Connect with us

Travel

Tips Travelling Agar Koper Tidak Hilang di Bandara

Published

on

Tips Agar Koper Tidak Hilang di Bandara

GENCIL NEWS –Tips Travelling Agar Koper Tidak Hilang di Bandara. Pernahkah Anda Panik ketika turun dari pesawat saat check out Anda tidak mendapati koper Anda? Bayangan liburan indah menjadi berantakan gara-gara koper yang hilang .

Yang menjadi pertanyaan besar bagi anda yang sering berpergian ialah mengapa koper kita bisa hilang. Apakah prosedur keamanan yang diterapkan kurang. Sehingga koper bisa hilang. Berikut beberapa sebab koper kita bisa hilang.

• Biasanya koper diangkut tidak tepat waktu sehingga tidak terangkut.
• Stiker lama di koper masih menempel sehingga membingungkan petugas.
• Petugas check in memasang stiker yang salah. Sehingga petugas bagasi salah mengidentifikasi.
• Petugas salah meletakkan ke dalam troli sehingga menyebabkan tas salah masuk le bagasi pesawat lain.
• Koper jatuh dari mobil tanpa disadari sehingga menyebabkan hilang
• Sistem tidak mengenal koper Anda sehingga sangat dianjurkan untuk memberikan keterangan di luar koper.
• Pada saat kondisi penerbangan ramai koper terjebak di area bagasi dan terbawa penerbangan lain.

Kalau melihat bagaimana koper kita bisa hilang kita bisa mengira-ngira antisipasi apa yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasinya. Karena untuk memulai sebuah perjalanan baik itu perjalanan liburan ke luar kota maupun dinas kerja diperlukan persiapan yang matang.

Agar perjalanan nyaman dan lancar. Hal- hal seperti barang bawaan yang akan dibawa harus dipersiapkan sedetail mungkin kalau perlu dibuatkan list barang harus dibawa dan check list untuk mengeceknya. Membawa barang secukupnya saja

Nah jika kita ingin perjalanan kita nyaman dan aman. Tidak harus dipusingkan oleh masalah koper yang hilang.

Ikuti langkah- langkah dan tips di bawah ini. Untuk mengurangi resiko kehilangan koper

1. Check In lebih Awal. Jika kita terburu buru melakukan check ini akan menyulitkan petugas bagasi mengurus koper kita. Apalagi pada jam- jam penerbangan yang padat. Kemungkinan koper kita tertukar akan semakin besar.
2. Pilih penerbangan langsung. Kebanyakan kehilangan koper terjadi di penerbangan yang transit dulu. Petugas yang mungkin masih pemula bisa saja salah memasukkan koper kita ke jadwal penerbangan lain.
3. Berikan keterangan yang jelas mengenai nama, tujuan, nomor penerbangan dan nomor telepon. Ini untuk membantu petugas mengidentifikasi.
4. Menggunakan Koper dengan warna yang terang. Tidak usah malu dibilang norak. Kalau memungkinkan pakailah koper dengan warna yang terang sehingga memudahkan kita menemukan koper kita.
5. Menggunakan koper yang kuat jika memungkinkan jangan menggunakan yang resleting ini untuk mengantisipasi pembobolan koper. Kalau menggunakan resleting, gunakan yang resleting besar sehingga mudah untuk dipasangi gembok. Dan pergunakanlah gembok yang bagus dan punya Standard Keamanan Penerbangan.

Gunakan yang mempunyai kunci ganda. Pin dan kunci. Dan pastikan Anda tidak lupa ya. Jangan sampai niatnya mau mengamankan koper malah sengsara gara-gara lupa pin untuk membukanya. Kalau perlu simpan pin atau kode keamanan di dompet atau di tas jinjing Anda jadi jika terpaksa lupa Anda masih mempunyai contekan.

