Sungkui Kuliner Khas Sanggau yang Wajib Dicoba – Gencil News
Connect with us

Gaya Hidup

Sungkui Kuliner Khas Sanggau yang Wajib Dicoba

Published

on

GENCIL NEWS -SANGGAU – Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat memiliki makanan khas yang nikmat dan lezat, yaitu sungkui. Di Sanggau, sungkui merupakan makanan favorit untuk jamuan acara-acara pesta atau pada saat hari-hari besar seperti Idul Adha dan Idul Fitri.

Dikalangan Keraton Surya Negara Sanggau, sungkui merupakan menu yang wajib ada, dan dipastikan setiap tamu yang singgah ke Keraton akan disajikan makanan yang lezat ini. Menurut  Pangeran Drs. Gusti Arman Ratu Surya Negara, mengatakan sungkui bukan hanya makanan tradisional biasa, karena sungkui adalah menu andalan untuk tamu kehormatan bagi kerajaan.

Menu sungkui berbentuk sederhana yaitu tipis dan lonjong memanjang, namun meskipun begitu sungkui memiliki aroma yang khas, sehingga membuat sungkui banyak disukai dari berbagai kalangan, baik kalangan biasa-biasa saja maupun pengusaha dan pejabat ketika ada perayaan hari besar.

Cara memasak sungkui pun sangat sederhana, yaitu setelah dibungkus ke dalam daun keririt, kemudian diikat menjadi 10 bungkus dengan daun yang sama. Setelah itu direbus sekitar 4 jam dan agar matang merata maka setiap 2 jam sekali dibolak-balik.

Cara menyajikan sungkui kuliner khas Sanggau yaitu dengan dihidangkan bersama sambal nanas, opor ayam, rendang sapi, gulai, dan yang wajib ada adalah serondeng. Dan  akan lebih sempurna lagi jika dihidangkan dengan lemang dan pencuci mulut sirkaya (terbuat dari gula, telur dan santam dengan cara di steam).

Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat memang tempatnya untuk mencari kuliner dengan rasa yang nikmat dan lezat. Jika anda datang kesini pastikan anda mencicipi sungkui, kuliner Khas Sanggau.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Gaya Hidup

Dekor Ulang Model Rumah Untuk Memberikan Efek Positif

Published

on

Dekor Ulang Model Rumah Untuk Memberikan Efek Positif

Jika anda jenuh dan menginginkan suasana serta nuansa baru pada desain rumah, mulai pertimbangkan untuk dekor ulang model rumah untuk memberikan efek positif.

Gaya desain atau dekor sebenarnya terus berkembang dari waktu ke waktu. Namun untuk saat ini, ada beberapa model desain interior yang bisa menjadi inspirasi anda.

Efek positif dalam desain rumah bisa memberikan suasana baru dan motivasi inspiratif dalam bekerja dan berkreativitas sehari hari.

Mengutip dari dekoruma berikut Model-model yang bisa anda pertimbangkan untuk mendesain hunian rumah idaman anda.

Minimalis

Gaya yang satu ini mengedepankan konsep simpel dalam penataan ruang. Pemilihan furnitur secara fungsional menjadi agenda utama dalam menyusun hunian bertema minimalis.

Kesan simpel dengan memilih warna-warna netral untuk dinding hingga furnitur yang ada pada ruangan. pemberian warna model desain interior ini adalah putih, abu-abu, dan krem.

Skandinavian

Hampir serupa dengan gaya minimalis, gaya Skandinavian juga mengusung kesan simpel dalam penataan rumah. Biasanya, tiap ruang bertema Skandinavian juga tidak memiliki banyak furnitur yang sifatnya hanya untuk menghias.

Warna-warna netral pun menjadi pilihan untuk desain ini. Hanya saja untuk Skandinavian, ada sentuhan natural yang coba dihadirkan dengan penggunaan unsur kayu dalam ruangan.

Modern Kontemporer

Model desain modern kontemporer memiliki prinsip ruang terbuka. Karena itu, ornamen yang sifatnya partisi cenderung tidak digunakan dalam gaya desain interior yang satu ini.

Jarak sekat antar ruangan yang satu dengan yang lainnya bisa anda gunakan perabot fungsional.

Gaya desain ini sendiri sekarang tengah menjadi tren untuk rumah perkotaan.

Vintage

Gaya desain vintage akan menghadirkan suasana zaman dulu dalam hunian. Berbagai dekorasi antik pun menjadi ornamen penunjang dalam tema vintage untuk sebuah rumah.

Gaya desain ini biasanya menggunakan warna natural yang beragam, seperti cokelat, abu-abu, dan hijau lumut.

Rustic

Elemen kayu menjadi nyawa dalam gaya desain interior rustic. Penggunaan warna cokelat pun kerap mendominasi model rustic.

Karena tema yang desain ini adalah suasana pedesaan yang identik dengan alam atau nature.

Continue Reading

Gaya Hidup

Tetap Produktif dan Menarik Walau Bekerja Dari Rumah

Published

on

Tetap Produktif dan Menarik Walau Bekerja Dari Rumah

Bekerja dari rumah sejak pandemi sudah menjadi tren global beberapa waktu terakhir ini. dengan pilihan supaya tetap produktif saat berada dalam rumah lakukan cara yang tidak membosankan.

Bekerja secara produktif dari rumah mungkin akan membosankan, namun anda bisa merubah metode yang itu-itu saja setiap harinya.

Tidak hanya bekerja dan belajar, bahkan beribadah sekalipun sementara ini semua aktivitas dari dalam rumah. Untuk mengurangi mata rantai Penyebaran Virus Covid-19

Dengan demikian, Berikut Tips Menarik Supaya Tetap Produktif Bekerja Dari Rumah.

Bangun, mandi dan sarapan

Setelah bangun, minumlah 500 ml air putih untuk menyeimbangkan dehidrasi tubuh, jika anda termasuk penyuka olahraga silahkan lakukan streaching terlebih dahulu baru sarapan dan mandi.

Menu sarapan menjadi penambah mood dan aktivitas selama masa jam produktif, pilihlah menu makanan yang rendah karbohidrat.

Persiapkan alat-alat kerja

Kalau sudah duduk jangan langsung mulai kerja. Siapkan terlebih dahulu perangkat kerja anda dan Pastikan juga koneksi internet, audio, hingga webcam terjamin.

Tentukan jam istirahat

Walaupun produktif dari dalam rumah, anda juga tetap butuh istirahat. Dan tentu kita butuh yang namanya cooling down sejenak.

Menurut penelitian dari Lifehack.org, penting untuk memisahkan gadget untuk pekerjaan dan urusan pribadi.

Sehingga saat produktif dalam rumah, kita tidak mudah terdistraksi dengan urusan pribadi, begitu juga sebaliknya.

Saat istirahat kamu bisa mengisi waktu dengan makan siang sambil streaming film. jadwalkan jam istirahat sedikit lebih longgar untuk mengapresiasi tingkat produktivitas anda.

Selesai bekerja, jangan lupa workout sore

Nilai plus bekerja dari rumah, anda bisa mengatur waktu lebih leluasa. Jadi bisa meluangkan waktu untuk olahraga dan menikmati suasana sekitar sejenak.

Lakukan olahraga sambil dengerin musik atau podcast jadi kegiatan menyenangkan seusai kerja.

Continue Reading

Budaya

Ini 5 Tradisi Pernikahan Yang dianggap Mahal di Indonesia

Published

on

Ini 5 Tradisi Pernikahan Yang dianggap Mahal di Indonesia

Indonesia terkenal dengan keberagaman suku, adat dan tradisi yang berbeda-beda. Dengan begitu segala tradisi tersebut patut dilestarikan,

Dengan terdapat upacara adat atau tradisi yang berbeda pada masing-masing daerah dan memiliki ciri khas tersendiri, ada banyak hal yang menarik.

Sebut saja salah satunya adalah upacara adat pernikahan. Sebagai negeri yang memiliki keberagaman budaya dan suku, wajar jika tatanannya tetap abadi.

Selanjutnya, tradisi adat dalam pernikahan setiap suku juga memberikan nilai dan warisan kepada generasi berikutnya.

Dari sekian banyak keragaman budaya yang ada, beberapa daerah terkenal memiliki tradisi dan mahar yang paling mahal di Indonesia.

Pernikahan Adat Bali

Bali menjadi salah satu daerah yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya. Setiap proses pernikahan yang berlangsung dalam tatanan adat masyarakat Bali sangatlah sakral mulai dari proses pengenalan kedua keluarga sampai ke proses lamaran.

Pernikahan adat Bali umumnya menghabiskan cukup banyak uang, di mana biasanya akan mencapai ratusan juta rupiah.

Hal ini karena adat budaya yang turun termurun mewajibkan pengantin untuk melalui prosesi tertentu. misalnya saja pakaian khusus beserta segala aksesorinya.

Pernikahan Adat Batak

Suku Batak juga terkenal sebagai suku yang memiliki proses panjang untuk menuju hari pernikahan.

Mengutip dari laman cermati, umumnya, proses tersebut ialah pertemuan antar keluarga yang rutin mulai dari proses perkenalan keluarga kedua belah pihak hingga ke acara pertunangan dari serangkaian acara tersebut hampir seluruhnya melibatkan keluarga besar.

Ada tiga hal yang menjadi syarat menuju ke sepakatan acara pernikaha, seperti Sinamot atau mahar, ulos, dan biaya pernikahan.

Jika pengantin perempuan bukan dari suku Batak, maka akan ada upacara tambahan untuk pemberian marga atau boru.

Pernikahan Adat Bugis

Ini dia pernikahan termahal di Indonesia yang nyatanya juga cukup menguras dompet. Pernikahan adat suku Bugis memiliki persiapan dengan proses yang tebilang panjang.

Mahar pun berbeda tergantung tingkat pendidikan yang telah mempelai wanita tempuh. dan harus dalam bentuk emas, dengan rangkaian acara pernikahan yang terbilang panjang.

Pernikahan Adat Minangkabau

Biaya upacara pernikahan dengan adat Minangkabau dapat mencapai angka lebih dari Rp150 juta yang juga termasuk dalam salah satu pernikahan adat termahal di Indonesia.

Belum lagi biaya saat Malam Bainai oleh mempelai perempuan, yaitu ritual unjuk kasih sayang pada para sesepuh sebelum pernikahan dengan menghias tangan perempuan dengan inai (pacar).

Kemudian ritual dengan Manjapuik Marapulai, yaitu parade atau arak-arakan penjemputan pengantin pria ke tempat pernikahannya.

Pernikahan Adat Suku Sasak

Pernikahan khas adat Sasak tergolong unik jika merujuk dari urutan prosesinya. Hal ini karena sebelum acara pernikahan calon pengantin laki-laki akan menculik calon pengantin perempuan dan dibawa ke rumah keluarganya. Tradisi ini disebut sebagai memari.

Adapun perhitungan jumlah mahar pada masyarakat Sasak disesuaikan dengan jarak dari rumah keluarga perempuan ke keluarga laki-laki. Misalnya, berapa jembatan atau berapa masjid yang dilewati.

Sehingga bagi pasangan pengantin yang berdomisili di kampung yang sama biaya maharnya lebih murah, yaitu Rp500 ribu hingga Rp1 juta.

Sedangkan pasangan yang berbeda kampung atau kota biaya maharnya bisa mencapai puluhan juta, tergantung jarak. Proses tawar menawar mahar ini pun melibatkan banyak pihak seperti pejabat desa atau kepala desa.

Selain jarak, perbedaan kasta atau status keturunan juga menentukan besarnya mahar. Jika pasangan berasal dari kasta berbeda, maka lebih mahal lagi maharnya.

Continue Reading

Advertisement

KORAN GENCIL NEWS

TRENDING