Taman Nasional Terlengkap di Indonesia Gunung Palung, Kayong Utara
Connect with us

Travel

Taman Nasional Terlengkap di Indonesia Gunung Palung, Kayong Utara

Published

on

GENCIL NEWS –Taman Nasional Terlengkap di Indonesia Gunung Palung, Kayong Utara. Setelah kita mengetahui tempat-tempat wisata di Kabupaten Kayong Utara seperti Pantau Pulau Datok, Lubuk Baji, bukit Mendale, dan pulau Karimata, tempat wisata yang satu ini juga perlu dikunjungi dan menjadi daftar kunjungan wisata Anda, Taman Nasional Gunung Palung (TNGP).

Kawasan Taman Nasional Gunung Palung meliputi Kabupaten Ketapang sampai Kabupaten Kayong Utara dengan luas kurang lebih 90.000 hektar. Areanya terbentang dari Kecamatan Matan Hilir Utara, Sukadana, Simpang Hilir, Nanga Tayap, dan Sandai.

Taman Nasional Terlengkap di Indonesia Gunung Palung, Kayong Utara. Kerennya lagi, TNGP ini termasuk kawasan yang mempunyai ekosistem sebagai taman nasional terlengkap di Indonesia. Di samping itu, di kawasan TNGP ini terdapat gunung Palung yang mempunyai ketinggian 1.116 meter dari permukaan laut. Sehingga, memang TNGP layak untuk dikunjungi bersama teman maupun keluarga.

Kawasan Taman Nasional Gunung Palung ini masih berupa hutan primer yang tidak terganggu oleh aktivitas masyarakat sekitar serta terdapat beberapa komunitas tumbuhan dan satwa liar. Di samping itu, terdapat habitat orangutan yang berjumlah sekitar 2.200 ekor orangutan.

Di kawasan TNGP tercatat ada sekitar 190 jenis burung dan 35 jenis mamalia yang mempunyai peran sebagai pemencar biji tumbuhan di hutan. Semua keluarga burung dan kabarnya sebagian besar dari seluruh jenis burung yang ada di Kalimantan, terdapat di dalam hutan kawasan TNGP tersebut.

Taman Nasional Gunung Palung juga merupakan kawasan pelestarian alam yang memiliki keaneka ragaman hayati dengan nilai tinggi, terdapat juga tumbuhan mangrove, hutan rawa, rawa gambut, hutan rawa air tawar, hutan pamah tropika, dan hutan pegunungan dengan kabut yang aduhai.

Untuk mencapai ke kawasan TNGP ini Anda bisa mendapatkan informasi dan melakukan reservasi di Jalan Wahid Hasyim 41/A, telpon (0534) 33539 Ketapang Kalimantan Barat. Akses transportasi ke sana bisa melalui udara, dan laut.

Jika Anda menggunakan transportasi udara, bisa melalui bandara Supadio Pontianak dengan tujuan Ketapang dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Nah, bagi yang ingin menggunakan transportasi laut, Anda bisa menggunakan kapal express/speadboat melalui pelabuhan Senghi Pontianak menuju Ketapang, waktu tempuh sekitar 6-7 jam.

Bagi pengunjung yang akan berwisata ke Taman Nasional Gunung Palung tersebut akan dikenakan biaya restribusi atau biaya tiket masuk, antara lain: Rp 1.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp 10.000 per orang untuk wisatawan mancanegara serta dikenakan biaya tambahan sebesar Rp2.500 untuk kamera foto dan Rp25.000 untuk kamera video.

Nah, tunggu apa lagi, siapkan rencana Anda untuk berkunjung di ke tempat wisata yang ada di Kabupaten Kayong Utara.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Travel

Liburan Akhir Tahun 2020, Catat Tanggalnya

Published

on

Liburan Akhir Tahun 2020, Catat Tanggal nya.

Bagi yang sudah tidak sabar untuk menikmati rehat panjang dan sudah menyiapkan diri untuk liburan akhir tahun 2020? Catat dulu tanggal liburannya dalam kalender Anda.

Melansir dari detikTravel. Pemerintah sebelumnya sudah mengatur cuti bersama dan liburan tahun 2020 di dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri.

yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Aturan tersebut tertuang dalam surat edaran cuti bersama 2020 terbaru Nomor 391 Tahun 2020, Nomor 02 Tahun 2020, dan Nomor 02 Tahun 2020 tentang:

Perubahan Kedua atas SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2020.

Awalnya SKB 3 menteri ini awalnya memutuskan bahwa libur cuti bersama hanya berlangsung sebanyak 4 hari.

Namun, kemudian tambah 4 hari menjadi 8 hari di tanggal 28-29 Mei (Hari Raya Idul Fitri), 21 Agustus (Tahun Baru Hijriah), dan 30 Oktober (Maulid Nabi).

Kemudian, pada April 2020 lalu pemerintah memutuskan untuk menggeser jadwal cuti bersama tersebut ke akhir tahun.

Alasannya karena adanya pandemi sehingga masyarakat tidak melaksanakan mudik.

Adapun, cuti bersama Hari Raya Idul Fitri pindah ke tanggal 28-31 Desember 2020.