Tapi ingat ya jangan taruh dompetnya di dalam koper. Akan percuma juga kita menyimpan kode keamanan di dompet.
6. Memasang GPS dikoper kita. Jadi kalau terjadi koper kita keselip atau Hilang akan mudah untuk melacaknya.
7. Beri tanda yang mencolok agar kita mudah mengenali koper kita. Misalkan ikat dengan tali yang warnanya mencolok. Ini akan memudahkan kita mengenali koper kita.
8. Bawalah barang- barang di dalam koper seperlunya saja. Tujuannya agar koper kita ringkas dan tidak terlalu banyak koper yang kita bawa. Semakin banyak koper yang kita bawa semakin besar kita kehilangan koper itu.
9. Taruh barang-barang penting di tas jinjing yang tidak masuk bagasi. Seperti uang, perhiasan, atau dompet. Ini untuk meminimalkan kerugian akibat kehilangan koper.
10. Ingat ciri penting yang ada di dalam Koper. Ini bermanfaat jika ternyata koper kita terselip atau hilang. Gunanya adalah saat koper kita ditemukan terkadang pertanyaan petugas adalah kunci dan nomor pin koper. Kemudian terkadang juga bertanya ciri- ciri barang yang ada dikoper kita misalnya. Warna sepatu, warna baju atau yang lainnya. Usahakan menata sendiri kopernya ya jadi kita tahu detail iai koper kita.
11. Potret semua barang bawaan Anda. Nah ini salah satu cara praktis kita mengingat barang- barang detail yang ada di koper kita. Gunakan saja kamera Hape kita. Tindakan ini berguna jika koper kita benar-benar hilang. Saat ditanya petugas kita bisa menunjukkan foto barang- barang kita.
12. Simpan nomor kontak perusahaan penerbangan yang kita tumpangi. Ini penting untuk mengantisipasi kalau kita kehilangan koper. Apalagi untuk penerbangan yang tidak mempunyai perwakilan di bandara.
13. Nah yang terakhir adalah tidak membawa bagasi. Ini adalah cara ampuh kita meminimalkan kehilangan. Hehehe.

Nah jika ternyata tips diatas sudah kita lakukan dan kita tetap kehilangan bagasi. Apa sih yang harus kita lakukan?

• Yang pertama harus lakukan adalah jangan panik dan tidak perlu marah- marah. Panik dan marah-marah justru akan membuat kita tidak bisa berpikir jernih. Dan yang jelas panik dan marah tidak serta merta mengembalikan koper kita
• Lapor ke bagian Lost dan Found di bandara. Ingat ya lapor dengan baik- baik tidak perlu pakai marah- marah. Ini akan mensugesti petugas membantu kita secara maksimal.
• Kontak sendiri perusahaan penerbangan yang kita punya. Ini untuk memotong jalur birokrasi sehingga penanganannya lebih cepat.
• Langkah terakhir jika respons yang kita terima adalah tidak sesuai harapan. Share di media sosial dengan me Tag maskapai penerbangan yang bersangkutan. Berikan kronologis kehilangan dan bukti-bukti terlampir. Jangan terlalu berlebihan ya. Ingat jangan sampai kita terkena undang- undang ITE. Biasanya ini cara ampuh untuk mendapatkan respons yang cepat.

Lalu sebenarnya bagaimanakah aturan penggantian untuk koper kita yang hilang? Ini penting loh kita tahu supaya kita tahu hak kita. Nah kalau koper kita hilang menurut peraturan penerbangan kita berhak untuk ;

• Yang pertama harus diingat maskapai penerbangan tidak bertanggung jawab atas kehilangan dan kerusakan bagasi kabin. Kecuali kita bisa membuktikan secara hukum di pengadilan kalau kerusakan itu akibat dari kesalahan petugas. Kalau sudah dinyatakan kesalahan petugas. Akan ada penggantian sesuai harga barang
• Jika yang hilang bagasi tercatat maka ganti ruginya adalah sebesar 200 ribu per kg atau maksimal 4 juta.
• Kehilangan bagasi dianggap sah apabila sudah 14 hari kerja bagasi belum ditemukan. Selama masa tunggu kita mendapatkan uang tunggu sebesar 200.000 per hari. Selama 3 hari.

