Perusahaan Software Israel Bantah Keterlibatannya di Kasus Khashoggi

Sebuah perusahaan perangkat lunak Israel menyebut tuduhan perangkat lunaknya ikut ambil bagian dalam pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi sebagai tidak beralasan.

Seorang pembangkang Saudi dan sahabat Khashoggi yang tinggal di pengasingan di Kanada, Omar Abdelaziz, melakukan penuntutan terhadap NSO Group, dan menuduh pemerintah Saudi telah menggunakan perangkat lunak untuk memata-matai, Pegasus yang dibuat oleh NSO, untuk melakukan pelacakan terhadap gerakan dan komunikasi dirinya dan Khashoggi.

Keduanya bekerja dalam sebuah proyek pro-oposisi yang menyasarkan pemerintah Saudi dan memperjuangkan demokrasi di kerajaan itu.

Abdulaziz mengatakan, penguasa Saudi menggunakan Pegasus untuk melacak komunikasi mereka dan memainkan peranan penting dalam keputusan untuk membunuh Khashoggi.

Baca juga   35 Tahun Desersi, Pilot AU Amerika Ditangkap

NSO Group mengatakan, tuntutan itu tidak berdasar, dan katanya, tidak ada bukti perangkat lunaknya digunakan dalam kaitannya dengan pembunuhan itu. [jm]

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.