Gencil News – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa mekanisme pemberian diskon tiket pesawat masih dalam tahap pembahasan dan belum diputuskan. Ia membuka kemungkinan bahwa diskon tersebut akan disubsidi dari kas negara atau APBN.

“Kita akan finalkan angkanya. Kebetulan APBN untuk bisa mendukung hal itu juga sedang difinalkan dalam estimasi berapa trafik, jumlah penumpang dan besaran diskon yang diberikan. Yang tadi disampaikan 30 persen sudah kita kalkulasi. Kemudian kapan berlaku dan berapa lama berlaku juga akan kita tetapkan. Hitungan antara low season sampai peak season terjadi dan berapa lama support dilakukan untuk mendukung perbaikan kondisi pariwisata,” jelas Ani.

Ditambahkannya, pemerintah juga akan mendorong perusahaan BUMN seperti Pertamina untuk memberikan insentif kepada maskapai penerbangan yaitu diskon untuk avtur, kemudian Angkasa Pura untuk biaya pelayanan pesawat dan lain-lain.

Baca juga   Dewan Kota New York Sahkan Isu Gender

“Ya pemotongan harga tiket itu nanti mekanisemya dibahas, bagaimana mekanisme terbaik. Kalau namanya insentif atau subsidi harus ada dari pemerintah yang memberikan beda antara harga biasa dan harga yang akan didiskon tersebut,” paparnya.