Sungkui Kuliner Khas Sanggau yang Wajib Dicoba – Gencil News
Connect with us

Gaya Hidup

Sungkui Kuliner Khas Sanggau yang Wajib Dicoba

Published

on

GENCIL NEWS -SANGGAU – Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat memiliki makanan khas yang nikmat dan lezat, yaitu sungkui. Di Sanggau, sungkui merupakan makanan favorit untuk jamuan acara-acara pesta atau pada saat hari-hari besar seperti Idul Adha dan Idul Fitri.

Dikalangan Keraton Surya Negara Sanggau, sungkui merupakan menu yang wajib ada, dan dipastikan setiap tamu yang singgah ke Keraton akan disajikan makanan yang lezat ini. Menurut  Pangeran Drs. Gusti Arman Ratu Surya Negara, mengatakan sungkui bukan hanya makanan tradisional biasa, karena sungkui adalah menu andalan untuk tamu kehormatan bagi kerajaan.

Menu sungkui berbentuk sederhana yaitu tipis dan lonjong memanjang, namun meskipun begitu sungkui memiliki aroma yang khas, sehingga membuat sungkui banyak disukai dari berbagai kalangan, baik kalangan biasa-biasa saja maupun pengusaha dan pejabat ketika ada perayaan hari besar.

Cara memasak sungkui pun sangat sederhana, yaitu setelah dibungkus ke dalam daun keririt, kemudian diikat menjadi 10 bungkus dengan daun yang sama. Setelah itu direbus sekitar 4 jam dan agar matang merata maka setiap 2 jam sekali dibolak-balik.

Cara menyajikan sungkui kuliner khas Sanggau yaitu dengan dihidangkan bersama sambal nanas, opor ayam, rendang sapi, gulai, dan yang wajib ada adalah serondeng. Dan  akan lebih sempurna lagi jika dihidangkan dengan lemang dan pencuci mulut sirkaya (terbuat dari gula, telur dan santam dengan cara di steam).

Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat memang tempatnya untuk mencari kuliner dengan rasa yang nikmat dan lezat. Jika anda datang kesini pastikan anda mencicipi sungkui, kuliner Khas Sanggau.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tips

Kenali Perbedaan Antara Surat Tilang Biru dan Merah

Published

on

Kenali Perbedaan Surat Tilang Biru dan Merah
Sumber Foto : istimewa

Bagi pengendara yang melanggar tata tertib berlalu lintas maka polisi akan memberikan sanksi tilang berupa surat tilang kepada pengendara.

Selanjutnya, surat tilang yang berlaku saat ini ada dua jenis perbedaannya antara warna biru dan merah maka itu kenali perbedaannya.

Tak sedikit pengendara yang mengerti perbedaannya, sehingga saat penilangan langsung begitu saja menerima slip tersebut.

Surat Tilang Biru

Pertama kenali surat tilang berwarna biru. slip biru kepada akan dberikan kepada pengguna jalan yang terbukti melakukan pelanggaran.

Apabila pengguna jalan tersebut mengakui kesalahan atau pelanggaran yang pengguna lakukan tanpa keberatan.

Dengan kata lain, slip warna biru ini berlaku kepada pelanggar yang mau menerima dakwaan pelanggaran yang tertuju kepadanya.

Petugas langsung memberikan surat bukti pelanggaran tersebut tanpa ada masalah antara kedua belah pihak.

Sehingga pelanggar bisa langsung membayar denda yang harus ia tanggung atas pelanggaran yang ia lakukan tanpa harus menjalani proses sidang.

Pelanggar akan mendapatkan kode pembayaran BRIVA untuk melakukan pembayaran denda melalui ATM atau BRI.

Surat Tilang Merah

Surat tilang merah ini akan petugas berikan kepada pelanggar tata tertib lalu lintas yang tidak mau menerima atau keberatan atas tuduhan pelanggaran.

Dalam kasus ini, apabila pelanggar merasa keberatan atas sanksi pelanggaran maka ia akan memiliki kesempatan untuk membela diri bahwa ia tidak bersalah.

Dengan kata lain, pelanggar bisa menyampaikan pembelaannya pada sidang yang harus ia ikuti.

Apabila ada pelanggar yang merasa keberatan dan ingin melakukan pembelaan, maka petugas akan memberikan surat bukti pelanggaran atau slip berwarna merah.

Dalam surat ini pelanggar akan mengikuti sidang untuk membuktikan bahwa ia tidak bersalah.

Apabila putusan sidang terbukti tidak bersalah, maka orang tersebut bisa mengambil barang bukti yang sudah disita tanpa membayar denda.

Tetapi bila terbukti bersalah, maka pelanggar harus membayar denda yang ditentukan agar bisa membawa pulang barang bukti yang sudah disita.

Dengan demikian itulah penjelasan perbedaan antara surat tilang berwarna merah dan biru.

Continue Reading

Kesehatan

4 Masalah kesehatan Jika Tidur dengan Perut Kosong

Published

on

4 Masalah kesehatan Jika Tidur dengan Perut Kosong

Tidur malam hari merupakan salah satu hal yang mengakhiri segala aktivitas yang kita lakukan dalam satu hari. Namun, Salah satu kondisi yang bisa terjadi ketika tidur dengan kondisi perut kosong pada malam hari sangat berpengaruh hingga besoknya.

Selain itu, Kondisi lapar ketika tidur ini bisa menyebabkan berbagai macam hal.

Melnasir dari Times of India, berikut sejumlah dampak yang muncul ketika seseorang tidur dalam kondisi perut kosong.

Kurang Nutrisi

Tidak makan pada malam hari atau melewatkan jam makan malam maka bisa menyebabkan kurangnya nutrisi dalam tubuh terutama mikronutrisi.

Tubuh kita membutuhkan mikronutrisi seperti magnesium, vitamin B12, dan vitamin D3 untuk dapat bekerja secara efisien.

Memengaruhi Metabolisme

Jika seseorang sering melewatkan makan malam, hal ini bisa memengaruhi metabolisme tubuhnya. sehingga hal ini bisa mempengaruhi tingkat insulin pada tubuh serta kolesterol dan tingkat tiroid.

Sulit Tidur

Mencoba tidur dalam kondisi perut kosong bisa membuatmu kesulitan untuk memulai tidur. Rasa lapar akan membuatmu terjaga lebih lama. Hal ini terjadi karena tubuh terkontrol secara hormonal dan saraf sehingga kurang makan di malam hari bisa menimbulkan dampak terhadap hal ini.

Bertambahnya Berat Badan

Banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan menganggap bahwa melewatkan makan malam bisa membuat mereka kurus. Faktanya, melewatkan makan malam malah bisa membuat berat badan bertambah.

Ketika melewatkan makan malam, tubuh akan mulai menumpuk lemak. Tubuh mulai menyimpan tenaga dan menggunakannya untuk melakukan aktivitas lain yang berujung bertambahnya berat badan.

Continue Reading

Kuliner

Resep Menu Masakan Western Food French Toast Alpukat

Published

on

Resep Menu Masakan Western Food French Toast Alpukat
Sumber Foto : French Toast- farmfreshfeasts

French Toast Alpukat, Resep menu ala barat yang bisa anda kombinasikan dari roti tawar, telur, dan buah alpukat.

Resep yang satu ini bisa menjadi menu sarapan Anda setiap hari, Selain menyehatkan juga bermanfaat tinggi bagi tubuh.

Sebuah penelitian menyatakan mengonsumsi alpukat dapat meningkatkan penyerapan antioksidan 2,6 hingga 15 kali lipat.

Selain itu, lemak pada alpukat menyehatkan lapisan usus, sehingga mengurangi risiko sembelit hingga mencegah gejala sindrom iritasi usus besar.

Ilustrasi Foto : Western Food French Toast Alpukat

Sebelum mengolah alpukat, cuci dulu dengan air mengalir hingga bersih. Kemudian, letakkan buah di atas talenan, belah alpukat dan keluarkan biji dari dalamnya. Keruk seluruh bagian dagingnya hingga bersih.

Setelah itu, masukkan seluruh daging buah alpukat ke dalam food processor. Hancurkan hingga lembut dan tak ada buah yang terlihat masih besar.

Kalau ingin ada rasa manisnya sedikit, tambahkan satu sendok madu. Kalau sudah, sisihkan ke dalam wadah.

Western Food French Toast Alpukat

Bahan:

  • Roti Tawar Secukupnya
  • Susu cair secukupnya
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • Gula dan kayu manis secukupnya
  • 1 buah alpukat

Cara Membuat:

  1. Kocok telur dan tuangkan sedikit susu cair, gula, dan kayu manis.
  2. Setelah itu, celupkan roti tawar dan panggang pada atas teflon yang telah terolesi dengan sedikit margarin.
  3. Haluskan daging alpukat dan tambahkan dengan sedikit garam dan lada, aduk merata.
  4. Tata alpukat di atas roti yang telah matang dan tambahkan telur setengah matang.
  5. Terakhir, taburi garam dan lada sesuai selera.
  6. Siap anda nikmati selagi hangat.
Continue Reading

TRENDING