Nutrisi Ini Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda Terhadap Stress
Connect with us

Headline

Nutrisi Ini Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda Terhadap Stress

Published

on

Nutrisi Ini Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda Terhadap Stress

GENCIL NEWS – Menurut ahli gizi dari Amerika Serikat Anthony William, makanan penuh nutrisi lebih baik dikonsumsi di pagi hari. Tepatnya saat kondisi perut masih kosong. Ini karena tubuh menerima nutrisi lebih optimal serta mencernanya lebih baik saat pagi hari.

Tetapi bagaimana jika makanan berikut akan membuat efek lebih relaks setelah anda mengkonsumsi nya, daya tahan tubuh terbentuk,metabolisme terjaga dan Secara biologis tubuh Anda dipersenjatai dengan zat-zat anti stres yang ada pada sistem kekebalan tubuh Anda

Amunisi yang penting diperoleh dari nutrisi yang Anda dapatkan dari setiap menu masakan yang mampu memicu hormon khusus di dalam tubuh yang meningkatkan daya tahan terhadap stres dan relaks

  1. Sup 

Dengan aneka racikan sayur dan daging lembut membuat Anda dapat lebih rileks. Tak hanya hangatnya sup saja yang membuat Anda nyaman, tetapi nutrisi yang Anda dapatkan dari tomat, kacang-kacangan, bawang putih, dan brokoli yang kaya vitamin C menekan stres hingga ia tak muncul kembali di saat itu. Tubuhpun terasa lebih bugar dan bersemangat. 

2. Mint Aneka kesegaran mint yang Anda dapatkan dari banyak produk, termasuk permen, inilah yang membuat Anda merasa lebih rileks dan segar. Selain itu mint dapat mengusir bau mulut tak sedap, sehingga Anda bebas bercuap-cuap dengan siapapun dalam jarak dekat. Mint bekerja melepaskan zat tertentu yang meregangkan otot-otot tegang, meredakan sakit kepala dan melonggarkan saluran respirasi Anda. Inilah yang membuat Anda jauh lebih rileks

3. Teh Bunga Chamomile 

Teh selalu menjadi daftar utama dalam makanan relaksasi, namun teh unik yang diperoleh dari bunga Chamomile ini benar-benar mujarab sebagai anti stres, dan tidak membuat Anda ketergantungan. Aroma khasnya begitu menggoda dan menenangkan, sehingga pas untuk diseduh di sore hari sambil menikmati semilir angin yang menerpa wajah. 

4. Kacang-kacangan 

Jika selama ini Anda malah takut berjerawat karena mengonsumsi kacang, Anda boleh berlega hati. Banyak zat penting di dalam kacang yang efektif menekan stres di tubuh, magnesium salah satunya. Magnesium yang terkandung pada kacang mencapai 12%, dan nilai ini cukup efektif untuk menekan stres dan membuat otot tubuh lebih rileks. 

5. Susu hangat 

Anda mungkin masih ingat saat kecil dulu Anda selalu dibuatkan segelas susu hangat oleh ibu. Kemudian Anda beranjak dan mulai terlelap dalam tidur nyenyak. Kandungan tryptophan dalam susu memicu peningkatan serotonin di dalam tubuh, sehingga menimbulkan perasaan nyaman dan membuat Anda terlelap dalam tidur. 

6. Pasta/ nasi/ risotto 

Kandungan karbohidrat menstimulasi peningkatan produksi insulin dalam tubuh, yang kemudian membersihkan dan memperlancar peredaran darah. Saat peredaran darah lancar, Anda pun lebih rileks dan timbul rasa kantuk. Demikianlah mengapa Anda selalu merasa mengantuk dan nyaman seusai santap makan

7. Buah-buahan Buah-buahan kaya vitamin C juga turut memacu produksi seratonin. Buah-buahan tersebut di antaranya: apel, mangga, jeruk, nanas, strawberry, anggur, pisang, dll. 

8. Cokelat Seperti yang pernah Anda dengar, cokelat merupakan makanan relaksasi yang manis dan menyenangkan, terutama bagi wanita. Tak hanya produksi seratonin saja, antioksidannya membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman saat memakannya. Kulit menjadi lebih halus lembut dan rileks. 

9. Ice Cream Selain rasa yang ada dalam ice cream, kandungan kalsium inilah yang memegang peranan tak kalah penting. Bantuan dari tryptophan membuat otak merasa lebih rileks dan nyaman. Untuk hasil yang terbaik pilih ice cream yang rendah lemak sehingga kesehatan jantung Anda tetap terjaga. 

10. Seafood Sudah terbayangkan kelezatan aneka seafood ini? Asam amino yang terkandung dalam seafood membantu Anda lebih bersemangat dalam beraktivitas dan memberikan asupan energi yang luar biasa. Ciptakan menu relaksasi ini dengan mengkombinasikannya ke dalam menu makan Anda.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Headline

Tanaman Indah Pengusir Nyamuk Untuk Rumah Anda

Published

on

Tidak hanya berguna untuk menambah estetika rumah, tanaman juga memiliki guna lainnya. Ada yang berguna sebagai bahan memasak, ada juga sebagai tanaman obat dan pengusir serangga.

 Dengan menggunakan tanaman tertentu, kamu bisa melawan nyamuk bahkan mengusirnya dari rumah.

Ada beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu pakai dan tanam di pekarangan atau di dalam rumah. Tanaman-tanaman ini sudah sejak lama dipercaya khasiatnya dalam mengusir nyamuk.

  1. Lavender dikenal juga sebagai tanaman antiseptik dan antijamur. Selain itu, tanaman pengusir nyamuk ini mengandung linalool dan lynalyl asetat. Kedua zat ini mampu mengusir keberadaan nyamuk. lavender sering digunakan sebagai bahan dasar lotion anti nyamuk. Selain baunya yang nggak disukai nyamuk, kamu juga bisa menggosok langsung tanaman pengusir nyamuk ini di kulit kamu.
  2. Geranium Salah satu tanaman gantung terbaik, Geranium, juga dikenal dengan nama tapak dara. Jenis tanaman pengusir nyamuk ini memiliki tinggi 20-60 cm dan mampu bertahan selama tiga sampai lima tahun. Geranium bisa dikembangbiakkan dengan cara stek tanaman batang. Kamu hanya perlu memotong batangnya, lalu menanamnya di tanah. Tanaman pengusir nyamuk ini mengandum zat geraniol dan sitroneol yang mudah terbawa angin. Bau ini juga tidak disukai nyamuk sehingga bunga hias gantung ini menjadi salah satu tanaman pengusir nyamuk.
  3. Serai Wangi tanaman pengusir nyamuk ini terkenal sebagai bahan memasak dan bahan minuman. Serai wangi pun juga bisa mengusir nyamuk. Serai wangi bisa tumbuh di segala iklim dan jenis tanah. Tanaman pengusir nyamuk yang berbentuk seperti rumput liar ini memiliki zat geraniol yang bisa mengusir nyamuk dan sitronnellol yang bisa membunuhnya. Nggak heran, serai wangi sering menjadi bahan dasar lotion nyamuk dan aroma terapi.
  4. Selasih Selain bijinya yang dimanfaatkan untuk minuman, bagian daun selasih juga memiliki manfaat tersendiri, yaitu untuk mengusir nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk daun selasih ini mengandung senyawa eugenol, linaloo, dan geraniol yang mengeluarkan aroma menyengat bagi nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk ini bisa kamu tanam di dalam ruangan sehingga nyamuk yang ada di dalam rumahmu akan pergi dengan sendirinya. Cobalah letakkan di dekat jendela, pintu rumah, atau di ruang tamu yang sekaligus menjadi penghias ruangan.
  5. Zodia merupakan tumbuhan asli Indonesia asal Papua. Di dalamnya terdapat zat evodia dan rutaecarpine yang jika disuling menghasilkan minyak dengan kandungan linalool sebesar 46% dan apinene 13,26%. Zat-zat tersebutlah yang ampuh untuk menghalau nyamuk. Tanaman ini juga mengeluarkan aroma yang dibenci nyamuk. Agar semakin efektif, letakkanlah tumbuhan di area yang mudah terkena angin. Namun, jangan menempatkan Zodia di ruangan dengan sirkulasi udara yang buruk karena aromanya dapat membuat orang merasa pusing.

