Connect with us

Travel

Tips Bungy Jumping Bagi Pemula

Published

on

Di dunia ini banyak sekali olahraga ekstrim dan menantang. Salah satu olahraga yang cukup mampu memompa adrenalin adalah bungy jumping atau terjun lenting. Awalnya, nama bungy adalah nama sebuah merek penghapus. Kata bungy jumping muncul pertama kali pada tahun 1930. Pada saat itu orang melakukan bungy jumping dengan menggunakan tali yang terbuat dari tanaman menjalar. Sekilas melakukan bungy jumping memang sangatlah mudah, hanya butuh mencari tempat tinggi lalu kita melompat dari sana. Namun ternyata olahraga yang berasal dari Selandia Baru ini tidaklah semudah itu. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar tidak berakibat fatal.

Secara prinsip bermain bungy jumping dapat dilakukan dari tempat tinggi, biasanya beberapa ratus meter. Kemudian dengan satu ujung tali elastis dilekatkan pada badan atau pergelangan tali dan ujung tali lainnya diikat ke titik lompatan. Anda akan berisolasi naik turun sampai energi loncatan habis. Saat Anda melompat tali elastis akan melar dan mengambil energi loncatan dan Anda akan terlempar kembali saat tali memendek. Daerah di Indonesia banyak tempat yang dapat dilakukan untuk melakukan bungy jumping, tempat yang tinggi dan pemandangan indah menjadikan Anda harus segera mencoba melakukan olahraga ini. Jangan pernah mengaku sebagai petualang sebelum melakukan bungy jumping. Melakukan bungy jumping pertama kali harus memperhatikan banyak hal. Secara garis besar perlu perhatikan tahap persiapan dan tahap pelaksanaan.

Tahap Persiapan

  1. Mencari informasi tentang bungy jumping
    Alangkah bijaksananya jika Anda mencari informasi lengkap terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu, termasuk dalam melakukan bungy jumping. Adalah penting bagi Anda mengetahui bagaimana cara melakukan bungy jumping dengan aman, tempat yang aman untuk melakukan bungy jumping, penyelenggara bungy jumping yang bagus, dan lain sebagainya. Hal ini diperlukan untuk menghindari resiko terburuk selama melakukan bungy jumping.
  2. Mencari tempat dan lembaga penyelenggara yang legal profesional
    Setelah mencari refrensi mengenai bungy jumping langkah selanjutnya adalah mencari tempat dan penyelenggara bungy jumping. Bungy jumping dapat dilakukan di jembatan derek, peron pada bangunan, menara, balon udara, helikopter, atau kereta gantung.Mencari refrensi tentang keamanan dan legalitas penyelenggara merupakan hal penting. Anda perlu mengetahui lembaga tersebut sudah terferivikasi atau belum. Terdapat sebuah pedoman kode keamanan praktik bagi keselamatan operator yang perlu diketahui oleh Anda. BERSA (British Elastic Rope sports Associaton) begitu nama dari pedoman keamanan tersebut. Dalam BERSA mencakup tiga hal yaitu informasi keikutsertaan, redundansi, dan kompetensi. Informasi keikutsertaan meliputi pemahaman mengenai resiko yang terlibat. Redundansi merupakan komponen dalam sistem pengganti di tempat, sehngga jika salah satu komponen gagal seluruh sistem tidak akan gagal. Sedangkan kompetensi mencakup perlengkapan dan personil yang memiliki kualitas memadai serta memiliki kompetensi dalam menjalankan fungsinya masing-masing.Selain dengan memperhatikan tiga pedoman keamanan tersebut, Anda juga dapat memastikan lembaga penyelenggara dengan memberikan beberapa pertanyaan. Misalnya bertanya mengenai standar operasional, sejarah, peralatan, staf, dan lain sebagainya. Jawaban dari penyelenggara akan meyakinkan Anda bahwa mereka memahami apa yang akan dilakukan.
  3. Mempersiapkan diri
    Olahraga bungy jumping menuntut persiapan yang cukup agar berhasil dalam melakukannya. Persiapan yang perlu dilakukan antara lain adalan persiapan fisik dan mental. Sebagai olahraga yang membutuhkan kebugaran dan keberanian luar biasa maka dibutuhkan persiapan fisik dan juga mental.

    1. Persiapan Fisik
      Bungy jumping tidak diperkenankan bagi Anda yang mengalami sakit jantung, tekanan darah tinggi, epilepsi, pusing, dan kecelakaan pada tulang terutama leher, tulang belakang atau kaki. Perlu diketahui, perlengkapan bungy jumping banyak yang harus melekat pada tubuh kita. Beberapa perlengkapan yang diikat pada pergelangan kaki dapat memperburuk kondisi pergelangan kaki yang sedang mengalami cidera. Cidera pada leher dan punggung belakang akan mempersulit Anda dalam melakukan bungy jumping karena tekanan yang tercipta pada anggota tubuh. Tentunya hal ini akan semakin membahayakan. Jadi, memeriksakan kondisi tubuh Anda terlebih dahulu ke dokter menjadi langkah awal yang baik.Selain pemeriksaan terhadap kesehatan, syarat yang tidak boleh dilupakan adalah tentang umur. Usia minimal pelompat adalah 14 tahun ada pula yang berpendapat minimal 16 tahun. Pada beberapa kasus apabila pelompat berumur dibawah 18 tahun harus ada wali yang mendampingi. Berat dan tinggi badan juga perlu diukur terlebih dahulu. Berat dan tinggi badan diperlukan untuk memastikan bahwa perlengkapan yang akan digunakan sesuai dengan kondisi tubuh. Berat badan yang melebihi batas tidak diperbolehkan melakukan bungy jumping.
    2. Persiapan Mental
      Bungy jumping menjadi salah satu olahraga yang menguji mental kita. Bagi Anda yang takut ketinggian tidak disarankan melakukan olahraga ini. Selalu berpikiran positif menjadi salah satu faktor keberhasilan melakukan bungy jumping. Agar mental lebih siap dapat memilih bagaimana cara melompat yang diinginkan. Secara umum terdapat 5 (lima) cara melompat.

      • Swallow Dive
        Beberapa orang berpendapat ini adalah cara terbaik yang dapat dipilih dalam melompat. Caranya dengan mengambil lompatan dari peron dengan lengan membentang lebar dan menjulang seperti burung menuju ke bawah. Posisi harus lurus menghadap kebawah dan mendarat dengan mulus.
      • Lompat Railing
        Lompatan yang dilakkan dengan terjun bebas ke belakang. Lompatan ini serupa dengan layang-layang.
      • Bad Drop
        Merupakan sebuah lompatan dengan posisi menggantung terbalik di tepi peron sebelum melompat terjatuh.
      • Elevator
        Melompat secara elevator maksudnya menjaruhkan kaki pertama kali, tetapi Anda perlu mempertimbangkan untuk memilih jenis lompat ini apalagi bagi yang baru pertama kali melakukan bungy jumping. Cara melompat elevatir sangat berbahaya dan dapat melukai kaki.
      • Tandem
        Cara tandem dilakukan oleh dua orang pada saat bersamaan
        Sekedar tips untuk yang pertama kali melakukan bungee jumping, tidak usah memilih gaya melompat yang fantastis pilihlah gaya melompat yang paling aman.
  4. Pahami perlengkapan
    Perlengkapan yang dibutuhkan dalam melakukan bungy jumpiing adalah perlengkapan badan dan pergelangan kaki. Perlengkapan pada badan memungkinkan untuk bergerak dengan mudah dan berputas sepenuhnya atau berbalik dengan mudah. Perlengkapan pada pergelangan kaki melekat pada kedua pergelangan kaki. Perlengkapan pergelangan kaki harus punya perlengkapan pengganti, biasanya perlengkapan duduk yang digunakan pada saat panjat tebing seperti biasa.

Tahap Pelaksanaan

  1. Mengecek pemasangan alat
    Sebelum Anda meloncat pastikan Anda mengecek bahwa peralatan telah terpasang dengan benar. Pemasangan alat yang kurang tepat dapat membahayakan diri Anda.
  2. Berpakaian dengan benar
    Dalam melakukan bungy jumping pilihlah pakaian yang nyaman. Gunakan celana yang tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar, pastikan baju masuk ke dalam celana. Pakailah sepatu beralas tara dan sesuai dengan ukuran kaki jangan menggunakan sepatu yang menutupi pergelangan kaki karena dapat mengganggu sambungan pada perlengkapan pergelangan kaki. Jangan menggunakan sepatu high hils dan juga rok. Bagi Anda yang memiliki rambut panjang perlu mengikat rambut Anda hal ini dilakukan supaya rambut tidak tersangkut atau memukul wajah Anda.
  3. Hindari pemikiran buruk
    Saat sudah di pinggir dan siap melompat terkadang bagi orang yang baru pertama kali melakukan bungy jumping akan merasa cemas. Hindari semua pkiran buruk, karen hal tersebut dapat menjadi penghalang untuk Anda melakukan lompatan. Konsentrasi dan yakin bahwa Anda dapat melakukan lompatan dengan baik.
  4. Lakukan instruksi dengan baik
    Melakukan lompatan merupakan gong dari pelaksanaan bungy jumping. Perhatikan instruksi dari instruktur. Melompatlah ketika instruktur sudah berteriak “lompat”. Melompat dengan arah agak jauh dari tempat melompat akan membantu Anda menghindari terbelitnya tali pada tunuh. Pilihlah posisi tubuh tengkurap, kendalikan diri agar stabil dan tidak perlu membawa barang-barang yang dapat mengganggu lompatan.

Demikian tips bagi Anda yang pertama kali bungy jumpiing. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Gaya Hidup

Sensasi Bagi Penyelam dan Ilmuwan, Kuda Laut Yunani

Published

on

Penyelam lokal terpesona oleh makhluk laut yang anggun itu dan akan berusaha keras mendokumentasikan keberadaan mereka dan menghimbau perlindungan bagi kuda laut itu.

Pada 2007, penyelam komersial Vasilis Mentogiannis sedang mengerjakan proyek bawah air di teluk terpencil di Semenanjung Chalkidiki di Yunani Timur Laut ketika ia melihat kuda laut.

“Saya berkata sendiri, ‘Wow, kuda laut, luar biasa’. Tidak lama kemudian lewat yang lainnya, lalu yang lainnya, dan saya melihat banyak sekali , dan saya heran ‘ada apa disini? Saya kira ini sangat luar biasa,” kata Vasilis.

Penyelam berpengalaman itu mengatakan sangat langka melihat sekelompok kuda laut berkumpul bersama seperti itu. Didorong oleh rasa ingin tahu, ia memutuskan membentuk tim penyelam untuk melakukan survei dan mengumpulkan data mengenai kuda laut itu.

Para penyelam terpesona oleh kuda laut, kata anggota tim, Kostas Katsioulis.

“Ini adalah fenomena yang unik. Mereka yang menyelam bersama kami menjadi sangat antusias setelah melihat kuda laut, karena tidak ada perasaan lain seperti itu ketika Anda menyelam,” kata Kostas.

“Kami telah menghabiskan berjam-jam dengan kuda laut. Kuda Laut adalah makhluk pemalu, selalu membelakangi kamera,” kata Vasilis menyambung pernyataan Kostas.

Atas saran para ilmuwan, Mentogiannis yang punya latar belakang teknik mesin dan ahli dalam survei geofisika dan bawah laut menciptakan habitat buatan untuk kuda laut pada 2015.

“Kuda laut menyesuaikan diri dengan baik. Habitat buatan itu sangat berguna bagi kuda laut karena bisa mengaitkan ekornya, berbaring dan menyamarkan diri pada tali,” papar Vasilis.

Meskipun kuda laut hidup di perairan di sekitar Yunani, para ilmuwan mengatakan tidak lazim menyaksikan keberadaannya yang stabil dan berkelanjutan di daerah ini. [my]

Continue Reading

Travel

7 Negara Di Dunia Yang Memiliki Panorama Paling Terkenal

Published

on

7 Negara Di Dunia Yang Memiliki Panorama Paling Terkenal

Gencil news- 7 Negara Di Dunia Yang Memiliki Panorama Paling Terkenal. Salah satu hal menarik yang dilakukan selama berwisata untuk keliling dunia tidak hanya untuk mengenal budaya atau bahasa suatu negara saja, tapi kebiasaan dan budaya serta nuansa disekitar nya menjadi pengaruh besar. Tempat tersebut dianggap memenuhi seluruh kriteria destinasi cantik yang diinginkan oleh traveler. Mulai dari pemandangan alam yang eksotis, situs bersejarah, lansekap kota yang indah.

7 Negara Di Dunia Yang Memiliki Panorama Paling Terkenal. Berwisata keliling dunia mungkin memang merupakan idaman banyak orang. Bahkan mungkin banyak juga orang yang menjadikan impian tersebut menjadi kenyataan. Biasanya pemandangan alam yang indah juga akan menghipnotis para traveller. Berikut beberapa negara dengan pesona wisata alam terbaik dunia yang patut Anda kunjungi.

Setelah semua usai, dan pandemi berlalu. Berikut daftar perjalanan yang bisa anda masukan menjadi destinasi utama dalam petualangan traveling.

1. Norwegia

Foto File : Global Grasshoper

Negara ini memang sejak dulu terkenal sebagai negara dengan keindahan alam yang menakjubkan. Bahkan negara ini berada pada peringkat pertama dalam kategori negara dengan penduduk paling bahagia di dunia. hal ini tentu tidak lepas dari keindahan alamnya yang menakjubkan sehingga menyebabkan penduduk menjadi sangat bahagia. dari negara inilah pemandangan aurora bisa didapatkan. Selain itu pegunungan dengan danau dan sungai mengalir juga bisa dengan mudah Anda dapatkan di sana. Belum lagi salju-salju yang menutupi puncakpegunungan di Norwegia.

2. Kanada

Foto File: vocation.advertisetips.org

Negara terbesar kedua di dunia ini memiliki banyak pemandangan spektakuler yang menjadi favorit wisatawan. Tetapi jika kita harus memilih, kita akan mulai dengan Taman Nasional Torngat Mountains yang terpencil, tanah beruang kutub dan karibu, gletser dan fjord, dan hamparan pegunungan liar yang tidak akan pernah Anda lupakan. Dan 44 taman nasional negara ini patut dikunjungi, mulai dari Banff yang tenang di Alberta hingga Kluane yang ekstrim di Yukon. Silakan juga datang ke barat Ontario, padang rumput Kanada yang luas, dan datar terdiri dari provinsi Manitoba, Saskatchewan, dan Alberta, menyebar menuju Pegunungan Rocky, yang membagi provinsi Alberta, dan British Columbia.

3. Jepang

File Foto : Global Grosshoper

Di tengah modernisasi, ternyata sekaligus juga memberikan rasa tenang dan menggembirakan, serta klasik. Kepulauan Ogasawara di kawasan subtropis menawarkan pantai alami, snorkeling luar biasa dan tempat menonton ikan paus. Disamping itu, di kawasan hutan yang dipenuhi dengan 195 spesies burung yang terancam punah adalah satu tempat istimewa. Gunung Gunung Fuji adalah landmark paling ikonik di negara ini, memberi kesan desa-desa sekitarnya dan merefleksikan keindahan permukaan danau

4. Irlandia

Negara yang diberi julukan The Emerald Isle ini maka anda akan menemukannya di sepanjang Cliffs of Moher yang berlokasi di utara Lahinch, di pantai barat Claire. Tebing Moher adalah salah satu tempat di Irlandia yang paling menakjubkan. Ada juga hamparan tebing setinggi 400 kaki di selatan Galway; dan air jernih di danau Killarney National Park. Atau pergilah ke Dingle Peninsula, hamparan ladang yang dipenuhi domba dan perbukitan Crayola-hijau yang luar biasa.

5. Mongolia

File Foto : Holidayme

Jika Anda tiba-tiba ingin merasa seperti orang yang terakhir tersisa di planet bumi ini, naik saja pesawat ke Mongolia. Lanskap primordial di sini tidak seperti di tempat lain di dunia, mulai dari Gurun Gobi yang luas hingga Taiga Siberia yang dingin. Cekungan Uvs Nuur kuno, berpusat di sekitar Danau Uvs Nuur yang dangkal dan sangat asin, termasuk puncak 13.000 kaki di atas permukaan laut dan banyak danau glasial, ditambah pesona macan tutul salju yang telah terancam punah. Bukit pasir Khongoryn Els (juga dikenal sebagai “Singing Sands” karena suara yang muncul pada hari-hari berangin) adalah nuansa yang spektakuler berwarna kuning dan putih, dibatasi oleh vegetasi hijau. Cagar Biosfer Mongol Dornod merupakan salah satu ekosistem padang rumput terbesar terakhir di planet ini, melindungi jutaan hektar padang rumput dan satwa liar.

6. Afrika Selatan

Salah satu tujuan safari terbaik di benua Afrika, menawarkan akses mudah melihat “Big Five” (singa, gajah, kerbau, macan tutul, dan badak), terutama di Taman Nasional Kruger. Apakah anda ingin melihat penguin? Datanglah ke Boulder’s Beach, hanya satu jam perjalanan ke selatan dari Cape Town. Jika Anda mencari pemandangan alam menakjubkan, lanskap di sini bahkan lebih beragam daripada satwa liar, mulai dari Namaqualand yang dipenuhi bunga hingga ke kawasan Pegunungan Drakensberg yang menjulang, dilanjutkan ke Blyde River Canyon. Bahkan di kota Cape Town, Anda hanya perlu melihat ke atas untuk melihat Table Mountain dan Lion’s Head yang ikonik.

7. Indonesia

File Foto : Borneo Tour Gigant

Negara kepulauan Asia Tenggara ini dikaruniai hutan hujan tropis, gunung berapi pedalaman, dan banyak pulau, saking banyaknya sehingga tak tahu jumlah pastinya. Kepulauan Raja Ampat yang ada di Papua merupakan laguna tersembunyi dan pantai pasir putihnya ibarat hamparan surgawi. Sementara itu, pulau Komodo dikenal sebagai satu-satunya tempat populasi Komodo. Gunung Bromo adalah gunung berapi yang paling terkenal di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, berkat aksesibilitas dan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan. Ketika berwisata ke Bali, suaka margasatwa hutan monyet dan sawah terasering Ubud tidak boleh dilewatkan.

Continue Reading

Travel

5 Kota Di Negara Ini Ternyata Berdiri di Atas Dua Benua

Published

on

Menarik, 5 Kota Di Negara Ini Ternyata Berdiri di Atas Dua Benua

Gencil NewsMenarik 5 kota di negara ini ternyata berdiri diatas dua benua. Ada beberapa kota di dunia yang berdiri di atas dua benua sekaligus. Uniknya, penduduk kota bisa tinggal terpisah di sebagian benua yang lain, dan sebagian lainnya menghuni benua berbeda.

Istanbul merupakan salah kota yang cukup terkenal hingga memiliki julukan kota dua benua. Namun, ada beberapa kota lainnya yang ternyata memiliki letak geografis lintas benua yang sama dengan Istanbul. Berikut beberapa kota dua benua yang perlu kamu ketahui.

  1. Istanbul, Turki

Istanbul merupakan kota terbesar di Turki yang memiliki luas sekitar 2.065 mil persegi. Kota ini dulu dikenal dengan nama Byzantium atau Konstatinopel. Menurut World Atlas, Istanbul termasuk ke dalam benua Asia dan Eropa. Uniknya, sepertiga penduduknya menghuni kawasan benua Asia, sedangkan sisanya menghuni kawasan benua Eropa. Pusat ekonomi di kota ini berada di sisi benua Eropa.

Selat bosphorus memiliki peran penting yang memisahkan antara benua Asia dan Eropa. Hingga saat ini, Istanbul tetap menjadi kota sarat akan sejarah yang diminati banyak wisatawan. Pesona tujuh puluh museum menjadikan kota ini sangat menarik untuk dikunjungi.

  1. Suez, Mesir

Suez atau dikenal sebagai Isthmus of Suez merupakan kota yang terletak di Mesir bagian timur. Kota ini menghubungkan laut Mediterania dan laut Merah. Kota ini berdiri di perbatasan benua Asia dan Afrika. Diperkirakan, populasi penduduk mencapai 744.000 .

Menurut National Geographic, kota ini membangun Terusan Suez sepanjang 119 mil yang memungkin kapal-kapal melintasi Eropa, Afrika Utara, Asia Barat dan Asia Timur tanpa harus berkeliling Afrika.

  1. Magnitogorsk, Rusia

Magnitogorsk merupakan kota yang terletak di Rusia barat berbatasan dengan sungai Ural. Menurut Britannica, kota ini dikenal dengan kota industri yang pada tahun 1975 berdiri salah satu pabrik besi dan baja terbesar di dunia. Selain itu, letak geografisnya yang unik berada di benua Asia dan Eropa.

Penataan kota menjadikan area industri yang sebagian besar berada di wilayah benua Asia, sedangkan area perumahan berada di benua Eropa. Hingga saat ini, Magnitogorsk masih menjadi kota industri penghasil besi dan baja.

  1. Orenburg, Rusia.

Orenburg merupakan salah satu kota di Rusia yang berada di tepi sungai Ural. Kota ini mendiami kawasan benua Asia dan Eropa. Menurut Population Stat, penduduk yang mendiami kota ini berjumlah sekitar 569 ribu jiwa. Kota ini pertama kali didirikan pada tahun 1735 sebagai benteng yang dijadikan pusat militer Ural Cossack.

Selain memiliki industri teknik dan pengolahan gas, Orenburg menawarkan berbagai destinasi liburan yang  layak untuk dikunjungi. Ada banyak bangunan ikonik khas Rusia yang membuat kota ini digemari para wisatawan.

  1. Atyrau, Kazakhstan

Atyrau merupakan kota yang terletak di bagian barat Kazakhstan. Kota ini terletak sekitar sungai Ural, sehingga mendiami kawasan lintas benua Eropa dan Asia. Populasi penduduk mencapai 180 ribu jiwa. Semula, kota ini bekas bagian Uni Soviet hingga akhirnya membebaskan diri.

Perubahan kota Atyrau dapat dilihat dari pembangunan gedung perkantoran, hotel-hotel dan restoran yang mulai dikunjungi para wisatawan. Jika kamu ingin merasakan sensasi berdiri di atas dua benua, maka disini hanya harus melintasi jembatan Sungai Ural.

Continue Reading

TRENDING