Nah sudah jelas ya. Apa yang mesti kita lakukan supaya koper kita tidak hilang. Juga bagaimana kita bertindak jika koper kita terlanjur hilang. Ini penting supaya liburan atau perjalanan dinas kita menjadi aman dan lancar tanpa terganggu koper yang hilang. apa rasanya jika  liburan koper hilang kita mesti belanja baju lagi. Bisa- bisa jatah membeli oleh- oleh habis untuk keperluan ini.

Kita juga mesti paham hak dan kewajiban apa yang harus kita lakukan dan kita terima jika kita kehilangan koper. Untuk minimalkan kerugian yang kita dapat.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel

Taman Nasional Terlengkap di Indonesia Gunung Palung, Kayong Utara

Published

on

GENCIL NEWS –Taman Nasional Terlengkap di Indonesia Gunung Palung, Kayong Utara. Setelah kita mengetahui tempat-tempat wisata di Kabupaten Kayong Utara seperti Pantau Pulau Datok, Lubuk Baji, bukit Mendale, dan pulau Karimata, tempat wisata yang satu ini juga perlu dikunjungi dan menjadi daftar kunjungan wisata Anda, Taman Nasional Gunung Palung (TNGP).

Kawasan Taman Nasional Gunung Palung meliputi Kabupaten Ketapang sampai Kabupaten Kayong Utara dengan luas kurang lebih 90.000 hektar. Areanya terbentang dari Kecamatan Matan Hilir Utara, Sukadana, Simpang Hilir, Nanga Tayap, dan Sandai.

Taman Nasional Terlengkap di Indonesia Gunung Palung, Kayong Utara. Kerennya lagi, TNGP ini termasuk kawasan yang mempunyai ekosistem sebagai taman nasional terlengkap di Indonesia. Di samping itu, di kawasan TNGP ini terdapat gunung Palung yang mempunyai ketinggian 1.116 meter dari permukaan laut. Sehingga, memang TNGP layak untuk dikunjungi bersama teman maupun keluarga.

Kawasan Taman Nasional Gunung Palung ini masih berupa hutan primer yang tidak terganggu oleh aktivitas masyarakat sekitar serta terdapat beberapa komunitas tumbuhan dan satwa liar. Di samping itu, terdapat habitat orangutan yang berjumlah sekitar 2.200 ekor orangutan.

Di kawasan TNGP tercatat ada sekitar 190 jenis burung dan 35 jenis mamalia yang mempunyai peran sebagai pemencar biji tumbuhan di hutan. Semua keluarga burung dan kabarnya sebagian besar dari seluruh jenis burung yang ada di Kalimantan, terdapat di dalam hutan kawasan TNGP tersebut.

Taman Nasional Gunung Palung juga merupakan kawasan pelestarian alam yang memiliki keaneka ragaman hayati dengan nilai tinggi, terdapat juga tumbuhan mangrove, hutan rawa, rawa gambut, hutan rawa air tawar, hutan pamah tropika, dan hutan pegunungan dengan kabut yang aduhai.

Untuk mencapai ke kawasan TNGP ini Anda bisa mendapatkan informasi dan melakukan reservasi di Jalan Wahid Hasyim 41/A, telpon (0534) 33539 Ketapang Kalimantan Barat. Akses transportasi ke sana bisa melalui udara, dan laut.

Jika Anda menggunakan transportasi udara, bisa melalui bandara Supadio Pontianak dengan tujuan Ketapang dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Nah, bagi yang ingin menggunakan transportasi laut, Anda bisa menggunakan kapal express/speadboat melalui pelabuhan Senghi Pontianak menuju Ketapang, waktu tempuh sekitar 6-7 jam.

Bagi pengunjung yang akan berwisata ke Taman Nasional Gunung Palung tersebut akan dikenakan biaya restribusi atau biaya tiket masuk, antara lain: Rp 1.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp 10.000 per orang untuk wisatawan mancanegara serta dikenakan biaya tambahan sebesar Rp2.500 untuk kamera foto dan Rp25.000 untuk kamera video.

Nah, tunggu apa lagi, siapkan rencana Anda untuk berkunjung di ke tempat wisata yang ada di Kabupaten Kayong Utara.

Continue Reading

Travel

Tips Bungy Jumping Bagi Pemula

Published

on

Di dunia ini banyak sekali olahraga ekstrim dan menantang. Salah satu olahraga yang cukup mampu memompa adrenalin adalah bungy jumping atau terjun lenting. Awalnya, nama bungy adalah nama sebuah merek penghapus. Kata bungy jumping muncul pertama kali pada tahun 1930. Pada saat itu orang melakukan bungy jumping dengan menggunakan tali yang terbuat dari tanaman menjalar. Sekilas melakukan bungy jumping memang sangatlah mudah, hanya butuh mencari tempat tinggi lalu kita melompat dari sana. Namun ternyata olahraga yang berasal dari Selandia Baru ini tidaklah semudah itu. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar tidak berakibat fatal.

(more…)

Continue Reading

Headline

Riam Manajur Wisata Alam Yang Belum Terpublikasi Luas

Published

on

GENCIL NEWS, BENGKAYANG –Riam Manajur Wisata Alam Yang Belum Terpublikasi Luas. Kabupaten Bengkayang dikenal dengan sejuta pesona wisata air terjunnya. Salah satunya adalah Riam Manajur yang baru-baru ini mulai dikenal oleh masyarakat.

Riam Manajur Wisata Alam Yang Belum Terpublikasi Luas. Riam Manajur merupakan satu dari destinasi wisata air terjun yang terletak di Dusun Laek, Desa Bengkilu, Kecamatan Tujuhbelas, Kabupaten Bengkayang. Tepatnya di titik koordinat (1”00.369’ N, 109”46.301’ E) atau sekitar 226,6 KM dari Kota Pontianak.

Riam Manajur Wisata Alam Yang Belum Terpublikasi Luas

Riam Manajur Wisata Alam Yang Belum Terpublikasi Luas

Kira-kira 2 jam perjalanan menuju Dusun Laek, perjalanan ditempuh sekitar 1 jam dengan kondisi track jalan tanah yang licin, menanjak, menurun, dan pastinya menyenangkan karena disuguhi panorama hutan hujan tropis yang masih alami.

Setelah melakukan tracking menggunakan kendaraan roda dua, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki, menuruni punggung bukit yang areanya di dominasi bebatuan dengan elevasi yang datar di hadapan Air terjun manajur ini.

Kondisi Riam Manajur ini masih sangat alami, dengan air yang jernih, lingkungan yang masih terjaga dengan baik, udara yang masih segar, dan vegetasi tertutup rapat membentuk iklim mikro. Terbukti masih terdapat tumbuhan Begonia spp yang merupakan indikator hutan lembab yang masih terjaga kelestariannya, ditambah masih sering dijumpai burung Enggang yang merupakan hewan langka yang dilindungi.

Riam Manajur memang baru-baru ini dikenal, masih sangat jarang dikunjungi, namun kini menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi karena kelestarian alamnya.

Keindahan tebing bebatuan acsesoris dari air terjun merupakan pemandangan yang indah mempesona. Hutan yang masih hijau, ditemani suara-suara burung yang berkicau, sungguh dapat melepas selaga penat lelah. Sangat direkomendasikan bagi teman-teman untuk berlibur ke sini.

Melihat potensi yang ada maka perlu adanya peran penting Pemerintah untuk mengelolanya dengan baik. Agar potensi tersebut dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan daerah, baik dari segi ekonomi, sosial masyarakat, dan juga pelestarian lingkungan hidup.

Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri Pariwisata tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan. Melalui peraturan ini ditentukan ruang lingkup pedoman pengelolaan meliputi,

(a) pengelolaan destinasi pariwisata berkelanjutan,

(b) pemanfaatan ekonomi untuk masyarakat lokal,

(c) pelestarian budaya bagi masyarakat dan pengunjung dan

(d) pelestarian lingkungan.

Kontribusi yang dapat diberikan dari destinasi wisata terkait kepada pendapatan daerah atau provinsi: pendapatan yang diperoleh dari wisatawan yang datang, pergerakan ekonomi masyarakat sekitar lokasi wisata, dan semakin dikenalnya lokasi-lokasi wisata yang terdapat di Kalimantan barat.

Continue Reading

TRENDING