Connect with us

Travel

Skotlandia Negara Pertama di Dunia Sediakan Produk Menstruasi Gratis di Tempat Umum

Published

on

Gencil News – Skotlandia menjadi negara pertama di dunia yang menyediakan pembalut dan tampon di tempat umum setelah parlemen Skotlandia, Selasa (25/2/2020), meloloskan Rancangan Undang-Undang (RUU) Produk Menstruasi.

RUU Produk Pembalut itu diloloskan dengan perolehan suara 112 banding 0, dan satu abstain. Jika RUU itu masuk ke tahap kedua di mana para anggota parlemen dapat mengusulkan amandemen, produk-produk terkait menstruasi akan tersedia di tempat-tempat seperti apotek, pusat kegiatan masyarakat dan klub-klub pemuda, secara cuma-cuma.

Saat ini produk-produk menstruasi dikenai pajak sebagai barang mewah. Nilai pajak produk-produk menstruasi tersebut diperkirakan mencapai $31 juta per tahun. Skotlandia telah mengambil sejumlah langkah untuk mengakhiri “pajak tampon” sebesar 5 persen.

Pada 2018, Skotlandia menciptakan kebijakan nasional yang memastikan ketersediaan pembalut dan tampon gratis di sekolah dan universitas. Uni Eropa berencana menghapus pajak penjualan produk menstruasi pada 2022 dan membebaskan setiap negara untuk memutuskan harga yang tepat.

“Ini adalah tonggak normalisasi menstruasi di Skotlandia, dan mengirim sinyal nyata kepada orang-orang di negara ini tentang betapa seriusnya parlemen mendorong kesetaraan gender,” ujar Monica Lennon, yang mendukung RUU itu, dalam debat di parlemen.

“Kita mengubah budaya dan benar-benar menggembirakan melihat negara-negara lain di dunia mengamati apa yang kita lakukan dengan sangat seksama.”

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel

Taman Nasional Terlengkap di Indonesia Gunung Palung, Kayong Utara

Published

on

GENCIL NEWS –Taman Nasional Terlengkap di Indonesia Gunung Palung, Kayong Utara. Setelah kita mengetahui tempat-tempat wisata di Kabupaten Kayong Utara seperti Pantau Pulau Datok, Lubuk Baji, bukit Mendale, dan pulau Karimata, tempat wisata yang satu ini juga perlu dikunjungi dan menjadi daftar kunjungan wisata Anda, Taman Nasional Gunung Palung (TNGP).

Kawasan Taman Nasional Gunung Palung meliputi Kabupaten Ketapang sampai Kabupaten Kayong Utara dengan luas kurang lebih 90.000 hektar. Areanya terbentang dari Kecamatan Matan Hilir Utara, Sukadana, Simpang Hilir, Nanga Tayap, dan Sandai.

Taman Nasional Terlengkap di Indonesia Gunung Palung, Kayong Utara. Kerennya lagi, TNGP ini termasuk kawasan yang mempunyai ekosistem sebagai taman nasional terlengkap di Indonesia. Di samping itu, di kawasan TNGP ini terdapat gunung Palung yang mempunyai ketinggian 1.116 meter dari permukaan laut. Sehingga, memang TNGP layak untuk dikunjungi bersama teman maupun keluarga.

Kawasan Taman Nasional Gunung Palung ini masih berupa hutan primer yang tidak terganggu oleh aktivitas masyarakat sekitar serta terdapat beberapa komunitas tumbuhan dan satwa liar. Di samping itu, terdapat habitat orangutan yang berjumlah sekitar 2.200 ekor orangutan.

Di kawasan TNGP tercatat ada sekitar 190 jenis burung dan 35 jenis mamalia yang mempunyai peran sebagai pemencar biji tumbuhan di hutan. Semua keluarga burung dan kabarnya sebagian besar dari seluruh jenis burung yang ada di Kalimantan, terdapat di dalam hutan kawasan TNGP tersebut.

Taman Nasional Gunung Palung juga merupakan kawasan pelestarian alam yang memiliki keaneka ragaman hayati dengan nilai tinggi, terdapat juga tumbuhan mangrove, hutan rawa, rawa gambut, hutan rawa air tawar, hutan pamah tropika, dan hutan pegunungan dengan kabut yang aduhai.

Untuk mencapai ke kawasan TNGP ini Anda bisa mendapatkan informasi dan melakukan reservasi di Jalan Wahid Hasyim 41/A, telpon (0534) 33539 Ketapang Kalimantan Barat. Akses transportasi ke sana bisa melalui udara, dan laut.

Jika Anda menggunakan transportasi udara, bisa melalui bandara Supadio Pontianak dengan tujuan Ketapang dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Nah, bagi yang ingin menggunakan transportasi laut, Anda bisa menggunakan kapal express/speadboat melalui pelabuhan Senghi Pontianak menuju Ketapang, waktu tempuh sekitar 6-7 jam.