Berikut daftar liburan di akhir tahun 2020:

-Kamis, 24 Desember 2020 cuti bersama Natal 2020

-Jumat, 25 Desember 2020 hari libur nasional Natal 2020

-Senin, 28 Desember 2020 cuti bersama pengganti Idul Fitri 1441 Hijriah

-Selasa, 29 Desember 2020 cuti bersama pengganti Idul Fitri 1441 Hijriah

-Rabu, 30 Desember 2020 cuti bersama pengganti Idul Fitri 1441 Hijriah

-Kamis, 31 Desember 2020 cuti bersama pengganti Idul Fitri 1441 Hijriah

Namun, bagi masyarakat yang ingin melaksanakan dan menyiapkan liburan pada akhir tahun 2020 tetap harus melaksanakan protokol kesehatan COVID-19.

Hal itu guna mencegah penularan dan peningkatan kasus.

Continue Reading

Travel

Tahun Depan, Semua Museum di Yogyakarta akan Sajikan Tur Virtual

Published

on

Tahun Depan, Semua Museum di Yogyakarta akan Sajikan Tur Virtual

TEMPO. CO, JAKARTA– Badan Musyawarah Museum (Barahmus) Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong seluruh museum melakukan penyesuaian di masa pandemi Covid-19 dengan menyajikan koleksi secara virtual sehingga masyarakat tetap dapat mengakses secara jarak jauh.

“Semoga tahun 2021 semua museum telah melaksanakan virtualisasi museum” kata Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo.

Ada 38 museum di DIY yang nantinya dapat menyesuaikan diri pada era transformasi informasi 4.0 dengan menyajikan koleksi secara virtual reality, augmented reality serta video profil museum.

 “Tentu dengan tetap menjunjung tinggi etika dan nilai budaya Yogyakarta,” kata Bambang.

Ia pun berharap masyarakat, khususnya generasi muda, tetap memosisikan peran penting museum sebagai wahana edukasi sejarah serta penelitian.

Melalui sarana digital, menurut Bambang, masyarakat luas dapat mengikuti tour virtuality museum dengan menyesuaikan minat atau pilihan masing-masing untuk mengakses museum dengan koleksi dengan tema seni, budaya, pendidikan maupun sejarah perjuangan.

Menurut Bambang, Tim Kajian Pengembangan Virtual Museum di DIY yang terbentuk oleh Barahmus DIY.

dan terfasilitasi oleh Disbud DIY akan menyelesaikan kajiannya hingga akhir November 2020.

Hingga Oktober 2020, tercatat 22 dari 38 museum di daerah ini telah kembali beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sebanyak 22 museum itu tersebar di Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, dan Sleman. Di antaranya adalah Museum Monumen Jogja Kembali, Museum Gumuk Pasir, Museum Gunung Merapi serta Museum Keraton Yogyakarta.

Namun, kata Bambang, hingga saat ini jumlah pengunjung museum belum pulih signifikan. Hal ini mengingat para pelajar yang biasa mendominasi kunjungan di museum masih melaksanakan kegiatan belajar secara daring.

Continue Reading

Travel

Maskapai AirAsia Tawarkan Sejumlah Layanan Untuk Calon Penumpang

Published

on

AirAsia Indonesia Tawarkan Sejumlah Layanan Untuk Penerbangan Domestik

Maskapai penerbangan AirAsia Indonesia menawarkan sejumlah layanan bagi calon penumpang untuk penerbangan rute domestik. Salah satu dari sejumlah layanan tersebut adalah rapid test atau tes cepat dengan harga Rp 95.500.

Selain harga khusus untuk rapid test, AirAsia juga menyediakan layanan bagasi gratis hingga 15 kilogram.

Untuk seluruh penumpang pada semua rute penerbangan domestik.

“Layanan rapid test dengan penawaran khusus seharga Rp 95.500 (tersedia) pada sejumlah lokasi layanan rapid test yang bekerja sama dengan AirAsia,” tutur Direktur Utama AirAsia Indonesia

Adapun dokumen rapid test masih menjadi syarat utama bagi penumpang yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh di dalam negeri.

Ketentuan ini ada dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 41 Tahun 2020.

Pada masa pandemi yang penuh ketidakpastian, Veranita mengimbuhkan, Maskapai penerbangan AirAsia menyiapkan opsi fleksibilitas bagi pelanggan yang ingin mengatur ulang jadwal perjalanannya

Untuk memastikan kenyamanan pelanggan, Veranita mengatakan maskapainya telah mengumumkan jadwal penerbangan terbaru untuk rute domestik hingga 15 November

Veranita mengimbau seluruh pelanggan selalu mengikuti arahan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19

Menurutnya lagi, “Seluruh armada AirAsia juga telah lengkap dengan fitur penyaring udara High Efficiency Particulate Arresters atau HEPA,”

HEPA merupakan filter yang dapat memperbarui udara pada kabin setiap 2-3 menit dan menyaring 99,9 persen partikel debu dan kontaminan pada udara seperti virus dan bakteri.

Continue Reading

TRENDING