Pesawat Cargo Unik Super Besar, Airbus Beluga XL Siap Mengudara

Beluga XL

Salah satu pesawat yang paling ditunggu-tunggu di dunia penerbangan, Airbus Beluga XL, baru saja menyelesaikan serangkaian uji coba utama di Bandara Hawarden di Wales, sebelum memasuki layanan akhir tahun ini.

Pada saat pesawat penumpang jumbo seperti Airbus A380 dan Boeing 747 sedang dalam perjalanan, Beluga XL – yang pertama dari lima – akan menjadi salah satu binatang buas terbesar di langit.

Anda tidak akan bisa bepergian di dalamnya. Ini adalah pesawat kargo super-transporter, yang dirancang oleh Airbus untuk menerbangkan komponen pesawatnya antara Eropa sebagai lokasi produksi dengan jalur perakitan terakhirnya di Toulouse, Hamburg dan Tianjin.

A330 yang dimodifikasi

Beluga XL adalah penerus Beluga, atau Airbus A300-600ST, yang telah beroperasi sejak 1995.Dimulai dengan pesawat A330, insinyur Airbus menurunkan dek penerbangan dan mencangkokkan teluk kargo besar ke badan pesawat untuk membuat pesawat berbentuk tidak biasa ini.

Melalui palka ke depan yang membuka ke atas seperti “gelembung,” sayap pesawat yang sudah selesai, bagian badan pesawat dan komponen lainnya dengan mudah meluncur masuk dan keluar.

Gelembung XL lebih panjang enam meter dan satu meter lebih lebar dari aslinya, artinya penampang lebarnya delapan meter.

Baca juga   Pemilik Amazon Jeff Bezos Kini Jadi Orang Terkaya di Dunia

Desain yang unik

Bentuk bulat khas pesawat ini membuatnya mendapat julukan “paus terbang,” karena kemiripannya yang kuat dengan mamalia yang tinggal di Arktik yang berwarna putih, beluga.

Beluga XL yang bermata sipit dan seperti tersenyum turut menjadikan pesawat ini seperti paus. Desain aneh dipilih oleh staf Airbus setelah jajak pendapat di mana 20.000 karyawan diberi enam opsi dan diminta untuk memilih favorit mereka.

Dengan 40% suara, itu adalah pemenang yang jelas.”Kami dulu mengatakan bahwa di Toulouse atau di Hamburg, anak-anak mengenali Beluga,” Bertrand Grosse, kepala program Beluga XL, mengatakan Mereka menyukai pesawat yang sangat istimewa ini.Desainnya fungsional dan juga lucu.

Teluk kargo yang sangat besar cukup besar untuk membawa dua sayap A350 sekaligus (Beluga tua hanya dapat mengangkut satu), dan hidung seperti paus meningkatkan efisiensi aerodinamis pesawat itu.

Pelatihan pilot

Jadi, bagaimana cara mengemudikan mesin seperti ini, Nah, meskipun penampilan pesawatnya tidak biasa, Pilot kami akan dilatih dengan A330 dan kemudian mereka akan mendapatkan kualifikasi Delta untuk memungkinkan mereka menerbangkan Beluga XL.

Meskipun Anda mungkin berpikir pesawat akan berjalan lebih lambat, “Yang benar-benar berubah adalah perilaku pesawat di bagian belakang, di bagian bawah ruang kargo.”Inilah sebabnya kami telah mengangkat bidang ekor vertikal lebih dari dua meter untuk mengeluarkannya dari aliran di belakang ruang kargo dan kami juga memiliki akselerasi khusus pada bidang ekor horizontal untuk memberikan stabilitas pada pesawat.

Baca juga   Indonesia Resmi Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

“Beluga XL ditenagai oleh dua mesin Rolls-Royce Trent 700, yang, seperti sayapnya, juga digunakan pada A330.

Persiapan untuk tamu yang sangat istimewa

Airbus memproduksi sayapnya di sebuah pabrik besar di Bandara Hawarden.Fasilitas ini telah mengalami modifikasi khusus untuk kedatangan Beluga XL, seperti membuat dua set pintu untuk Stasiun Beluga Line – satu agar sesuai dengan Beluga dan satu agar sesuai dengan Beluga XL.

Pencinta pesawat dari seluruh Inggris berkumpul di Wales untuk melihat kedatangan Beluga XL pada hari Kamis, dan sekali lagi untuk melihatnya berangkat ke Toulouse, Prancis, pada hari Sabtu.”Menurut saya, pesawat ini adalah ikon bagi perusahaan kami, Ini adalah pekerjaan keras untuk Airbus. Jadi ini lebih dari sekadar pesawat terbang. Inilah yang memungkinkan Airbus membangun pesawat setiap hari. ” kata Grosse.

Penulis : cnn.com
Editor : Gencil News
Sumber : cnn.com