Bagi pengunjung yang akan berwisata ke Taman Nasional Gunung Palung tersebut akan dikenakan biaya restribusi atau biaya tiket masuk, antara lain: Rp 1.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp 10.000 per orang untuk wisatawan mancanegara serta dikenakan biaya tambahan sebesar Rp2.500 untuk kamera foto dan Rp25.000 untuk kamera video.

Nah, tunggu apa lagi, siapkan rencana Anda untuk berkunjung di ke tempat wisata yang ada di Kabupaten Kayong Utara.

Continue Reading

Travel

Tips Bungy Jumping Bagi Pemula

Published

on

Di dunia ini banyak sekali olahraga ekstrim dan menantang. Salah satu olahraga yang cukup mampu memompa adrenalin adalah bungy jumping atau terjun lenting. Awalnya, nama bungy adalah nama sebuah merek penghapus. Kata bungy jumping muncul pertama kali pada tahun 1930. Pada saat itu orang melakukan bungy jumping dengan menggunakan tali yang terbuat dari tanaman menjalar. Sekilas melakukan bungy jumping memang sangatlah mudah, hanya butuh mencari tempat tinggi lalu kita melompat dari sana. Namun ternyata olahraga yang berasal dari Selandia Baru ini tidaklah semudah itu. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar tidak berakibat fatal.

(more…)

Continue Reading

Headline

Riam Manajur Wisata Alam Yang Belum Terpublikasi Luas

Published

on

GENCIL NEWS, BENGKAYANG –Riam Manajur Wisata Alam Yang Belum Terpublikasi Luas. Kabupaten Bengkayang dikenal dengan sejuta pesona wisata air terjunnya. Salah satunya adalah Riam Manajur yang baru-baru ini mulai dikenal oleh masyarakat.

Riam Manajur Wisata Alam Yang Belum Terpublikasi Luas. Riam Manajur merupakan satu dari destinasi wisata air terjun yang terletak di Dusun Laek, Desa Bengkilu, Kecamatan Tujuhbelas, Kabupaten Bengkayang. Tepatnya di titik koordinat (1”00.369’ N, 109”46.301’ E) atau sekitar 226,6 KM dari Kota Pontianak.

Riam Manajur Wisata Alam Yang Belum Terpublikasi Luas

Riam Manajur Wisata Alam Yang Belum Terpublikasi Luas

Kira-kira 2 jam perjalanan menuju Dusun Laek, perjalanan ditempuh sekitar 1 jam dengan kondisi track jalan tanah yang licin, menanjak, menurun, dan pastinya menyenangkan karena disuguhi panorama hutan hujan tropis yang masih alami.

Setelah melakukan tracking menggunakan kendaraan roda dua, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki, menuruni punggung bukit yang areanya di dominasi bebatuan dengan elevasi yang datar di hadapan Air terjun manajur ini.

Kondisi Riam Manajur ini masih sangat alami, dengan air yang jernih, lingkungan yang masih terjaga dengan baik, udara yang masih segar, dan vegetasi tertutup rapat membentuk iklim mikro. Terbukti masih terdapat tumbuhan Begonia spp yang merupakan indikator hutan lembab yang masih terjaga kelestariannya, ditambah masih sering dijumpai burung Enggang yang merupakan hewan langka yang dilindungi.

Riam Manajur memang baru-baru ini dikenal, masih sangat jarang dikunjungi, namun kini menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi karena kelestarian alamnya.

Keindahan tebing bebatuan acsesoris dari air terjun merupakan pemandangan yang indah mempesona. Hutan yang masih hijau, ditemani suara-suara burung yang berkicau, sungguh dapat melepas selaga penat lelah. Sangat direkomendasikan bagi teman-teman untuk berlibur ke sini.

Melihat potensi yang ada maka perlu adanya peran penting Pemerintah untuk mengelolanya dengan baik. Agar potensi tersebut dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan daerah, baik dari segi ekonomi, sosial masyarakat, dan juga pelestarian lingkungan hidup.

Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri Pariwisata tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan. Melalui peraturan ini ditentukan ruang lingkup pedoman pengelolaan meliputi,

(a) pengelolaan destinasi pariwisata berkelanjutan,

(b) pemanfaatan ekonomi untuk masyarakat lokal,

(c) pelestarian budaya bagi masyarakat dan pengunjung dan

(d) pelestarian lingkungan.

Kontribusi yang dapat diberikan dari destinasi wisata terkait kepada pendapatan daerah atau provinsi: pendapatan yang diperoleh dari wisatawan yang datang, pergerakan ekonomi masyarakat sekitar lokasi wisata, dan semakin dikenalnya lokasi-lokasi wisata yang terdapat di Kalimantan barat.

Continue Reading

TRENDING