Kementerian PUPR Bangun 304 Kios di Skouw Sebagai Embrio Ekonomi Perbatasan – Gencil News
Connect with us

Global

Kementerian PUPR Bangun 304 Kios di Skouw Sebagai Embrio Ekonomi Perbatasan

Published

on

GENCILNEWS  Setelah diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Mei 2017 lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini sedang menyelesaikan pembangunan tahap kedua pengembangan Zona Sub Inti dan Pendukung PLBN Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw yang berada di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan tahap kedua pengembangan kawasan perbatasan Skouw merupakan janji dan perintah Presiden Jokowi untuk tidak hanya menjadikan PLBN sebagai pintu gerbang masuk namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan.

 

“Pembangunan PLBN Skouw tidak hanya untuk gagah-gagahan, namun sebagai embrio pertumbuhan ekonomi di perbatasan. Saat ini sedang dibangun pasar sebanyak 304 kios, untuk mengakomodasi pasar-pasar yang sebelumnya ada dan insyaAllah akan diselesaikan Agustus 2018 ini,”jelas Menteri Basuki di PLBN Skouw, Jayapura, Sabtu (17/3/2018).

 

Saat ini progres pekerjaan Pengembangan Zona Sub Inti dan Pendukung PLBN sudah sebesar 80,78 persen. Pekerjaan yang sedang dilakukan adalah pemasangan penutup atap pasar, pemasangan atap Pos Polisi, pengecatan dinding Pos TNI, pekerjaan struktur bawah Masjid, pekerjaan rumah dinas Polisi dan penyelesaian lantai Amphiteater.

 

Luas kawasan yang dikembangkan 12,20 hektar dengan total luas bangunan 9.921 m2 meliputi : pasar dan area komersial seluas 3600 m2, fasilitas umum (rest area, ATM Center, Masjid, Gereja), fasilitas sosial (plaza dan ruang terbuka hijau, gedung serbaguna, foodcourt, parkir kendaraan), mess pegawai, wisma Indonesia dan pos TNI/POLRI.

 

Total anggaran untuk pembangunan kawasan Skouw sekitar Rp 246 miliar yang dikerjakan oleh kontraktor PT. Nindya Karya.

 

“Nanti juga akan ada terminal, yang pengaturannya akan dilakukan oleh Kementerian Perhubungan yang akan mendukung sebagai pusat kegiatan pertumbuhan ekonomi, destinasi wisata dan kesenian,” tambah Menteri Basuki.

 

Dalam kunjungan tersebut Menteri Basuki berbincang dengan Yan Z Numberi selaku peetugas administrator Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) PLBN Skouw mengenai progres pengembangan kawasan perbatasan tersebut.

 

Numberi berharap pengembangan wilayah perbatasan Skouw akan menjadi seperti apa yang diinginkan oleh Presiden Jokowi yakni menjadi pusat ekonomi, tempat wisata, yang menjadikan pintu gerbang timur Indonesia menjadi tempat yang luar biasa.

 

Selain itu juga dikembangkan infrastruktur permukiman, terutama Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) 50 liter/detik antara lain untuk melayani 577 Sambungan Rumah.

 

Pada kawasan perbatasan Skouw juga telah dibangun 50 unit Rumah Khusus bagi masyarakat perbatasan di Kampung Skouw, Distrik Muaratami. Unit rumah khusus dimaksud memiliki Tipe 36 yang terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi dan 1 ruang tamu, yang dilengkapi dengan jalan lingkungan, air bersih, sanitasi, drainase dan listrik.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki  yakni Dirjen Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto, Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo, Kepala Balai Pelaksanaan ?Jalan Nasional XVIII Jayapura? Osman H. Marbun, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Merauke Nimrod Rumaropen dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Internasional

Joe Biden Menunjuk Janet Yellen Menjadi Menkeu AS

Published

on

Joe Biden Menunjuk Janet Yellen Menjadi Menkeu AS
Sumber Foto : © Bloomberg-The choice of Janet Yellen, 74, will cement her status as one of the top US policymakers of her generation

Presiden terpilih dari Partai Demokrat Joe Biden menunjuk Janet Yellen untuk menjadi Menkeu AS, biden berharap nantinya Yellen mampu bekerja sama membenahi masalah perekonomian AS.

Proses transisi dari Pemerintahan Donald Trump ke Biden akan segera terlaksana dan Biden telah menunjuk beberapa pejabat.

Pekan lalu, Biden mengatakan bahwa Ia telah memutuskan pilihannya untuk jabatan menteri keuangan. Biden akan mengumumkan secara terbuka sebelum atau setelah liburan Thanksgiving.

Selanjutnya, Jen Pskai menulis melalui laman Twitternya:

“Presiden terpilih berharap untuk mengumumkan beberapa anggota tim ekonominya awal pekan depan yang akan bekerja dengannya untuk membangun ekonomi kembali lebih baik,” ujarnya mengutip melalui laman Washington Post, Selasa (24/11).

Jika Senat setuju, maka Janet Yellen akan menjadi wanita pertama yang memegang posisi itu dalam sejarah AS.

Ekonom berusia 74 tahun itu sebelumnya menjabat sebagai kepala bank sentral Amerika dan sebagai penasihat ekonomi mantan Presiden Bill Clinton.

Janet Yellen mempunyai peran besar saat membantu mengarahkan masalah pemulihan ekonomi AS setelah krisis keuangan 2007 dan resesi berikutnya.

Sebagai ketua Federal Reserve AS, Yellen lebih memusatkan perhatian pada dampak kebijakan bank terhadap pekerja dan biaya meningkatnya ketidaksetaraan Amerika.

Sejak meninggalkan The Fed pada 2018, Yellen telah berbicara tentang perubahan iklim dan perlunya Washington berbuat lebih banyak untuk melindungi ekonomi AS dari dampak pandemi virus corona.

Continue Reading

Nasional

Sri Mulyani Berupaya Agar APBN Tetap Sehat Ditengah Pandemi

Published

on

Sri Mulyani Berupaya Agar APBN Tetap Sehat Ditengah Pandemi
Sumber Foto : istimewa/ Sri Mulyani

Sri Mulyani menyampaikan bahwa pemerintah akan terus berupaya menjaga anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) agar tetap sehat.

Sri Mulyani menegaskan hal itu harus karena APBN bekerja sangat keras untuk membantu meringankan dampak pandemi yang menerpa masyarakat.

Dalam acara Grand Final The Asset Manager 2020 Jakarta, Selasa (24/11) menkeu menyampaikan.

APBN mengalami tekanan, tapi Alhamdulillah selama ini APBN kita jaga untuk sehat.

Sehingga saat kita harus menghadapi Covid-19, kita masuk dalam kondisi sehat

Menkeu mencontohkan, untuk bidang kesehatan APBN berfungsi dalam pengadaan seperti:

Test, tracing, treatment, insentif bagi para tenaga medis, penyediaan APD, obat-obatan, hingga alat ventilator.

APBN juga memberikan dukungan kepada 37 juta keluarga mendapatkan bantuan langsung baik dalam bentuk tunai atau sembako.

APBN turut membantu lebih dari 35 juta keluarga dari sisi tagihan listriknya baik diskon sebesar 50 persen hingga 100 persen.

Selanjutnya, lebih dari 20 juta pegawai berpendapatan di bawah Rp 5 juta mendapat subsidi upah termasuk untuk para guru honorer.

Kemudian, APBN membantu kegiatan belajar dan mengajar para siswa dan guru melalui daring sehingga kami sediakan internet gratis bagi lebih dari 50 juta bagi siswa, guru, dan dosen.

Tak hanya itu anggaran belanja negara juga membantu lebih dari 20 juta UMKM mulai dari dalam bentuk bantuan produktif.

Hingga relaksasi pembayaran cicilan karena penerimaannya tidak banyak, sedangkan biaya meningkat akibat adanya pembatasan sosial.

Sri Mulyani menambahkan, Dunia usaha mengalami beban yang luar biasa. Pemerintah dan masyarakat mengalami beban yang luar biasa.

maka dalam hal ini instrumen fiskal memberikan banyak sekali dukungan.

Defisit APBN hingga akhir Oktober 2020 adalah sebesar Rp764,9 triliun atau 4,67 persen dari target Perpres 72/2020 Rp1.039 triliun atau 6,34 persen dari PDB.

Hal itu akibat dari realisasi penerimaan negara yang hingga Oktober hanya sebesar Rp1.276,9 triliun

Dan lebih rendah dibandingkan realisasi belanja yang telah mencapai Rp2.041,8 triliun.

Continue Reading

Internasional

G20 Berkomitmen Distribusikan Vaksin Virus Corona Secara Adil

Published

on

G20 Berkomitmen Distribusikan Vaksin Virus Corona Secara Adil
Seorang pria menerima uji coba vaksin COVID-19 di Pusat Penelitian Amerika, di Hollywood, Florida, 13 Agustus 2020. (Foto: AFP)

Gencil News –VOA – Para pemimpin negara-negara yang tergabung dalam G20, Minggu (22/11), mengatakan mereka akan “mengupayakan semaksimal mungkin ” untuk memastikan distribusi vaksin virus corona secara adil di seluruh dunia. Para pemimpin juga berkomitmen membantu negara-negara miskin yang ekonominya hancur akibat krisis ini.

Sementara pandemi berkecamuk, kelompok negara-negara terkaya di dunia itu bersatu menghadapi tantangan pada masa depan dalam pertemuan puncak virtual yang diselenggarakan dengan tuan rumah Arab Saudi.

Namun, setelah “diplomasi digital” selama akhir pekan, pernyataan bersama pada penutupan G20 itu tidak merinci banyak masalah yang mendominasi pertemuan tersebut.

“Kita telah memobilisasi sumber daya untuk mengatasi kebutuhan pembiayaan langsung dalam kesehatan global untuk mendukung penelitian, pengembangan, pembuatan dan distribusi diagnostik, terapi, dan vaksin Covid-19 yang aman dan efektif,” kata G20 dalam pernyataan itu, sebagaimana dikutip dari AFP.

“Kita akan mengupayakan semaksimal mungkin untuk memastikan akses yang terjangkau dan adil bagi semua orang” demikian pernyataan G20.

Sementara negara-negara kaya merencanakan program vaksinasinya dan AS diperkirakan meluncurkan vaksinasi pada Desember, para ahli memperingatkan negara-negara berkembang menghadapi tantangan yang bisa menghalangi miliaran orang mendapat vaksin pertama yang sudah terbukti untuk melawan virus itu.

Continue Reading

TRENDING