GP.Ansor Sungai Kakap Gelar Tabarrukan Ke Makam Para Aulia'
Connect with us

Citizen Report

GP Ansor Sungai Kakap Gelar Tabarrukan Ke Makam Para Aulia’

Published

on

GP.Ansor Sungai Kakap Gelar Tabarrukan Ke Makam Para Aulia'
GP Ansor dan Banser Sungai Kakap melakukan tour religi dan ziarah

Gencil News – Gerakan Pemuda (Gp) Ansor dan Banser sungai kakap menggelar Tour religi dan ziarah. Tujuan tour tersebut ke makam para aulia’ yang berperan penting dalam menyebarkan Islam di Kalimantan Barat.

Terkhusus kota pontianak (Habib Sholeh Tanjung raya 1, sultan Syarif Abdurrahman batu layang). Kemudian melanjutkan tournya ke kabupaten mempawah (Kiai Fathul Bari peniram, Habib Husen mempawah, Opu Daeng Menambon Mempawah). Minggu (07/03/2021)

Hefni sebagai ketua Ansor sungai kakap mengatakan tujuan dari tour religi dan ziarah ini. Melainkan hanya tabarrukan (mencari barokah) kepada para aulia’.

“Dengan harapan barokahnya para ulama yang mendahului kita Ansor kedepannya lebih maju,berkembang dan lebih bermartabat,” harapnya.

Hefni mengungkapkan tujuan dari ziarah ini guna untuk memper erat tali ukhuwah Islamiyah. Lalu ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah basyariyah antar kader Ansor dan Banser sungai kakap.

“Agenda ini sebenarnya sudah di rencanakan pada bulan sebelumnya tetapi baru terlaksana hari ini, dikarenakan sahabat Ansor dan banser masih sibuk dengan pekerjaannya, saya sebagai ketua tidak bisa memaksakan hal itu,” pungkasnya

Harapan kedepannya, sahabat Ansor dan Banser yang ada di sungai kakap untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini dan lebih ramai lagi. Serta bisa menggelar di bulan-bulan berikutnya. Imbunya

Citizen Report : Arifin

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Citizen Report

SEMA Dan DEMA FUAD IAIN Pontianak Bagikan Takjil Selama Ramadhan

Published

on

By

SEMA Dan DEMA FUAD IAIN Pontianak Bagikan Takjil Selama Ramadhan
Pembagian takjil oleh SEMA dan DEMA FUAD IAIN Pontianak

Gencil News – Pengurus Senat Mahasiswa (SEMA) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak. Melakukan aksi turun ke jalan membagikan takjil di Persimpangan Jalan A.Yani Pontianak pada Rabu (14/4) sore.

Kegiatan berbagi takjil ini bekerja sama dengan Iqra Quantum Academy dan Keluarga Besar Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Pontianak.

Rencananya dalam berbagi takjil ini akan dilaksanakan setiap harinya yang akan dilaksanakan oleh masing-masing kepengurusan. Baik lingkungan SEMA, DEMA, dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) di lingkungan FUAD IAIN Pontianak.

Hendra selaku Ketua DEMA FUAD yang terlibat dalam kegiatan tersebut mengatakan kegiatan berbagi takjil ini. Merupakan kegiatan bulan ramadhan pertama yang dilakukan di FUAD dan sekaligus pembuka kegiatan dari SEMA maupun DEMA FUAD IAIN Pontianak

“Kegiatan ini juga sekaligus ajang bagi Fakultas untuk dapat mempromosikan Fakultas. Karena dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru di Jalur UM-PTKIN. Maka kami juga membantu mempromosikan Fakultas untuk dapat menarik mahasiswa baru di IAIN Pontianak khususnya di FUAD,” kata Hendra

Selain itu, ia berharap ini menjadi moment mengenalkan Fakultas FUAD kepada masyarakat Kota Pontianak.

“Semoga dengan adanya berbagi takjil ini dapat memberikan positif vibes yang baik bagi masyarakat di Kota Pontianak. Sekaligus mengenalkan kepada masyarakat tentang Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Pontianak. Melalui promosi yang kami lakukan pada saat berbagi takjil,” pungkasnya

Citizen Report : Hendra Gunawan

Continue Reading

Citizen Report

Khatulistiwa Development Wujudkan Rumah Baca Di Perbatasan RI

Published

on

By

Khatulistiwa Development Wujudkan Rumah Baca Di Perbatasan RI
Persemian Rumah Baca Di Balai Karangan

Gencil News – Khatulistiwa Development berhasil laksanakan program kerja pembuatan rumah baca di daerah perbatasan. Pembuatan rumah baca ini berlangsung mulai tanggal 8-10 April di Desa Balai Karangan.

Pembuatan rumah baca ini terlaksana dengan memanfaatkan bangunan posyandu yang sudah tidak berfungsi lagi. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, yaitu dari tanggal 8 sampai 10 April 2021.

Kepala Kecamatan Sekayam pada hari sabtu (10/4) meresmikan rumah baca pada lokasi ini. Sementara itu, Korwil Pendidikan Kecamatan Sekayam, BPD Desa Balai Karangan, Kepala Desa Balai Karangan, Perangkat Desa Balai Karangan, Bhabinkantibmas Desa Balai Karangan, Babinsa Desa Balai Karangan, serta masyarakat sekitar hadir pada kegiatan ini.

Uray Deki Akbar selaku ketua panitia mengatakan pengadaan rumah baca ini sasarannya memang untuk masyarakat perbatasan.

“Rumah baca kali ini kita menyediakan 2149 buku. Baik berupa Buku pendidikan, pertanian, novel, kesehatan, hukum, psikologi, politik, dan lain sebagainya. Sasaran rumah baca Ini memang kita khususkan untuk seluruh masyakat perbatasan,” kata Uray

Menurutnya lokasi rumah baca tersebut merupakan pusat pendidikan. Sehingga dengan adanya rumah baca ini ia berharap agar fungsinya tidak sekedar untuk tempat membaca. Namun juga untuk berdiskusi.

“Harapan kami demgan adanya rumah baca ini semoga dapat dipergunakan tidak hanya sebagai tempat membaca saja. Akan tetapi juga bisa menjadi tempat diskusi bagi para pemuda untuk melahirkan program baru atau karya-karya baru untuk kemajuan daerah,” Ujarnya.

Erzan Umar selaku Kepala Desa Balai Karangan sangat mengapresiasi dengan adanya pembuatan rumah baca yang dilakukan oleh Komunitas Khatulistiwa Developmet.

“Saya mewakili masyarakat Desa Balai Karangan sangat mengapresiasi dengan adanya pembuatan rumah baca ini. harapannya, mudah-mudahan adanya rumah baca ini dapat meningkatkan angka minat membaca khususnya masyarakat Desa Balai Karangan. Sehingga dapat memberika perubahan terhadap pola pikir anak-anak secara signifikan sehingga dapat meningkatkan minat belajar.” Ujar Erzan

Citizen Report : Raffi

Continue Reading

Citizen Report

UNU Peniraman Gelar Bedah Buku Perempuan Kesetaraan dan Takdir

Published

on

By

UNU Peniraman Gelar Bedah Buku Perempuan Kesetaraan dan Takdir
Bedah Buku Perempuan Kesetaraan dan Takdir Karya Linawati

Gencil News – Mahasiswa prodi Manajemen Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Peniraman Kabupaten Mempawah menggelar bedah buku yang berlokasi di aula kampus II pondok pesantren Darut Tholibin Peniraman. Sabtu, (03/04/2021).

Kegiatan tersebut membedah buku dari penulis asal Pontianak Linawati dengan buku ke-4 nya yang berjudul Perempuan Kesetaraan dan Takdir. Panitia penyelenggara sendiri mengusung tema Realita Gender Dalam Buku PEREMPUAN,KESETARAAN DAN TAKDIR.

Dhofir ,s,s.m.pd dosen UNU Peniraman menjadi pembedah buku ini. Tak hanya itu penulis mengahadiri langsung kegiatan ini. Sebanyak 40 mahasiswa akademik dan non akademik ikut andil dalam kegiatan bedah buku tersebut.

Dhofir selaku pembedah mengatakan buku Perempuan Kesetaraan dan Takdir tersebut merupakan buku paket lengkap. Menurutnya isi cerita dalam buku ini merupakan bukti nyata keadaan perempuan pada zaman 4.0 ini.

“Cerita dalam buku ini sangat real. Paket lengkap karena menyuguhkan fakta politik, kondisi pendidikan, ekonomi, dan romace terangkum dalam satu buku,” ujar Dhofir

Sementara itu, Lina selaku penulis menerangkan bahwa ia mengangkat buku ini sebagai bukti sejarah. Mengenai bagaimana kondisi perempuan perkotaan hingga pedesaan menikmati kesetaraan.

“Keterkekangan perempuan karena faktor ideologi pemisahan tugas berdasarkan jenis kelamin yang digiring menjadi sebuah budaya,” kata Lina

Ia mengungkap bagaimana pemikirian tokoh feminis Fatimah Mernissi mengkorelasikan antara perempuan dalam islam mendapatkan kesetaraannya dalam bidang pendidikan, ekonomi dan politik.

“Perempuan berhak mendapatkan kesetaraannya, namun ia juga dibatasi oleh hukum keluarga yang mana jelas perintahnya dari Allah tentang porsi laki-laki dan perempuan dalam ranah rumah tangga,” terangnya

Lina memaparkan perjalanan ia menulis karena mengaplikasikan paham tentang kewajiban mencari ilmu dan menyampaikan ilmu. Yang mana cara yang ia ambil adalah dengan cara menulis.

Menurutnya orang yang berilmu cenderung siap menerima kenyataan apabila terjadi kemungkinan yang tidak sesuai dengan ekspektasinya.

“Teruatama perempuan harus dibentengi dengan ilmu dan sikologis yang kuat agar tak terpuruk pada realita yang tak sesuai keinginannya,” tambahnya

Harapan penulis

Harapan dari adanya kegiatan bedah buku Perempuan Kesetaraan dan Takdir ini selain untuk mengupas bagaimana hasil tulisan dari buku ini. Juga sebagai edukasi kepada peserta bedah buku. Baik perempuan maupun laki-laki agar mellek akan realita betapa penting dan berharganya kesetaraan dan paham akan takdirnya.

Citizen Report : Sumi

Continue Reading

Budaya

Sanggar Flaminggo Kenalkan Tari Daerah Sejak Dini

Published

on

By

Sanggar Flaminggo Kenalkan Tari Daerah Sejak Dini
Penari Sanggar Flaminggo saat acara pernikahan

Gencil News – Dwi Oktariani pelatih Sanggar Flaminggo ungkap pentingnya mengenalkan tarian daerah sejak dini. Ia menjelaskan pentingnya tari daerah saat agenda bincang-bincang pada agenda Numpang Nampang RII PRO2 Pontianak pada jumat(19/03/2021).

Dwi yang merupakan dosen UNU Kalbar ini menceritakan bagaimana prosesnya mempromosikan sanggar ini melalui media sosial.

“Sanggar tari ini dipromosikan melalui media sosial bahkan dari mulut kemulut ‘’ujarnya,

Ia mengungkapkan telah menyebarkan berbagai poster sebagai media informasi untuk menarik minat calon peserta tari dan orangtua.

“Untuk anak usia 6 tahun ke atas selain praktik juga kita beri materi tentang tari,” jelasnya

Sementara itu, Dwi menambahkan pentingnya belajar menari bagi balita yaitu untuk membentuk tubuh yang proporsional pada balita.

“Syarat untuk mengikuti sanggar ini hanya memiliki niat dari diri sendiri dan menentukan kelas mana yang peserta inginkan,” tambahnya

Menurutnya keberadaan Sanggar Flaminggo miliknya ini agar peminat tari daerah dan nusantara semakin banyak.

Dengan tari juga dapat menambah teman dan relasi baru.

Pada akhir pembicaraannya, Dwi meminta agar para seniman terus berinovasi dan berkarya meski pandemi

“Untuk semua seniman kita harus berinovasi tetap selalu berkarya meski dengan cara virtual sekalipun,” pungkasnya

Citizen Report : Sumi

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

TRENDING