Connect with us

Nasional

Pendaftaran Guru Penggerak Kemendikbud Angkatan 2 Dibuka

Published

on

Pendaftaran Guru Penggerak Kemendikbud Angkatan 2 Dibuka

Gencil News- Pendaftaran Guru Penggerak Kemendikbud Angkatan 2 Dibuka. “Siapkan diri Anda dan segera pelajari informasi Program Guru Penggerak angkatan 2,” ditulis dalam laman Instagram Ditjen GTK Kemendikbud.

Pendaftaran calon peserta Program Guru Penggerak angkatan 2 akan dibuka mulai 13 Oktober hingga 7 November 2020, sedangkan pendaftaran Pengajar Praktik (Pendamping) akan dibuka tanggal 20 Oktober hingga 13 November 2020.

Pendaftaran Guru Penggerak Kemendikbud Angkatan 2 Dibuka. Kriteria calon guru penggerak Dalam proses menjadi guru penggerak, guru akan mengikuti rangkaian seleksi dan pendidikan guru penggerak. Meski begitu, guru tak akan terganggu jam mengajarnya di sekolah.

Sebab, pelatihan dilakukan secara virtual ataupun secara langsung ke tempat guru mengajar. Dengan demikian, guru dapat langsung mengimplementasikan inovasi sekaligus mengatasi hambatan-hambatan pembelajaran di lingkungan sekolah.

Selama proses pelatihan, calon guru penggerak akan didukung oleh instruktur, fasilitator, dan pendamping yang profesional. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud Iwan Syahril mengatakan, program guru penggerak berpijak pada filosofi Ki Hajar Dewantara.

Dilansir resmi dari laman Sekolah Penggerak Kemendikbud, Berikut Kriteria untuk Guru Penggerak. Informasi lengkap seputar syarat, tahapan seleksi, dan pendaftaran dapat diakses melalui laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/

Kriteria umum:

  1. Tidak sedang mengikuti kegiatan diklat CPNS, PPG, atau kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses rekrutmen dan pendidikan guru penggerak.
  2. Guru PNS maupun non-PNS, baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta. Memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
  3. Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1/D4
  4. Memiliki pengalaman minimal mengajar 5 tahun
  5. Memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun
  6. Memiliki keinginan kuat menjadi guru penggerak Angkatan pertama program guru penggerak akan ditujukan untuk guru TK, SD, SMP, dan SMA

Kriteria seleksi:

  1. Menerapkan pembelajaran yang berpusat pada murid
  2. Memiliki kemampuan untuk fokus pada tujuan
  3. Memiliki kompetensi menggerakkan orang lain dan kelompok
  4. Memiliki daya juang (resilience) yang tinggi
  5. Memiliki kompetensi kepemimpinan dan bertindak mandiri
  6. Memiliki kemampuan untuk belajar hal baru, terbuka pada umpan balik, dan terus memperbaiki diri
  7. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan efektif dan memiliki pengalaman mengembangkan orang lain
  8. Memiliki kedewasaan emosi dan berperilaku sesuai kode etik

Jadwal:

  • 9 Oktober – 31 Oktober 2020: Informasi rekrutmen calon peserta program guru penggerak
  • 13 Oktober – 7 November 2020: Seleksi Tahap 1: Registrasi, Pengisian biodata, Pengisian esai
  • 1 – 14 November 2020: Verifikasi dan Validasi data pendaftaran
  • 20 – 23 November 2020: Seleksi Tahap 1 : Tes Bakat Skolastik 24 Desember 2020: Pengumuman hasil seleksi tahap 1 dan penjadwalan seleksi tahap 2
  • 13 Januari – 11 Maret 2021: Seleksi Tahap 2: Simulasi Mengajar, Wawancara
  • 20 Maret 2021: Pengumuman calon guru penggerak
  • 2 April 2021 – 27 November 2021:Pendidikan guru penggerak

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nasional

Cuti Bersama Oktober 2020, Kantor Swasta Tidak Wajib

Published

on

Cuti Bersama Oktober 2020, Kantor Swasta Tidak Wajib

Gencil News Cuti bersama oktober 2020  jatuh pada tanggal 28 dan 30 Oktober 2020. Terkait aturan cuti bersama, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, menyatakan bahwa cuti bersama untuk pekerja sektor swasta bersifat tidak wajib.

“Cuti bersama bagi sektor swasta itu fakultatif (tidak wajib). Maka pelaksanaannya berdasarkan kesepakatan serikat pekerja dan pengusaha dengan mempertimbangkan kebutuhan masing-masing perusahaan,” kata Ida (27/10/2020).

Tidak ada sanksi bagi perusahaan swasta yang tidak meliburkan karyawannya pada cuti bersama oktober 2020.

“Karena fakultatif, maka tidak wajib dan tidak ada denda,” ucap Ida.

Pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri PAN-RB telah sepakat menetapkan Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2020.

Dalam waktu dekat, cuti bersama bakal jatuh pada tanggal 28 dan 30 Oktober 2020. Sementara tanggal 29 Oktober 2020 adalah libur nasional peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sepanjang Oktober terdapat satu libur nasional dan dua hari cuti bersama berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB).

