Connect with us

Nasional

Khawatir Dengan Distribusi Global, Indonesia Produksi Sendiri Vaksin

Published

on

Khawatir Dengan Distribusi Global, Indonesia Produksi Sendiri Vaksin

GENCIL NEWS – Khawatir Dengan Distribusi Global Vaksin Covid-19, Indonesia akan memproduksi sendiri vaksin virus corona. Untuk memenuhi keperluannya sendiri karena adanya kekhawatiran tentang distribusi global. Vaksin yang diproduksi negara asing, kata ketua tim peneliti nasional COVID-19 Indonesia dalam pengumuman hari Kamis (2/7).

“Akan dilakukan oleh Indonesia, dari Indonesia, untuk Indonesia,” kata Ali Ghufron Mukti dalam jumpa pers yang disiarkan bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Ali menyebut kemampuan dan kapasitas produksi perusahaan bioteknologi di seluruh dunia. Serta “tantangan” pada rantai pasokan global sebagai alasan perlunya Indonesia mengembangkan vaksin sendiri.

Pemerintah Indonesia mulai membahas penelitian untuk vaksin pada bulan Maret. Tetapi tidak menyatakan niat mengembangkan dan memproduksi vaksin hanya untuk negara itu.

Perusahaan milik negara Bio Farma, satu-satunya pembuat vaksin di Indonesia. Bekerja sama dengan perusahaan biofarmasi China Sinovac Biotech pada awal Juni. Ali menambahkan bahwa Bio Farma dapat melakukan uji coba pada paruh kedua tahun depan.

“Kami menggunakan teori kami dan kami optimis bahwa pada tahun 2021 atau awal 2021. Ini akan selesai di laboratorium,” kata ketua tim peneliti COVID-19 itu.

Selain kolaborasi antara Bio Farma dan Sinovac. Ali mengatakan perusahaan farmasi swasta Indonesia Kalbe Farma dan perusahaan bioteknologi Korea Selatan Genexine juga bekerja sama untuk memproduksi vaksin.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Nasional

Indonesia Siap Uji Vaksin Covid-19, Tapi Relawannya Masih Kurang

Published

on

Indonesia Siap Uji Vaksin Covid-19, Tapi Relawannya Masih Kurang

Gencil.News – Indonesia Siap Uji Vaksin Covid-19 yang akan digelar di Kota Bandung, Jawa Barat, mulai Selasa, 11 Agustus 2020.  Namun mendekati waktu pengujian Vaksin Covid-19  jumlah relawan belum mencukupi.


Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) akan menguji vaksin asal China itu kepada 1.620 relawan. Pengujian akan dilakukan di enam lokasi yang tersebar di Kota Bandung.

Sebelum pengujian, tim peneliti menggelar simulasi uji klinis di FK Unpad, Kamis 6/8) siang. Anggota tim penguji, DR. Sunaryati Sudigdoadi, mengatakan simulasi ini untuk memberikan gambaran uji klinis kepada masyarakat.

“Juga masyarakat yang berminat jadi relawan akan tahu bagaimana sih alurnya, apa keuntungannya dan sebagainya,” terangnya kepada wartawan.

Pakar mikrobiologi klinis ini menjelaskan para relawan awalnya akan dipastikan belum terinfeksi Covid-19 lewat tes PCR dan rapid test.

Tiga hari kemudian, ketika hasil PCR keluar, peserta yang sehat akan disuntikkan vaksin. Dua minggu kemudian, relawan akan diberi vaksin lagi.

Totalnya relawan akan datang lima kali selama enam bulan ke depan. Selama itu pula, relawan dipantau ketat dari segi kesehatan dan responnya terhadap vaksin.

“(Jika ada) gejala-gejala pilek, batuk, sakit tenggorokan, demam, seperti gejala Covid-19, nah itu harus melapor ke site atau Puskesmas di mana dia direkrut,” terangnya yang mendapatkan gelar doktor dari Unpad ini.

“Kemudian pada subjek yang bergejala, kami lakukan pemeriksaan swab, di PCR lagi, apakah gejala-gejala itu gejala Covid-19 bukan,” imbuhnya, seraya menegaskan para relawan dijamin asuransi kesehatan.

