Pidato Jokowi “Winter is coming” Jadi Sorotan Dunia

“Perang dagang semakin marak dan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang. Negara-negara yang tengah tumbuh mengalami tekanan pasar yang besar. Dengan banyak masalah perekonomian dunia, sudah cukup kita mengatakan bahwa “winter is coming,” ujar Jokowi

Dalam sambutannya, Jokowi menyerukan masyarakat dunia tetap waspada terhadap peningkatan risiko dan kesiapsiagaan dalam menghadapi ketidakpastian global.

“Seperti yang disampaikan Ibu Christine Lagarde terhadap banyak masalah yang membayangi perekonomian dunia. Amerika Serikat menikmati pertumbuhan yang pesat tetapi di banyak negara terdapat pertumbuhan yang lemah dan tidak stabil,” kata Jokowi, merujuk pada Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde.

Pidato ini menjadi sorotan dunia. Direktur Eksekutif Bank Dunia Frank Heemskerk mencuit “… pesan kunci : konfrontasi dan pertentangan akan menimbulkan penderitaan bagi pihak yang menang dan kalah.”

Hal senada juga disampaikan Anthony De Lannoy, salah seorang Direktur Eksekutif IMF, yang mengatakan “pidato inspiratif oleh Presiden Jokowi tentang kerja sama global dalam pertemuan tahunan. Ia mengatakan hubungan diantara negara-negara maju telah menjadi seperti Game of Thrones, dan mereka gagal melihat datangnya ancaman global.”

Duta Besar Belanda Untuk Indonesia Rob Swartbol menyebut pidato “yang berpihak pada kerja sama internasional” itu sangat luar biasa.

Baca juga   Perempuan : Antara Karir Atau Rumah Tangga

Pidato Presiden Joko Widodo disambut standing ovation atau tepuk tangan sambil berdiri, menandakan kekaguman hadirin padanya, suatu hal yang jarang terjadi pada pertemuan internasional seperti ini. [em]

 

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.