Total Korban Banjir Pada Wilayah Eropa Barat Kini Berjumlah 188 Orang
Connect with us

Internasional

Total Korban Banjir Pada Wilayah Eropa Barat Kini Berjumlah 188 Orang

Published

on

Total Korban Banjir Pada Wilayah Eropa Barat Kini Berjumlah 188 Orang
Loading...

Gencil News- Total korban banjir yang melanda sebagian wilayah Eropa Barat bertambah dan total korban menjadi 188 orang pada (18/7).

Pihak kepolisian mengatakan, sekitar 110 Korban Banjir tewas pada distrik Ahrweiler yang paling parah pada daerah selatan Cologne.

Selain itu, Sejak 12 Juli lalu intensitas hujan lebat melanda sejumlah wilayah seperti Inggris, Austria, Belgia, Jerman, Luksemburg, Belanda, Swiss, hingga Italia.

Kanselir Jerman Angela Merkel menggambarkan banjir bandang tersebut mengerikan dan sangat berduka kepada keluarga korban banjir pada wilayah tersebut.

Banjir bandang yang menerjang Jerman kali ini karena cuaca buruk yang menghantam wilayah Eropa dalam beberapa hari terakhir.

Situasi pada area selatan Jerman semakin memburuk setelah banjir bandang turut menerjang distrik Bavaria selama akhir pekan kemarin.

Banjir Eropa, sejak hari Rabu (14/7/21), terutama melanda negara bagian Rhineland Palatinate, Jerman.

Selanjutnya, Rhine-Westphalia Utara serta sebagian dari Belgia. Seluruh komunitas pada wilayah itu harus menjalani hidup tanpa listrik atau komunikasi.

Sementara itu di Belanda, dari provinsi Limburg ribuan orang mengungsi dari rumah mereka karena meningkatnya perairan dan menerobos tanggul.

Tetapi air surut di kota selatan Maastricht dan kota-kota terdekat, sehingga penduduk dapat kembali ke rumah mereka pada hari Jumat.

Di Swiss, danau dan sungai juga membengkak setelah hujan deras. Sungai yang mengalir melalui ibukota Swiss Bern meledakkan tepiannya pada hari Jumat.

Danau Lucerne membanjiri kota dan orang-orang di Basel telah diberitahu untuk menjauhkan diri dari Sungai Rhine.

Para ilmuwan mengatakan bahwa perubahan iklim akan menyebabkan hujan lebat, dan masih perlu beberapa minggu untuk menentukan perannya dalam curah hujan yang tiada henti ini.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Internasional

Taliban Sita $12,4 Juta Uang dan Emas dari Mantan Pejabat Afghanistan

Published

on

Taliban Sita
Loading...

Gencil News – VOA – Bank sentral Afghanistan yang dikuasai Taliban mengatakan Rabu (15/9) bahwa mereka telah menyita hampir 12,4 juta dolar uang tunai dan emas dari mantan pejabat-pejabat tinggi pemerintah, termasuk dari mantan wakil presiden Amrullah Saleh.

Dalam pernyataan, bank sentral mengatakan uang dan emas itu disimpan di rumah pejabat-pejabat, walaupun tidak tahu untuk apa.

Keberadaan Saleh tidak diketahui. Ia bersumpah akan melawan Taliban, yang merebut kekuasaan sebulan lalu. Seorang anggota keluarganya mengatakan, Taliban mengeksekusi saudaranya, Rohullah Azizi, pekan lalu.

Dalam pernyataan terpisah, bank itu mendesak orang Afghanistan agar menggunakan mata uang lokal Afghanistan. Desakan itu disampaikan di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa bank dan perusahaan negara itu kekurangan uang, terutama dolar, yang banyak digunakan.

Sebagai sinyal bahwa Taliban ingin mendapatkan kembali asset-aset milik mantan pejabat pemerintah, bank sentral mengeluarkan surat edaran kepada bank-bank lokal pekan lalu yang meminta mereka untuk membekukan rekening orang-orang yang terkait politik dari pemerintahan sebelumnya, kata dua bankir komersial.

Continue Reading

Internasional

Taliban Bolehkan Wanita Kuliah tetapi Terpisah Kelas dengan Laki-Laki

Published

on

Taliban Bolehkan Wanita Kuliah tetapi Terpisah Kelas dengan Laki-Laki
Siswa perempuan Afghanistan menghadiri sebuah kelas di Herat. (Foto: AFP)
Loading...

Gencil News – VOA – Menteri Pendidikan Tinggi Taliban Abdul Baqi Haqqani, Minggu (12/9), mengatakan perempuan di Afghanistan akan diizinkan untuk menempuh pendidikan di universitas. Namun pemisahan gender dan aturan berpakaian Islami akan menjadi wajib.

Abdul Baqi Haqqani mengatakan pemerintah Taliban akan “mulai membangun negara di atas apa yang ada saat ini” dan tidak ingin memutar waktu 20 tahun ke belakang ketika Taliban berkuasa untuk terakhir kali.

Dia mengatakan siswa perempuan akan diajar oleh guru perempuan sedapat mungkin dan ruang kelas akan tetap terpisah, sesuai dengan hukum syariah Islam. Haqqani menegaskan hijab wajib bagi siswa perempuan.

Alhamdulillah kami memiliki banyak guru perempuan. Kami tidak akan menghadapi masalah dalam hal ini. Semua upaya akan dilakukan untuk menemukan dan menyediakan guru perempuan untuk murid perempuan,” katanya dalam konferensi pers di Kabul, sebagaimana dikutip Reuters, Minggu (12/9).

Masalah pendidikan perempuan telah menjadi salah satu pertanyaan sentral yang dihadapi Taliban ketika mereka berusaha untuk meyakinkan dunia bahwa mereka telah berubah sejak aturan fundamentalis yang mereka terapkan pada 1990-an ketika sebagian besar perempuan dilarang belajar atau bekerja di luar rumah.

Pejabat Taliban mengatakan perempuan akan dapat belajar dan bekerja sesuai dengan hukum syariah dan tradisi budaya lokal, tetapi aturan berpakaian yang ketat akan berlaku.

Haqqani mengatakan kepada wartawan bahwa pemisahan gender akan diberlakukan di seluruh Afghanistan. Semua mata pelajaran yang diajarkan di perguruan tinggi juga akan ditinjau dalam beberapa bulan mendatang.Taliban: Perempuan Boleh Kuliah tetapi Terpisah Kelas dengan Laki-Laki

Continue Reading

Internasional

Denmark Cabut Semua Pembatasan Terkait COVID

Published

on

By

Denmark Cabut Semua Pembatasan Terkait COVID
Loading...

Gencil News – VOA – Denmark tidak lagi menerapkan pembatasan terkait COVID. Tidak ada yang memakai masker, pegawai sudah bekerja di kantor, dan besok akan digelar konser yang 50 ribu tiketnya terjual habis.

Negara itu, Jumat (10/9) mencabut kewajiban menunjukkan kartu vaksin bagi pengunjung klub malam, mengakhiri pembatasan terakhirnya terkait pandemi.

Kartu vaksin diberlakukan pada Maret 2021 ketika Denmark perlahan mulai melonggarkan pembatasan. Keharusan menunjukkan kartu itu di semua tempat dihapus pada 1 September kecuali di klub malam. Mulai 10 September, keharusan itu pun dicabut dari klub malam.

Seorang pelanggan di tempat pembuatan bir Denmark, Mikkeller's pub Warpigs, menunjukkan “Corona pass” mereka. (AFP)
Seorang pelanggan di tempat pembuatan bir Denmark, Mikkeller’s pub Warpigs, menunjukkan “Corona pass” mereka. (AFP)

Konser di Kopenhagen Sabtu (10/9), yang pertama di Eropa, akan dihadiri 50.000 orang. Pada 4 September, Live Nation menyelenggarakan festival terbuka pertama di Kopenhagen, diberi nama “Back to Live”, dihadiri 15.000 orang.

Di negara Skandinavia itu, kampanye vaksinasi berjalan cepat, dengan 73 persen dari 5,8 juta penduduk telah divaksinasi penuh. Di kalangan kelompok usia 65 tahun ke atas, cakupan vaksinasi mencapai 96 persen.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Denmark mendapat manfaat dari kepatuhan publik terhadap pedoman dan strategi penanganan COVID yang diadopsi pemerintah.

Orang-orang duduk di Kaffesalonen (The Coffee Saloon) saat pembatasan COVID-19 dilonggarkan, di pusat Kopenhagen, Denmark, 21 April 2021. (REUTERS/Tim Barsoe/File Photo)
Orang-orang duduk di Kaffesalonen (The Coffee Saloon) saat pembatasan COVID-19 dilonggarkan, di pusat Kopenhagen, Denmark, 21 April 2021. (REUTERS/Tim Barsoe/File Photo)

Dengan sekitar 500 kasus COVID setiap hari dan tingkat reproduksi 0,7, pihak berwenang Denmark menyatakan telah mengendalikan virus. Namun Menteri Kesehatan Magnus Heunicke bertekad bahwa pemerintah tidak akan ragu untuk segera menerapkan kembali pembatasan jika perlu.

Pihak berwenang bersikeras bahwa kembalinya ke kehidupan normal harus dibarengi dengan langkah-langkah kebersihan yang ketat dan isolasi bagi orang sakit. 

Continue Reading

Internasional

Di Kongo Terdapat Harta Karun Gunung Emas Dan Tambang

Published

on

By

Di Kongo Terdapat Harta Karun Gunung Emas Dan Tambang
Gunung emas di Luhihi, di Provinsi Kivu Selatan, Kongo
Loading...

Gencil News – Beberapa waktu lalu heboh temuan gunung emas di Kongo. Gunung emas ini berada di desa Luhihi, Provinsi Kivu Selatan, Kongo, atausekitar 50 km dari ibu kota provinsi, Bukavu.

Dalam video yang viral kala itu tampak penduduk setempat berkerumun, menggali tanah, dan memindahkannya ke kantong.

Video itu diunggah oleh Ahmad Algohbary, seorang jurnalis lepas, di Twitter. Ia mengatakan video itu bukan rekaman yang ia ambil, namun ia yakin itu terjadi di Kongo belum lama ini.

“Sebuah video dari Republik Kongo mendokumentasikan kejutan terbesar bagi beberapa penduduk desa pada negara ini. Ketika seluruh gunung yang penuh dengan emas ditemukan! Mereka menggali tanah untuk menemukan emas dan membawanya ke rumah mereka untuk membersihkan kotoran dan mengekstraksi emasnya,” kata Ahmad Algohbary, seorang jurnalis lepas yang membagikan video viral itu di Twitter Maret 2021.

Fenomena itu bikin publik jadi bertanya-tanya, apakah dengan ditemukannya gunung emas di Kongo lantas bisa membuat negara itu jadi negara kaya?

Ternyata, tidak begitu konsepnya. Negara yang kaya berkat emas itu bukan tolak ukur dari seberapa banyak emas saja, melainkan dari cadangannya.

Bila mengacu itu, ternyata Kongo belum termasuk 10 besar negara dengan cadangan emas terbanyak di dunia.

Afghanistan memiliki cadangan tambang dan energi utuh hingga US$ 3 triliun atau setara dengan Rp 43.163 triliun (kurs Rp 14.387).

Pada 10 tahun yang lalu, lembaga penyelidikan geologi Amerika Serikat (AS) menyebut total nilai tambang dan sumber daya alam (SDA) Afghanistan mencapai US$ 1.000 miliar.

Berbagai bahan tambang ada di dalam perut bumi Afghanistan seperti emas, perak, plutonium. Lalu uranium, tantalum, bauksit, gas alam, garam, batu logam, tembaga, perak, kromium, timah, bedak, belerang, batu bara, barit dan seng. Barang tambah tersebut disebut langka di dunia, itulah yang menjadi perebutan.

Prediksi

Kementerian Pertambangan dan Perminyakan Afghanistan memprediksi SDA Afghanistan ini bernilai US$ 3 triliun. Setidaknya ada 1.400 titik yang memiliki berbagai jenis sumber daya alam seperti gas alam, batu bara, garam, uranium, tembaga, emas dan perak.

Untuk gas alam ditemukan di provinsi utara Balkh, Shebirghan, dan Asripol yang mencapai 100 hingga 500 miliar meter kubik. Lalu penelitian NASA menyebut ada lebih dari seratus zona minyak dan gas di Afghanistan.

Sementara itu, dalam laporan terbaru British Petroleum, kapasitas minyak Afghanistan diperkirakan dari 250 hingga 300 barel per hari yang memungkinkan Afghanistan memperoleh US$ 9 miliar dan US$ 100 juta per tahun dari sumber daya tersebut.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING