AS Beri Waktu Rusia ’60 Hari’ untuk Patuhi Kesepakatan Nuklir

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo, Selasa (4/12), mengatakan Rusia punya waktu 60 hari untuk mematuhi kesepakatan senjata nuklir jarak menengah, atau Amerika akan menarik diri dari kesepakatan era Perang Dingin itu.

“Tidak masuk akal bagi Amerika Serikat untuk tetap dalam kesepakatan yang membatasi kemampuan respon terhadap pelanggaran-pelanggaran Rusia,” kata Pompeo kepada para wartawan di Brussels menyusul pertemuan dengan para menteri luar negeri NATO.

Pompeo memberi tahu para menteri luar negeri dalam pertemuan itu bahwa Amerika akan mulai proses yang akan berlangsung enam bulan dan meninggalkan Persetujuan Senjata Nuklir Jarak Menengah dalam kurun 60 hari karena adanya tuduhan pelanggaran oleh Rusia.

Baca juga   Tersangka Penembakan Kantor YouTube Bunuh Diri

“Amerika dan sekutu NATO kami akan waspada supaya perilaku Rusia yang nyeleneh itu tidak akan ditolerir dalam lingkup pengendalian senjata atau dimana saja,” kata Pompeo.

Rusia telah membantah pihaknya melanggar pakta nuklir bersejarah itu. [jm/ft]

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.