Ribuan Anggota Masyarakat Batak Tolak Pemusnahan Babi di Sumut
Connect with us

Headline

Ribuan Anggota Masyarakat Batak Tolak Pemusnahan Babi di Sumut

Published

on

Gencil News – Ribuan anggota masyarakat Batak, mulai dari yang terdiri dari peternak hingga pengusaha kuliner babi, turun ke jalan-jalan untuk berdemonstrasi di depan gedung DPRD Sumatera Utara (Sumut), Senin (10/2). Mereka menyampaikan beberapa aspirasi terkait rencana pemusnahan babi di seluruh wilayah Sumut.

Aksi massa bertajuk #SaveBabi yang dilakukan ribuan anggota masyarakat Batak dari berbagai daerah di Sumut tersebut merupakan buntut dari wacana pemusnahan babi menyusul upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran virus kolera babi dan African Swine Fever (ASF) atau demam babi Afrika.

Ketua komunitas #SaveBabi, Boasa Simanjuntak menjelaskan,penolakan itu muncul karena pemusnahan babi di Sumut akan merugikan banyak pihak terutama masyarakat Batak.

Menurut Boasa, babi mempunyai kedudukan istimewa yang wajib bagi suku Batak beragama Kristen baik dari sisi budaya, maupun sisi ekonomi. Hewan tersebut kerap dijadikan sebagai salah satu andalan masyarakat Batak untuk meningkatkan taraf hidup.

“Kami menolak tegas pemusnahan babi di Sumut karena ini adalah rangkaian adat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Batak di luar Batak Muslim,” katanya di depan DPRD Sumut.

Bukan hanya menolak pemusnahan babi di wilayah Sumut. Mereka menolak program isolasi babi, dan pembibitan babi di Pulau Nias, Sumut. Massa juga meminta pemerintah memberi ganti rugi kepada para peternak yang babi-babi mereka mati terserang virus.

Menurut mereka para peternak sangat kewalahan menjual babi-babi sehat lantaran tak laku di pasaran menyusul virus babi Afrika yang mewabah di Sumut.

“Aspirasi sudah kami sampaikan. Kami mendesak pemerintah untuk segera melakukan penuntasan masalah virus babi ini. Mendesak pemerintah pusat untuk melakukan pendataan, dan menganti kerugian atas status bencana terhadap banyaknya babi-babi yang mati,” ujar Boasa.

Sementara anggota DPRD Sumut, Viktor Silaen yang menemui para demonstran mengatakan, pemerintah bakal mengatasi wabah yang menyebabkan kerugian bagi para peternak dan pengusaha kuliner babi tersebut.

“Namanya bencana ya harus ditanggulangi oleh pemerintah. Masalah bagaimana cara menanggulanginya itu nanti kita kerjakan bersama-sama. Untuk penanggulangan ini bukan hanya pemerintah tapi bekerja sama dengan rakyat karena objek di bawah adalah masyarakat. Jadi rakyat itu harus pro aktif melaporkan situasi dan kejadian di lokasi itu sendiri,” ujar Viktor.

Ribuan masyarakat Batak melakukan demonstrasi di depan DPRD Sumut menolak pemusnahan babi. Senin 10 Februari 2020. (Courtesy: Anugrah Andriansyah)
Ribuan masyarakat Batak melakukan demonstrasi di depan DPRD Sumut menolak pemusnahan babi. Senin 10 Februari 2020. (Courtesy: Anugrah Andriansyah)

Di tempat terpisah, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi membantah pihaknya akan memusnahkan seluruh babi yang ada di Sumut. Kata mantan ketua umum PSSI ini, pemerintah tidak akan melakukan pemusnahan babi di seluruh wilayah Sumut untuk mencegah penyebaran wabah virus demam babi Afrika dan kolera babi. Namun, pemusnahan hanya dilakukan terhadap babi-babi yang telah terjangkit virus tersebut.

“Yang mau memusnahkan siapa. Sama-sama kita cari jalan keluar terbaik. Sampai saat ini belum ada vaksin. Satu-satunya jalan mencegah dengan membersihkan tempat-tempat itu. Babi-babi yang terinfeksi wabah kolera babi ini kita musnahkan karena belum ada obatnya,” jelasnya.

Edy juga menanggapi tuntutan dari para peternak babi yang meminta pemerintah provinsi (Pemprov) mengganti rugi ternak yang mati karena diserang wabah tersebut.

“Babi di Sumut jumlahnya hampir dua juta babi. Kalau itu terus mati, katakanlah satu ekor babi itu Rp2 juta, dikali dua juta ekor sudah Rp4 triliun, siapa yang mau mengganti. Bukan itu persoalannya,” ujarnya.

Dalam upaya mencegah penyebaran virus demam babi Afrika dan kolera babi, saat ini Pemprov Sumut mengeluarkan kebijakan tak mengizinkan lalu lintas hewan ternak tersebut ke dalam atau luar wilayah Sumut.

“Kalau itu diizinkan keluar, babi di luar daerah akan kena (tertular). Bisa semua nanti kena. Itu langkah yang kami ambil, dan sudah dilaksanakan,” tandas Edy.

Wabah demam babi Afrika dan kolera babi telah masuk ke Sumut sejak pertengahan September 2019. Sejak itu lebih dari 30.000 babi mati di Sumut. Pemerintah juga telah mendeklarasikan bahwa demam babi Afrika sudah masuk ke Indonesia. Wilayah pertama yang diserang wabah tersebut adalah Sumut. 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Gaya Hidup

Tidur Sejenak Tingkatkan Daya Ingat dan Kemampuan Belajar

Published

on

GENCILNEWS – Berbagai penelitian menunjukkan istirahat malam yang baik dapat membantu kita tetap sehat, jiwa maupun raga. Para peneliti juga menyatakan tidur mungkin cara terbaik untuk membantu daya ingat dan kemampuan belajar kita.

Michael Twery, direktur Pusat Riset Nasional untuk Gangguan Tidur di Institut Kesehatan Nasional Amerika, adalah pakar mengenai tidur dan gangguan tidur.

“Tidur malam yang baik penting bagi proses belajar dan menghafal. Proses ini penting karena menyimpan latihan-latihan fisik dan belajar ke ingatan yang lebih permanen sewaktu kita tidur 7-8 jam. Keesokan paginya sewaktu kita bangun, otak kita lebih siap bertindak berdasarkan informasi tersebut,” jelas Twery.

Bagaimana dengan istirahat sejenak pada tengah hari? Hasil studi terdahulu menunjukkan tidur sejenak membantu bayi dan anak-anak kecil belajar lebih baik. Bagi orang dewasa, tidur sejenak membantu kinerja otaknya.

Banyak orang Amerika yang tidur sejenak pada siang hari. Tetapi sepertiga orang dewasa di Amerika Serikat mengalami kelelahan kronis, sebut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika. CDC mendapati 50 hingga 70 juta orang Amerika mengalami gangguan tidur kronis.

Jadi, orang yang tidur sejenak untuk membayar kekurangan tidurnya tidak mengalami manfaat yang diperoleh seseorang yang sehat, cukup istirahat. Banyak orang juga tidak ingin mengaku tidur sejenak karena mengira itu menunjukkan mereka lemah atau kurang energi. Karena itu banyak yang beranggapan hanya anak-anak, orang lanjut usia, sakit atau malas yang tidur sejenak.

Semua itu mungkin berubah. Banyak kantor yang sekarang menyediakan ruang untuk tidur sejenak dan kafe tidur bermunculan di banyak kota di Amerika, termasuk di Washington DC.

Sementara beristirahat tengah hari pada jam kerja mungkin dianggap sebagai kemewahan bagi warga Amerika, tidur sejenak sebenarnya bagian dari kehidupan sehari-hari yang normal di banyak tempat lain.

Suatu hasil penelitian terhadap subjek berusia 65 tahun ke atas yang dimuat di the Journal of the American Geriatrics Society menunjukkan, mereka yang rehat siang satu jam menunjukkan hasil lebih baik dalam tes mental daripada yang tidak melakukannya. Namun Michael Twery merekomendasikan tidur paling lama 30 menit bagi kalangan dewasa muda yang sehat. Periode itu, katanya, cukup untuk menghilangkan tekanan agar tidur dan akan membuat kita lebih terjaga.

National Sleep Foundation juga memperingatkan jika kita sulit tidur pada malam hari, batasi tidur sejenak di bawah 45 menit, dan tidurlah sebelum pukul 3 sore. [uh/ab]

Continue Reading

Headline

10 Negara Bagian Dengan Mutu Pendidikan Terbaik di Amerika

Published

on

10 Negara Bagian Dengan Mutu Pendidikan Terbaik di Amerika

Gencil News – 10 Negara Bagian Dengan Mutu Pendidikan Terbaik di Amerika menjadi sorotan Majalah US NEWS and World Report. Majalah ini melansir 10 negara bagian di amerika yang memiliki mutu pendidikan dan lingkungan terbaik pada tingkat perguruan tinggi.

Bagi banyak orang, belajar di perguruan tinggi Amerika masih dianggap sebagai suatu hal yang bisa menunjang karir mereka.

Coba saja lihat latar belakang pejabat yang ikut dalam pemerintahan Indonesia yang sekarang ataupun yang dulu. Lalu dimana universitas terbaik di Amerika Serikat?

Berikut ini adalah 10 negara bagian itu, dimulai dari yang paling bawah

10. Utah

Negara bagian Utah, di barat Amerika penduduknya hanya 3,1 juta orang, dan sekitar 44 persen dari mereka tamatan universitas.

Utah dengan ibukota Salt Lake City juga adalah markas kelompok Kristen yang beraliran Mormon.

Di negara bagian ini juga terdapat danau air asin yang terbesar di belahan bumi bagian barat, dan karena itulah ibukotanya bernama Salt Lake City.

Kalau terdaftar sebagai penduduk negara bagian itu, ongkos kuliahnya cukup murah, hanya AS$6.334 per tahun.

9.  Iowa

Iowaberada di barat-tengah Amerika. Jumlah penduduknya juga sekitar tiga juta orang, dan 41 persen warganya tamatan perguruan tinggi.

Terkenal dengan industri pertanian, Iowa adalah penghasil daging babi paling besar di Amerika, disusul daging sapi dan daging ayam. Ongkos kuliahnya AS$8.361 per tahun.

8. Vermont ….

Continue Reading

Bisnis

Cara Menghentikan Kesalahan Anda Sendiri Dalam Bisnis

Published

on

Pengusaha menghabiskan banyak upaya menjaga bisnis mereka dari kekuatan luar seperti pesaing . Tetapi kadang-kadang apa yang paling merugikan perusahaan adalah tingkah laku sang pendiri sendiri.

(lebih…)

Continue Reading

Headline

Nutrisi Ini Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda Terhadap Stress

Published

on

Nutrisi Ini Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda Terhadap Stress

GENCIL NEWS – Menurut ahli gizi dari Amerika Serikat Anthony William, makanan penuh nutrisi lebih baik dikonsumsi di pagi hari. Tepatnya saat kondisi perut masih kosong. Ini karena tubuh menerima nutrisi lebih optimal serta mencernanya lebih baik saat pagi hari.

