GENCILNEWS – Wabah Salmonella dalam telur ayam sendiri menyebabkan berbagai penyakit serius. Beberapa bahkan menyebabkan infeksi fatal, terutama pada anak kecil, orang tua, dan orang dengan imunitas tubuh yang lemah.

Wabah salmonella yang membuat pemerintah Amerika harus menarik ribuan bahkan jutaan butir telur ayam. Dikabarkan bahwa wabah ini telah menginfeksi beberapa orang dan ditakutkan akan meluas.
Untuk itu pemerintah negeri paman sam tersebut menarik jutaan butir telur ayam dari peredaran dan menganjurkan kepada masyarakat untuk tidak mengkonsumsi telur telur ayam yang telah dibelinya.

Pemerintah Amerika Serikat menarih hampir 207 juta telur dari sebuah peternakan di North Carolina yang sebelumnya didistribusikan ke sembilan negara bagian Amerika Serikat akhir pekan kemarin.

Baca juga   Penerbangan Perdana Non-Stop Australia-Inggris 3 Jam Lebih Cepat

Menurut keterangan Administrasi Makanan dan Obat Federal (FDA), penarikan ini dilakukan setelah tercatat ada 22 orang jatuh sakit akibat mengkonsumsi telur tersebut.Ini adalah penarikan terbesar telur di Amerika Serikat sejak 2010.

 

Telur-telur itu dikhawatirkan telah terkontaminasi dengan salmonella braenderup, yakni suatu organisme yang dapat menyebabkan infeksi serius dan kadang-kadang fatal pada anak-anak muda, orang yang lemah atau lanjut usia dan yang lainnya dengan sistem kekebalan yang lemah.

Telur-telur itu ditarik oleh produser Rose Acre Farms dari Seymour, Indiana. Telur-telur itu didistribusikan dari sebuah peternakan di Hyde County, North Carolina, yang, menurut Food Safety News, menghasilkan 2,3 juta telur per hari dari 3 juta ayam petelur.

Baca juga   Wabah Listeria Renggut Tiga Nyawa Warga Australia

Salmonella sendiri biasanya menyebar lebar produk peternakan yang terkontaminasi, daging, telur dan air. Ayam bisa menularkan bakteri Salmonella ke telur karena melewati saluran yang sama dengan saluran feses. Hal ini akan memengaruhi saluran pencernaan terutama usus.


Salmonella adalah bakteri yang dapat hidup dalam saluran usus manusia dan hewan lainnya. Ada berbagai jenis bakteri, jenis yang paling umum di Amerika Serikat Salmonella typhimurium dan Salmonella enteritidis.

Setiap makanan mentah yang berasal dari hewan dan beberapa buah-buahan dan sayuran dapat membawa bakteri salmonella, begitu juga dengan sumber-sumber non-makanan. (GNS)