Jokowi Berharap Peneliti Indonesia Bisa Temukan Vaksin Covid-19 –Presiden Joko Widodo berharap peneliti di Indonesia bisa menemukan vaksin virus corona. Dengan begitu, nantinya Indonesia tidak harus tergantung pada negara lain untuk mendapatkan vaksin.

Presiden Joko Widodo mendorong para peneliti dari seluruh Indonesia untuk bekerja lebih keras lagi untuk bisa menemukan vaksin virus Corona.

Optimisme itu bertambah setelah Lembaga Biologi Molekuler Eijkman menemukan genom untuk pengembangan vaksin Covid-19.

“Dari yang saya lihat kemarin saya sangat optimis bahwa hal-hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan dan kita hanya impor sekarang ini kita bisa mandiri, karena kita bisa produksinya sendiri dan lebih dari itu kita juga harus mampu menghasilkan vaksin sendiri. Saya gembira lembaga Eijkman sudah mendapatkan data mengenai tujuh urutan genome. Genome lengkap virus yang sangat berguna untuk pengembangan vaksin dan saya juga senang komunitas peneliti terus bekerja untuk menemukan obat dan terapi yang efektif bagi pengobatan Covid,” ujar Jokowi dalam acara peluncuran Produk Riset, Teknologi dan Inovasi untuk Percepatan, Penanganan Covid-19, di Istana Merdeka , Jakarta, Rabu (20/5).

Baca juga   Pemerintah Berencana Beri Izin Asing Buka Universitas di Indonesia

Dalam kesempatan ini, ada 55 produk konsorsium hasil riset dan inovasi yang telah diluncurkan.

Dari jumlah tersebut, terdapat sembilan di antaranya yang menjadi produk unggulan dan beberapa di antaranya telah dilihat sendiri oleh Jokowi.

Produk-produk unggulan yang berkaitan dengan upaya percepatan penanganan Covid-19 tersebut antara lain RT-PCR test kit, rapid diagnostics test IgG/IgMemergency ventilator, imunomodulator, terapi plasma convalescent, unit laboratorium bergerak dengan biosafety level (BSL) 2, kecerdasan buatan pendeteksi Covid-19 dari hasil sinar-X, robot medis dan penyinaran UV, serta air purifying respirator.