Connect with us

Internasional

Diaspora Indonesia Ikhlas Nonton Haji Lewat internet

Published

on

GENCIL NEWS – Pemerintah Arab Saudi tahun ini membatasi jumlah jamaah haji hanya seribu orang, khusus bagi mereka yang sudah berada di negara tersebut.

Ini berarti jutaan umat Islam lainnya dari berbagai negara harus ikhlas, hanya bisa menyaksikan ibadah haji lewat internet, termasuk diaspora Indonesia di AS.

Jemaah Haji Mulai Berdatangan ke Makkah

Jemaah Haji mulai berdatangan ke Makkah, Jelang Idul Adha. Jemaah haji sudah berdatangan dari berbagai kota di Arab Saudi ke Makkah.

Pandemi virus corona memaksa pemerintah Arab Saudi hanya membuka kesempatan sangat terbatas bagi Muslim yang bermukim di sana untuk beribadah haji.

Setelah membuka pendaftaran secara daring. Kementerian haji memilih orang yang diizinkan atau tidak diizinkan beribadah haji tahun ini.

Permintaan Farah Abu Shanab asal Palestina yang bermukim di Riyadh tidak dikabulkan. Dia mengaku kecewa tidak bisa beribadah haji tahun ini tetapi menyatakan bisa menerima keputusan tersebut.

“Rasanya sangat sedih dan menyakitkan. Satu-satunya hal yang membuat saya menerima (keputusan) ini adalah, terima kasih Tuhan, pemerintah tetap mengadakan ibadah haji, walaupun secara ketat membatasi jumlah jemaah. Setidaknya orang akan melakukan ritual ini, karena kami sangat sedih ketika masjid ditutup,” ujarnya.

Nasser Younes Solebarmo adalah ekspatriat Nigeria yang juga bermukim di Riyadh. Ia mendaftar dan terpilih.

“Jujur saja, bagi saya, virus corona membawa keberuntungan. Tanpa virus corona, mungkin saya tidak pergi haji. Insya Allah, pandemi ini akan segera berakhir.”

Berbagai media melaporkan, jumlah jemaah yang pada akhirnya diizinkan beribadah haji tahun ini naik 10 kali lipat, dari 1.000 menjadi 10 ribu.

Sejak Jumat, jemaah berdatangan dari berbagai kota Arab Saudi. Seorang dari mereka adalah perempuan Indonesia.

Afnan Firdaus mengungkapkan, istrinya menangis terharu dan sangat senang mendapat kesempatan berhaji kali ini.

Ia tidak mau menyebut nama istrinya yang mematuhi larangan pemerintah Arab Saudi untuk tidak berbicara dengan media.

Afnan membeberkan, ketika pemerintah Saudi memberi tahu bahwa kuota haji diutamakan bagi tenaga medis, yang dinilai telah berjuang keras beberapa bulan ini untuk menangani COVID-19. Istrinya yang bekerja sebagai perawat ikut mendaftar.

Tetapi kata Afnan setelah terpilih istrinya siap mundur karena mendapat informasi bahwa setiap jemaah harus membayar sampai 13 ribu riyal atau lebih dari 50 juta rupiah. Rupanya itu ujian bagi kesungguhan.

“Ternyata hajian kali ini, gratis. Tidak dipungut biaya apapun. Istri saya merasa lebih terharu. Ini dianggap sebagai panggilan Allah,” tulis Afnan melalui WhatsApp.

Konjen Republik Indonesia di Jeddah Eko Hartono mengatakan ada dua orang Indonesia yang terpilih beribadah haji.

Tetapi keduanya sama-sama tidak mau berbicara dengan media, sesuai larangan pemerintah Arab Saudi.

Selain rutin menyanitasi Masjidilharam, pemerintah Arab Saudi melakukan langkah-langkah keamanan, bahkan sebelum jemaah dipilih.

Usia, misalnya antara 20 dan 50 tahun tidak boleh mengidap penyakit, dan belum pernah berhaji.

Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq Al Rabiah mengatakan, bukan hanya jemaah, semua pekerja dan petugas keamanan pun harus dipastikan tidak mengidap virus corona.

Jemaah dites virus corona sebelum tiba di Makkah dan diminta swakarantina setelah berhaji.

Selain itu, “Akan ada tim medis yang menemani jemaah dalam setiap tahap. Juga akan ada ambulans dan petugas ambulans.”

Langkah lain, masker dikenakan setiap saat dan jemaah dilarang menyentuh atau mencium Ka’bah. Air zam-zam, yang biasanya bebas diminum kapan saja, kali ini hanya tersedia dalam kemasan.

Kerikil untuk melempar jumrah pun tidak perlu dicari karena sudah disiapkan dalam kantung dan disteril. 

Arab Saudi Mulai Lakukan Persiapan Untuk Ibadah Haji

Arab Saudi mulai lakukan persiapan untuk ibadah Haji 2020. Untuk pertama kalinya pelaksanaan haji tahun ini tidak mengikutsertakan jemaah dari luar Arab Saudi.

Para pekerja di Arab Saudi membersihkan lantai-lantai dan pilar-pilar Ka’bah di Arab Saudi ketika seribu jemaah pertama mulai tiba untuk menjalankan ibadah haji terbatas tahun ini.

Arab Saudi mengatakan pandemi virus corona membuat jumlah jemaah yang diizinkan haji tahun ini “sangat terbatas.”

Biasanya sekitar dua juta orang dari seluruh belahan dunia datang untuk menjalankan rukun Islam kelima itu.

Negara kerajaan itu awal bulan ini mengeluarkan pedoman bagi mereka yang akan diizinkan menjalankan ibadah haji.

Para jemaah harus membawa sajadah atau tikar sholat sendiri. Dan hanya diperkenankan minum dari botol air yang telah diisi dari sumur Zamzam di Mekkah.

Negara kerajaan itu mengatakan 70 persen jemaah yang diizinkan haji tahun ini adalah warga negara asing di Arab Saudi, dan sisanya baru warga Arab Saudi.

Jemaah haji dipilih dari para petugas medis dan petugas keamanan yang telah pulih dari Covid-19. Sementara warga asing yang diperkenankan haji adalah yang berusia antara 20-50 tahun, dan belum pernah melakukan ibadah haji sebelumnya.

Jemaah harus menjalani karantina sebelum dan setelah haji, dan harus menjalani uji virus corona.

Arab Saudi adalah salah satu negara di Timur Tengah dengan jumlah penderita virus corona terbesar, di mana tingkat perebakan mencapai 3.000 – 4.000 kasus per hari.

Sejauh ini lebih dari 264.000 orang di Arab Saudi telah terjangkit virus itu, termasuk 2.703 orang meninggal dunia.

Ibadah haji akan mulai berlangsung pada 28 Juli hingga 2 Agustus. 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Internasional

Ibu Negara Positif Terjangkit Virus Corona, Dokter Lakukan Pantauan

Published

on

Ibu Negara Positif Terjangkit Virus Corona, Dokter Lakukan Pantauan
Ibu Negara Brazil Michelle Bolsonaro mengenakan masker pelindung selama acara di istana kepresidenan, di Brasilia, Brasil, Rabu, 29 Juli 2020.

GENCIL NEWS – VOA – Ibu Negara Brazil Michelle Bolsonaro sedang dalam pantauan dokter setelah dites positif terjangkit virus corona. Ibu Negara Brazil Michelle Bolsonaro terakhir kali terlihat di depan umum pada hari Rabu, dalam suatu acara di Brasilia bersama suaminya, Presiden Jair Bolsonaro.

Yang berpartisipasi dalam acara resmi pertamanya sejak dites negatif virus corona pada hari Sabtu lalu. Kantor pers presiden merilis pernyataan hari Kamis (30/7) yang menyebutkan, ibu negara tampak dalam kondisi kesehatan yang baik, tetapi akan mengikuti protokol yang ditetapkan.

Bolsonaro sebelumnya melakukan isolasi mandiri selama dua minggu lebih setelah dua kali dites positif terjangkit virus corona.

Pada hari yang sama tes positif pada ibu negara itu dikukuhkan, anggota kelima di kabinet Bolsonaro menyatakan melakukan karantina mandiri setelah dites positif terjangkit virus corona.

Menteri Sains dan Teknologi Marcos Pontes menulis di Twitter hari Kamis (30/7) bahwa ia menjalani tes setelah mengalami gejala seperti flu dan sakit kepala.

Menteri Kewarganegaraan Onyx Lorenzoni dan Menteri Pendidikan Milton Ribeiro pekan lalu mengungkapkan bahwa mereka terjangkit Covid-19. Dua anggota kabinet lainnya mengungkapkan pada Maret lalu mereka dites positif terjangkit.

Brazil mencatat lebih dari 2,6 juta kasus virus corona, yang tertinggi di Amerika Selatan, dan lebih dari 91 ribu kematian.

Continue Reading

Internasional

AS Tuduh Rusia di Balik Penyebaran Disinformasi Virus

Published

on

AS Tuduh Rusia di Balik Penyebaran Disinformasi Virus

GENCIL NEWS – Sejumlah pejabat AS menyatakan intelijen Rusia menyebarkan informasi tentang pandemi virus corona melalui situs jaringan berbahasa Inggris. Tujuannya adalah untuk mengeksploitasi krisis yang sedang diperjuangkan untuk diatasi di Amerika sebelum pemilihan presiden pada November mendatang.

Para pejabat Rusia itu menolak tuduhan itu dan menyebutnya “teori konspirasi” dan “fobia yang tak habis-habisnya”. Salah satu situs yang diidentifikasi pihak AS telah memposting bantahan dan menyebut tuduhan AS bahwa pihaknya terkait dengan intelijen militer Rusia atau terlibat propaganda sebagai “kepalsuan.”

Kepada Associated Press, para pejabat AS tersebut memberitahu dua warga Rusia yang memiliki jabatan senior dalam dinas intelijen militer itu telah diidentifikasi bertanggung jawab atas upaya disinformasi itu.

Informasi itu tadinya digolongkan sebagai rahasia, tetapi pejabat AS mengatakan, informasi itu sudah di-deklasifikasikan supaya mereka lebih bebas membahasnya.

Para pejabat itu menjelaskan mereka melakukan hal itu untuk memperingatkan tentang situs-situs tertentu dan memaparkan apa yang menurut mereka merupakan hubungan yang jelas antara situs tersebut dan intelijen Rusia.

Antara akhir Mei dan awal Juli, kata seorang pejabat, situs web tersebut menerbitkan sekitar 150 artikel tentang respons pandemi, termasuk liputan yang ditujukan untuk mendukung Rusia atau memojokkan A.S.

Di antara tajuk utama yang menarik perhatian para pejabat AS itu adalah “Bantuan COVID-19 Rusia kepada AS Perlonggar Ketegangan Kedua Negara,” yang menyatakan Rusia memberikan bantuan segera dan substantif kepada AS dalam memerangi pandemi, dan “Beijing Meyakini COVID- 19 Merupakan Senjata Biologis,” yang memperkuat pernyataan yang berasal dari China.

Continue Reading

Internasional

Perdana Menteri Boris Johnson Serukan Rakyat Inggris Diet

Published

on

Perdana Menteri Boris Johnson Serukan Rakyat Inggris Diet

GENCIL NEWS – Perdana Menteri Boris Johnson mendesak rakyat Inggris untuk berolahraga dan mengurangi berat badan. Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan telah melakukan itu sejak sembuh dari penyakit COVID-19 awal tahun ini.

Kantor PM memperkenalkan kampanye “Kesehatan Lebih Baik” pada Senin (27/7) dan merilis sebuah video dirinya menjalankan anjingnya dan menjelaskan tentang manfaat olahraga rutin.

Johnson mengatakan pada puncak sakitnya, ketika dia dibawa ke unit perawatan intensif untuk dirawat, dia sangat kelebihan berat badan.

Setelah keluar dari rumah sakit, Johnson mengatakan dia mulai jogging dan kini berat badannya telah berkurang lebih dari enam kilogram.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mendesak rakyat Inggris untuk berolahraga dan mengurangi berat badan. Dia mengatakan telah melakukan itu sejak sembuh dari penyakit COVID-19 awal tahun ini.

Kantor PM memperkenalkan kampanye “Kesehatan Lebih Baik” pada Senin (27/7) dan merilis sebuah video dirinya menjalankan anjingnya dan menjelaskan tentang manfaat olahraga rutin.

Johnson mengatakan pada puncak sakitnya, ketika dia dibawa ke unit perawatan intensif untuk dirawat, dia sangat kelebihan berat badan.

Setelah keluar dari rumah sakit, Johnson mengatakan dia mulai jogging dan kini berat badannya telah berkurang lebih dari enam kilogram.

Continue Reading

Kumpulan Resep Masakan Enak

TRENDING