Menurut SKB 3 Menteri yang ditetapkan pada 20 Mei 2020. Menyatakan hari libur nasional bulan Oktober jatuh pada tanggal 29 Oktober 2020 yang merupakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2020 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara Tahun 2020. Berdasarkan Keputusan tersebut cuti bersama tersedia tiga hari pada 28-30 Oktober 2020. Keppres 17/2020 juga mengatur cuti bersama untuk hari libur nasional merayakan Natal 2020 dan pengganti Idul Fitri 1441 Hijriah.

Cuti bersama Hari Raya Natal 2020 jatuh pada 24 Desember 2020. Sementara itu, pengganti cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah bisa dinikmati 28-31 Desember 2020.

Ini daftar lengkap cuti bersama dan hari libur nasional 2020:
  1. Rabu, 28 Oktober 2020 cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
  2. Kamis, 29 Oktober 2020 hari libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
  3. Jumat, 30 Oktober 2020 cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
  4. Kamis, 24 Desember 2020 cuti bersama Natal 2020
  5. Jumat, 25 Desember 2020 hari Libur Nasional Natal 2020
  6. Senin, 28 Desember 2020 cuti bersama pengganti Idul Fitri 1441 Hijriah
  7. Selasa, 29 Desember 2020 cuti bersama pengganti Idul Fitri 1441 Hijriah
  8. Rabu, 30 Desember 2020 cuti bersama pengganti Idul Fitri 1441 Hijriah
  9. Kamis, 31 Desember 2020 cuti bersama pengganti Idul Fitri 1441 Hijriah.

Sesuai daftar tersebut, hanya November 2020 yang tidak punya daftar cuti bersama dan hari libur nasional 2020. Meski begitu bagi ASN dan PNS yang tidak mendapatkan hari libur bersama hak cuti tahunan ditambah sesuai jumlah cuti bersama yang urung diberikan.

Continue Reading

Nasional

Pekan Depan Kenaikan Tarif Cukai Rokok Akan Diumumkan

Published

on

Pekan Depan Kenaikan Tarif Cukai Rokok Akan Diumumkan

Gencil News-Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati disebut akan mengumumkan kepastian kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok dalam waktu dekat.

Kepastian mengenai tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau tarif cukai rokok mulai terkuak. Setelah kemarin mulai dibahas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada rapat terbatas (ratas).

Sekarang waktu pengumumannya diharapkan berlangsung pada pekan depan. Hal itu mengingat pada pekan ini terdapat banyak tanggal merah atau hari libur.

Pekan Depan Kenaikan Tarif Cukai Rokok Akan Diumumkan “Dalam waktu dekat Insha Allah, besok sudah cuti bersama, Mudah-mudahan (minggu depan),” kata Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan, Syarif Hidayat dalam keterangan tertulisnya.

Menurut informasi yang didapat, bahwa kenaikan tarif cukai rokok berada di kisaran 13-20%. Namun pihak pemerintah khususnya yang terlibat dalam pembahasan tarif cukai rokok ini masih belum mengetahui secara pasti angka penetapannya.

Demikian juga dengan Syarif, dirinya belum mengetahui tarif cukai rokok untuk tahun 2021 ditetapkan pada level berapa persen.

“Kita belum tau juga, belum dapat info,” katanya.

Sementara itu, Kasubdit Tarif Cukai dan Harga Dasar DJBC Kementerian Keuangan, Sunaryo mengatakan pemerintah pasti akan mengumumkan mengenai tarif cukai rokok yang diberlakukan tahun 2021.

Pekan Depan Kenaikan Tarif Cukai Rokok Akan Diumumkan “Tunggu saja, pasti nanti pas mau release akan diumumkan, sabar,” kata Sunaryo.

Continue Reading

Lintas Kalbar

Mobil Jenazah Bantuan Gubernur Untuk Majelis Assadah Alawiyah

Published

on

Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji memberikan bantuan satu unit mobil jenazah kepada Majelis Assadah Alawiyah jalan tanjung raya I, jumat (23/10/2020). Gubernur berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan bantuan mobil jenazah ini.

Gencil News – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji menyerahkan bantuan satu unit mobil jenazah kepada Majelis Assadah Alawiyah jalan tanjung raya I jumat (23/10/2020). Gubernur berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan bantuan mobil jenazah ini.

“Masyarakat silahkan memanfaatkan mobil bantuan ini sebaik-baiknya. Tempat pemakaman sekarang jaraknya sudah jauh dari kota karena makam sudah penuh, tak ada lagi pemakaman terdekat. Semoga membawa manfaat bagi masyarakat” ujar Sutarmidji saat memberikan sambutan.

Gubernur Kalimantan Barat dalam kesempatan ini juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban Kota Pontianak.

“Saya juga berharap kite same-same menjaga ketertiban dan keamanan kota kite, kalau tidak begitu kite tidak bise membangun kote kite ini, kite tidak bise membangun kalbar ini. Mudah-mudahan kite bisa terus maju, sejahtera dan kite bise memiliki daya saing dengan daerah lainnye,” imbaunya dengan logat Melayu.

Continue Reading

TRENDING