Connect with us

Gaya Hidup

Sungkui Kuliner Khas Sanggau yang Wajib Dicoba

Published

on

GENCIL NEWS -SANGGAU – Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat memiliki makanan khas yang nikmat dan lezat, yaitu sungkui. Di Sanggau, sungkui merupakan makanan favorit untuk jamuan acara-acara pesta atau pada saat hari-hari besar seperti Idul Adha dan Idul Fitri.

Dikalangan Keraton Surya Negara Sanggau, sungkui merupakan menu yang wajib ada, dan dipastikan setiap tamu yang singgah ke Keraton akan disajikan makanan yang lezat ini. Menurut  Pangeran Drs. Gusti Arman Ratu Surya Negara, mengatakan sungkui bukan hanya makanan tradisional biasa, karena sungkui adalah menu andalan untuk tamu kehormatan bagi kerajaan.

Menu sungkui berbentuk sederhana yaitu tipis dan lonjong memanjang, namun meskipun begitu sungkui memiliki aroma yang khas, sehingga membuat sungkui banyak disukai dari berbagai kalangan, baik kalangan biasa-biasa saja maupun pengusaha dan pejabat ketika ada perayaan hari besar.

Cara memasak sungkui pun sangat sederhana, yaitu setelah dibungkus ke dalam daun keririt, kemudian diikat menjadi 10 bungkus dengan daun yang sama. Setelah itu direbus sekitar 4 jam dan agar matang merata maka setiap 2 jam sekali dibolak-balik.

Cara menyajikan sungkui kuliner khas Sanggau yaitu dengan dihidangkan bersama sambal nanas, opor ayam, rendang sapi, gulai, dan yang wajib ada adalah serondeng. Dan  akan lebih sempurna lagi jika dihidangkan dengan lemang dan pencuci mulut sirkaya (terbuat dari gula, telur dan santam dengan cara di steam).

Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat memang tempatnya untuk mencari kuliner dengan rasa yang nikmat dan lezat. Jika anda datang kesini pastikan anda mencicipi sungkui, kuliner Khas Sanggau.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kesehatan

5 Langkah Mudah Mengatasi Tumit Kaki Pecah Pecah

Published

on

5 Langkah Mudah Mengatasi Tumit Kaki Pecah Pecah

Gencil News- 5 Langkah Mudah Mengatasi Tumit Kaki Pecah Pecah. Saat berjalan, bantalan lemak di tumit akan menyebar dan menipis. Karena tekanan saat berjalan, kulit tumit mungkin saja mengeras dan akhirnya mengalami pecah-pecah.Jika semakin parah, kaki pecah-pecah bisa berdarah dan sakit ketika digunakan untuk berjalan.

5 Langkah Mudah Mengatasi Tumit Kaki Pecah Pecah. Ada beberapa faktor dan kebiasaan sehari-hari yang bisa menyebabkan kaki pecah-pecah antara lain, sering berjalan tanpa alas kaki, Sering berdiri dalam waktu yang lama, menggunakan sepatu yang kurang pas untuk melindungi tumit, sering merendam kaki ke dalam air panas dan kulit kaki kering akibat berada di suhu udara yang dingin dan kering.

Kulit telapak kaki memang pada dasarnya lebih kering daripada bagian kulit lainnya karena tidak memiliki kelenjar keringat. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang mengeluh tumit kaki mereka kering dan kasar. Terlebih, tumit kaki yang kering juga mudah kapalan saat terus dipakai berjalan, tumit kaki yang kering nan tebal pun akan pecah merekah.

Berikut 5 langkah mudah mengatasi tumit kaki pecah pecah.

1. Petroleum jelly dan jus lemon

campuran dari petroleum jelly dan jus lemon dikatakan ampuh untuk menyembuhkan kaki pecah-pecah dengan cepat. Pertama, rendam kaki dalam air hangat selama sekitar dua puluh menit dan pastikan benar-benar kering. Kemudian campurkan satu sendok teh Vaseline dengan tiga sendok teh jus lemon, aduk rata. diamkan selama sekitar satu jam. Bungkus kaki dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalaman. Pagi harinya, bilas bersih dengan air suam kuku dan jangan lupa oleskan pelembab. Lakukan ini setiap hari agar Anda melihat perubahan kaki yang jadi lebih lembut dan halus dalam waktu sekitar seminggu.

