzet penjualan terus meningkat dalam jangka panjang. Didalam proses meningkatkan omzet penjualan, diperlukan teknik-teknik sederhana agar si pembeli tidak hanya tahu tentang produk kita tetapi juga melakukan pembelian produk. Berikut ini adalah beberapa teknik sederhana untuk memikat pembeli agar membeli produk kita.

1. FOTO PRODUK
Gunakanlah foto produk yang jelas, serta memikat selera konsumen. Buatlah foto yang benar-benar menggugah selera konsumen. Gunakan perangkat foto yang baik, jangan gunakan ponsel karena kualitas gambarnya kurang begitu bagus, bahkan jika perlu menyewa fotografer profesional.

Semakin jelas dan semakin bagus hasil fotonya, akan mempengaruhi keinginan calon pembeli untuk membeli produk kita. Tips ini akan sangat bermanfaat saat kita akan membuat materi promosi di poster atau brosur, selain itu tips ini juga sangat penting bagi pelaku bisnis yang menjual produknnya melalui internet atau online shop.

2. KEMASAN
Kemasan yang bagus menentukan keputusan konsumen untuk membeli produk kita. Usahakan agar kemasan kita bukan kemasan yang biasa-biasa saja. Misal jika target pasar kita premium usahakan agar kemasannya terkesan mewah dengan kombinasi warna premium. Kemasan kita juga harus bisa mendeksripsikan isi produknya dengan baik, misal jika produk makanan, maka ada komposisinya.

Selain itu kemasan kita juga harus tertera nomor kontak yang bisa dihubungi, ini akan memudahkan jika ada calon konsumen yang ingin membeli produknya dimasa mendatang.

3. TESTIMONI
Testimoni adalah opini konsumen yang pernah menggunakan produk kita. Strategi ini secara sederhana bertujuan untuk menunjukkan kesan konsumen yang pernah menggunakan produk kita. Kesan konsumen ini memiliki peran penting untuk meyakinkan calon pembeli.

Semakin testimoninya berkesan maka akan mempengaruhi calon konsumen lainnya untuk membeli produk kita. Gunakan strategi ini untuk memikat pembeli lebih banyak. Testimoni bisa ditempatkan di setiap materi promosi kita misal banner, poster, brosur atau gambar di social media (twitpic) atau juga bisa ditempatkan di website/online shop kita.

4. BONUS HADIAH
Cara lain yang bisa digunakan untuk memikat pembeli untuk membeli produk kita adalah memberikan hadiah. Program ini bisa berbentuk apapun, bisa hadiah langsung atau program undian berhadiah. Pada dasarnya pembeli senang dengan pemberian ‘gift’ atau hadiah. Bonus ini tidak harus diberikan setiap saat ketika berjualan produk, namun cara ini bisa dilakukan di momen-momen tertentu.

Misal hari libur nasional, hari perayaan nasional ataupun momen tertentu misal hari libur sekolah dll. Berikan hadiah yang sesuai dengan kebutuhan calon konsumen, semakin hadiahnya menarik dan dibutuhkan, hadiah tersebut akan menjadi pemikat untuk calon pembeli.

5. CALL TO ACTION
Apa itu call to action? Sederhananya adalah kalimat perintah kepada calon konsumen untuk melakukan sesuatu terkait dengan proses transaksi pembelian produk. Seringkali para pengusaha pemula menghadapi permasalahan yang sama saat mengawali bisnis, yaitu banyak calon konsumen yang sudah tertarik dengan produk kita, tetapi yang melakukan tindakan hingga terjadi pembelian tidak banyak. Permasalahan ini salah satunya bisa diatasi dengan membuat kalimat Call to Action.

Contoh sederhananya adalah seperti ini: “Beli Paket Suplemen Penurun Berat Badan Herbal Merek ABCD, khusus pembelian hari ini akan mendapatkan paket teh herbal untuk penunda penuaan kulit. Pesan segera ke ke 0800110011” . Susunan kata yang diberi garis bawah ini adalah call to action. (Hermas Puspito)

Continue Reading

Headline

Apa itu Pneumonia? Berikut Penjelasannya

Published

on

Apa itu Pneumonia Berikut Penjelasannya

Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI)  Agus Dwi Susanto, melalui keterangan tertulis, mengatakan belum ada vaksin yang dapat mencegah pneumonia akibat coronavirus yang menyebar di China.

Sebab, kata dia, pneumonia yang terjadi di Wunan, China disebabkan oleh coronavirus jenis baru.

Ia menjelaskan pneumonia adalah infeksi atau peradangan akut di jaringan paru yang disebabkan oleh berbagai mikroorganisme, seperti bakteri, virus, parasit, jamur, dan kerusakan fisik paru.

Pneumonia dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak sampai lanjut usia, namun lebih banyak pada balita dan lanjut usia

Pneumonia, berdasarkan sumber infeksi, dibagi menjadi tiga yaitu community acquired pneumonia (CAP) atau pneumonia komunitas, hospital acquired pneumonia (HAP) dan ventilator associated pneumonia (VAP).

Dari ketiganya, yang sering terjadi dan dapat bersifat serius, bahkan kematian, adalah pneumonia komunitas.

Angka kejadian pneumonia lebih sering terjadi di negara berkembang.

 Pneumonia menyerang sekitar 450 juta orang setiap tahunnya. Berdasarkan data RISKESDAS tahun 2018, prevalensi pneumonia berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan yaitu sekitar dua persen. Sedangkan pada tahun 2013 adalah 1,8 persen.

Berdasarkan data Kemenkes 2014, jumlah penderita pneumonia di Indonesia pada tahun 2013 berkisar antara 23 persen-27 persen dan kematian akibat pneumonia sebesar 1,19 persen. Tahun 2010 di Indonesia pneumonia termasuk dalam 10 besar penyakit rawat inap di rumah sakit dengan crude fatality rate (CFR) atau angka kematian penyakit tertentu pada periode waktu tertentu dibagi jumlah kasus adalah 7,6 persen.

Menurut Profil Kesehatan Indonesia, pneumonia menyebabkan 15 persen kematian balita yaitu sekitar 922.000 balita pada tahun 2015.

Dari tahun 2015-2018 kasus pneumonia yang terkonfimasi pada anak-anak di bawah lima tahun meningkat sekitar 500.000 per tahun, tercatat mencapai 505.331 pasien dengan 425 pasien meninggal.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta memperkirakan 43.309 kasus pneumonia atau radang paru pada balita selama tahun 2019.

Continue Reading

Advertisement

TRENDING