Connect with us

HEADLINE

Cek Fakta : Mahfud MD Mengikuti Jejak Kakeknya Raden Ario Majang Koro yang Menjadi Penghianat

Published

on

Cek Fakta

Unggahan akun Facebook Anna Prasetyo atau @dianna.debora.180 yang berisi gambar Menko Polhukam, Mahfud MD yang disandingkan bersama Bangsawan asal Bangkalan, Raden Ario Majang Koro dengan inti pesan bahwa Mahfud MD mengikuti jejak Kakeknya, Raden Ario Majang Koro dengan menjadi penghianat adalah tidak benar.

Keponakan Mahfud MD, Firmansyah Ali menyatakan Mahfud MD sama sekali tidak ada darah Bangkalan, total orang pamekasan yang numpang lahir di Sampang.

Dari jalur ayahandanya, Mahfud MD bin Mahmoddin bin Hasyim dan terus ke atas merupakan orang biasa, bukan tentara belanda atau Ningrat Bangkalan. Mahmoddin ayahandanya adalah petani yang kemudian jadi PNS. Dari jalur Ibu, Mahfud MD adalah keturunan Bhujuk Abdul Qidam Sumenep alias Pangeran Pandiyan yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan para bangsawan Bangkalan waktu itu.

Akun Facebook Anna Prasetyo atau @dianna.debora.180 mengunggah foto Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD yang disandingkan dengan foto Bangsawan dari Bangkalan, Raden Ario Majang Koro.

Dalam unggahannya tersebut, akun Facebook @dianna.debora.180 menambahkan narasi yang inti pesannya menyatakan bahwa Mahfud MD mengikuti jejak kakeknya Raden Ario Majang Koro yang menjadi penghianat. Berikut narasi lengkapnya:

“Kolonel Raden Ario Majang Koro adalah keturunan bangsawan dari Bangkalan-Madura lahir th. 1832 – Madura , Wafat tanggal September 29, 1906 ) , dari brigade “Barisan Bangkalan (Barisan Van…

Buah jatuh tdk jauh dari pohonnya….!!!
Mahfud mengikuti jalan kakeknya yg tentara Belanda…..yg ikut menyerang kerajaan Aceh .
Kakeknya adalah salah satu perwira tentara Belanda yg berkulit sawo matang.
Dan kematian sang kakek di ujung rencong pejuang Aceh…..
Turun-temurun jadi pengkhianat kaumnya .paham Kan….?,” unggah akun Facebook Anna Prasetyo atau @dianna.debora.180, Rabu (27/11).

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan melalui mesin pencari, diketahui unggahan akun Facebook @dianna.debora.180 adalah tidak benar. Menurut First Draft, unggahan akun @dianna.debora.180 dapat masuk ke dalam kategori Konten yang Menyesatkan atau Misleading Content.

Dilansir dari beritalima.com diketahui Keponakan dari Mahfud MD, Firmansyah Ali memberikan klarifikasinya.

Pertama, Pak Mahfud MD sama sekali tidak ada darah Bangkalan, pak Mahfud MD total orang pamekasan yang numpang lahir di Sampang. Jadi kalau di Bangkalan memang pernah ada tokoh bernama Aryo Among Koro antara tahun 1874 s/d tahun 1906, dipastikan itu bukan nenek moyang Prof Mahfud MD. Itupun kalau benar ada tokoh tersebut, jangan-jangan keberadaan dan kisah tentang tokoh tersebut juga hoax?, sebab banyak orang bangkalan tidak kenal dan tidak tau.

Kedua, dari jalur ayahandanya, Mahfud MD bin Mahmoddin bin Hasyim dan terus ke atas merupakan orang biasa, bukan tentara belanda atau Ningrat Bangkalan. Mahmoddin ayahandanya adalah petani yang kemudian jadi PNS. Sedangkan Hasyim kakeknya adalah petani sambil ngajar ngaji.

Ketiga, Prof Mahfud dari jalur ibu adalah keturunan Bhujuk Abdul Qidam Sumenep alias Pangeran Pandiyan yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan para bangsawan Bangkalan waktu itu.

Sedangkan Raden Ario Majang Koro sendiri diketahui ialah keturunan bangsawan dari Bangkalan. Ia lahir sekitar tahun 1832.

Dalam ‘Onze vestiging in Atjeh’ karya G.F.W Borel, Majang Koro masuk ke dunia militer pada tanggal 15 Agustus 1848 sebagai sukarelawan tentara di Surabaya. Nama kelompok tentara itu Kaboen Surabaya.

Kariernya di dunia kemiliteran terus menanjak. Dia dipromosikan menjadi kopral pada 16 Januari 1850 dan naik lagi menjadi sersan pada tanggal 25 Juni 1850.

Pada tahun 1873, saat ia masih berpangkat mayor ia dikirim ke Aceh.

Dalam “Perang Aceh dan Kisah Kegagalan Snouck Hurgronje” karya Paul t’Veer (1985) disebutkan ekspedisi pertama Aryo Majang Koro di Tanah Rencong dipimpin Mayor Jenderal JHR Kohler. Namun Kohler terbunuh pada 14 April 1873, tepat di depan Masjid Raya Aceh.

“Sebagai mayor Korps Barisan, Majang Koro memimpin pasukan yang terdiri dari orang-orang Madura ke Aceh, pada 1873-1874.”

Saat itu Majang Koro berhasil memukul mundur lawan. Ia kemudian mendapat penghargaan Ridder Willems-Orde dengan pangkat kolonel titurer.

Majang Koro meninggal di Bangkalan pada tahun 1906.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

HEADLINE

Suplemen Minyak Ikan Dapat Tingkatkan Kesuburan Pria

Published

on

Pil Echinacea, kiri, minyak ikan, tengah, dan glukosamin ditunjukkan di San Francisco, Kamis, 30 Juli 2009. (Foto: AP)

Gencil News – Sebuah studi dari Denmark menunjukkan pria yang mengkonsumsi suplemen minyak ikan, yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 tinggi, mungkin dapat meningkatkan kesuburannya.

Dalam laporan yang diterbitkan di jurnal JAMA Network Open, setelah meneliti data dari hampir 1.700 pria muda, para peneliti yakin bahwa konsumsi suplemen minyak ikan terkaitdengan jumlah sperma yang lebih tinggi, testis yang lebih besar dan peningkatan kadar hormon yang berkontribusi pada kesuburan pria.

Tina Kold Jensen, profesor dari di Rigshospitalet dan University of Southern Denmark yang juga salah satu penulis stuid itu, mengatakan pria mendapatkan manfaat asam lemak omega-3 dengan menambahkannya dalam diet mereka. Namun, imbuh Jensen, konsumsi asam lemak omega-3 paling besar dampaknya untuk para pria yang memiliki kualitas sperma yang buruk.

Hal ini terjadi karena jenis asam lemak ini penting untuk kesuburan, kata Jensen dalam email.

“Komposisi membran sel sperma dengan kandungan asam lemak kaya sangat penting untuk fungsi sperma yang tepat,” jelas Jensen. “Membran sel sperma memainkan peran penting dalam peristiwa pembuahan utama. Omega-3 dalam membran sperma meningkat saat sperma matang dan tidak dapat disintesis. . . pada manusia dan perlu berasal dari diet. “

Untuk meneliti kemungkinan minyak ikan dan nutrisi lain dapat memengaruhi kesuburan pria, Jensen dan rekan-rekannya melibatkan para pria yang sedang sedang menjalani ujian fisik sebagai bagian dari prosedur wajib militer Denmark. Hal tersebut dilakukan antara 1 Januari 2012 dan 31 Desember 2017.

Mereka diundang untuk berpartisipasi dalam studi fungsi testis dan mereka yang mendaftar diberi jadwal pemeriksaan dan disediakan kompensasi sebesar 500 Denmark krone (AS$ 74,23).

Dalam proses tersebut, para pria mengisi kuesioner, menjalani pemeriksaan fisik, mengirim sampel air mani dan diambil darahnya. Mereka ditanya tentang diet, vitamin atau suplemen makanan, masalah gaya hidup dan kesehatan, dan khususnya tentang masalah kesehatan testis, seperti hernia inguinalis, dan tentang penyakit menular seksual.

Para pria juga ditanyai tentang konsumsi alkohol, penggunaan tembakau dan ganja, dan apakah ibu mereka merokok selama kehamilan.

Ketika Jensen dan rekan-rekannya menganalisis data mereka, ditemukan fakta pria yang mengonsumsi suplemen minyak ikan kurang dari 60 hari dalam tiga bulan terakhir memiliki volume semen 0,38 mL lebih tinggi dibanding mereka yang tidak mengonsumsi suplemen. Pria yang mengonsumsi minyak ikan pada 60 hari atau lebih selama periode itu memiliki volume semen 0,64 mL lebih tinggi dibanding pria yang tidak menggunakan suplemen.

Pil Echinacea, kiri, minyak ikan, tengah, dan glukosamin ditunjukkan di San Francisco, Kamis, 30 Juli 2009. (Foto: AP)
Pil Echinacea, kiri, minyak ikan, tengah, dan glukosamin ditunjukkan di San Francisco, Kamis, 30 Juli 2009. (Foto: AP)

Demikian pula, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi suplemen. Ukuran testis pada pria yang mengonsumsi minyak ikan kurang dari 60 hari adalah 0,8 mL lebih besar dan di antara mereka yang mengkonsumsinya selama 60 hari atau lebih, itu adalah 1,5 mL lebih besar.

Pria yang mengonsumsi minyak ikan juga memiliki jumlah sel-sel sperma yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengonsumsi suplemen. Selain itu, mereka memiliki persentase sperma yang lebih tinggi yang berenang lurus ke depan, dibandingkan dengan sperma yang berenang dalam lingkaran, misalnya. Dan itu memiliki bentuk yang lebih sehat secara keseluruhan.

Studi baru ini menarik karena melihat laki-laki dari populasi umum yang muda dan sehat, kata Albert Salas-Huetos, seorang peneliti di unit urologi, andrologi dan IVF di Universitas Utah di Salt Lake City. 

Continue Reading

HEADLINE

Nutrisi Ini Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda Terhadap Stress

Published

on

Nutrisi Ini Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda Terhadap Stress

GENCIL NEWS – Menurut ahli gizi dari Amerika Serikat Anthony William, makanan penuh nutrisi lebih baik dikonsumsi di pagi hari. Tepatnya saat kondisi perut masih kosong. Ini karena tubuh menerima nutrisi lebih optimal serta mencernanya lebih baik saat pagi hari.

Tetapi bagaimana jika makanan berikut akan membuat efek lebih relaks setelah anda mengkonsumsi nya, daya tahan tubuh terbentuk,metabolisme terjaga dan Secara biologis tubuh Anda dipersenjatai dengan zat-zat anti stres yang ada pada sistem kekebalan tubuh Anda

Amunisi yang penting diperoleh dari nutrisi yang Anda dapatkan dari setiap menu masakan yang mampu memicu hormon khusus di dalam tubuh yang meningkatkan daya tahan terhadap stres dan relaks

  1. Sup 

Dengan aneka racikan sayur dan daging lembut membuat Anda dapat lebih rileks. Tak hanya hangatnya sup saja yang membuat Anda nyaman, tetapi nutrisi yang Anda dapatkan dari tomat, kacang-kacangan, bawang putih, dan brokoli yang kaya vitamin C menekan stres hingga ia tak muncul kembali di saat itu. Tubuhpun terasa lebih bugar dan bersemangat. 

2. Mint Aneka kesegaran mint yang Anda dapatkan dari banyak produk, termasuk permen, inilah yang membuat Anda merasa lebih rileks dan segar. Selain itu mint dapat mengusir bau mulut tak sedap, sehingga Anda bebas bercuap-cuap dengan siapapun dalam jarak dekat. Mint bekerja melepaskan zat tertentu yang meregangkan otot-otot tegang, meredakan sakit kepala dan melonggarkan saluran respirasi Anda. Inilah yang membuat Anda jauh lebih rileks

3. Teh Bunga Chamomile 

Teh selalu menjadi daftar utama dalam makanan relaksasi, namun teh unik yang diperoleh dari bunga Chamomile ini benar-benar mujarab sebagai anti stres, dan tidak membuat Anda ketergantungan. Aroma khasnya begitu menggoda dan menenangkan, sehingga pas untuk diseduh di sore hari sambil menikmati semilir angin yang menerpa wajah. 

4. Kacang-kacangan 

Jika selama ini Anda malah takut berjerawat karena mengonsumsi kacang, Anda boleh berlega hati. Banyak zat penting di dalam kacang yang efektif menekan stres di tubuh, magnesium salah satunya. Magnesium yang terkandung pada kacang mencapai 12%, dan nilai ini cukup efektif untuk menekan stres dan membuat otot tubuh lebih rileks. 

5. Susu hangat 

Anda mungkin masih ingat saat kecil dulu Anda selalu dibuatkan segelas susu hangat oleh ibu. Kemudian Anda beranjak dan mulai terlelap dalam tidur nyenyak. Kandungan tryptophan dalam susu memicu peningkatan serotonin di dalam tubuh, sehingga menimbulkan perasaan nyaman dan membuat Anda terlelap dalam tidur. 

6. Pasta/ nasi/ risotto 

Kandungan karbohidrat menstimulasi peningkatan produksi insulin dalam tubuh, yang kemudian membersihkan dan memperlancar peredaran darah. Saat peredaran darah lancar, Anda pun lebih rileks dan timbul rasa kantuk. Demikianlah mengapa Anda selalu merasa mengantuk dan nyaman seusai santap makan

7. Buah-buahan Buah-buahan kaya vitamin C juga turut memacu produksi seratonin. Buah-buahan tersebut di antaranya: apel, mangga, jeruk, nanas, strawberry, anggur, pisang, dll. 

8. Cokelat Seperti yang pernah Anda dengar, cokelat merupakan makanan relaksasi yang manis dan menyenangkan, terutama bagi wanita. Tak hanya produksi seratonin saja, antioksidannya membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman saat memakannya. Kulit menjadi lebih halus lembut dan rileks. 

9. Ice Cream Selain rasa yang ada dalam ice cream, kandungan kalsium inilah yang memegang peranan tak kalah penting. Bantuan dari tryptophan membuat otak merasa lebih rileks dan nyaman. Untuk hasil yang terbaik pilih ice cream yang rendah lemak sehingga kesehatan jantung Anda tetap terjaga. 

10. Seafood Sudah terbayangkan kelezatan aneka seafood ini? Asam amino yang terkandung dalam seafood membantu Anda lebih bersemangat dalam beraktivitas dan memberikan asupan energi yang luar biasa. Ciptakan menu relaksasi ini dengan mengkombinasikannya ke dalam menu makan Anda.

Continue Reading

Gaya Hidup

Ini Dia 2 Tempat Wisata Terkenal di Sukadana Kayong Utara

Published

on

GENCIL NEWS – TEMPAT WISATA KAYONG UTARA – Bagi Anda yang tengah berada atau hendak pergi ke Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, alangkah baiknya menyempatkan/meniatkan untuk mengunjungi tempat-tempat wisatanya.

Untuk menuju ke Kabupaten Kayong Utara Anda dapat menggunakan transportasi seperti pesawat, kapal maupun jalan darat. Jika ingin menggunakan jalur sungai kapuas, bisa melalui pelabuhan Kapuas Pontianak dengan speadboat.

Jarak tempuh menggunakan speadboat sekitar 5 – 6 jam perjalanan dengan biaya 230 ribu rupiah. Serunya menggunakan speadboad, Anda juga bisa melihat pemandangan sepanjang jalur sungai Kapuas yang ditumbuhi tumbuhan mangrove.

Nah, jika menggunakan pesawat Anda bisa melalui bandara Supadio Pontianak menuju Rahadi Oesman, selanjutnya bisa menggunakan taksi menuju Sukadana dengan jarak tempuh sekitar 1.5 jam.

Berikut beberapa tempat wisata yang berada di Sukadana Kayong Utara yang layak Anda singgahi, antara lain:

Pantai Pulau Datok

Pantai Pulau Datok terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Palung yang berada di Desa Sutra Kecamatan Sukadana. Tempat wisata ini sudah terkenal di Kalimantan Barat, terutama di Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang.

Tempat ini menjadi favorit bagi masyarakat sekitar dan pelancong dikarenakan suasanya tempatnya yang nyaman, jauh dari kebisingan. Para pengunjung bisa merasakan segarnya tiupan angin pantai, hamparan pasir yang luas memanjang dan ombak di tepian pantai.

Aksesnya pun mudah dijangkai, sekitar 10 menit perjalanan dari Kota Sukadana dengan menggunakan roda dua.

Lubuk Baji

Lokasi tempat Lubuk Baji masih dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Palung, letaknya di Desa Benawai Agung Kabupaten Kayong Utara. Di tempat ini Anda akan menemukan jejak-jejak orang utan liar dan jika beruntung Anda dapat melihat langsung orang utan tersebut.

Hewan lain yang bisa Anda lihat, Owa-owa, Monyet Merah Daun, Beruang Madu Malaya, Rangkong, Pelatuk dan binatang lainnya.

Akses ke Lubuk Baji dapat Anda capai dengan berjalan kaki selama kurnag dari 8 jam melalui pintu masuk di Air Pauh Desa Sutra Kecamatan Sukadana. Untuk keluar dari tempat ini membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam menuju pintu keluar di Dusun Begasing Desa Benawai Agung Kecamatan Sukadana.

Anda tertarik mengungjungi kedua tempat wisata di Kabupaten Kayong Utara ini? Baiknya jika sudah berada di Sukadana, Anda ‘wajib’ mengunjunginya dan buktikan keindahan tempat tersebut. Selamat berlibur di Sukadana Kayong Utara.

 

Continue Reading

TRENDING