Setiap tanaman memiliki keistimewaan masing-masing. Nah, mana yang cocok dengan rumah Anda?! Silahkan anda pilih dengan cermat

Continue Reading

Gaya Hidup

Sensasi Bagi Penyelam dan Ilmuwan, Kuda Laut Yunani

Published

on

Penyelam lokal terpesona oleh makhluk laut yang anggun itu dan akan berusaha keras mendokumentasikan keberadaan mereka dan menghimbau perlindungan bagi kuda laut itu.

Pada 2007, penyelam komersial Vasilis Mentogiannis sedang mengerjakan proyek bawah air di teluk terpencil di Semenanjung Chalkidiki di Yunani Timur Laut ketika ia melihat kuda laut.

“Saya berkata sendiri, ‘Wow, kuda laut, luar biasa’. Tidak lama kemudian lewat yang lainnya, lalu yang lainnya, dan saya melihat banyak sekali , dan saya heran ‘ada apa disini? Saya kira ini sangat luar biasa,” kata Vasilis.

Penyelam berpengalaman itu mengatakan sangat langka melihat sekelompok kuda laut berkumpul bersama seperti itu. Didorong oleh rasa ingin tahu, ia memutuskan membentuk tim penyelam untuk melakukan survei dan mengumpulkan data mengenai kuda laut itu.

Para penyelam terpesona oleh kuda laut, kata anggota tim, Kostas Katsioulis.

“Ini adalah fenomena yang unik. Mereka yang menyelam bersama kami menjadi sangat antusias setelah melihat kuda laut, karena tidak ada perasaan lain seperti itu ketika Anda menyelam,” kata Kostas.

“Kami telah menghabiskan berjam-jam dengan kuda laut. Kuda Laut adalah makhluk pemalu, selalu membelakangi kamera,” kata Vasilis menyambung pernyataan Kostas.

Atas saran para ilmuwan, Mentogiannis yang punya latar belakang teknik mesin dan ahli dalam survei geofisika dan bawah laut menciptakan habitat buatan untuk kuda laut pada 2015.

“Kuda laut menyesuaikan diri dengan baik. Habitat buatan itu sangat berguna bagi kuda laut karena bisa mengaitkan ekornya, berbaring dan menyamarkan diri pada tali,” papar Vasilis.

Meskipun kuda laut hidup di perairan di sekitar Yunani, para ilmuwan mengatakan tidak lazim menyaksikan keberadaannya yang stabil dan berkelanjutan di daerah ini. [my]

Continue Reading

Headline

Digital Marketing adalah Kunci Sukses Bisnis

Published

on

GENCIL.NEWS – Ya para generasi kini cenderung tidak terpisahkan dari teknologi seperti ponsel, tablet, laptop dan komputer, sehingga bentuk pemasaran harus memperhitungkan hal ini.

1. Strategi Pemasaran Lewat Jejaring Sosial

Jejaring sosial kini bukan hanya sebagai sarana interaksi dengan orang lain, namun sebagai informasi, berita dan hal lain yang menciptakan tren terbaru. Banyak orang yang kini mencari berbagai produk atau jasa lewat jejaring sosial ini.

Seperti yang kita ketahui, setelah Facebook dan Twitter, kini jejaring sosial sudah luas mencakup Instagram, Pinterest, Vine, Path, YouTube dan sebagainya. Mereka juga jarang menonton TV atau membaca koran karena disibukkan dengan aktivitas mereka di situs jejaring sosial.

Anak muda jaman kini juga lebih perhatian kepada mereka yang memiliki pengaruh sosial, srperti penulis, aktor, pendiri organisasi, hingga komedian muda. Pemasaran moder kini harus dimanfaatkan sebaik mungkin dan manfaatkan tren sosial untuk memasarkan produk Anda.

2. Ciptakan Iklan Yang Menarik, Bukan Memaksa

Generasi kini enggan menanggapi iklan dengan bahasa konvensional yang cenderung menyuruh hingga memaksa untuk membeli. Iklan yang dapat memancing minat para generasi kini cenderung kreatif, mengandung minat untuk mereka.

Digital marketing harus dapat mengandalkan iklan yang menarik minat generasi kini dan menghasilkan iklan orisinal untuk menarik minat, terutama mengandalkan internet sebagai strategi pemasaran. Itulah mengapa para pebisnis sering bekerjasama dengan selebriti Twitter untuk mempromosikan merk, karena lebih mudah memengaruhi anak muda sekarang.

3. Ciptakan Reward Yang Menarik

Para masyarakat kini banyak mnencari kesempatan untuk mendapatkan reward menarik. Inilah sebabnya mengapa pemilik usaha biasanya menggunakan jejaring sosial untuk membagikan reward bagi pelanggan setia mereka.

Tentu saja, jika pembeli ingin mendapatkan reward, mereka harus mengikuti jejaring sosial yang dimiliki si pemilik bisnis. Agar mereka mendapatkan imbalan seperti voucher, informasi diskon khusus atau bahkan barang gratisan.

4. Arahkan ke Kelompok Sosial

Dulu teknik pemasaran berfokus kepada target rentang usia tertentu, namun seiring perkembangan tren teknologi yang semakin beragam, Anda harus mulai berpikir. Anda perlu mengarahkan kelompok sosial tertentu untuk strateginya.

Misalkan ketika memasarkan suatu produk khusus untuk mereka yang menyukai traveling, mencintai hewan dan peduli pada isu sosial atau lingkungan dan sebagainya. Arahkan kelompok tersebut dapat memberikan fokus pemasaran lebih terpusat serta mudah dikembangkan.

Lupakan jika Anda adalah marketer baru atau lama dalam bisnis online, Anda harus melakukan strategi yang penting untuk menarik generasi kini melirik produk atau jasa Anda.

Jika ingin memasarkan produk pada masyarakat modern kini berarti Anda harus siap mengikuti perkembangan teknologi yang populer dan mampu beradaptasi dengan setiap inovasi teknologi populer terutama informasi.

Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan sendiri jika menggunakan strategi pemasaran seperti di atas, seperti :

  • Cepat menjadi tren. Generasi modern kini adalah penyebar tren yang ideal. Jika produk atau bisnis Anda meraih minat cukup banyak, informasinya akan menyebar dengan mudah.
  • Informasi menyebar dalam waktu singkat. Tidak seperti pemasaran tradisional, pemasaran lewat jejaring sosial merupakan versi lebih canggih dari mulut ke mulut. Hal ini membuat informasi produk menyebar dalam waktu singkat tidak hanya dalam hitungan menit.
  • Menawarkan kesempatan inovasi promosi. Dengan semakin berkembangnya jumlah kelompok generasi kini, pebisnis dan pemasar dituntut untuk semakin kreatif. Hal ini menjadi pendorong untuk berkembangnya tren pemasaran kreatif.

Jadi, digital marketing merupakan salah satu bentuk pemasaran terbaik untuk merambah dunia digital dan mencapai para masyarakat modern. Anda sebagai pebisnis harus cerdas memanfaatkan perkembangan teknologi kini.

