Hadiah Ayam hingga Apartemen, Upaya Genjot Vaksinasi COVID-19
Connect with us

Nasional

Hadiah Ayam hingga Apartemen, Upaya Genjot Vaksinasi COVID-19

Published

on

Hadiah Ayam hingga Apartemen, Upaya Genjot Vaksinasi COVID-19
Kapolsek Galih Apria memberikan hadiah ayam kepada Jeje Jaenudin, warga Desa Sindanglaya, menerima suntikan dosis pertama vaksin COVID-19, saat program vaksinasi jemput bola di Kabupated Cianjur, Jawa Barat, Selasa, 15 Juni 2021. (Foto: Willy Kurniawan/Re

Gencil News- VOA – Ayam, sapi, cuti dibayar, bahkan apartemen seharga sejuta dolar, adalah deretan hadiah yang ditawarkan oleh otoritas sejumlah negara di Asia, mulai dari Thailand, Hong Kong hingga Indonesia bagi warga yang bersedia divaksin COVID-19.

Program vaksinasi berhadiah itu bertujuan untuk memupus keraguan di kalangan masyarakat di Asia terhadap vaksinasi COVID-19.

Varian virus corona yang lebih menular telah mendorong terjadinya lonjakan kasus di Asia Tenggara dalam beberapa pekan terakhir sehingga pihak berwenang mulai menawarkan hadiah undian untuk vaksinasi.

Mengutip Reuters, Rabu (16/6), di distrik Mae Chaem Thailand di utara Chiang Mai, yang sebagian besar penduduknya adalah peternak sapi, pihak berwenang meluncurkan undian berhadiah sapi bulan ini yang terbukti sukses.

“Ini adalah hadiah terbaik yang pernah ada,” kata Inkham Thongkham yang berusia 65 tahun. Dia memenangkan seekor sapi betina berumur satu tahun seharga 10.000 baht atau sekitar Rp 4,6 juta setelah ia divaksin virus corona.

Charan Damrongkiatpana menunjukkan poster setelah memenangkan undian dalam program vaksinasi berhadiah sapi untuk meningkatkan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Chiang Mai, Thailand, 8 Juni 2021. (Foto: Stringer/Reuters)
Charan Damrongkiatpana menunjukkan poster setelah memenangkan undian dalam program vaksinasi berhadiah sapi untuk meningkatkan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Chiang Mai, Thailand, 8 Juni 2021. (Foto: Stringer/Reuters)

Program vaksin berhadiah sapi itu sudah memasuki pekan kedua dengan menyediakan total 27 sapi sebagai hadiah. Pihak berwenang mengatakan kampanye tersebut telah mendorong lebih dari 50 persen dari 1.400 penduduk di distrik itu untuk mendaftar. Kebanyakan yang mendaftar adalah lansia dan kelompok berisiko tinggi.

Dari populasi Thailand yang berjumlah 66 juta, hanya 4,76 juta yang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19.

Banyak bagian masyarakat di seluruh Asia yang enggan untuk divaksinasi. Disinformasi dan ketidakpastian yang meluas memicu keraguan atas keamanan, kemanjuran, dan masalah agama terhadap vaksin.

Di Hong Kong, yang sejauh ini berhasil mengendalikan pandemi, pihak berwenang khawatir bahwa tingkat vaksinasi yang rendah masih dapat membuat wilayah China itu rentan terhadap wabah yang mematikan tersebut.

Voucher belanja, penerbangan, dan apartemen baru senilai HK$10,8 juta atau sekitar Rp 19,2 miliar adalah beberapa insentif yang ditawarkan dalam undian berhadiah bagi mereka yang telah divaksinasi.

Beberapa pelaku bisnis mengambil langkah tambahan, misalnya dengan menawarkan cuti berbayar bagi mereka yang telah divaksinasi. Namun, satu klub olahraga swasta malah menerapkan hukuman alih-alih hadiah. Klub tersebut menginstruksikan anggota stafnya untuk divaksinasi pada akhir Juni atau tidak akan mendapatkan bonus, promosi, dan kenaikan gaji di masa mendatang

Bahkan di negara-negara yang dilanda virus corona, seperti Indonesia, pihak berwenang telah berjuang untuk menghilangkan ketakutan akan vaksin.

Seorang pria menerima suntikan vaksin COVID-19 buatan perusahaan farmasi China, Sinovac, di sebuah pusat vaksinasi di Hong Kong, 23 Februari 2021. (Foto: Paul Yeung/AFP)
Seorang pria menerima suntikan vaksin COVID-19 buatan perusahaan farmasi China, Sinovac, di sebuah pusat vaksinasi di Hong Kong, 23 Februari 2021. (Foto: Paul Yeung/AFP)

Data resmi menunjukkan, Indonesia melaporkan lebih dari 1,9 juta orang terinfeksi virus corona dan 53.280 meninggal akibat virus itu. Studi terbaru dari sampel serum darah, bagaimanapun, menunjukkan penyebaran COVID-19 yang sebenarnya bisa 30 kali lebih tinggi.

