Data Analytic Room yang diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Barat pada bulan oktober 2019.

Gencil News – Pembangunan DAR (Data Analytic Room) bertujuan untuk menyediakan ruang penyajian data pembangunan sebagai dasar perencanaan dan kebijakan pemerintah. Termasuk untuk mendukung pengambilan keputusan oleh pimpinan.

Sutarmidji mengatakan dengan adanya DAR, Pemprov Kalbar berupaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel. Dengan demikian kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah terus meningkat. “Itulah tata kelola pemerintahan yang baik. Transparansi itu syarat utama,” katanya.

Satuan Tugas (Satgas) Saber Pungli Menkopolhukam Terkagum-kagum dan Mengapresiasi Gubernur Kalbar.

“Saya jujur selaku koordinator kelompok ahli satgas saber pungli Menkopolhukam terkagum-kagum ada upaya sistem aplikasi yang canggih yang diperkenalkan kami dari pak Gubernur Sutarmidji,” kata Adi Warman, SH, MH, MBA Rabu (12/2/2020) Data Analytic Room Kantor Gubernur Kalbar.

Baca juga   Data Analytic Room Sarana Analisa & Pemantau Pembangunan Berbasis Data

Adi warman juga mengatakan jika sistem ini kalau berjalan dengan maksimal itu sangat mengurangi atau resistensi. Karena dari ruangan ini bisa di kontrol sedemikian rupa. Jadi ini transparan sekali. jelasnya

“saya berharap daerah-daerah lain bisa meniru seperti ini,”

“Kami ini mutar keliling Indonesia melakukan supervisi dan monitoring, kordinasi setiap daerah kami datang khususnya tingkat Provinsi. Forkompinda tidak lengkap, tapi di Kalbar ini luar biasa, saya masuk ruangan ini, saya tunduk dan merenung langsung cair suasana. Ini menandakan bahwa daerah ini luar biasa, kepemimpinan Sutarmidji selaku kepala daerah luar biasa bisa menyatukan.

Ini tidak gampang, dibeberapa daerah mengalami kesulitan. Seperti sekarang terlihat pak Kajati disini, Pak Kapolda disini ikut mendampingi Gubernur Kalbar, ini jujur saja. Mungkin kerjaan beliau-beliau masih banyak, tapi karena ikatan batin dengan pak Gubernur ini luar biasa. ungkapnya 

Baca juga   Jelang Akhir Masa Jabatan 2018, Sutarmidji Terus Lakukan Pembangunan Untuk Masyarakat

“saya apresiasi, ini akan jadi catatan kita di Jakarta,” Mungkin nanti akan diarahkan daerah lain untuk studi banding kesini, untuk melihat bahwa ini sesuatu yang menggembirakan untuk bangsa ini. mudah-mudahan ini tertular kemana-mana.