Artikel ini diambil dari DM CLub

Continue Reading

Headline

Kedai Kopi Tuli Kampanyekan Kesetaraan Orang-Orang Tuli

Published

on

Kedai Kopi Tuli Kampanyekan Kesetaraan Orang-Orang Tuli

GENCILNEWS – VOA – JAKARTA – Putri Sampaghita Trisnawinny Santoso, salah satu pendiri Kopi Tuli (Koptul) bersama dengan kedua temannya, Mohammad Adhika Prakoso dan Tri Erwinsyah Putra mendirikan Koptul karena ingin membangun bisnis kopi bersama, serta memberdayakan teman tuli mereka. Putri percaya bahwa teman tuli memiliki potensi dan bisa bekerja seperti masyarakat lainnya.

Namun bagi sebagian orang, sambutan verbal yang disampaikan mungkin akan sulit dipahami.

Ini karena seluruh pekerja dan barista Kopi Tuli adalah penyandang disabilitas pendengaran, atau tuli. Lantas, bagaimana bisa memesan kopi di sini?

Putri Santoso, salah satu dari tiga pendiri Kopi Tuli juga merupakan teman Tuli.

Putri Santoso, salah satu pemilik Kopi Tuli yang juga orang Tuli, sengaja menyederhanakan menu ke dalam alfabet.

Sekaligus dilengkapi dengan gambar bahasa isyaratnya untuk membantu pelanggan melakukan pemesanan.

Cara ini seiring dengan semangat pendirinya yang ingin meningkatkan interaksi antara teman Tuli dengan orang mendengar.

“Alhamdulillah, saat ini banyak masyarakat mau belajar bahasa isyarat agar bisa berinteraksi antara orang-orang Tuli dan orang-orang dengar,” jelas Putri melalui bahasa isyarat.

Kopi Tuli sendiri berdiri sejak tahun 2018, dan kini telah memiliki dua cabang, di Depok, Jawa Barat dan di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Didirikan oleh tiga sahabat yang juga orang Tuli; Putri Santoso, Adhika Prakoso dan Erwin Syah Putra.

“Sebetulnya awal mulanya adalah hobi Adhika. Sebenarnya buka usaha kopi itu bagus tapi kalau banyak pesaingnya bagaimana? Saya tenangkan Adhika, ‘tenang saja kita buat konsep yang berbeda’,” cerita Putri.

Akhirnya konsep pemberdayaan teman Tuli inilah yang dipilih. Selain karena memang masih rendah ketersediaan lapangan kerja untuk teman Tuli.

Para pendiri Kopi Tuli menginginkan untuk meningkatkan interaksi antara orang-orang dengar dengan orang Tuli agar bisa saling memahami.

Membangun usaha dengan konsep ini bukan berarti tanpa tantangan. Meski kini kehadiran Kopi Tuli semakin diterima masyarakat.

Namun Putri mengaku pelatihan menjadi salah satu tantangan terbesar yang ia dan kedua sahabatnya harus hadapi di fase awal memulai usaha ini. Pelatihan mencakup pengenalan kopi.

Penggunaan mesin pembuat kopi, teknik, hingga manajemen kafe kepada pekerjanya yang masih awam dan tuli.

Usaha kopi ini diharapkan juga bisa menjembatani interaksi yang lebih intensif lagi antara orang dengar dengan orang Tuli, sebuah hal yang memang jarang terjadi. Interior Kopi Tuli diisi dengan kutipan inspiratif, poster figur publik Tuli, serta panduan alfabet Bahasa isyarat di setiap meja.

Menu kopi yang tersedia dibuat sedemikian unik namanya, sebuah gimik yang dilakukan juga dengan harapan terciptanya interaksi. “Kami punya menu ‘daun susu’. Orang berpikir ‘daun susu’ ini maksudnya daun apa ya? Daun jeruk atau daun salam? Ternyata maksudnya daun ini adalah matcha. Kemudian tanah susu, orang berpikir tanahnya adalah tanah betulan, ternyata tanah yang dimaksud di sini adalah cokelat susu,” kata Putri.