Tetapi bagaimana jika makanan berikut akan membuat efek lebih relaks setelah anda mengkonsumsi nya, daya tahan tubuh terbentuk,metabolisme terjaga dan Secara biologis tubuh Anda dipersenjatai dengan zat-zat anti stres yang ada pada sistem kekebalan tubuh Anda

Amunisi yang penting diperoleh dari nutrisi yang Anda dapatkan dari setiap menu masakan yang mampu memicu hormon khusus di dalam tubuh yang meningkatkan daya tahan terhadap stres dan relaks

  1. Sup 

Dengan aneka racikan sayur dan daging lembut membuat Anda dapat lebih rileks. Tak hanya hangatnya sup saja yang membuat Anda nyaman, tetapi nutrisi yang Anda dapatkan dari tomat, kacang-kacangan, bawang putih, dan brokoli yang kaya vitamin C menekan stres hingga ia tak muncul kembali di saat itu. Tubuhpun terasa lebih bugar dan bersemangat. 

2. Mint Aneka kesegaran mint yang Anda dapatkan dari banyak produk, termasuk permen, inilah yang membuat Anda merasa lebih rileks dan segar. Selain itu mint dapat mengusir bau mulut tak sedap, sehingga Anda bebas bercuap-cuap dengan siapapun dalam jarak dekat. Mint bekerja melepaskan zat tertentu yang meregangkan otot-otot tegang, meredakan sakit kepala dan melonggarkan saluran respirasi Anda. Inilah yang membuat Anda jauh lebih rileks

3. Teh Bunga Chamomile 

Teh selalu menjadi daftar utama dalam makanan relaksasi, namun teh unik yang diperoleh dari bunga Chamomile ini benar-benar mujarab sebagai anti stres, dan tidak membuat Anda ketergantungan. Aroma khasnya begitu menggoda dan menenangkan, sehingga pas untuk diseduh di sore hari sambil menikmati semilir angin yang menerpa wajah. 

4. Kacang-kacangan 

Jika selama ini Anda malah takut berjerawat karena mengonsumsi kacang, Anda boleh berlega hati. Banyak zat penting di dalam kacang yang efektif menekan stres di tubuh, magnesium salah satunya. Magnesium yang terkandung pada kacang mencapai 12%, dan nilai ini cukup efektif untuk menekan stres dan membuat otot tubuh lebih rileks. 

5. Susu hangat 

Anda mungkin masih ingat saat kecil dulu Anda selalu dibuatkan segelas susu hangat oleh ibu. Kemudian Anda beranjak dan mulai terlelap dalam tidur nyenyak. Kandungan tryptophan dalam susu memicu peningkatan serotonin di dalam tubuh, sehingga menimbulkan perasaan nyaman dan membuat Anda terlelap dalam tidur. 

6. Pasta/ nasi/ risotto 

Kandungan karbohidrat menstimulasi peningkatan produksi insulin dalam tubuh, yang kemudian membersihkan dan memperlancar peredaran darah. Saat peredaran darah lancar, Anda pun lebih rileks dan timbul rasa kantuk. Demikianlah mengapa Anda selalu merasa mengantuk dan nyaman seusai santap makan

7. Buah-buahan Buah-buahan kaya vitamin C juga turut memacu produksi seratonin. Buah-buahan tersebut di antaranya: apel, mangga, jeruk, nanas, strawberry, anggur, pisang, dll. 

8. Cokelat Seperti yang pernah Anda dengar, cokelat merupakan makanan relaksasi yang manis dan menyenangkan, terutama bagi wanita. Tak hanya produksi seratonin saja, antioksidannya membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman saat memakannya. Kulit menjadi lebih halus lembut dan rileks. 

9. Ice Cream Selain rasa yang ada dalam ice cream, kandungan kalsium inilah yang memegang peranan tak kalah penting. Bantuan dari tryptophan membuat otak merasa lebih rileks dan nyaman. Untuk hasil yang terbaik pilih ice cream yang rendah lemak sehingga kesehatan jantung Anda tetap terjaga. 

10. Seafood Sudah terbayangkan kelezatan aneka seafood ini? Asam amino yang terkandung dalam seafood membantu Anda lebih bersemangat dalam beraktivitas dan memberikan asupan energi yang luar biasa. Ciptakan menu relaksasi ini dengan mengkombinasikannya ke dalam menu makan Anda.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING