Patut Dicontoh, Berikut Inovasi Pendidikan di Finlandia

Patut Dicontoh, Berikut Inovasi Pendidikan di Finlandia-Finlandia adalah sebuah negara yang terletak di benua Eropa bagian utara.  Negara yang secara astronomisnya berada di antara 60°-70° LU dan 20°-32° BT ini berbatasan dengan Swedia disebelah baratnya dan berbatasan dengan Rusia disebelah timurnya.

Sedangkan disebelah utaranya Finlandia berbatasan Norwegia dan sebelah selatannya adalah laut Baltik. Di sebelah barat daya Finlandia adalah laut Baltik dan sebelah barat adalah Teluk Bothnia.

Finlandia adalah salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia dalam berbagai versi, termasuk versi World Economy Forum. Pada tahun 2000, negara ini bahkan berhasil mencapai tingkat Literacy (kemampuan baca) hingga 100 persen, yang artinya tidak ada satupun warganya yang buta huruf. Negara ini juga memakai sistem pendidikan yang sama sejak tahun 1970.

Baca juga   Los Angeles Larang Penjualan Produk Bulu Hewan untuk Fesyen

Di negara ini, setiap kelas dibatasi hanya untuk 16 murid saja. Ini membuat para murid memiliki ruang gerak yang lebih luas, sehingga mereka memiliki ruang untuk bereksperimen dan membuat alat-alat praktek dari apa yang telah mereka pelajari di kelas. Namun ruang kelas bukanlah satu-satunya tempat belajar. Di negara ini, kebanyakan kegiatan belajar-mengajar dilakukan di luar ruangan agar suasana tidak membosankan bagi para murid.

Sistem pendidikan di Negara  Finlandia dianggap sebagai salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia.  Pendidikan di negeri ini secara rutin mengungguli Amerika Serikat dalam literasi membaca, sains, dan matematika. Dilansir dari laporan Big Think yang dipublikasikan World Economic Forum (WEF), sistem pendidikan Finlandia dapat berfungsi dengan baik karena strukturnya ditopang oleh akses yang sama terhadap pendidikan dan siswa diberi kebebasan memilih jalur edukatif mereka berdasarkan minat dan bakat.

Baca juga   Koalisi Masyarakat Sipil Temukan Indikasi Pelanggaran HAM

Sejak awal murid diajari bertanggung jawab untuk mengevaluasi dirinya sendiri. Bahkan mereka didorong untuk bekerja secara independen. Guru tidak harus selalu mengontrol mereka. System dan Proses pembelajaran berjalan dua arah. Negara ini sukses menggabungkan kombinasi atas kompetensi guru dengan pendidikan karakter yang tinggi, dan mengajarkan nilai toleransi serta komitmen pada keberhasilan melalui tanggung jawab pribadi.

Finlandia adalah satu dari sedikit sekali negara yang memberikan pendidikan yang benar-benar gratis kepada rakyatnya. Seluruh jenjang pendidikan di negara ini tidak memungut bayaran apapun. Di sini, anda bisa mendapatkan pendidikan gratis mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, Sekolah Menengah Atas, hingga kuliah. Bahkan jika anda sudah lulus kuliah, sudah bekerja dan memiliki anak, jika anda ingin mempelajari sesuatu, anda akan diberi sekolah lanjutan gratis sesuai minat anda.

Penulis : Gencil News
Editor : Gencil News
Sumber : Gencil News