Relawan Baru 800-an

Meski begitu, H-5 pengujian, jumlah relawan baru melewati angka 800 orang. DR. Sunaryanti menyatakan optimis kuotanya akan terpenuhi mengingat pendaftaran masih dibuka.

“Jadi dalam perjalanan rekrutmen itu diharapkan masih ada lagi subjek-subjek yang mendaftarkan menjadi relawan. Insya Allah lah doain semuanya.

Dia pun percaya bahwa ketua uji klinis, Prof. Kusnandi Rusmil, akan dapat memenuhi kuota relawan itu mengingat pengalamannya dalam lebih dari 30 kali uji klinis.

Belum terpenuhinya kuota relawan bahkan menyita perhatian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Pekan lalu, dia mengatakan, pimpinan daerah mengajukan diri jadi relawan vaksin.

“Jika tidak ada halangan dari unsur kesehatan pribadi, maka Forkominda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) pun akan menjadi relawan untuk pengetesan vaksin. Sehingga kalau pimpinannya juga melakukan Insya Allah rakyatnya juga akan meyakini proses vaksin ini berjalan dengan lancar,” ungkapnya dalam konferensi pers, Senin (3/8) sore.

Bio Farma Tingkatkan Kapasitas Produksi

Pengujian ini menggunakan vaksin produksi Sinovac, perusahaan bioteknologi asal China, yang didatangkan ke Indonesia oleh PT Bio Farma. Tahap I dan II uji klinis telah selesai di China dan dinyatakan berhasil.

Pada uji tahap III, sejumlah negara ikut melakukan pengujian termasuk Indonesia. Ketika tahap ini selesai dan berhasil, Bio Farma akan memproduksinya secara massal.

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, mengatakan pihaknya tengah meningkatkan kapasitas produksi dari 150 juta dosis jadi 250 juta dosis per tahun.

“Sehingga artinya pada 2021 kita sudah siap untuk kapasitas sebanyak 250 juta dosis per tahun. Untuk produksi vaksinnya tentunya kami menunggu uji klinis vaksin ini yang selesai, katakanlah Januari,” terangnya usai kick off meeting uji klinis di FK Unpad.

Mengingat kredibilitas Bio Farma sudah diakui WHO, Honesti optimis dapat memenuhi permintaan pemerintah Indonesia awal tahun depan.

“Karena teknologi produksi kita juga sudah cukup bagus. Tergantung sekarang program pemerintah mau berapa yang dilakukan vaksinasi,” tandasnya.

Sembari menunggu uji klinis, Bio Farma tengah berkomunikasi dengan Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Lembaga Pengkajian Pangan Obat–obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI untuk menguji kehalalan vaksin tersebut.

“Kami concern terhadap aspek kehalalan ini sehingga dalam riset dan pengembangan vaksin akan mengutamakan penggunaan bahan-bahan yang non-animal origin,” kata Honesti Basyir.

Sementara itu, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito mengatakan akan mengawasi uji klinis ini dari aspek ilmiah dan etik. BPOM akan mengacu pada Pedoman Cara Uji Klinik yang Baik (CUKB).

“Sebagai regulator, Badan POM berkomitmen melakukan pengawalan sepanjang siklus perjalanan vaksin Covid-19 di Indonesia. Mulai dari tahap uji klinik, pendaftaran untuk memperoleh izin edar, produksi, hingga distribusi nanti,” tegasnya dalam kesempatan yang sama.

Continue Reading

Nasional

Lirik Lagu Photograph – Ed Sheeran

Published

on

Lirik Lagu Photograph – Ed Sheeran

GENCIL NEWS – Lagu Photograph merupakan lagu ke-lima Ed Sheeran dari album kedua nya yaitu X atau dibaca multiply.

Lagu itu dirilis pada tahun 2014. Video lagu Photograph di YouTube juga sudah ditonton sebanyak 990 juta kali.

Lagu Photograph adalah lagu Ed Sheeran yang mengisahkan tentang LDR atau hubungan jarak jauh dengan pasangannya.