“Saya takut kalua saya divaksinasi, saya akan langsung mati … Kemudian ada berita yang lebih mengkhawatirkan bahwa vaksin ini mengandung babi,” kata Asep Saepudin, 67 tahun, warga di Cipanas, Jawa Barat.

Pihak berwenang di Cipanas mengatakan sangat sulit untuk meyakinkan orang tua bahwa vaksin itu aman dan halal. Seperti di Thailand, otoritas juga mengiming-imingi hadiah ternak dan ayam untuk setiap lansia yang divaksinasi.

“Lansia tidak mau divaksin dengan berbagai alasan, ada yang bilang mau tapi tidak datang, bahkan ada yang takut,” kata Kapolsek Galih Aprian.

“Jadi kami menghadiahi (partisipasi mereka) dengan ayam.”

Data Kementerian Kesehatan Indonesia menunjukkan hanya 5 persen atau 8,8 juta orang yang telah divaksinasi lengkap, masih jauh dari target 181,5 juta orang pada akhir tahun.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nasional

Ketua MPR Bambang Soesatyo Ungkap Sosok Akidi Tio

Published

on

Ketua MPR Bambang Soesatyo Ungkap Sosok Akidi Tio

Gencil News – Nama Akidi Tio sontak ramai diperbincangkan. Mulai dari rakyat hingga pejabat turut mencari tahu sosok dari Akidi Tio.

Ketua MPR Bambang Soesatyo dalam unggahan Instagramnya, mengungkap sosok dari Akidi Tio yang memberikan sumbangan untuk penanganan covid-19 di Sumatera Selatan.

Bamsoet menceritakan jika Akidi Tio pernah hidup di Palembang dengan memulai usaha kecap dan akhirnya memiliki pabrik kecap.

“Akidi Tio pernah hidup di Palembang mulai usaha kecap, lalu punya pabrik kecap. Dia juga yang punya kelenteng di 10 Ulu dan beberapa tempat di Palembang dan dia yang punya Cipta Futura Sawi di Muara Enim” tulis Bamsoet.

Akidi Tio dulu memiliki paman yang menjadi Menteri Perdagangan Singapura.

“Sejak dulu dia hidup di keluarga Thong Ju, China Palembang yang kaya era Soekarno, pamannya Menteri Perdagangan Singapore”

Akidi Tio pernah bersumpah kepada Thong Ju kalau dia Kaya Akan memberikan Sumbangan Rakyat Palembang dan TERBUKTI janjinya melalui wasiat Anak Cucu nya.

Dia juga pengusaha Tambang batu Dolomit bahan pembuat pupuk.

Ternyata dialah penyumbang terbesar di Sumsel dan Indonesia, baik itu panti asuhan yatim, orang cacat, buta dll. Selalu pake No Name atau Hamba ALLAH.

Ternyata dia orang ke 2 sedunia yang menyumbang terbanyak sesudah Bill Gates

Continue Reading

Nasional

Harga Emas Antam 30 Juli 2021, Kembali Naik Sebesar Rp8 Ribu

Published

on

By

Harga Emas Antam 30 Juli 2021, Kembali Naik Sebesar Rp8 Ribu

Gencil News- Harga emas PT Antam (Persero) Tbk per tanggal 30 Juli 2021 kembali naik. Kenaikan itu bertambah Rp8 ribu menjadi Rp953 ribu per gram.

Hal ini sama seperti harga buyback emas antam yang naik juga sebesar Rp8 ribu sehingga menjadi Rp850 ribu per gram pada hari ini.

Harga jual emas ini sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 sebesar 0,9 persen bagi yang tidak menyertakan NPWP. Namun jika memiliki NPWP maka akan memperoleh potongan pajak sebesar 0,45 persen.

Berikut rincian harga emas antam untuk tanggal 30 Juli 2021 :

  • Pecahan 0,5 gram Rp 526.500
  • Pecahan 1 gram Rp 953.000
  • Pecahan 2 gram Rp 1.846.000
  • Pecahan 3 gram Rp 2.744.000
  • Pecahan 5 gram Rp 4.540.000
  • Pecahan 10 gram Rp 9.025.000
  • Pecahan 25 gram Rp 22.437.000
  • Pecahan 50 gram Rp 44.795.000
  • Pecahan 100 gram Rp 89.512.000
  • Pecahan 250 gram Rp 223.515.000
  • Pecahan 500 gram Rp 446.820.000
  • Pecahan 1.000 gram Rp 893.600.000

Bagi kalian yang minat membeli emas antam. Antam sendiri menyediakan emas dengan bentuk lain. Seperti koin dinar, dirham, emas batik dan lainnya.

Continue Reading

Nasional

Berikut Syarat Dan Cara Daftar Sertifikat Tanah Elektronik

Published

on

By

Berikut Syarat Dan Cara Daftar Sertifikat Tanah Elektronik

Gencil News – Syarat dan cara daftar atau ganti sertifikat tanah elektronik telah tercantum dalam Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 1 Tahun 2021. Aturan berbeda untuk tanah yang sudah dan belum terdaftar di BPN. Berikut rangkumannya dalam infografis.

A. Syarat dan cara daftar sertifikat tanah elektronik

Aturan ini berlaku untuk tanah yang belum terdaftar. Kegiatan ini adalah pengumpulan dan pengolahan data fisik, pembuktian hak dan pembukuannya, penerbitan sertifikat serta penyajiannya, kemudian tambah penyimpanan daftar umum dan dokumen dengan sistem elektronik.

1. Pengumpulan dan pengolahan data fisik berupa dokumen elektronik berupa:

  • Gambar ukur
  • Peta bidang tanah atau peta ruang
  • Surat ukur, gambar denah satuan rumah susun, atau surat ukur ruang
  • Dokumen lain hasil pengumpulan dan pengolahan data fisik

2. Tanah yang sudah ditetapkan batasnya dalam pendaftaran sistematik atau sporadik diberikan nomor identifikasi bidang tanah

3. Pembuktian hak atas kepemilikan tanah dengan alat bukti tertulis berupa:

  • Dokumen elektronik yang terbit melalui sistem elektronik, dan/atau
  • Dokumen yang mengalami alih media menjadi dokumen elektronik

4. Pengumpulan dan penelitian data yuridis dalam beberapa dokumen elektronik yaitu:

  • Risalah penelitian data yuridis dan penetapan batas, risalah panitia pemeriksaan tanah A, risalah panitia pemeriksaan tanah B, risalah pemeriksaan tanah tim peneliti, risalah pemeriksaan tanah (konstatering rapport)
  • Pengumuman daftar data yuridis dan data fisik bidang
    tanah
  • Berita acara pengesahan data fisik dan data yuridis
  • Keputusan penetapan hak
  • Dokumen lainnya hasil pengumpulan dan penelitian data yuridis

5. Tanah yang sudah ada penetapan haknya atau berstatus tanah wakaf kemudian harus terdaftar melalui sistem elektronik dan diterbitkan sertifikat-el

6. Pemegang hak atau nazhir akan mendapat sertipikat-el dan aksesnya.

Continue Reading

Nasional

Pelni Terapkan Syarat Perjalanan Pada Masa PPKM

Published

on

By

Masa PPKM Mulai Berlaku, Kapal Pelni Terapkan Syarat Perjalanan

Gencil News- PT Pelni menerapkan kebijakan baru mengenai pandemi pada masa PPKM yang ada di daerah level 1 sampai level 4.

Penerapan kebijakan ini berdasarkan SE Nomor 59 Tahun 2021 mengenai Pelaksanaan Orang dalam Negeri dengan Transportasi Laut pada masa Pandemi Covid-19 yang mulai berlaku pada tanggal 26 Juli 2021.

Kebijakan ini menyangkut syarat perjalanan serta prokes yang harus penumpang patuhi selama perjalanan dengan menggunakan kapal Pelni.

Namun persyaratan ini tidak berlaku bagi penumpang yang sedang melakukan perjalanan pada wilayah perintis, 3TP serta pelayaran terbatas.

Syarat Perjalanan Penumpang Kapal Pelni Selama PPKM Level 1-4 yakni :

  1. Penumpang dari/ke wilayah ppkm level 3-4 penumpang wajib membawa : Sertifikat vaksin (minimal dosis pertama). Hasil negatif RT-PCR (2×24 jam). Hasil negatif Rapid Test Antigen (1×24 jam).
  2. Penumpang dari/ke wilayah PPKM 1-2 Penumpang wajib membawa: Hasil negatif RT-PCR (2×24 jam). Hasil negatif Rapid Test Antigen (1×24 jam).
  3. Penumpang di bawah usia 12 tahun dibatasi untuk sementara.
  4. Penumpang yang akan melakukan perjalanan lintas wilayah yang menerapkan PPKM dengan level yang berbeda, maka wajib memenuhi persyaratan pada wilayah yang menerapkan PPKM level lebih tinggi.
  5. Bagi penumpang yang belum mendapatkan vaksin karena alasan medis bisa menggunakan surat keterangan dari dokter spesialis.
  6. Penumpang wajib mengisi aplikasi e-HAC dan memperhatikan persyaratan pelabuhan tujuan yang dapat diakses melalui http://bit.ly/DaftarPelabuhan.

Adapun syarat ini juga harus sesuai dengan kondisi serta kebijakan pada wilayah masing-masing.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING