Connect with us

Headline

Aa Gym Blusukan Jelaskan Corona, Dipuji Efektif

Published

on

Pendakwah Abdullah Gymnastiar turun ke kampung-kampung mensosialisasikan bahaya COVID-19. Aksinya dipuji di tengah kegagapan pemerintah menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Membawa pengeras suara, pria yang dikenal sebagai Aa Gym itu menyapa sekelompok warga yang tengah berkumpul di warung. Dengan gaya khasnya yang santun, dia menjelaskan bahaya virus corona dan mengimbau warga diam di rumah.

“Sekuat tenaga jangan keluar, karena tiap orang bisa nyebarin virus. Kalau pun keluar seperlunya saja ya,” ujar pria 58 tahun tersebut.

“Dan jangan dekat-dekat, usahakan jaraknya minimal satu meter dua meter, jangan ngumpul dekat karena bisa kena ludahnya atau kena nafasnya mungkin juga nular,” tambahnya.

Aksi tersebut diunggah di akun Instagram pribadinya yang memiliki 5,3 juta pengikut, tanpa menyebutkan lokasi.

Dalam interaksinya bersama warga, Aa Gym tak lupa meminta warga bersabar selama dua pekan guna mengurangi penularan virus.

“Banyak zikir di rumah, sholat juga nggak apa-apa di rumah. Bahaya bahaya, kasih tahu yang lain. Assalamualaikum,” ujarnya menutup percakapan tersebut.

Video itu pun mendapat respon positif di berbagai platform media sosial.

Aa Gym, yang juga memiliki 3,1 juta pengikut di Twitter, sebelumnya merilis video terpisah, meminta umat muslim mengikuti fatwa MUI untuk beribadah dari rumah.

“Insya Allah niat dan kebiasaan kita ke masjid, akan tetap mengalirkan pahala yang sama,” ujarnya seraya menjelaskan dia dan keluarga beribadah dari rumah sementara waktu.

Pemimpin Pondok Pesantren Daarut Tauhid di Bandung ini menambahkan, pihaknya menutup sementara semua masjid di bawah lembaganya untuk sholat jamaah dan sholat Jumat.

“Naungan bukan karena ragu terhadap janji jaminan Allah, melainkan karena tanggungjawab kita bersama untuk mencegah penyebaran virus ini,” tambahnya.

Tokoh Agama Dinilai Efektif

Aksi tokoh agama seperti Aa Gym dinilai efektif untuk menjelaskan COVID-19 ke masyarakat akar rumput, ujar Dosen Komunikasi Universitas Islam Bandung (Unisba) Santi Indra Astuti.

“Kultur masyarakat kita paternalistik, patronnya adalah tokoh-tokoh religius, kehadiran mereka sangat penting,” ujarnya kepada VOA.

Selain itu, tambah Santi, tokoh agama bisa menerjemahkan istilah-istilah rumit dengan bahasa yang lebih merakyat.

“Ketika tokoh agama ini turun ke masyarakat akar rumput, turut memberikan, menertibkan umatnya, itu akan sangat membantu upaya pemerintah, yang terus terang sampai sekarang masih sulit menerapkan social distancing,” tambahnya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) belum lama ini mengumpulkan sejumlah influencer untuk mensosialisasikan pencegahan corona. Namun, menurut Santi, influencer di jagat maya belum menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

“Integrasi dari semua unsur masyarakat. Pertemukanlah influencer itu dari kalangan agama dari kalangan tokoh masyarakat dan sebagainya,” jelas Anggota Jaringan Peneliti Literasi Digital ini.

Dia menambahkan, penting untuk mengumpulkan tokoh dari berbagai kalangan dan menyusun pesan kunci untuk disuarakan bersama.

“Pesan-pesan yang menaikan moralitas kita, mengajak kita untuk jadi sukarelawan, ‘ya sudah kita berbuat bagi negara kita deh, apapun yang kita bisa’. Itu betul-betul menyatukan. Nah, integrasi dari kekuatan bersama itu saya lihat belum dilakukan,” jelas Santi.

Sementara masyarakat umum, tambah Santi, berperan mengedukasi lingkungan masing-masing.

“Warga kita itu kalau dikasih tahu nggak bisa sekali dua kali. Harus berkali-kali. Nah yang kita lihat sekarang kan warga kita masih kelayapan brutal begitu ya. Bukan edukasinya nggak ada ya tapi nggak terjangkau (oleh mereka),” tutup kandidat doktor Universiti Sains Malaysia ini. 


Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Gaya Hidup

4 Karakter yang Harus Dipunya Seorang Pemimpin Sukses

Published

on

Berbicara tentang kepemimpinan, hal yang paling utama  adalah integritas dari seorang pemimpin. Sedikitnya ada tiga faktor dalam kepimpinan diantaranya, integritas, komunikasi efektif dan pengaruh.

GENCILNEWS – Jika ketiga faktor tersebut ada dalam diri seorang pemimpin maka dia merupakan pemimpin yang berkualitas dan sukses.

Namun, ada hal yang menarik lagi dari seorang pemimpin sukses yakni dia dapat mendorong bawahannya menjadi seorang yang sukses – tidak hanya dirinya yang sukses tapi bawahnnya pun bisa sukses. Inilah  kehebatan dari seorang pemimpin sukses.

Tidak dipungkiri lagi, gaya dan langkah seorang pemimpin akan selalu diikuti oleh para bawahan, hal tersebut dikarenakan mereka sudah respect terhadap pemimpin tersebut.  Setiap orang adalah pemimpin dan mereka akan terus belajar untuk menjadi pemimpin yang baik.

Pemimpin yang baik adalah mereka yang mempunyai nilai plus di mata pengikutnya serta nilai-nilai tersebut dapat diserap dengan mudah oleh mereka. Jika Anda seorang pemimpin, pastikan Anda mempunyai nilai sehingga bisa mengubah mereka lebih baik dan tentu sukses.

John Maxwell mengatakan jika kita fokus kepada orang lain maka dunia akan terbuka untuk kita. Jika diterjemahkan kalimat John Maxwell tersebut dengan arti ‘membantu mereka sehingga menjadi sukses’. Tidak hanya suskses namun mereka dapat mempunyai nilai sehingga bermafaat bagi dirinya dan orang di sekitarnya.

Beberapa hal Anda dapat dikatakan seorang pemimpin sukses, antara lain:

#1 Lihatlah bawahan sebagai sukses terbesar Anda
Seorang pemimpin akan selalu mensupport bawahannya untuk sukses dengan cara membantu mereka menjadi sukses. Anda bisa menanyakan kepada mereka apa mimpin terbesarnya, selanjutnya arahkan dan bantu mereka untuk mencapainya. Sejatinya jika mereka sukses maka hal tersebut merefleksikan Anda seorang pemimpin sukses.

#2 Apresiasi mereka
Setiap orang menginginkan sukses dan bernilai di mata orang lain. Apresiasi semua usaha yang telah mereka lakukan – memberikan pujian akan membuat mereka merasa diperhatikan dan termotivasi.

#3 Kenali mereka
Dengan mengenali mereka lebih detail akan menguntungkan bagi Anda dan tentu, mereka akan lebih respect kepada Anda. Kenali posisi dan job desk mereka, keluarganya dan yang paling penting Anda bisa mengetahui harapan dan mimpi mereka.

#4 Bekali mereka dengan pengetahuan
Ajak dan arahkan mereka untuk terus meng-upgrade ilmu dan keahliannya. Pelatihan untuk mereka juga terkadang penting dilakukan sehingga mereka lebih percaya diri. Serta berilah kesempatan kepada mereka untuk terus mengembangkan pengetahuannya.

Intinya, seorang pemimpin sukses itu adalah mereka yang dapat membantu dan mengakomodir harapan dan mimpi para pengikutnya – apalagi sampai mereka menjadi sukses. Jika hal tersebut bisa Anda lakukan maka Anda sudah termasuk pemimpin yang sukses. (bns)

 

Continue Reading

Gaya Hidup

Awal Mula Interaksi Kucing dan Manusia

Published

on

Jauh sebelum kucing jadi kesayangan di Facebook dan YouTube, mereka telah berinteraksi dengan manusia sejak jaman purba.

Sebuah studi DNA yang menjangkau masa ribuan tahun yang lalu untuk melacak interaksi tersebut dan menemukan dua bukti penyebaran yang utama dari kawasan Timur Tengah, dimana orang terbukti membawa kucing bersama mereka. Jejak genetik kucing ditemukan dalam perjalanan itu dan masih tampak pada jenis kucing yang ada pada zaman modern.

Para peneliti menganalisa DNA dari 209 kucing purba yang berasal dari zaman setua 9.000 tahun yang lalu yang berasal dari Eropa, Afrika, dan Asia, termasuk beberapa mumi kucing purba asal Mesir.

“Mereka saksi langsung tentang situasi di masa lampau,” ujar Eva-Maria Geigl dari the Jacques Monod Institute di Paris. Ia bersama koleganya yang juga meneliti 28 kucing liar modern dari Bulgaria dan Afrika bagian timur.

Ini adalah indikasi terkini dari kisah yang rumit tentang kucing-kucing yang sudah dijinakkan. Mereka keturunan dari kucing-kucing liar yang belajar untuk hidup di tengah manusia dan jadi lumayan jinak – meskipun beberapa pemilik kucing saat ini mengatakan, mereka tampaknya tidak begitu suka berada di lingkungan manusia.

Proses penjinakkan kemungkinan berawal dari masa 10.000 tahun yang lalu ketika orang mulai menetap di kawasan Bulan Sabit Subur, kawasan berbentuk lengkungan yang mencakup pantai timur Laut Mediterranea dan daratan sekitar sungai Tigris dan Eufrat. Mereka menyimpan gandum, sehingga menarik hewan pengerat, yang akhirnya menarik kucing-kucing liar. Hewan-hewan yang ada di tumpukan sampah tampaknya telah menarik mereka juga. Seiring dengan berjalannya waktu, kucing-kucing liar ini beradaptasi pada lingkungan yang dibangun oleh manusia dan membiasakan diri untuk berkeliaran di sekitar manusia.

Studi sebelumnya menemukan seekor kucing yang dimakamkan di samping manusia sekitar 9.500 tahun yang lalu di Siprus, dimana tidak ada kucing yang asli berasal dari pulau itu. Ini adalah indikasi bahwa kucing dibawa dengan perahu dan hewan itu memiliki ikatan khusus dengan orang itu, ujar para peneliti.

Kucing jelas-jelas sudah dijinakkan pada masa sekitar 3.500 tahun yang lalu, dimana pada lukisan tampak kucing ditempatkan di bawah kursi. Ini menunjukkan bahwa saat itu, “kucing sudah jadi bagian dari rumah tangga,” ujar Geigl.

Namun secara keseluruhan proses penjinakkan sulit dilacak oleh para ilmuwan, sebagian karena tengkorak fosil tidak menunjukkan apabila kucing tersebut kucing liar atau sudah dijinakkan.

Lebih mudah untuk membedakan anjing, hewan yang pertama kali kita jinakkan, dari nenek moyang serigalanya. Anjing berevolusi dari serigala dan mulai berinteraksi dengan manusia bahkan sebelum adanya budaya bertani, kemungkinan tertarik oleh sisa-sisa makanan yang ditinggalkan manusia.

Studi baru melacak penyebaran penanda DNA kucing yang bersifat spesifik yang menembus jarak waktu yang panjang, sebuah tanda bahwa orang telah membawa kucing bersama mereka. Hasilnya dirilis hari Senin oleh jurnal Nature Ecology & Evolution.

Studi ini “memperkuat dan menyempurnakan hasil karya sebelumnya,” ujar Carlos Driscoll dari the Wildlife Institute of India. Pengambilan sampel yang bersifat ekstensif dari DNA kucing yang melacaknya hingga ke jaman kuno belum pernah dilakukan, ujarnya.

Para peneliti juga mengamati varian genetik yang menghasilkan bulu dengan pola yang tidak teratur khas kucing modern yang sudah jinak, ketimbang garis-garis menyerupai harimau yang ada pada sepupunya yang masih liar. Pola ini muncul lebih sering pada sampel-sampel yang berasal dari masa sesudah tahun 1300 ketimbang masa sebelumnya, yang sesuai dengan bukti lain bahwa tanda garis-garis pada bulu kucing menjadi sesuatu yang biasa mulai tahun 1700 dan orang mulai mengembang biakkan kucing untuk penampilannya mulai tahun 1800-an.

Berbeda dengan kuda, usaha untuk menjinakkan kucing termasuk terlambat, yang dikembang biakkan untuk tampilannya sejak awal, ujar Geigl.

Fokus sebagian besar studi adalah pada penyebaran kucing pada zaman purba. Pada sampel DNA yang dianalisa, satu jejak genetik yang pertama kali adalah di Turki sisi Asia – dan kemungkinan dahulunya dibawa oleh kucing yang berasal dari kawasan Bulan Sabit Subur – muncul lebih dari 6.000 tahun yang lalu di Bulgaria.

Ini adalah indikasi bahwa kucing telah dibawa kesana dengan perahu ketika para petani pertama melakukan kolonisasi benua Eropa, ujar Geigl. Indikasi ini juga tampak pada masa lebih dari 5.000 tahun yang lalu di Rumania, juga pada masa sekitar 3.000 tahun yang lalu di Yunani.

Jejak genetik kedua, pertama kali muncul di Mesir, telah mencapai Eropa antara abad ke satu dan kelima, sebagaimana ditunjukkan oleh sampel yang berasal dari Bulgaria. Jejak yang berasal dari bandar perdagangan Viking di Eropa utara berasal dari abad ketujuh, dan sampel yang berasal dari Iran berasal dari abad ke delapan.

Menyebarnya kucing di sepanjang Mediterranea kemungkinan dipicu oleh manfaatnya dalam mengendalikan hama pengerat dan hama lainnya di kapal, ujar para peneliti. [ww]

Continue Reading

Bisnis

Mengapa Strategi Marketing Penting untuk UKM

Published

on

GENCIL NEWS – Banyak pelaku UKM datang serta bertanya tentang strategi marketing apa yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja bisnisnya. Sebagian besar dari mereka memiliki pemahaman bahwa marketing adalah jualan, padahal marketing belum tentu jualan.

Sebagian lainnya tidak melakukan strategi marketing, karena mereka beranggapan bahwa konsumen akan datang dengan sendiri tanpa kita harus melakukan strategi marketing.

Nah, perlu diketahui bahwa strategi marketing bukan hanya tentang jualan, marketing merupakan konsep strategi menyeluruh untuk memenangkan hati konsumen dan memenangkan persaingan pasar.

Berbicara tentang marketing, berikut ini adalah beberapa poin tentang pentingnya strategi marketing untuk bisnis kita:

1. Marketing berfungsi untuk mengkomunikasikan informasi produk kita ke konsumen. Marketing berperan sentral untuk membangun media channel yang bertujuan untuk mengenalkan produk ke konsumen mulai dari kelebihan produk kita, fitur serta berbagai informasi detail tentang produk.

2. Marketing berperan untuk menghadapi persaingan bisnis. Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis sangat dekat dengan persaingan. Persaingan bisnis merupakan hal yang biasa menjadi ‘makanan’ sehari-hari para pemasar. Strategi marketing seperti strategi harga, strategi produk serta promosi akan menjadi senjata ampuh untuk memenangkan persaingan.

3. Marketing is a blood of company atau darah perusahaan, tanpa strategi marketing yang baik, strategi penjualan akan sulit mencapai hasil yang maksimal. Cashflow tidak akan tercipta tanpa dukungan strategi pemasaran yang baik.

4. Salah satu tujuan penting strategi marketing yang sangat penting adalah untuk membangun merek kita. Merek dalam pengertian yang mendalam diartikan lebih dari sebuah logo. Merek nantinya akan menjadi aset bisnis yang sangat penting untuk memenangkan hati konsumen dan persaingan pasar. Secara sederhana, konsumen akan lebih memilih merek produk yang sudah diketahui atau dipercaya sebelumnya.

5. Strategi marketing sangat dibutuhkan sebagai strategi untuk membangun hubungan dengan konsumen, tidak hanya itu saja pebisnis bisa menerapkan strategi customer retention sehingga konsumen menjadi loyal dan tidak lari ke pesaing

6. Marketing berperan penting untuk mengetahui apa keinginan konsumen. Salah satu ilmu dalam marketing yaitu riset pemasaran berperan untuk mengetahui apa keinginan konsumen serta prilaku konsumen, sehingga pebisnis bisa mengetahui apa keinginan pasar.

7. Marketing berperan untuk melanjutkan inovasi produk kita. Pada dasarnya marketing adalah garda depan dari bisnis kita yang melayani konsumen. Marketing berperan untuk mendengar, melihat serta menganalisis kebutuhan konsumen serta perubahan prilaku konsumen. Kemampuan ini sangat penting untuk membuat inovasi dari produk kita agar produk kita kedepannya bisa memenuhi kebutuhan konsumen

8. Strategi marketing berperan untuk menjaga pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang. Bisnis dalam jangka panjang akan sangat ditentukan oleh kekuatan merek, kualitas produk, serta komunikasi pemasaran yang berkelanjutan.

Dari beberapa hal tentang pentingnya strategi marketing diatas maka dapat disimpulkan bahwa marketing memiliki peranan sentral untuk mendukung bisnis dan usaha kita tetap berkembang saat ini dan di masa mendatang. Sudahkah kita memaksimalkan strategi marketing? 

Penulis: Hermas Puspito

Continue Reading

TRENDING