Usaha kopi ini diharapkan juga bisa menjembatani interaksi yang lebih intensif lagi antara orang dengar dengan orang Tuli, sebuah hal yang memang jarang terjadi. Interior Kopi Tuli diisi dengan kutipan inspiratif, poster figur publik Tuli, serta panduan alfabet Bahasa isyarat di setiap meja.

Menu kopi yang tersedia dibuat sedemikian unik namanya, sebuah gimik yang dilakukan juga dengan harapan terciptanya interaksi. “Kami punya menu ‘daun susu’.

Orang berpikir ‘daun susu’ ini maksudnya daun apa ya? Daun jeruk atau daun salam? Ternyata maksudnya daun ini adalah matcha. Kemudian tanah susu, orang berpikir tanahnya adalah tanah betulan, ternyata tanah yang dimaksud di sini adalah cokelat susu,” kata Putri.

Suasana yang ditemukan ketika memasuki Kopi Tuli di Kawasan Duren Tiga akrab seperti nuansa kafe kekinian pada umumnya.

Rasa kopi susunya yang dinamai Kosu Koso sangat menyegarkan terutama jika dinikmati di siang hari yang panas. Namun berbeda dengan kafe-kafe kekinian di Jakarta pada umumnya.

Kopi Tuli sengaja tidak menyediakan koneksi wifi. Ini dilakukan dengan tujuan meminimalisasi interupsi komunikasi pelanggan dan staff dari gawai pintar mereka.

Suasana yang ditemukan ketika memasuki Kopi Tuli di Kawasan Duren Tiga akrab seperti nuansa kafe kekinian pada umumnya. Rasa kopi susunya yang dinamai Kosu Koso sangat menyegarkan terutama jika dinikmati di siang hari yang panas.

Namun berbeda dengan kafe-kafe kekinian di Jakarta pada umumnya, Kopi Tuli sengaja tidak menyediakan koneksi wifi. Ini dilakukan dengan tujuan meminimalisasi interupsi komunikasi pelanggan dan staff dari gawai pintar mereka.

Orang Tuli Minim Lapangan Kerja

Kopi Tuli mempekerjakan 6 staff yang semuanya tuli. 4 diantaranya bekerja bergantian dalam dua shift di cabang Jakarta, sementara 2 lainnya bekerja penuh waktu di cabang Depok dengan jam buka yang lebih singkat. Aldila salah satunya, ia telah bekerja selama delapan bulan di Kopi Tuli.

Aldila mengaku sangat senang dapat bekerja di kafe tersebut dibandingkan pekerjaan sebelumnya sebagai juru masak di sebuah hotel di Jakarta. “Sebetulnya (harusnya kerja) satu tahun tapi saya berhenti di bulan ke empat, saya keluar dari hotel. Menurut saya pekerjaan saya terlalu berat, tidak ada istirahat karena full time. Istirahat hanya 1-2 jam, dan tidur saya kurang kira-kira satu jam saja,” ujar Aldila.

Aldila mengenyam pendidikan sarjana jurusan Tata Boga sebelum ia menjalani profesinya sebagai juru masak tersebut. Pekerjaannya itu ia dapatkan berkat bantuan dosennya. Sebelumnya, ia kerap mendapatkan penolakan.

“Ketika mencari pekerjaan, saya sudah melamar ke 3 perusahaan tapi ditolak karena (kemampuan) bicara saya kurang. Dan saya merasa ada sedikit diskriminasi. Tapi teman saya yang dosen membantu saya untuk bisa diterima kerja di hotel. Alhamdulillah sekali.”

Tidak hanya Aldila, hal ini juga dirasakan oleh ketiga pendiri Kopi Tuli. Hal ini sekaligus memotivasi ketiganya untuk mendirikan Kopi Tuli.

Putri berpendapat bahwa apresiasi terhadap disabilitas untuk bekerja semakin baik. Upaya penyetaraan hak terhadap disabilitas pun terus meningkat.

Namun teman Tuli masih kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan akibat keterbatasan komunikasi.

“Pendapat saya untuk teman-teman Tuli mungkin masih kesulitan (mendapatkan kerja), karena kami mengalami hambatan komunikasi. Sementara disabilitas yang bisa mendengar seperti daksa, atau netra sudah mulai maju karena mereka bisa berkomunikasi,” tukas Putri.

Penyerapan tenaga kerja disabilitas sebenarnya sudah diatur dalam Undang-Undang no. 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. UU tersebut mewajibkan perusahaan swasta untuk menyerap minimal 1 persen tenaga kerja difabel dari total pekerjanya, sementara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebanyak 2 persen.

Kementerian Ketenagakerjaan mengakui bahwa peraturan ini belum sepenuhnya diketahui seluruh perusahaan. Sosialisasi masih terus dilakukan melalui dinas ketenagakerjaan tiap daerah meski peraturan sudah berlaku sejak 2016 lalu. Kemenaker menyebut, alih-alih memberi sanksi, pemerintah akan melakukan sistem pemberian apresiasi kepada perusahaan yang berhasil menyerap tenaga kerja disabilitas di tahun 2020 ini.

Kemenaker menyatakan sesungguhnya permintaan lapangan kerja untuk disabilitas besar. Namun perusahaan juga kesulitan untuk memenuhi kuota 1% akibat rendahnya angka peminat disabilitas untuk melamar pekerjaan.

“Kami melaksanakan job fair, pameran kesempatan kerja. Itu banyak ada sekian berapa ratus yang butuh penyandang disabilitas. Namun yang daftar cuma 4 orang (disabilitas) loh,” Ucap Nurahman Direktur Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri (PTKDN) Kementerian Ketenagakerjaan.

Nurahman menyimpulkan salah satu faktornya ialah kekhawatiran keluarga untuk melepas anggota keluarganya yang disabilitas untuk bekerja mandiri.

Tuli, Bukan Tunarungu

“Saya lebih nyaman dipanggil ‘Tuli’, karena ‘Tuli’ memiliki identitas. Identitasnya dengan berbahasa isyarat, dan saya bangga sebagai Tuli,” jawab Putri ketika ditanya lebih senang disebut ‘tunarungu’ atau ‘tuli’.

Jawaban serupa akan anda dapatkan dari penyandang disabilitas pendengaran lainnya, meski umunya orang mengira ‘tunarungu’ sebagai terminologi yang tepat. Namun bagi teman Tuli, istilah ‘tunarungu’ tidak merepresentasikan identitas mereka. ​

Hal ini diamini oleh Silva Tenrisara, Kepala Laboratorium Riset Bahasa Isyarat Universitas Indonesia, “Pada istilah ‘tunarungu’ dan ‘tuli’ terdapat perbedaan rasa bahasa dan perspektif makna keduanya.”

Kata ‘tuna’ berarti ‘rusak’ atau ‘cacat’, sedangkan ‘rungu’ berarti ‘pendengaran’. Secara harfiah ‘tunarungu’ berkonotasi negatif karena bermakna cacat dan rusak. Menurut Silva, makna inilah yang lantas dihindari oleh orang Tuli.

Istilah ‘tunarungu’ dalam bahasa Inggris dipadankan dengan istilah ‘hearing-impaired’ yang mengindikasikan kerusakan atau kecacatan. “Orang Tuli tidak menganggap ketuliannya sebagai kerusakan atau kecacatan, tetapi hanya perbedaan,” tambah Silva.

Melalui pesan singkatnya, Silva menjelaskan meski kata ‘tuli’ kerap dijadikan kata ejekan bagi orang-orang dengar, namun hal tersebut tidak berlaku bagi orang Tuli.

Kata ‘tuli’ justru bermakna netral yang lebih bisa mewakili identitas penyandang disabilitas pendengaran sebagai orang-orang yang memiliki budaya dan cara hidup seperti orang pada umumnya, dan mampu berkomunikasi melalui bahasa isyarat.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

TRENDING