Salurkan 1 Ton Beras, PMII Ketapang Peduli Warga Yang Membutuhkan
Connect with us

Citizen Report

Salurkan 1 Ton Beras, PMII Ketapang Peduli Warga Yang Membutuhkan

Published

on

Salurkan 1 Ton Beras, PMII Ketapang Peduli Warga Yang Membutuhkan
PMII komisariat STAI Al-Haudl dan Komisariat Politeknik Negeri Ketapang dipercaya Oleh Yayasan Sahabat Kartika Sanga dan donatur sebagai panitia penyelenggara penyaluran 1 Ton beras

Gencil News – Sambut Hari Lahir (HARLAH) PMII yang ke-61, Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Politeknik Negeri Ketapang dan STAI Al-Haudl Ketapang membagikan 1 Ton beras kepada masyarakat kurang mampu serta kepada beberapa Pondok Pesantren, Panti asuhan, dan Panti Jompo yang ada di Ketapang, Minggu (2/5/2021)

Dalam hal ini PMII Ketapang bekerjasama dengan Yayasan Kartika Sanga dan juga para Donatur kader dan senior PMII Ketapang.

Puluhan anggota kader turut serta membagikan beras dengan menghantarkan langsung ke pondok pesantren. Kemudian panti asuhan serta panti jompo dan kerumah-rumah warga yang berhak menerima bantuan tersebut.

Aksi ini dalam bentuk rasa peduli dari para kader PMII terhadap masyarakat sekitar. Hal ini juga dalam rangka memeriahkan serta memperingati hari lahir PMII yang ke-61. Bahwa pentingnya berbagi antar sesama sesuai dengan tema kegiatan ini yaitu “Dari Sahabat untuk Ummat”.

Yoga Syaputra selaku Ketua Panitia Kegiatan memaparkan rangkaian kegiatan mulai dengan Pembagian beras Sebanyak 350kg beras. Dengan lokasi distribusi bantuan kepada 7 lembaga yang terdiri dari pondok pesantren, panti asuhan dan panti jompo di kabupaten ketapang.

Kemudian berlanjut dengan pembagian 650kg ke rumah-rumah warga yang berhak mendapatkan bantuan.

“Beras 1 ton berasal dari sumber kas Donatur sahabat yang tergabung dalam yayasan sahabat kartika sanga. Dalam hal ini PMII komisariat STAI Al-Haudl dan Komisariat Politeknik Negeri Ketapang dipercaya Oleh Yayasan Sahabat Kartika Sanga dan donatur sebagai panitia penyelenggara penyaluran beras ini,” Terangnya

Wabup Ketapang

Wakil Bupati Kabupaten Ketapang, Farhan dan juga sebagai Majelis Pertimbangan IKA PMII mengatakan bahwa ia merupakan kader PMII angkatan 81.Dan sangat senang dan perlu dengan sebuah ide ide baru.

“Siapa lagi kalau bukan kita. Kita butuh diskusi untuk menyusun strategi. Saya berharap saya berbicara hari ini bisa memberikan arahan untuk PMII kedepannya,” ujar Farhan

Menurut saya, lanjutnya, PMII sudah menerapkan dua hal yang sangat baik. Pertama, bagaimana kita kompak. Jadi dalam PMII kita semua adalah kader kita sama kita mampu memberikan pikiran-pikiran. Harus jadi mahasiswa yang idealismenya tinggi artinya yaitu prinsip, yang perlu kita ikuti dengan perkembangan zaman. Kita harus mencari metode-metode baru agar pikiran kita tetap terakomodir.

Yang kedua adalah kreatif. Pekerjaan kita hari ini merupakan pikiran kreatif. Kita mampu mengimpertensi keadaan tersebut. Lembaga sudah ada, makanya hari ini kita kembangkan di lembaga agar PMII bisa memberikan beasiswa untuk anak yang berprestasi yang tidak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang tinggi.

“Saya berharap kedepannya dana yg masuk dalam PMII dipergunakan untuk kepentingan masyarakat,” terangnya

Ahmad yani menambahkan selaku pembina yayasan kartika sanga dan pembina donatur sahabat mengatakan Acara ini merupakan gagasan. Penyaluran 1 Ton beras ini sampai ke ke daerah selatan, utara, dan benua kayong,” jelasnya

Ia menegaskan pada agenda pembagian sembako ini, panitia menerapkan protokol kesehatan. Untuk menghindari terjadinya penularan wabah Covid-19.

Abdurrahman selaku pengasuh Pondok Pesantren Nur Ilahi yang menjadi lokasi penerima bantuan tersebut berharap kegiatan tersebut menumbuhkan rasa empati dan peduli kader PMII terhadap keadaan sekitar.

“Gerakan yang luar biasa, mudah mudahan bisa memotivasi yang lain agar bisa menumbuhkan rasa peduli, lanjut kan, kalau bisa ditingkatkan,” katanya

Citizen Report : Riska

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Citizen Report

Hadirkan Pemateri Hebat, HMPS Mada Gelar Webinar Zakat

Published

on

By

Hadirkan Pemateri Hebat, HMPS Mada Gelar Webinar Zakat
Webinar Pendayagunaan Zakat Di Era Pandemi.

Gencil News – HMPS Manajemen Dakwah IAIN Pontianak  Menggelar Webinar Dengan Tema Pendayagunaan Zakat Di Era Pandemi.

HMPS Manajemen Dakwah bidang Pendiklak pemateri ternama yaitu Miskari, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Kalimantan Barat dan Uray Muhammad Amin selaku Pimpinan Baznas Kalimantan Barat.

Dalam kegiatan ini dibuka langsung oleh ketua prodi manajemen dakwah IAIN Pontianak Santa Rusmalita pada Senin (03/05/2021).

“Pendayagunaan Zakat di Era Pandemi ini sangat bagus untuk dibahas kali ini. Karena zakat pada tahun ini sangat menurun,” Ujar Santa Rusmalita

Miskari, Dosen IAIN Pontianak selaku pemateri mengungkapkan agar zakat pada saat ini harus merata. Tidak boleh tumpang tindih atau tidak merata pembagiannya. Maka dari itu untuk merata maka diserahkan kepada pihak-pihak yang berhak untuk mengurus zakat. Seperti Baznas, LazisNU, LazisMu dan Lembaga lainnya

“Jadi dengan adanya lembaga ini maka pembagian zakat kepada yang berhak menerima akan merata secara menyeluruh dan mencapai target,”Ungkapnya

Uray Muhammad Amin, Pimpinan Baznas Kalimantan Barat menjelaskan bagaimana mengelola zakat tidak saja kegiatan penambahan dana zakat. Namun juga menegaskan siapa basis hubungan dan konsekuen sebuah lembaga.

“Menurut data perolehan zakat di Kalimantan Barat saat ini naik,”Ujarnya

Febri, Ketua HMPS Manajemen Dakwah menjelaskan tujuan adanya webinar ini. Untuk mengedukasi masyarakat tentang zakat serta mengajak masyarakat untuk bayar zakat.

“Dengan adanya webinar ini maka masyarakat tau bagaimana pendayagunaan yang benar untuk membayar zakat,”Ungkapnya

Citizen Report : Sri Hartuti Sandora

Continue Reading

Citizen Report

ORMAWA Fasya Berbagi Sembako Dan Buka Bersama Anak Panti Asuhan

Published

on

By

ORMAWA Fasya Berbagi Sembako Dan Buka Bersama Anak Panti Asuhan
ORMAWA Fakultas Syariah IAIN Pontianak

Gencil News – ORMAWA Fakultas Syariah IAIN Pontianak mengadakan kegiatan FASYA BERBAGAI yaitu Berbagi Sedekah Bersama. Dengan target kepada orang yang membutuhkan bertempat di Sungai Kakap, Kecamatan Kubu Raya. Pada hari Sabtu (01/05/2021)

Kegiatan tersebut menjadi agenda rutinan setiap bulan ramadhan yang di lakukan oleh ORMAWA FAKULTAS SYARIAH. Seperti SEMA, DEMA, HMPS HES dan HMPS HKI.

Muhammad Aditya Saputra selaku ketua DEMA Fasya mengatakan bahwa selain membagikan sembako ORMAWA Fasya. Agenda berlanjut dengan buka puasa bersama dengan Anak Panti Asuhan.

“Alhamdulillah pada kegiatan pertama yakni Berbagi sembako berjalan dengan lancar dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan. Kemudian mengenai lokasi ditahun ini kami distribusikan di daerah sungai Kakap,” kata Adit

Rentetan agenda tersebut berlanjut hingga tanggal 4 mei yaitu buka puasa bersama anak-anak Panti Asuhan Nurul Amal.

“Menurut saya Fasya berbagi kali ini sangatlah menyenangkan karena disini saya dapat tau betapa banyaknya orang yang sangat membutuhkan bantuan. Dari situ lah saya dapat belajar bahwa organisasi itu tidak hanya untuk mencari pengalaman. Tetapi juga mencari berkah dari Allah SWT”. Ungkap Renaldi ketua HMPS HKI (Hukum Keluarga Islam)

Kemudian disampaikan juga oleh Ketua SEMA Fasya M. Ikhsan bahwa dengan adanya fasya berbagi yang di adakan ormawa fasya ini sangat lah bermanfaat bagi masyarakat. Terutama masyarakat yang kurang mampu. Dan juga kegitan ini melatih mahasiswa untuk penting nya tolong menolong dengan sesama.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menumbuhkan rasa kemanusiaan pada kehidupan bermasyarakat. Dalam hal ini menunjukan bahwa mahasiswa tidak hanya unggul dalam bidang akademis, namun juga aktif dalam kegiatan sosial”. Tegas Ikhsan

Sementara itu, ketua HMPS HES, Frans Pangestu berharap kegiatan ini bisa menjadi motivasi untuk mahasiswa dan pelaksana kegiatan.

Adapun yang terlibat dalam agenda ini yaitu atas sumbangsi beberapa donatur. Baik dari dosen fakultas syariah kemudian dari orang-orang luar dan lain sebagainya.

Citizen Reporter : Tria Rizkika

Continue Reading

Citizen Report

Tuai Prestasi, Dua Mahasiswa FUAD Akan Berangkat Ke Palembang

Published

on

By

Tuai Prestasi, Dua Mahasiswa FUAD Akan Berangkat Ke Palembang
Kafilah PTQ LPP RRI Nasional ke-51 yang akan berangkat ke Palembang, Sumatera Selatan pada tanggal 1-4 Mei 2021.

Gencil News – Dua mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak kembali mengukir prestasi. Da’i Maftuh mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) dan Liana mahasiswa Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) membawa piala atas prestasinya.

Kedua mahasiswa tersebut masing-masing meraih juara 1 pada Cabang Tilawah Putra dan juara 1 Cabang Lomba Tausiyah. Keduanya mengikuti lomba pada ajang Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) Ke-51 LPP RRI Pontianak pada selasa 13 April 2021.

Kedua mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak tersebut selanjutnya akan mewakili Provinsi Kal-Bar. Untuk Mengikuti PTQ LPP RRI Nasional ke-51 ke Palembang, Sumatera Selatan pada tanggal 1-4 Mei 2021.

Dalam rangka mengikuti kegiatan tersebut LPTQ Provinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan RRI Pontianak. Memberikan pembinaan dan pelatihan atau Training Center (TC) bagi seluruh peserta termasuk kepada Da’i Maftuh dan Liana.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 28 dan 29 April 2021 ini, diharapkan dapat mempersiapkan dan meningkatkan kualitas Tilawah. Juga hafalan serta penguasaan materi bagi seluruh peserta. Sehingga bisa sukses mengukir dan meraih prestasi pada PTQ LPP RRI Nasional Tahun 2021 di Palembang.

Adapun cabang lomba pada kegiatan PTQ RRI Nasional ke-51 adalah Cabang Tilawah Putra dan Putri. Kemudian Cabang Tausiyah Putra dan Putri, Cabang Tahfidz Putra dan Putri.

“Kami sangat bangga atas prestasi adik-adik mahasiswa, nanti akan kami catat prestasinya dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Semoga Da’i Maftuh dan Liana selaku mahasiswa FUAD IAIN Pontianak. Dapat mengukir dan meraih prestasi pada event nasional mendatang,” kata Yusdiana, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FUAD IAIN Pontianak.

Citizen Report : Hepni Putra

Continue Reading

Citizen Report

Rayakan Harlah, PMII Ketapang Bagikan Takjil Dan Masker Gratis

Published

on

By

Rayakan Harlah, PMII Ketapang Bagikan Takjil Dan Masker Gratis
Pembagian takjil dan masker oleh kader PMII Ketapang

Gencil News – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ketapang, mengadakan kegiatan bagi-bagi takjil dan juga masker di sekitar area Ketapang, Sabtu (24/04/2021)

Pembagian takjil tersebut berlangsung di Jalan Lintas Simpang 4 Agoesdjam. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Harlah PMII yang Ke-61 Tahun dengan tema PMII Terdepan Dalam Kemajuan.

Ketua Panitia Kegiatan, Hamzah mengatakan, rangkaian kegiatan harlah organisasi mahasiswa yang lahir pada 17 April 1960 tersebut. Rangkaian kegiatan tersebut bermulai dengan pembagian takjil dan juga masker berlanjut dengan buka puasa bersama di Gedung NU Ketapang.

“Tujuan kegiatan ini yaitu untuk memperingati Harlah PMII yang ke-61 dan juga untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama umat muslim. Terbentuknya kader yang memiliki kemampuan kepemimpinan dan manajerial dalam aktifitas pergerakan peserta. Serta mempererat tali silaturahmi antar kader dan senior,” ujar Hamzah

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING