Proses Vaksinasi Covid-19 Presiden RI, Ditayangkan Secara Langsung
Connect with us

Nasional

Proses Vaksinasi Covid-19 Kepada Presiden RI, Ditayangkan Langsung

Published

on

Proses Vaksinasi Covid-19 Presiden RI, Ditayangkan Secara Langsung

Gencil News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi orang pertama di Indonesia yang akan mendapatkan suntikan vaksin covid-19 besok.

“Rencana besok pagi penyuntikan vaksin perdana untuk Presiden. Kami (Sekretariat Presiden) sedang mempersiapkan dan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk pengaturan tata cara vaksinasi,” ujar Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Proses vaksinasi kepada Kepala Negara akan disiarkan secara langsung melalui youtube akun Sekretariat Presiden.

“Besok saat penyuntikan perdana tersebut juga akan disiarkan secara live streaming. Jadi prosesnya seperti apa, bisa dilihat langsung besok,” kata Bey.

Presiden Jokowi akan mendapatkan suntikan vaksin Sinovac. “Iya Sinovac,” kata Heru Budi Hartono

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nasional

Keluarga Korban Pesawat Jatuh Tabur Bunga di Laut Jawa

Published

on

Keluarga Korban Pesawat Jatuh Tabur Bunga di Laut Jawa
Kolega awak pesawat Sriwijaya Air memberikan penghormatan untuk rekan-rekan mereka dengan menabur bunga dari geladak kapal Angkatan Laut Indonesia KRI Semarang di lokasi jatuhnya pesawat dengan nomor penerbangan SJ 182, 22 Januari 2021. (REUTERS/Ajeng Ulfiana)

Gencil News – Keluarga dan kerabat korban, Jumat (22/1), menggelar acara doa bersama dan tabur bunga di Laut Jawa, di mana sebuah pesawat jet Sriwijaya Air jatuh hampir dua pekan lalu dan menewaskan 62 orang di dalamnya.​

Sebuah kapal Angkatan Laut Indonesia membawa puluhan kerabat yang berduka itu ke lokasi tersebut. Banyak yang terlihat menangis saat berdoa dan melemparkan bunga ke laut. Sejumlah petugas dari Angkatan Laut, Basarnas, dan pegawai Sriwijaya Air juga melemparkan sejumlah karangan bunga ke laut.

Presiden maskapai penerbangan Sriwijaya Air, Jefferson Irwin Jauwena, mengatakan ia berharap kunjungan ke lokasi tersebut dapat membantu keluarga menerima apa yang telah terjadi pada orang-orang yang mereka cintai dan sedikit meredakan kesedihan mereka.

“Kami juga merasa sedih dan kehilangan. Kru kami adalah bagian dari keluarga besar Sriwijaya Air tercinta,” katanya kepada wartawan di kapal itu. “Saya, secara pribadi, merasa sangat terpukul dengan kecelakaan ini.”

Pesawat itu jatuh menukik ke laut beberapa menit setelah lepas landas dari Jakarta pada 9 Januari. Tim SAR telah menemukan potongan-potongan tubuh pesawat dan jasad manusia di kawasan perairan antara pulau Lancang dan Pulau Laki di gugusan Kepulauan Seribu.

Upaya pengambilan potongan mayat berakhir, Kamis (21/1), tetapi pencarian terbatas untuk mesin perekam suara kokpit masih berlanjut

Perekam data penerbangan (FDR), yang melacak ketinggian dan sejumlah parameter lain penerbangan pesawat, telah ditemukan sebelumnya. Tim penyelidik, bekerja sama dengan Boeing dan General Electric, saat ini sedang mengevaluasi informasi yang terekam perangkat tersebut.

Sebuah tim dari Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) dan Badan Pengawas Penerbangan AS (FAA) adalah bagian dari penyelidikan itu.

Pesawat Boeing 737-500 berusia 26 tahun yang jatuh itu tidak dioperasikan selama hampir sembilan bulan pada tahun lalu karena pengurangan penerbangan terkait pandemi virus corona. Badan pengawas penerbangan Indonesia dan maskapai itu mengatakan, pesawat itu telah menjalani inspeksi sebelum kembali melakukan penerbangan komersial Desember lalu.

Estimated reading time: 2 minutes

Continue Reading

Nasional

Kemenkes Akan Pakai Data Dari KPU Untuk Penerima Vaksin

Published

on

Kemenkes-Akan-Pakai-Data-Dari-KPU-Untuk-Penerima-Vaksin

Gencil News – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengaku tidak mempercayai data terkait program vaksinasi Covid-19 milik Kementerian Kesehatan di bawah kepemimpinannya.

Budi menjelaskan, data yang dimaksud adalah tentang penerima program vaksinasi. Nantinya, untuk data penerima rencana vaksinasi, pihaknya akan menggunakan data milik Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Datanya juga biar enggak salah gimana, saya udah kapok, saya enggak mau lagi pakai datanya Kemenkes, di crossing-crossing data dukcapil,” kata Budi dalam sebuah diskusi virtual yang ditayangkan kanal PRMN SuCi di Youtube, Rabu (20/1).

“Aku pakai datanya KPU. Kita ambil KPU manual, kemarin baru pemilihan itu Jabar, kayaknya itu yang paling current, basednya untuk rakyat di atas 17 tahun,” ujar Budi.

Pemerintah memiliki target sekitar 181,5 juta orang Indonesia yang akan divaksinasi Covid-19. Mulai Januari 2021 hingga Maret 2022, proses vaksinasi akan dilakukan secara bertahap selama 15 bulan.

Budi menuturkan, rencana vaksinasi Covid-19 menemui banyak kendala lain. Salah satunya tentang lokasi penyimpanan vaksin.

“Kenapa bisa penuh? Salah hitung. Ini masih di provinsi lho. Setelah dilihat, saya baru tahu, setiap tahun kita vaksinasi reguler setiap tahunnya antara 130-200 juta. Vaksin TBC, polio, difteri dan sebagainya,” jelas Budi.

“Rupanya karena tahun kemarin Covid, jadi vaksinasi kurang tuh posyandu-posyandu. Akibatnya vaksin enggak kepake, ditaruh di lemari es di sana, begitu kita kirim penuh, sudah ada barangnya disimpan. Jadi chaotic,” kata dia

Continue Reading

Nasional

Sensus Penduduk 2020: Pria Lebih Banyak Daripada Wanita

Published

on

Sensus Penduduk 2020: Pria Lebih Banyak Daripada Wanita

Gencil News – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis hasil Sensus 2020 pada Kamis (21/1). Berdasarkan data yang dikeluarkan BPS dan Kementerian Dalam Negeri, total penduduk Indonesia pada tahun 2020 mencapai 271.349.889 jiwa.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan, jumlah penduduk dihitung hingga Desember 2020. Dari hasil penghitungan sensus 2020 sampai September saja, jumlah penduduk Indonesia adalah 270.203.911 jiwa.

“Kenaikan jumlah penduduk yang tercatat itu terjadi karena adanya kenaikan laju pertumbuhan penduduk sebesar 0,14 persen dari bulan September ke Desember 2020. Setelah hasil Sensus Penduduk 2020 kita sinkronisasi, maka jumlah penduduk Indonesia per Desember 2020 adalah 271.349.889 jiwa,” kata Suhariyanto

Sensus 2020 menunjukkan jumlah pria lebih banyak daripada wanita. Rasio penduduk berdasarkan jenis kelamin adalah 100 penduduk perempuan untuk setiap 102 penduduk laki-laki. Data ini bertentangan dengan hasil sensus 20 tahun lalu.

“Dari total jumlah penduduk tersebut, jumlah penduduk perempuan mencapai 134.229.988 jiwa dan penduduk pria berjumlah 137.119.901 jiwa, serta ada 86.437.053 kartu keluarga,” ujar Suhariyanto.

Komposisi demografis berbasis gender di Indonesia menyesuaikan dengan keadaan dunia. Data Bank Dunia menunjukkan bahwa jumlah penduduk perempuan semakin menurun.

Pada tahun 2019, dari total penduduk 7,79 miliar di dunia, penduduk perempuan adalah 49,58%, sedangkan laki-laki adalah 50,42%.

Continue Reading

TRENDING