2. Oleskan pelembab

Carilah krim pelembap yang kental dan kaya, seperti shea butter, gel lidah buaya, atau petroleum jelly, semakin lengket berminyak tekstur pelembap Anda semakin bagus untuk menyembuhkan kulit kaki yang kering dan retak.

Oleskan kaki Anda dengan pelembap setiap malam sebelum tidur. Bungkus dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalaman.

3. Pijat dengan minyak

Minyak cenderung bekerja lebih baik daripada lotion karena lotion lebih cepat menyerap ke dalam kulit. Anda bisa pilih minyak zaitun, minyak almond, minyak wijen, tea tree oil, hingga minyak kelapa. Atau minyak Vitamin E yang merupaka pelembap ajaib yang mampu membantu menyembuhkan dan mencegah kaki pecah-pecah. Pijat perlahan, lakukan setiap malam sebelum tidur. Minyak akan membantu melembabkan, sementara pijatan akan membantu merangsang sirkulasi agar mempercepat penyembuhan pada kaki kasar atau tumit pecah pecah

4. Lulur oatmeal

Lulur oatmeal telah digunakan selama ratusan tahun sebagai penyembuh iritasi dan peradangan kulit. Menggabungkan oatmeal dan minyak zaitun merupakan metode perawatan yang baik untuk penyembuhan kaki pecah-pecah. aduk rata satu sendok makan oats kering dan satu sendok makan minyak hingga membentuk seperti losion. oleskan tumita atau kaki yang bermasalah dengan lulur oatmeal ini, biarkan meresap hingga setengah jam dan bilas bersih.

5. Masker alpukat pisang

Pisang adalah salah satu alternatif murah meriah terbaik untuk membantu menyembuhkan kaki pecah-pecah dengan cepat. Ambil satu buah pisang matang dan setengah alpukat, haluskan keduanya dan campur merata hingga menjadi seperti losion. Alpukat tumbuk yang dicampur dengan minyak kelapa juga bekerja sama ampuhnya. Alpukat kaya akan beberapa minyak esensial, vitamin, dan lemak yang membantu memperbaiki kulit kering.

Continue Reading

Kuliner

Resep Masakan Oseng Kikil Pedas Nikmat

Published

on

Resep masakan oseng kikil pedas nikmat

Gencil News- Resep masakan oseng kikil pedas nikmat. Kikil salah satu masakan yang cukup digemari masyarakat. Mulai dari isian soto hingga dioseng, banyak yang  sepakat bahwa kikil memiliki rasa yang lezat. kikil adalah bagian yang berada di bagian kaki sapi. di balik kelezatannya. Mengkonsumsi hidangan kikil dengan jumlah yang wajar tidak akan meningkatkan jumlah kolesterol secara drastis. Selain dihidangkan menjadi makanan berkuah, kamu juga dapat mengolah menjadi makanan dalam sajian tumisan.

Banyak Pemahaman pada masyarakat yang menganggap bahwa kikil sendiri tinggi akan kolesterol. Sehingga, banyak orang juga yang pada akhirnya mengurangi atau menghindari konsumsi dari kikil. Dengan bumbu-bumbu dapur yang biasa kamu gunakan sehari-hari, kikil bisa diolah menjadi hidangan utama ataupun pendamping.

Tips untuk mengolah Supaya kikil Agar lebih cepat empuk, kikil bisa direbus pakai panci presto. Untuk satu kilogram kikil, bisa direbus selama dua jam lalu dipotong kecil-kecil. Pakai panci biasa pun bisa, tapi sebaiknya kikil dipotong kecil-kecil lebih dahulu agar cepat empuk.

Atau bisa juga gunakan cara direbus dengan 2 lembar daun jeruk, 1 serai, 2 lembar daun salam, dan 1 ruas jahe. Rebus selama sekitar 2 jam sampai empuk.

Resep Masakan oseng kikil pedas nikmat

Bahan:

  • 250 gr kikil
  • 5 siung bawang putih iris tipis
  • 8 siung bawang merah iris tipis
  • Cabai merah & hijau potong bulat (sesuai selera)
  • Seruas lengkuas geprek
  • 2 lembar daun salam & daun jeruk purut
  • 2 sdm kecap manis
  •  1 sdm saus tiram
  • Garam, gula merah, & kaldu jamur secukupnya
  • Minyak goreng
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Rendam kikil dengan air mendidih selama 20 menit. Kemudian buang airnya dan ganti air lagi lalu rebus kikil dengan daun salam, daun jeruk purut, dan jahe geprek sampai kikil empuk.
  2. Kemudian potong sesuai selera.
  3. Tumis semua bumbu sampai harum.
  4. Masukkan kikil, kecap, garam, kaldu jamur, gula, & saus tiram.
  5. Tambahkan air secukupnya, aduk rata & koreksi rasa.
  6. Masak sampai bumbu meresap dan air menyusut kemudian matikan api.

Continue Reading

Gaya Hidup

Waspada Bahaya Kosmetik Bermerkuri Masih Mengintai

Published

on

Waspada Bahaya Kosmetik Bermerkuri Masih Mengintai

Gencil News- Waspada Bahaya Kosmetik Bermerkuri Masih Mengintai. Merkuri adalah unsur alami yang ditemukan di udara, air dan tanah. Merkuri dianggap oleh WHO sebagai salah satu dari sepuluh bahan kimia atau kelompok bahan kimia yang menjadi perhatian utama kesehatan masyarakat. Merkuri dapat memiliki efek toksik pada sistem saraf, pencernaan dan kekebalan tubuh, dan pada paru-paru, ginjal, kulit dan mata. dan akan menimbulkan gejala penyakit serius pada kulit.

Waspada Bahaya Kosmetik Bermerkuri Masih Mengintai. Paparan merkuri bahkan dalam jumlah kecil dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, dan merupakan ancaman bagi perkembangan anak dalam kandungan. Efek merkuri dari kosmetik memang bisa membuat wajah terlihat putih dan lebih cerah seketika namun hal ini juga diikuti dengan efek samping yang akan dirasakan dalam waktu yang cepat atau lambat.

Dilansir dari Fimela berikut ciri ciri kosmetik yang mengandung merkuri: Ciri-ciri ini dapat dilihat secara langsung atau dengan beberapa penelitian sederhana.

  • Warna krim sebenarnya tidak selalu sama, tergantung merk dan produsen, ada yang putih untuk krim pagi, dan kuning untuk krim malam, atau sebaliknya. Namun ciri-ciri paling jelas, warna krim yang mengandung merkuri mengkilat. Ciri ini adalah efek yang menunjukkan sifat merkuri yang mengkilapkan.
  • Sebagian lagi ada yang mencampurkan merkuri dengan bedak dingin (bedak jerawat), agar tampak lebih encer.
  • Krim pada umumnya tidak HOMOGEN (tidak menyatu & kasar), bila didiamkan minyak akan terpisah dengan bagian padat.
  • Bau logam merkuri tercium atau sebagian menggunakan parfum menyengat untuk menghilangkan bau logam merkuri tersebut.
  • Warna umumnya sangat mencolok, karena tidak menggunakan bahan pewarna untuk kosmetik, umumnya menggunakan bahan pewarna tekstil, warna kuning dan warna krim putih pearly (mengkilat seperti mutiara).

Bila Anda merasa menggunakan kosmetika bermerkuri, sebaiknya hentikan sekarang juga. Konsumsi lebih banyak buah dan sayur segar serta lakukan olahraga teratur untuk detoks secara alami. dan konsultasi kepada ahli nya jika ingin menggunakan kosmetik pilihan yang cocok untuk kulit anda.

Continue Reading

TRENDING