Connect with us

Travel

Suku Inca Abad 14 Maju Dalam Pengobatan dan Peradaban

Published

on

Suku Inca Abad 14 Maju Dalam Pengobatan dan Peradaban

Gencil News- Suku Inca Abad 14, Maju Dalam Pengobatan dan Peradaban. Suku Inca pertama kali muncul di wilayah Andes selama abad ke-12 M. dan secara bertahap membangun kerajaan besar melalui kekuatan militer kaisar mereka.

Dikenal sebagai Tawantinsuyu, negara Inca membentang jarak dari Ekuador utara ke Chili tengah dan terdiri dari 12 juta penduduk dari lebih dari 100 kelompok etnis yang berbeda pada puncaknya. Setelah lebih dari 2 abad pendirian pemukiman di Cuzco, pada 1442 suku bangsa Inca melakukan ekspansi besar-besaran di wilayah Amerika Selatan.

Huayna Picchu, Peninggalan Suku Inca yang Mempesona
Huayna Picchu, Peninggalan Suku Inca yang Mempesona foto : navirimagazine

Sistem pertanian dan jalan yang dirancang dengan baik, bersama dengan agama dan bahasa yang terpusat, membantu mempertahankan negara yang kohesif.

Terlepas dari kekuatan mereka, suku Inca dengan cepat kewalahan oleh penyakit dan persenjataan superior penjajah Spanyol, benteng terakhir dari kerajaan besar mereka yang diambil alih pada tahun 1572.

Suku Inca pertama kali muncul di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Peru tenggara selama abad ke-12 M. Menurut beberapa versi mitos asal mereka, mereka diciptakan oleh dewa matahari, Inti, yang mengirim putranya Manco Capac ke Bumi melalui tengah-tengah tiga gua di Desa Paccari Tampu.

Setelah membunuh saudara-saudaranya, Manco Capac memimpin saudara perempuan dan pengikutnya melalui hutan belantara sebelum menetap di lembah subur dekat Cusco sekitar tahun 1200.

Suku Inca mulai memperluas kepemilikan tanah mereka pada masa pemerintahan kaisar keempat mereka, Mayta Capac. Namun, mereka tidak benar-benar menjadi kekuatan yang ekspansif sampai kaisar kedelapan, Viracocha Inca, mengambil kendali pada awal abad ke-15

Suku inca dipercayai sebagai suku yang paling beradab. Hal ini dibuktikan dari banyak peninggalan mereka yang luar biasa dan bikin tercengang. Salah satunya adalah deretan konstruksi-konstruksi luar biasa yang hingga hari ini masih sering bikin banyak orang terheran-heran. termasuk salah satunya adalah sistem jalan yang ada di Inca.

Percaya atau tidak pada abad 14, bangsa ini sudah bisa membangun sebuah sistem jalan yang sangat kompleks. Ditambah  lagi kemajuan salah satu tindakan medis suku inca yang mampu mengobati penyakit yang ringan-ringan, tapi juga kelas berat.

Salah satu bukti kehebatan medis di masa Inca adalah teknik pengobatan melubangi kepala. Metode ini dipakai ketika seseorang menderita sakit yang amat berat di bagian kepala atau cidera parah.

Kemudian dilakukan semacam pemotongan tulang tengkorak untuk mengobati hal tersebut. Sangat ekstrem, tapi teknik ini berhasil dengan 90 persen korban selamat dan sehat. Yang mana kala itu belum mengenal alat medis.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Gaya Hidup

Sensasi Bagi Penyelam dan Ilmuwan, Kuda Laut Yunani

Published

on

Penyelam lokal terpesona oleh makhluk laut yang anggun itu dan akan berusaha keras mendokumentasikan keberadaan mereka dan menghimbau perlindungan bagi kuda laut itu.

Pada 2007, penyelam komersial Vasilis Mentogiannis sedang mengerjakan proyek bawah air di teluk terpencil di Semenanjung Chalkidiki di Yunani Timur Laut ketika ia melihat kuda laut.

“Saya berkata sendiri, ‘Wow, kuda laut, luar biasa’. Tidak lama kemudian lewat yang lainnya, lalu yang lainnya, dan saya melihat banyak sekali , dan saya heran ‘ada apa disini? Saya kira ini sangat luar biasa,” kata Vasilis.

Penyelam berpengalaman itu mengatakan sangat langka melihat sekelompok kuda laut berkumpul bersama seperti itu. Didorong oleh rasa ingin tahu, ia memutuskan membentuk tim penyelam untuk melakukan survei dan mengumpulkan data mengenai kuda laut itu.

Para penyelam terpesona oleh kuda laut, kata anggota tim, Kostas Katsioulis.

“Ini adalah fenomena yang unik. Mereka yang menyelam bersama kami menjadi sangat antusias setelah melihat kuda laut, karena tidak ada perasaan lain seperti itu ketika Anda menyelam,” kata Kostas.

“Kami telah menghabiskan berjam-jam dengan kuda laut. Kuda Laut adalah makhluk pemalu, selalu membelakangi kamera,” kata Vasilis menyambung pernyataan Kostas.

Atas saran para ilmuwan, Mentogiannis yang punya latar belakang teknik mesin dan ahli dalam survei geofisika dan bawah laut menciptakan habitat buatan untuk kuda laut pada 2015.

“Kuda laut menyesuaikan diri dengan baik. Habitat buatan itu sangat berguna bagi kuda laut karena bisa mengaitkan ekornya, berbaring dan menyamarkan diri pada tali,” papar Vasilis.

Meskipun kuda laut hidup di perairan di sekitar Yunani, para ilmuwan mengatakan tidak lazim menyaksikan keberadaannya yang stabil dan berkelanjutan di daerah ini. [my]

Continue Reading

Travel

7 Negara Di Dunia Yang Memiliki Panorama Paling Terkenal

Published

on

7 Negara Di Dunia Yang Memiliki Panorama Paling Terkenal

Gencil news- 7 Negara Di Dunia Yang Memiliki Panorama Paling Terkenal. Salah satu hal menarik yang dilakukan selama berwisata untuk keliling dunia tidak hanya untuk mengenal budaya atau bahasa suatu negara saja, tapi kebiasaan dan budaya serta nuansa disekitar nya menjadi pengaruh besar. Tempat tersebut dianggap memenuhi seluruh kriteria destinasi cantik yang diinginkan oleh traveler. Mulai dari pemandangan alam yang eksotis, situs bersejarah, lansekap kota yang indah.

7 Negara Di Dunia Yang Memiliki Panorama Paling Terkenal. Berwisata keliling dunia mungkin memang merupakan idaman banyak orang. Bahkan mungkin banyak juga orang yang menjadikan impian tersebut menjadi kenyataan. Biasanya pemandangan alam yang indah juga akan menghipnotis para traveller. Berikut beberapa negara dengan pesona wisata alam terbaik dunia yang patut Anda kunjungi.

Setelah semua usai, dan pandemi berlalu. Berikut daftar perjalanan yang bisa anda masukan menjadi destinasi utama dalam petualangan traveling.

1. Norwegia

Foto File : Global Grasshoper

Negara ini memang sejak dulu terkenal sebagai negara dengan keindahan alam yang menakjubkan. Bahkan negara ini berada pada peringkat pertama dalam kategori negara dengan penduduk paling bahagia di dunia. hal ini tentu tidak lepas dari keindahan alamnya yang menakjubkan sehingga menyebabkan penduduk menjadi sangat bahagia. dari negara inilah pemandangan aurora bisa didapatkan. Selain itu pegunungan dengan danau dan sungai mengalir juga bisa dengan mudah Anda dapatkan di sana. Belum lagi salju-salju yang menutupi puncakpegunungan di Norwegia.

2. Kanada

Foto File: vocation.advertisetips.org

Negara terbesar kedua di dunia ini memiliki banyak pemandangan spektakuler yang menjadi favorit wisatawan. Tetapi jika kita harus memilih, kita akan mulai dengan Taman Nasional Torngat Mountains yang terpencil, tanah beruang kutub dan karibu, gletser dan fjord, dan hamparan pegunungan liar yang tidak akan pernah Anda lupakan. Dan 44 taman nasional negara ini patut dikunjungi, mulai dari Banff yang tenang di Alberta hingga Kluane yang ekstrim di Yukon. Silakan juga datang ke barat Ontario, padang rumput Kanada yang luas, dan datar terdiri dari provinsi Manitoba, Saskatchewan, dan Alberta, menyebar menuju Pegunungan Rocky, yang membagi provinsi Alberta, dan British Columbia.

3. Jepang

File Foto : Global Grosshoper

Di tengah modernisasi, ternyata sekaligus juga memberikan rasa tenang dan menggembirakan, serta klasik. Kepulauan Ogasawara di kawasan subtropis menawarkan pantai alami, snorkeling luar biasa dan tempat menonton ikan paus. Disamping itu, di kawasan hutan yang dipenuhi dengan 195 spesies burung yang terancam punah adalah satu tempat istimewa. Gunung Gunung Fuji adalah landmark paling ikonik di negara ini, memberi kesan desa-desa sekitarnya dan merefleksikan keindahan permukaan danau

4. Irlandia

Negara yang diberi julukan The Emerald Isle ini maka anda akan menemukannya di sepanjang Cliffs of Moher yang berlokasi di utara Lahinch, di pantai barat Claire. Tebing Moher adalah salah satu tempat di Irlandia yang paling menakjubkan. Ada juga hamparan tebing setinggi 400 kaki di selatan Galway; dan air jernih di danau Killarney National Park. Atau pergilah ke Dingle Peninsula, hamparan ladang yang dipenuhi domba dan perbukitan Crayola-hijau yang luar biasa.

5. Mongolia

File Foto : Holidayme

Jika Anda tiba-tiba ingin merasa seperti orang yang terakhir tersisa di planet bumi ini, naik saja pesawat ke Mongolia. Lanskap primordial di sini tidak seperti di tempat lain di dunia, mulai dari Gurun Gobi yang luas hingga Taiga Siberia yang dingin. Cekungan Uvs Nuur kuno, berpusat di sekitar Danau Uvs Nuur yang dangkal dan sangat asin, termasuk puncak 13.000 kaki di atas permukaan laut dan banyak danau glasial, ditambah pesona macan tutul salju yang telah terancam punah. Bukit pasir Khongoryn Els (juga dikenal sebagai “Singing Sands” karena suara yang muncul pada hari-hari berangin) adalah nuansa yang spektakuler berwarna kuning dan putih, dibatasi oleh vegetasi hijau. Cagar Biosfer Mongol Dornod merupakan salah satu ekosistem padang rumput terbesar terakhir di planet ini, melindungi jutaan hektar padang rumput dan satwa liar.

6. Afrika Selatan

Salah satu tujuan safari terbaik di benua Afrika, menawarkan akses mudah melihat “Big Five” (singa, gajah, kerbau, macan tutul, dan badak), terutama di Taman Nasional Kruger. Apakah anda ingin melihat penguin? Datanglah ke Boulder’s Beach, hanya satu jam perjalanan ke selatan dari Cape Town. Jika Anda mencari pemandangan alam menakjubkan, lanskap di sini bahkan lebih beragam daripada satwa liar, mulai dari Namaqualand yang dipenuhi bunga hingga ke kawasan Pegunungan Drakensberg yang menjulang, dilanjutkan ke Blyde River Canyon. Bahkan di kota Cape Town, Anda hanya perlu melihat ke atas untuk melihat Table Mountain dan Lion’s Head yang ikonik.

7. Indonesia

File Foto : Borneo Tour Gigant

Negara kepulauan Asia Tenggara ini dikaruniai hutan hujan tropis, gunung berapi pedalaman, dan banyak pulau, saking banyaknya sehingga tak tahu jumlah pastinya. Kepulauan Raja Ampat yang ada di Papua merupakan laguna tersembunyi dan pantai pasir putihnya ibarat hamparan surgawi. Sementara itu, pulau Komodo dikenal sebagai satu-satunya tempat populasi Komodo. Gunung Bromo adalah gunung berapi yang paling terkenal di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, berkat aksesibilitas dan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan. Ketika berwisata ke Bali, suaka margasatwa hutan monyet dan sawah terasering Ubud tidak boleh dilewatkan.