Photograph

Loving can hurt, loving can hurt sometimes
But it’s the only thing that I know
When it gets hard, you know it can get hard sometimes
It is the only thing that makes us feel alive

We keep this love in a photograph
We made these memories for ourselves
Where our eyes are never closing
Hearts are never broken
And time’s forever frozen still

So you can keep me inside the pocket of your ripped jeans
Holding me closer ’til our eyes meet
You won’t ever be alone, wait for me to come home

And if you hurt me
That’s okay baby, only words bleed
Inside these pages you just hold me
And I won’t ever let you go
Wait for me to come home

Love can heal, loving can mend your soul
And it’s the only thing that I know, know
I swear it will get easier,
Remember that with every piece…

Continue Reading

Nasional

Ini 6 Manfaat Susu Untuk kecantikan dan kesehatan Kulit

Published

on

Ini 6 Manfaat Susu Untuk kecantikan dan kesehatan Kulit

GENCIL NEWS – Susu pada umumnya diketahui berkhasiat untuk kesehatan tulang dan menetralisir racun. Selain manfaatnya pada tubuh, susu juga bermanfaat pada kesehatan kulit dan rambut dan bermanfaat untuk kecantikan. seperti yang kita ketahui di dalam susu ada kandungan protein, fosfor, kalsium, mineral, kasein, dan vitamin.

Karena ada senyawa laktosa yang terkandung di dalam nya. Sehingga manfaat susu dapat mengatasi kulit merah akibat sinar matahari, menghilangkan bekas jerawat,  menyehatkan rambut, hingga mencerahkan kulit.

Manfaat susu untuk kecantikan dan kesehatan kulit yang bisa anda lakukan dirumah.

  • Mengenyalkan kulit.

Susu mengandung berbagai macam mineral dan vitamin yang sangat diperlukan untuk kecantikan wajah. Wajah akan tampak sehat dan kenyal jika kamu rutin menggunakan susu. Caranya cukup mudah, ambil 2 sendok makan bubuk susu murni, tuangkan dalam mangkuk dan tambahkan 1 sendok makan madu plus kapsul vitamin E, aduk hingga merata kemudian oleskan pada wajahmu. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas sampai bersih.

  • Mengecilkan Pori pori

Pori-pori membesar memang menjadi masalah pada sebagian besar orang. Jika kamu memiliki masalah ini kamu bisa menyiasati dengan penggunaan susu. Kamu bisa oleskan sour milk pada wajah hingga leher, diamkan selama 15 menit, setelah itu bersihkan dengan air.

  • Memperlambat Penuaan Dini

Kandungan enzim, protein, dan vitamin yang ada pada susu juga bisa berfungsi sebagai penangkal penuaan dini. Susu bisa membantu menyamarkan garis halus yang bisa menjadi penyebab keriput.

Campurkan susu dengan pisang yang telah dihancurkan dan gunakan sebagai masker anti-aging.

  • Menjadi sunscreen alami serta membantu merawat sunburn

susu bisa menjadi sunscreen alami yang membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berpotensi merusak kulit.

sifatnya yang melembapkan juga membuat susu bisa digunakan untuk merawat kulit yang terbakar matahari. Caranya dengan mengoleskan buttermilk ke area kulit yang terbakar. Susu akan memberikan sensasi dingin serta menenangkan kulit yang terpapar sinar matahari.

  • Pembersih dan exfoliator

Susu memiliki kemampuan unik untuk menghilangkan kotoran minyak yang larut dengan bantuan enzim lipase yang larut dalam lemak, kotoran dari protein dengan bantuan protease, dan sel-sel kulit mati dengan asam laktat.

Kulit Anda akan semakin lembut dan bersinar. Caranya yaitu dengan membasahi kapas dengan susu, lalu usapkan pada wajah. Setelah 5 menit, bilas dengan air. Anda juga bisa menghaluskan dua potong pepaya dan susu. Oleskan campuran tersebut di seluruh wajah dan leher. Setelah beberapa menit, bilas dengan air dingin.

  • Mencerahkan Kulit

Susu mencerahkan kulit dengan merangsang peluruhan sel-sel kulit berpigmen. Campurkan dua sendok makan susu, satu sendok makan madu, dan dua sendok makan air hangat. Oleskan ke seluruh wajah Anda.

Setelah mengering, bilas dengan air hangat. Vitamin, mineral, dan protein yang terkandung di dalamnya akan membuat kulit cerah dan bersinar.

Continue Reading

Kumpulan Resep Masakan Enak

TRENDING