Continue Reading

Travel

5 Kota Di Negara Ini Ternyata Berdiri di Atas Dua Benua

Published

on

Menarik, 5 Kota Di Negara Ini Ternyata Berdiri di Atas Dua Benua

Gencil NewsMenarik 5 kota di negara ini ternyata berdiri diatas dua benua. Ada beberapa kota di dunia yang berdiri di atas dua benua sekaligus. Uniknya, penduduk kota bisa tinggal terpisah di sebagian benua yang lain, dan sebagian lainnya menghuni benua berbeda.

Istanbul merupakan salah kota yang cukup terkenal hingga memiliki julukan kota dua benua. Namun, ada beberapa kota lainnya yang ternyata memiliki letak geografis lintas benua yang sama dengan Istanbul. Berikut beberapa kota dua benua yang perlu kamu ketahui.

  1. Istanbul, Turki

Istanbul merupakan kota terbesar di Turki yang memiliki luas sekitar 2.065 mil persegi. Kota ini dulu dikenal dengan nama Byzantium atau Konstatinopel. Menurut World Atlas, Istanbul termasuk ke dalam benua Asia dan Eropa. Uniknya, sepertiga penduduknya menghuni kawasan benua Asia, sedangkan sisanya menghuni kawasan benua Eropa. Pusat ekonomi di kota ini berada di sisi benua Eropa.

Selat bosphorus memiliki peran penting yang memisahkan antara benua Asia dan Eropa. Hingga saat ini, Istanbul tetap menjadi kota sarat akan sejarah yang diminati banyak wisatawan. Pesona tujuh puluh museum menjadikan kota ini sangat menarik untuk dikunjungi.

  1. Suez, Mesir

Suez atau dikenal sebagai Isthmus of Suez merupakan kota yang terletak di Mesir bagian timur. Kota ini menghubungkan laut Mediterania dan laut Merah. Kota ini berdiri di perbatasan benua Asia dan Afrika. Diperkirakan, populasi penduduk mencapai 744.000 .

Menurut National Geographic, kota ini membangun Terusan Suez sepanjang 119 mil yang memungkin kapal-kapal melintasi Eropa, Afrika Utara, Asia Barat dan Asia Timur tanpa harus berkeliling Afrika.

  1. Magnitogorsk, Rusia

Magnitogorsk merupakan kota yang terletak di Rusia barat berbatasan dengan sungai Ural. Menurut Britannica, kota ini dikenal dengan kota industri yang pada tahun 1975 berdiri salah satu pabrik besi dan baja terbesar di dunia. Selain itu, letak geografisnya yang unik berada di benua Asia dan Eropa.

Penataan kota menjadikan area industri yang sebagian besar berada di wilayah benua Asia, sedangkan area perumahan berada di benua Eropa. Hingga saat ini, Magnitogorsk masih menjadi kota industri penghasil besi dan baja.

  1. Orenburg, Rusia.

Orenburg merupakan salah satu kota di Rusia yang berada di tepi sungai Ural. Kota ini mendiami kawasan benua Asia dan Eropa. Menurut Population Stat, penduduk yang mendiami kota ini berjumlah sekitar 569 ribu jiwa. Kota ini pertama kali didirikan pada tahun 1735 sebagai benteng yang dijadikan pusat militer Ural Cossack.

Selain memiliki industri teknik dan pengolahan gas, Orenburg menawarkan berbagai destinasi liburan yang  layak untuk dikunjungi. Ada banyak bangunan ikonik khas Rusia yang membuat kota ini digemari para wisatawan.

  1. Atyrau, Kazakhstan

Atyrau merupakan kota yang terletak di bagian barat Kazakhstan. Kota ini terletak sekitar sungai Ural, sehingga mendiami kawasan lintas benua Eropa dan Asia. Populasi penduduk mencapai 180 ribu jiwa. Semula, kota ini bekas bagian Uni Soviet hingga akhirnya membebaskan diri.

Perubahan kota Atyrau dapat dilihat dari pembangunan gedung perkantoran, hotel-hotel dan restoran yang mulai dikunjungi para wisatawan. Jika kamu ingin merasakan sensasi berdiri di atas dua benua, maka disini hanya harus melintasi jembatan Sungai Ural.

Continue Reading

TRENDING